Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Rekayasa Sistem Telekomunikasi

2010189125

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dr. Nurhayati.,ST.,MT




Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai konsep teoretis rekayasa (Engineering) secara mendalam pada bidang Teknik Elektro

PLO-7

Mampu menguasai konsep teoritis dan metode perancangan pada Sistim Tenaga dan Inteligensi,Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi

PLO-8

Mampu menguasai metode aplikasi teknologi di bidang Teknik Elektro terutama pada 3 bidang peminatan yaitu Sistim Tenaga dan Inteligensi, Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi

PLO-9

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji

PLO-13

Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang rekayasa teknik elektro untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai konsep teoritis dan metode perancangan pada Sistim Telekomunikasi

PO - 2

Mampu menguasai metode aplikasi teknologi di bidang Teknik Elektro terutama pada bidang peminatan Telekomunikasi,Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi

PO - 3

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji di bidang telekomunikasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5PLO-7PLO-8PLO-9PLO-13
PO-1      
PO-2      
PO-3      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang Sejarah dan Konsep dasar sistem telekomunikasi, Analisa sinyal dan sistem domain frekuensi, Sistem transmisi sinyal analog dan Sistem transmisi digital, Noise, SNR, BER, Kapasitas kanal, jenis-jenis modulasi analog dan digital pengkodean, Protokol dan Standart Telekomunikasi, Sistem dan jaringan Telepon dan komputer, Komunikasi Wireless dan komunikasi satelit, Sistem Komunikasi Fiber Optik, dapat menganalisa device, perangkat, sarana dan prasarana, jaringan, standard dan protocol system telekomunikasi yang digunakan dalam sebuah projek, software pendukung simulasi telekomunikasi.

Pustaka

Utama :

  1. 1. John G Proakis, Masoud Salehi ,2001, Communications Systems and Engineering, 2nd Edition, Prantice Hall,Inc.
  2. 2. Roger L Freeman, 1999, Fundamental of Telecommunications,John Wiley& Sons,Inc

Pendukung :

  1. 1. C. Richard Johnson ,Jr., William A.Sethares, 2003, Telecommunication Breakdown Concepts of Communication Transmitted via Software-Defined Radio (+ Matlab code), Publisher: Prentice Hall.
  2. 2 Andrew Leven Diploma in Radio Technology HNC BSc (Hons) Electronics MSc Astronomy C. Eng M.I.E.E Teaching Diploma M.I.P. 2000, Telecommunication Circuits and Technology, Butterworth Heinemann.
  3. 3. Sharam Hekmat, 2005, Communication Networks Introduction Copyright © PragSoft

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Menggambarkan sejarah sistem komunikasi.
  2. Menjelaskan blok diagram sistem telekomunikasi
  3. Menjelaskan jenis-jenis kanal komunikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

PBL
2x50‘
5%

2

Minggu ke 2

MenunjukanAnalisa sinyal sistem domain frekuensi dan noise

  1. MenunjukanAnalisa sinyal sistem domain frekuensi dan noise
  2. Mengidentifikasikan Analisa sinyal dengan transformasi fourier
  3. Menjelaskan sifat, energi dan daya sinyal
  4. Mengetahui sinyal band limitted dan bandpass
  5. Menjelaskan jenis-jenis noise pada telekomunikasi
Kriteria:

Penilaian tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

PBL
2x50‘
5%

3

Minggu ke 3

Mengindentifikasikan SNR, BER, Kapasitas kanal, Data rate Kapasitas kanal

Menggambarkan tentang SNR, BER, Kapasitas kanal,Data rate

Kriteria:

Penilaian tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

PBL
2x50‘
5%

4

Minggu ke 4

Mendeskripsikan jenis-jenis modulasi analog dan digital

  1. Mendeskripsikan modulasi
  2. Menentukan Jenis-jenis Modulasi Analog:AM, FM, PM
  3. Memaparkan Rangkaian elektronika modulator dan demodulator analog.
Kriteria:

