Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Temu Kembali Informasi Berbasis Konten

2020102247

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami konsep dan model information retrieval

PO - 2

Mahasiswa memahami algoritma kecerdasan buatan dan information retrieval pada pengembangan temu kembali informasi

PO - 3

Mahasiswa memahami arah terbaru penelitian pada information retrieval

PO - 4

Mahasiswa mampu melakukan penelitian pada bidang information retrieval

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini menjelaskan pengantar temu kembali informasi, dasar-dasar temu kembali informasi: pemodelan, evaluasi, query, operasi teks dan multimedia, indexing and searching. Topik dalam temu kembali informasi: relevance feedback, query expansion, text classification, text clustering, summarization, cross-language, question answering, web search

Pustaka

Utama :

  1. Christopher D. Manning, Prabhakar Raghavan, and Hinrich Schutze . 2008. Introduction to Information Retrieval. Cambridge University Press.
  2. C. J. van Rijsbergen. Information Retrieval. Information Retrieval Group, University of Glasgow.
  3. Richardo Baez-Yates and Berthier Rieiro-Neto. Modern Information Retrieval.
  4. Henk Blanken, et.al. 2007. Multimedia Retrieval.
  5. Text Summarization. Tutorial ACM SIGIR, Sheffield, UK July 25, 2004

Pendukung :

  1. Bruce Croft, Donald Metzler, and Trevor Strohman, Search Engines: Information Retrieval in Practice, Pearson. 2009

Dosen Pengampu

Dr. Nurhayati, S.T., M.T.

Miftahur Rohman, S.T., M.T.

Arif Widodo, S.T., M.Sc.

Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa Mampu memahami konsep Scoring, term weighting, and the vector space model

  1. Menjelaskan Parametric and zone indexes
  2. Mendeskripsikan Term frequency and weighting
  3. Menjelaskan Variant tf–idf functions
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi,diskusi kelompok, dan refleksi
2 X 50
-
Materi: konsep Scoring, term weighting, and the vector space model
Pustaka: Christopher D. Manning, Prabhakar Raghavan, and Hinrich Schutze . 2008. Introduction to Information Retrieval. Cambridge University Press.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengevaluasi information retrieval

  1. Mendeskripsikan konsep Information retrieval system evaluation
  2. Mendeskripsikan Evaluation of unranked retrieval sets
  3. Mendeskripsikan Evaluation of ranked retrieval results
  4. Menjelaskan Standard test collections
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi dan refleksi
2 X 50

5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengevaluasi information retrieval

  1. Mendeskripsikan konsep Information retrieval system evaluation
  2. Mendeskripsikan Evaluation of unranked retrieval sets
  3. Mendeskripsikan Evaluation of ranked retrieval results
  4. Menjelaskan Standard test collections
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi dan refleksi
2 X 50

5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami Probabilistic information retrieval

  1. Menjelaskan prinsip probability ranking
  2. Mendeskripsikan binary independence model
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi,diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami Probabilistic information retrieval

  1. Menjelaskan prinsip probability ranking
  2. Mendeskripsikan binary independence model
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi,diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami Language models for information retrieval

  1. Menjelaskan Language models
  2. Menjelaskan query likelihood model
  3. MenjelaskanLanguage modeling melawan pendekatan yang lain pada information retrieval
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi,diskusi kelompok,simulasi, dan refleksi
2 X 50

5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami Language models for information retrieval

  1. Menjelaskan Language models
  2. Menjelaskan query likelihood model
  3. MenjelaskanLanguage modeling melawan pendekatan yang lain pada information retrieval
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi,diskusi kelompok,simulasi, dan refleksi
2 X 50

5%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Melaksanakan UTS secara luring melalui soal-soal yang telah dibuat

20%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Melaksanakan UTS secara luring melalui soal-soal yang telah dibuat

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Tes 50%
85%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.