|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Program Mengajar di Sekolah |
7920209111 |
|
T=0 |
P=4 |
ECTS=6.36 |
5 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan sekolah dan merancang program mengajar yang sesuai.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan program mengajar berbasis kurikulum dan metode pembelajaran inovatif.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu melakukan evaluasi terhadap program mengajar dengan menggunakan alat ukur yang relevan.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu berkolaborasi dengan pihak sekolah dalam pengembangan dan peningkatan kualitas program mengajar.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis dalam merancang dan mengimplementasikan program mengajar di sekolah. Fokus utamanya adalah pengembangan strategi pengajaran yang inovatif, pendekatan pembelajaran berbasis proyek, dan evaluasi keberhasilan program mengajar di sekolah. Mahasiswa akan berkolaborasi dengan guru dan siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
- Guskey, T.R. (2002). Professional Development and Teacher Change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381-391.
- Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520.
- Shulman, L.S. (1987). Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1-22.
- Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
- Marzano, R.J. (2007). The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction. ASCD.
- Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
- Guskey, T.R. (2002). Professional Development and Teacher Change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381-391.
|
Pendukung : |
|
- mendeley
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Analisis Kebutuhan Sekolah |
Menghasilkan laporan analisis yang mencakup kebutuhan sekolah, kurikulum, dan potensi pengembangan program mengajar secara mendetail dan komprehensif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Analisis Kebutuhan Sekolah Pustaka: Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Analisis Kebutuhan Sekolah |
Menghasilkan laporan analisis yang mencakup kebutuhan sekolah, kurikulum, dan potensi pengembangan program mengajar secara mendetail dan komprehensif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Analisis Kebutuhan Sekolah Pustaka: Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Analisis Kebutuhan Sekolah |
Menghasilkan laporan analisis yang mencakup kebutuhan sekolah, kurikulum, dan potensi pengembangan program mengajar secara mendetail dan komprehensif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Analisis Kebutuhan Sekolah Pustaka: Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Analisis Kebutuhan Sekolah |
Menghasilkan laporan analisis yang mencakup kebutuhan sekolah, kurikulum, dan potensi pengembangan program mengajar secara mendetail dan komprehensif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Analisis Kebutuhan Sekolah Pustaka: Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pengembangan Program Mengajar |
Menghasilkan rancangan program yang inovatif, berbasis pada pendekatan pembelajaran aktif, dan sesuai dengan kurikulum nasional. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Pengembangan Program Mengajar Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pengembangan Program Mengajar |
Menghasilkan rancangan program yang inovatif, berbasis pada pendekatan pembelajaran aktif, dan sesuai dengan kurikulum nasional. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Pengembangan Program Mengajar Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pengembangan Program Mengajar |
Menghasilkan rancangan program yang inovatif, berbasis pada pendekatan pembelajaran aktif, dan sesuai dengan kurikulum nasional. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Pengembangan Program Mengajar Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Pengembangan Program Mengajar |
Menghasilkan rancangan program yang inovatif, berbasis pada pendekatan pembelajaran aktif, dan sesuai dengan kurikulum nasional. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Pengembangan Program Mengajar Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Implementasi Program Mengajar |
Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Pengembangan Program Mengajar Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Implementasi Program Mengajar |
Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Pengembangan Program Mengajar Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Implementasi Program Mengajar |
Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Pengembangan Program Mengajar Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Implementasi Program Mengajar |
Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Pengembangan Program Mengajar Pustaka: Tomlinson, C.A. (2001). Differentiation of Instruction in the Classroom: Learning for All Students. Journal of Teacher Education, 42(5), 500-520. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Evaluasi Program Mengajar |
Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Evaluasi Program Mengajar Pustaka: Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Evaluasi Program Mengajar |
Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Evaluasi Program Mengajar Pustaka: Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Evaluasi Program Mengajar |
Menunjukkan kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi, menggunakan teknologi pendidikan, serta mampu mengelola kelas secara efektif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Evaluasi Program Mengajar Pustaka: Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Penilaian Akhir Semester |
Penilaian akhir semester akan berbentuk tugas akhir di mana mahasiswa diminta untuk menyusun laporan komprehensif mengenai hasil program mengajar yang telah diimplementasikan. |
Kriteria:
- Keterpaduan dan kelengkapan laporan (40%)
- Kualitas analisis dan evaluasi (30%)
- Kreativitas dan inovasi dalam rancangan program (20%)
- Kejelasan dan kesesuaian dengan tujuan program (10%)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2 x 50 |
Online 2 x50 |
Materi: Penilaian Akhir Semester Pustaka: Guskey, T.R. (2002). Professional Development and Teacher Change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381-391. |
5% |