Partisipasi dan projek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

PBL
2x50‘
5%

5

Minggu ke 5

Mendeskripsikan jenis-jenis modulasi analog dan digital

  1. Menjelaskan perbedaan transmisi sinyal analog dan digital.
  2. • Mengklasifikasikan Jenis-jenis Modulasi digital:ASK, FSK, PSK dan rangkaian elektronika modulasi digital
Kriteria:

Partisipasi dan projek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

PBL
2x50‘
10%

6

Minggu ke 6

Mendeskripsikan macam-macam pengkodean

  1. Mendeskripsikan macam-macam pengkodean (line coding.sourse coding)
  2. Menunjukkan pengkodean blok (block coding), channel coding dan penerapanya
Kriteria:

partisipasi dan projek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

PBL
2x50‘
5%

7

Minggu ke 7

Mendeskripsikan macam-macam pengkodean

  1. Mendeskripsikan macam-macam pengkodean (line coding.sourse coding)
  2. Menunjukkan pengkodean blok (block coding), channel coding dan penerapanya
Kriteria:

partisipasi dan projek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

PBL
2x50‘
5%

8

Minggu ke 8

Menunjukkan Protokol dan Standart Telekomunikasi

  1. Menjelaskan Protokol telekomunikasi
  2. Mendeskripsikan Standart telekomunikasi
Kriteria:

Partisipasi dan unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

Presentasi
2x50‘
5%

9

Minggu ke 9

UTS

Materi 1-8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Tes dan projek2x50‘
5%

10

Minggu ke 10

Menunjukkan Sistem dan jaringan Telepon dan komputer

  1. Menunjukkan system dan jaringan telepon local dan interlokal, telpon seluler
  2. Menggambarkan jaringan komputer
Kriteria:

partisipasi; projek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


5%

11

Minggu ke 11

Komunikasi Wireless dan komunikasi satelit

  1. Menunjukkan komunikasi wireless
  2. Menggambarkan teknologi FDMA,TDMA danCDMA
  3. Menunjukkan jaringan GSM dan CDMA
  4. Menjelaskan jaringan satelit dan RADAR
Kriteria:

Partisipasi dan projek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

PBL
2x50‘
10%

12

Minggu ke 12

Komunikasi Wireless dan komunikasi satelit

  1. Menunjukkan komunikasi wireless
  2. Menggambarkan teknologi FDMA,TDMA danCDMA
  3. Menunjukkan jaringan GSM dan CDMA
  4. Menjelaskan jaringan satelit dan RADAR
Kriteria:

Partisipasi dan projek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

PBL
2x50‘
10%

13

Minggu ke 13

Mendeskripsikan teknologi sistem komunikasi serat optik dan laser

  1. Menggambarkan blok diagram dan tipe serat optik dari pemancar,kanal dan dipenerima
  2. Menelusuri,loss,attenuasi dan power budget pada fiber optik
  3. Menjelaskan teknologi FTTC,FTTB,FTTH,FTTA,WDM,ODN dan PON

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum

PBL
2x50‘
5%

14

Minggu ke 14

Mengenalkan software pendukung telekomunikasi

  1. Dapat Menggunakan software simulasi elektonika telekomunikasi seperti multisim
  2. Dapat menggunakan software simulasi matlab untuk analisa telekomunikasi
  3. Dapat menggunakan software simulasi antena untuk analisa antena
Kriteria:

partisipasi dan projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum


5%

15

Minggu ke 15

Mengenalkan software pendukung telekomunikasi

  1. Dapat Menggunakan software simulasi elektonika telekomunikasi seperti multisim
  2. Dapat menggunakan software simulasi matlab untuk analisa telekomunikasi
  3. Dapat menggunakan software simulasi antena untuk analisa antena
Kriteria:

partisipasi dan projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum


5%

16

Minggu ke 16

UAS materi 1-15


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja


9%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 25.51%
3. Penilaian Portofolio 8.34%
4. Penilaian Praktikum 5.01%
5. Praktik / Unjuk Kerja 5.5%
6. Tes 2.5%
99.03%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.