Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Semiotik***

8820102146

T=2

P=0

ECTS=3.18

8

25 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji dasar-dasar semiotika, bahasa dan perilaku individual, teori makna, ikon, tanda, kode, dan lambang, denotasi dan konotasi, serta mitos dan metafora dengan menggunakan metode direct instruction dan cooperative learning .

Pustaka

Utama :

  1. Deely, John. 1990. Basic of Semiotics . Bloomington: Indiana University Press.
  2. Budiman, K. 2011. Semiotika Visual – Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas . Yogyakarta: Jalasutra.
  3. Allen, G. 2003. Roland Barthes . London: Routledge

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.

Rahmi Rahmayati, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mengikuti perkuliahan sesuai kontrak belajar yang telah disepakati bersama

Mahasiswa menyepakati kontrak perkuliahan

Kriteria:

-

Ceramah diskusi kesepakatan
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami alasan, fungsi dan tujuan mempelajari semiotik

Menjelaskan alasan pentingnya memiliki pengetahuan mengenai semiotik Menjelaskan sejarah semiotik Menjelaskan tujuan semiotik

Kriteria:

Lembar penilaian

Ceramah dan diskusi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami kegunaan teori-teori semiotik

Mengenalkan teori-teori semiotik Menjelaskan teori segitiga semiotik

Kriteria:

Lembar penilaian

Ceramah dan diskusi
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami konsep semiotik dari C.S. Pierce

Mahasiswa menjelaskan konsep semiotik dari C.S. Pierce

Kriteria:

Lembar penilaian

Ceramah dan diskusi
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami konsep semiotik dari Ferdinand de Saussure

Menjelaskan konsep semiotik dari Ferdinand de Saussure

Kriteria:

Lembar penilaian

Ceramah dan diskusi
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami konsep semiotik dari Ferdinand de Saussure

Menjelaskan konsep semiotik dari Ferdinand de Saussure

Kriteria:

Lembar penilaian

Ceramah dan diskusi
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami konsep semiotik dari Roland Barthes

Menjelaskan konsep Roland Barthes

Kriteria:

Lembar penilaian

Ceramah dan diskusi
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Memahami materi pertemuan 1-7

Menjelaskan materi pertemuan 1-7

Kriteria:

Lembar penilaian

Tes
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Memahami konsep semiotik dari Baudrillad

Menjelaskan konsep semiotik dari Baudrillad

Kriteria:

Lembar penilaian

Ceramah dan presentasi mahasiswa
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Memahami konsep semiotik dari Jacques Derrida

Menjelaskan konsep semiotik dari Jaques Derrida

Kriteria:

Lembar penilaian

Presentasi mahasiswa dan diskusi
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Memahami konsep Umberto

Menjelaskan konsep semiotik dari Umberto

Kriteria:

Lembar penilaian

Presentasi dan diskusi
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Memahami bahasa dan perilku bahasa individu

Mengidentifikasi bahasa dan perilaku bahasa individual

Kriteria:

Lembar penilaian

Presentasi dan diskusi
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Memahami ikon dan tanda

Mengidentifikasi ikon dan tanda

Kriteria:

Lembar penilaian

Presentasi dan diskusi
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Memahami denotasi dan konotasi

Menjelaskan denotasi dan konotasi

Kriteria:

Lembar penilaian

Presentasi dan diskusi
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Memahami mitos dan metafora

Menjelaskasn mitos dan metafora

Kriteria:

Lembar penilaian

Presentasi dan diskusi
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.