Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Program Mengajar di Sekolah

7920209111

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan sekolah dan merancang program mengajar yang sesuai.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengimplementasikan program mengajar berbasis kurikulum dan metode pembelajaran inovatif.

PO - 3

Mahasiswa mampu melakukan evaluasi terhadap program mengajar dengan menggunakan alat ukur yang relevan.

PO - 4

Mahasiswa mampu berkolaborasi dengan pihak sekolah dalam pengembangan dan peningkatan kualitas program mengajar.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis dalam merancang dan mengimplementasikan program mengajar di sekolah. Fokus utamanya adalah pengembangan strategi pengajaran yang inovatif, pendekatan pembelajaran berbasis proyek, dan evaluasi keberhasilan program mengajar di sekolah. Mahasiswa akan berkolaborasi dengan guru dan siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21.

Pustaka

Utama :

  1. Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
  2. Guskey, T.R. (2002). Professional Development and Teacher Change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381-391.
  3. Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
  4. Shulman, L.S. (1987). Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1-22.
  5. Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
  6. Marzano, R.J. (2007). The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction. ASCD.
  7. Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
  8. Guskey, T.R. (2002). Professional Development and Teacher Change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381-391.

Pendukung :

  1. mendeley

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Analisis Kebutuhan Sekolah

Menghasilkan laporan analisis yang mencakup kebutuhan sekolah, kurikulum, dan potensi pengembangan program mengajar secara mendetail dan komprehensif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Analisis Kebutuhan Sekolah
Pustaka: Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
5%

2

Minggu ke 2

Analisis Kebutuhan Sekolah

Menghasilkan laporan analisis yang mencakup kebutuhan sekolah, kurikulum, dan potensi pengembangan program mengajar secara mendetail dan komprehensif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Analisis Kebutuhan Sekolah
Pustaka: Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
5%

3

Minggu ke 3

Analisis Kebutuhan Sekolah

Menghasilkan laporan analisis yang mencakup kebutuhan sekolah, kurikulum, dan potensi pengembangan program mengajar secara mendetail dan komprehensif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Analisis Kebutuhan Sekolah
Pustaka: Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
5%

4

Minggu ke 4

Analisis Kebutuhan Sekolah

Menghasilkan laporan analisis yang mencakup kebutuhan sekolah, kurikulum, dan potensi pengembangan program mengajar secara mendetail dan komprehensif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Analisis Kebutuhan Sekolah
Pustaka: Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
5%

5

Minggu ke 5

Pengembangan Program Mengajar

Menghasilkan rancangan program yang inovatif, berbasis pada pendekatan pembelajaran aktif, dan sesuai dengan kurikulum nasional.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Pengembangan Program Mengajar
Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
5%

6

Minggu ke 6

Pengembangan Program Mengajar

Menghasilkan rancangan program yang inovatif, berbasis pada pendekatan pembelajaran aktif, dan sesuai dengan kurikulum nasional.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Pengembangan Program Mengajar
Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
5%

7

Minggu ke 7

Pengembangan Program Mengajar

Menghasilkan rancangan program yang inovatif, berbasis pada pendekatan pembelajaran aktif, dan sesuai dengan kurikulum nasional.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Pengembangan Program Mengajar
Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
5%

8

Minggu ke 8

Pengembangan Program Mengajar

Menghasilkan rancangan program yang inovatif, berbasis pada pendekatan pembelajaran aktif, dan sesuai dengan kurikulum nasional.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Pengembangan Program Mengajar
Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
5%

9

Minggu ke 9

Implementasi Program Mengajar

Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Pengembangan Program Mengajar
Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
5%

10

Minggu ke 10

Implementasi Program Mengajar

Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Pengembangan Program Mengajar
Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
5%

11

Minggu ke 11

Implementasi Program Mengajar

Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Pengembangan Program Mengajar
Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
5%

12

Minggu ke 12

Implementasi Program Mengajar

Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Pengembangan Program Mengajar
Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
5%

13

Minggu ke 13

Evaluasi Program Mengajar

Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Evaluasi Program Mengajar
Pustaka: Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

Evaluasi Program Mengajar

Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Evaluasi Program Mengajar
Pustaka: Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

Evaluasi Program Mengajar

Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Evaluasi Program Mengajar
Pustaka: Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Penilaian Akhir Semester

Penilaian akhir semester akan berbentuk tugas akhir di mana mahasiswa diminta untuk menyusun laporan komprehensif mengenai hasil program mengajar yang telah diimplementasikan.

Kriteria:
  1. Keterpaduan dan kelengkapan laporan (40%)
  2. Kualitas analisis dan evaluasi (30%)
  3. Kreativitas dan inovasi dalam rancangan program (20%)
  4. Kejelasan dan kesesuaian dengan tujuan program (10%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2 x 50
Online
2 x50
Materi: Penilaian Akhir Semester
Pustaka: Guskey, T.R. (2002). Professional Development and Teacher Change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381-391.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40%
2. Praktik / Unjuk Kerja 40%
80%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.