Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penulisan Ilmiah

8620702253

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.




Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memanfaatkan teknologi dalam menelusuri sumber informasi untuk mendalami konsep penulisan ilmiah.

PO - 2

Mampu menguasai konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD

PO - 3

Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global.

PO - 4

Mampu mengomunikasikan hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep penulisan ilmiah, kaidah berpikir ilmiah, perbedaan karangan ilmiah dan non ilmiah, penulisan sumber referensi, penulisan karangan ilmiah argumentatif, critical review, penulisan field note dan transkrip wawancara, perbedaan proposal penelitian dan laporan penelitian, serta penelusuran informasi ilmiah melalui internet. Melalui pendekatan tehnologi digital, mahasiswa diajak untuk mengeksplorasi dan menerapkan teknologi dalam penelitian dan penulisan ilmiah untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif, akurat, dan berkontribusi pada pengembangan di bidang PAUD. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi pendidik yang tidak hanya kompeten dalam penulisan ilmiah, tetapi juga mampu memanfaatkan dan beradaptasi dengan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dengan bertanggung jawab

Pustaka

Utama :

  1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada
  2. Nana Sudjana. 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah: Makalah-Skripsi-Te sis-Disertasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  3. Suedi. 2015. Penulisan Ilmiah. Bogor. Penerbit IPB Press.
  4. Mukayat D. Brotowidjoyo.Iqbal. 1993. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit AKADEMIKA PRESSINDO.
  5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Pendukung :

  1. EC Maulidiyah, N Khotimah, WP Saroinsong, AP Pratiwi, 2023. Application of problem-based learning of PAUD learning strategy courses to support the independent learning program. Reimagining Innovation in Education and Social Sciences. Routledge

Dosen Pengampu

Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd.

Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami konsep penulisan ilmiah dan kaidah berpikir ilmiah

Mampu menjelaskan konsep penulisan ilmiah dan kaidah berpikir ilmiah

Kriteria:

Jawaban jelas dan rinci


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi
100
Ceramah dan Diskusi
100
Materi: Konsep penulisan ilmiah
Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada
3%

2

Minggu ke 2

Mampu membedakan jenis-jenis penulisan ilmiah dan menjelaskan contohnya dalam bidang PAUD

Mampu menjelaskan jenis-jenis penulisan ilmiah dan menjelaskan contohnya dalam bidang PAUD

Kriteria:

Jawaban jelas dan rinci


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi
100
Ceramah dan Diskusi
100
Materi: Konsep penulisan ilmiah
Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada
3%

3

Minggu ke 3

Mampu menguasai konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD

Mampu menerapkan konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD

Kriteria:

Jawaban jelas dan rinci

Ceramah dan Diskusi
100
Ceramah dan Diskusi
100
Materi: Konsep penulisan ilmiah
Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada
3%

4

Minggu ke 4

Mampu menguasai konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD

Mampu menerapkan konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD

Kriteria:

Jawaban jelas dan rinci

Ceramah dan Diskusi
100
Ceramah dan Diskusi
100
Materi: Konsep penulisan ilmiah
Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global

Mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal, nasional, dan global

Kriteria:

Proposal berisi Jawaban jelas dan rinci


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi
100
Ceramah dan Diskusi
100
Materi: penulisan proposal ilmiah
Pustaka: 4. Mukayat D. Brotowidjoyo.Iqbal. 1993. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit AKADEMIKA PRESSINDO.

Materi: problem based learning
Pustaka: EC Maulidiyah, N Khotimah, WP Saroinsong, AP Pratiwi, 2023. Application of problem-based learning of PAUD learning strategy courses to support the independent learning program. Reimagining Innovation in Education and Social Sciences. Routledge
6%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global

Mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal, nasional, dan global

Kriteria:

Proposal berisi Jawaban jelas dan rinci


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi
100
Ceramah dan Diskusi
100
Materi: penulisan proposal ilmiah
Pustaka: 4. Mukayat D. Brotowidjoyo.Iqbal. 1993. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit AKADEMIKA PRESSINDO.
6%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global

proposal ilmiah

Kriteria:

Proposal berisi Jawaban jelas dan rinci


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi
100
Ceramah dan Diskusi
100
Materi: penulisan proposal ilmiah
Pustaka: 4. Mukayat D. Brotowidjoyo.Iqbal. 1993. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit AKADEMIKA PRESSINDO.
8%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global

Kesesuaian indikator proposal ilmiah

Kriteria:

Jawaban lengkap dan rinci


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
presentasi
100
presentasi
100
Materi: Konsep penulisan ilmiah
Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada

Materi: proposal Ilmiah
Pustaka: 3. Suedi. 2015. Penulisan Ilmiah. Bogor. Penerbit IPB Press.
15%

9

Minggu ke 9

Mampu membuat proposal program kreativitas mahasiswa berdasarkan isu-isu kritis di bidang PAUD

Sistematika PKM

Kriteria:

Jawaban jelas dan lengkap

Ceramah, Diskusi, Tugas
100
Ceramah, Diskusi, Tugas
100
Materi: Penulisan karya
Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
5%

10

Minggu ke 10

Mampu membuat proposal program kreativitas mahasiswa berdasarkan isu-isu kritis di bidang PAUD

Sistematika PKM

Kriteria:

Jawaban jelas dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tugas
100
Ceramah, Diskusi, Tugas
100
Materi: Penulisan karya
Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
5%

11

Minggu ke 11

Mampu membuat proposal program kreativitas mahasiswa berdasarkan isu-isu kritis di bidang PAUD

Sistematika PKM

Kriteria:

Jawaban jelas dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi, Tugas
100
Ceramah, Diskusi, Tugas
100
Materi: Penulisan karya
Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
5%

12

Minggu ke 12

Mampu membuat proposal program kreativitas mahasiswa berdasarkan isu-isu kritis di bidang PAUD

Sistematika PKM

Kriteria:

Jawaban jelas dan lengkap


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi, Tugas
100
Ceramah, Diskusi, Tugas
100
Materi: Penulisan karya
Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
5%

13

Minggu ke 13

Mampu mengomunikasikan hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD

laporan hasil temuan ilmiah

Kriteria:

lengkap dan rinci


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
100
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
100
Materi: Penulisan karya
Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mengomunikasikan hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD

laporan hasil temuan ilmiah

Kriteria:

lengkap dan rinci


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
100
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
100
Materi: Penulisan karya
Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
5%

15

Minggu ke 15

Evaluasi hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD

laporan hasil temuan ilmiah

Kriteria:

lengkap dan rinci


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
100
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
100
Materi: Penulisan karya
Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
11%

16

Minggu ke 16

Evaluasi hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD

laporan hasil temuan ilmiah

Kriteria:

lengkap dan rinci


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
100
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
100
Materi: Penulisan karya
Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 44%
3. Penilaian Portofolio 5.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
5. Tes 22.5%
92%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.