Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Stabilitas Galian dan Timbunan*

2220102224

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

29 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

PLO-9

Mampu menguasai konsep ilmu keteknisipilan dan menerapkan dalam berbagai industri jasa konstruksi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip - prinsip teknik sipil. (PENGETAHUAN)

PO - 2

Mampu mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global. (PENGETAHUAN)

PO - 3

Mampu mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik sipil. (PENGETAHUAN)

PO - 4

Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik sipil. (PENGETAHUAN)

PO - 5

Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek teknik sipil (PENGETAHUAN)

PO - 6

Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan. (SIKAP)

PO - 7

Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas di dalam batasan-batasan yang ada. (KETERAMPILAN UMUM)

PO - 8

Mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya. (KETERAMPILAN UMUM)

PO - 9

Mampu untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik sipil. (SIKAP)

PO - 10

Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu ke kinian yang relevan. (KETERAMPILAN KHUSUS)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pengertian dan fungsi konstruksi penahan tanah, jenis dan tipe konstruksi penahan tanah serta pemahaman tentang tekanan tanah ke samping (lateral) baik untuk tanah pasir maupun tanah lempung. Serta melakukan perhitungan stabilitas konstruksi penahan tanah, baik konstruksi retaining wall, mechanical stabilized eart (MSE), dan embeded wall

Pustaka

Utama :

  1. Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
  2. SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung.
  3. SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik
  4. Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa.
  5. Hardiyatmo, H.C. 2002. , “Teknik konstruksi penahan tanah I”, Penerbit Beta Offset, Yokyakarta.
  6. Hardiyatmo, H.C. 2002. , “Teknik konstruksi penahan tanah II”, Penerbit Beta Offset, Yokyakarta.
  7. Wahyudi herman, ( 1999. ), stabilitas konstruksi penahan tanah,Penerbit ITS, Surabaya

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Sub-CLO 1: Mampu menjelaskan pengertian, fungsi, & jenis konstruksi penahan tanah.

Ketepatan jawaban tentang: pengertian, fungsi, dan jenis konstruksi penahan tanah

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
Pustaka:

Materi: SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung
Pustaka:

Materi: SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik.
Pustaka:

Materi: Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Sub-CLO 2: Mampu mengidentifikasi & menjelaskan pengertian dan tipe retaining wall

Ketepatan jawaban tentang: pengertian dan tipe retaining wall

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
Pustaka:

Materi: SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung
Pustaka:

Materi: SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik.
Pustaka:

Materi: Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa.
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Sub-CLO 3: Mampu mengidentifikasi & menjelaskan tekanan tanah arah samping

Ketepatan menjelaskan tekanan tanah arah samping

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
Pustaka:

Materi: SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung
Pustaka:

Materi: SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik.
Pustaka:

Materi: Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Sub-CLO 4: Mampu menganalisis & mengevaluasi tekanan tanah arah samping yang bekerja pada retaining wall.

Ketepatan menjelaskan tekanan tanah arah samping

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
Pustaka:

Materi: SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung
Pustaka:

Materi: SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik.
Pustaka:

Materi: Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa.
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Sub-CLO 5: Mampu menganalisis & mengevaluasi stabilitas retaining wall pada tanah pasir.

Ketepatan hasil analisis nilai faktor keamanan guling, faktor keamanan geser, dan daya dukung retaining wall pada tanah pasir

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
Pustaka:

Materi: SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung
Pustaka:

Materi: SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik.
Pustaka:

Materi: Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa.
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Sub-CLO 6: Mampu menganalisis & mengevaluasi stabilitas retaining wall pada tanah lempung\

Ketepatan hasil analisis nilai faktor keamanan guling, faktor keamanan geser, dan daya dukung retaining wall pada tanah pasir

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
Pustaka:

Materi: SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung
Pustaka:

Materi: SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik.
Pustaka:

Materi: Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa.
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Sub-CLO 7: Mampu mengidentifikasi & menjelaskan pengertian dan jenis mechanical stabilized eart

Ketepatan jawaban tentang: pengertian dan tipe MSE

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
Pustaka:

Materi: SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung
Pustaka:

Materi: SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik.
Pustaka:

Materi: Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa.
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester

Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester

Kriteria:

Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester
2 X 50
Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester
2 X 50
Materi: Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Sub-CLO 8: Mampu mengidentifikasi & menjelaskan dasar perencanaan mechanical stabilized eart / MSE

Ketepatan jawaban tentang: dasar metode perencanaan dan batasan - batasan dalam perencanaan MSE

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
Pustaka:

Materi: SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung.
Pustaka:

Materi: SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik.
Pustaka:

Materi: Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Sub-CLO 9: Mampu menganalisis & mengevaluasi stabilitas mechanical stabilized eart / MSE .

Ketepatan hasil analisis nilai faktor keamanan guling, faktor keamanan geser, dan daya dukung MSE

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Braja, M. Das 2019. , “Principles Of Foundation Engineering”, PWS-KENT: Boston
Pustaka:

Materi: SNI 1726- 2019. Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Non Gedung.
Pustaka:

Materi: SNI 8460- 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik.
Pustaka:

Materi: Andayani, Nur., 2012. , “konstruksi penahan tanah”, Jurusan Teknik Sipil Unesa
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Sub-CLO 10: Mampu mengidentifikasi & menjelaskan pengertian dan tipe turap / embeded wall

Ketepatan jawaban tentang: diagram tegangan tiap lapisan tanah, Qp, Qs pada setiap lapisan, Qu, Qall untuk konstruksi penahan tanah pada tanah berlapis berdasarkan data laboratorium dengan metode meyerhof, vesic, janbu, bhusan, cole & castelo, alfa, beta, lamda

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Hardiyatmo, H.C. 2002. , “Teknik konstruksi penahan tanah II”, Penerbit Beta Offset, Yokyakarta.
Pustaka:

Materi: Wahyudi herman, ( 1999. ), stabilitas konstruksi penahan tanah,Penerbit ITS, Surabaya.
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Sub-CLO 10: Mampu mengidentifikasi & menjelaskan pengertian dan tipe turap / embeded wall

Mampu mengidentifikasi & menjelaskan pengertian dan tipe turap / embeded wall

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Hardiyatmo, H.C. 2002. , “Teknik konstruksi penahan tanah II”, Penerbit Beta Offset, Yokyakarta.
Pustaka:

Materi: Wahyudi herman, ( 1999. ), stabilitas konstruksi penahan tanah,Penerbit ITS, Surabaya.
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Sub-CLO 10: Mampu mengidentifikasi & menjelaskan pengertian dan tipe turap / embeded wall

Mampu mengidentifikasi & menjelaskan pengertian dan tipe turap / embeded wall

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Hardiyatmo, H.C. 2002. , “Teknik konstruksi penahan tanah II”, Penerbit Beta Offset, Yokyakarta.
Pustaka:

Materi: Wahyudi herman, ( 1999. ), stabilitas konstruksi penahan tanah,Penerbit ITS, Surabaya.
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis & mengevaluasi momen yang terjadi turap / embeded wall.

Mahasiswa mampu menganalisis & mengevaluasi momen yang terjadi turap / embeded wall.

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Hardiyatmo, H.C. 2002. , “Teknik konstruksi penahan tanah II”, Penerbit Beta Offset, Yokyakarta.
Pustaka:

Materi: Wahyudi herman, ( 1999. ), stabilitas konstruksi penahan tanah,Penerbit ITS, Surabaya.
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis & mengevaluasi momen yang terjadi turap / embeded wall.

Mahasiswa mampu menganalisis & mengevaluasi momen yang terjadi turap / embeded wall.

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Pemaparan PPT/ ceramah, diskusi, tanya jawab/quis (2x50 menit)
2 X 50
Materi: Hardiyatmo, H.C. 2002. , “Teknik konstruksi penahan tanah II”, Penerbit Beta Offset, Yokyakarta.
Pustaka:

Materi: Wahyudi herman, ( 1999. ), stabilitas konstruksi penahan tanah,Penerbit ITS, Surabaya.
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester

Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester
2 X 50
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester
2 X 50
Materi: Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester
Pustaka:
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 42.5%
2. Tes 57.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.