Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Manajemen

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Statistik Multivariate

6110103003

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini berisi tentang statistik induksi atau inferrensial yang berisi tentang uji-uji statistik serta mampu memformulasikann penyelesaian masalah statistik secara prosedural. Mampu mengambil keputusan strategis bidang manajemen dengan menggunakan alat-alat statistik seperti SPSS, AMOS, Lisrel, dll. Matakuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan meneliti dan bekal untuk mengerjakan tesis. Metode pembelajarannya melalui ceramah oleh fasilitator (dosen) dan menggunakan metode drill atau latihan.

Pustaka

Utama :

  1. 1) Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar statistik serta menghitung statistik menggunakan software komputer seperti SPSS, AMOS dan Lisrel 2) Mahasiswa mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data output statistik 3) Mampu memiliki karakter cerdas dalam memahami teknik penerapan Regresi Linear dan non parametrik

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Sanaji, S.E., M.Si.

Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Dr. Ulil Hartono, S.E., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pendahuluan

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar matrik dan vektor acak, vektor rata-rata, dan matriks varians kovarians

Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan matrik dan vektor acak, vektor rata-rata, dan matriks varians kovarians
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Sampel Acak

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar vektor rata-rata dan matrik kovarian sampel, Varians Umum , Rata-rata sampel, matriks kovarians dan matriks korelasi

Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Vektor rata-rata dan matrik kovarian sampel 2. Varians Umum 3. Rata-rata sampel, matriks kovarians dan matriks korelasi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Distribusi Normal Multivariat

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar distribusi normal multivariat dan estima kemungkinan maksimum distribusi sampling dan pengujian normalitas

Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan Distribusi Normal Multivariat
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Inferensi Vektor Rata-Rata

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar Uji Hotelling T2 dan Likelihood Ratio

Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Uji Hotelling T2 dan Likelihood Ratio 2. Daerah Kepercayaan rata-rata dan perbandingan simultan dari rata-rata 3. Inferensi vektor rat-rata
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Uji Perbandingan Rata-Rata Multivariate

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar Uji Hipotesis rata-rata pada Satu Populasi, Uji Hipotesis rata-rata pada Dua Populasi, Analisis Varians Univariat Satu Arah, Analisis Varians Univariat Dua Arah

Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Uji Hipotesis rata-rata pada Satu Populasi 2. Uji Hipotesis rata-rata pada Dua Populasi 3. Analisis Varians Univariat Satu Arah 4. Analisis Varians Univariat Dua Arah
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Uji Perbandingan Rata-Rata Multivariate

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar Analisis Varian Multivariat Satu Arah, Analisis Varians Multivariat Dua Arah

Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Analisis Varian Multivariat Satu Arah. 2. Analisis Varians Multivariat Dua Arah
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Regresi Linear Multivariate

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar Model Regresi Linear Klasik , Estimasi Kuadrat Terkecil, Model Regresi Multivariat, Perbandingan Dua Formulasi Model Regresi

Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Model Regresi Linear Klasik 2. Estimasi Kuadrat Terkecil 3. Model Regresi Multivariat
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS


    3 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Regresi Linear Multivariate

    Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar Analisis Jalur

    Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan Regresi Linear Multivariate
    3 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Analisis Komponen Utama

    Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar Komponen utama dari data sampel

    Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Cara Menentukan Komponen Utama 2. Penentuan Komponen Utama dari Data Sampel
    3 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Analisis Komponen Utama

    Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar penentuan banyaknya komponen utama dan skor komponen

    Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Penentuan Banyaknya Komponen Utama 2. Skor Komponen
    3 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Analisis Faktor

    Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar Model dasar analisis factor, Taksiran Besar Komunalitas, Penentuan Faktor

    Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Model dasar analisis faktor 2. Taksiran Besar Komunalitas 3 Penentuan Faktor
    3 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Analisis Faktor

    Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar rotasi faktor dan skor faktor

    Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Rotasi Faktor 2. Skor Faktor
    3 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Analisis Korelasi

    Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar analisis korelasi

    Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan 1. Penentuan Koefisien Korelasi Kanonis 2. Hubungan dengan Analisis Regresi 3. Penafsiran Hasil 4. Uji Signifikansi.
    3 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Diskriminan dan Klasifikasi

    Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar Diskriminan dan Klasifikasi

    Praktik di lab. Komputer berkaitan dengan konsep dasar Diskriminan dan Klasifikasi
    3 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    UAS


      3 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.