|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Penulisan Ilmiah |
8620702253 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
1 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.
|
Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memanfaatkan teknologi dalam menelusuri sumber informasi untuk mendalami konsep penulisan ilmiah.
|
PO - 2 |
Mampu menguasai konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global.
|
PO - 4 |
Mampu mengomunikasikan hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep penulisan ilmiah, kaidah berpikir ilmiah, perbedaan karangan ilmiah dan non ilmiah, penulisan sumber referensi, penulisan karangan ilmiah argumentatif, critical review, penulisan field note dan transkrip wawancara, perbedaan proposal penelitian dan laporan penelitian, serta penelusuran informasi ilmiah melalui internet. Melalui pendekatan tehnologi digital, mahasiswa diajak untuk mengeksplorasi dan menerapkan teknologi dalam penelitian dan penulisan ilmiah untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif, akurat, dan berkontribusi pada pengembangan di bidang PAUD. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi pendidik yang tidak hanya kompeten dalam penulisan ilmiah, tetapi juga mampu memanfaatkan dan beradaptasi dengan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dengan bertanggung jawab |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada
- Nana Sudjana. 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah: Makalah-Skripsi-Te sis-Disertasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Suedi. 2015. Penulisan Ilmiah. Bogor. Penerbit IPB Press.
- Mukayat D. Brotowidjoyo.Iqbal. 1993. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit AKADEMIKA PRESSINDO.
- Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
|
Pendukung : |
|
- EC Maulidiyah, N Khotimah, WP Saroinsong, AP Pratiwi, 2023. Application of problem-based learning of PAUD learning strategy courses to support the independent learning program. Reimagining Innovation in Education and Social Sciences. Routledge
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd. Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami konsep penulisan ilmiah dan kaidah berpikir ilmiah |
Mampu menjelaskan konsep penulisan ilmiah dan kaidah berpikir ilmiah |
Kriteria:
Jawaban jelas dan rinci Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Materi: Konsep penulisan ilmiah Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu membedakan jenis-jenis penulisan ilmiah dan menjelaskan contohnya dalam bidang PAUD |
Mampu menjelaskan jenis-jenis penulisan ilmiah dan menjelaskan contohnya dalam bidang PAUD |
Kriteria:
Jawaban jelas dan rinci Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Materi: Konsep penulisan ilmiah Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menguasai konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD |
Mampu menerapkan konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD |
Kriteria:
Jawaban jelas dan rinci |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Materi: Konsep penulisan ilmiah Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menguasai konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD |
Mampu menerapkan konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD |
Kriteria:
Jawaban jelas dan rinci |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Materi: Konsep penulisan ilmiah Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global |
Mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal, nasional, dan global |
Kriteria:
Proposal berisi Jawaban jelas dan rinci Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Materi: penulisan proposal ilmiah Pustaka: 4. Mukayat D. Brotowidjoyo.Iqbal. 1993. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit AKADEMIKA PRESSINDO. Materi: problem based learning Pustaka: EC Maulidiyah, N Khotimah, WP Saroinsong, AP Pratiwi, 2023. Application of problem-based learning of PAUD learning strategy courses to support the independent learning program. Reimagining Innovation in Education and Social Sciences. Routledge |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global |
Mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal, nasional, dan global |
Kriteria:
Proposal berisi Jawaban jelas dan rinci Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Materi: penulisan proposal ilmiah Pustaka: 4. Mukayat D. Brotowidjoyo.Iqbal. 1993. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit AKADEMIKA PRESSINDO. |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global |
proposal ilmiah |
Kriteria:
Proposal berisi Jawaban jelas dan rinci Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Ceramah dan Diskusi 100 |
Materi: penulisan proposal ilmiah Pustaka: 4. Mukayat D. Brotowidjoyo.Iqbal. 1993. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit AKADEMIKA PRESSINDO. |
8% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global |
Kesesuaian indikator proposal ilmiah |
Kriteria:
Jawaban lengkap dan rinci Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
presentasi 100 |
presentasi 100 |
Materi: Konsep penulisan ilmiah Pustaka: 1. Dalman . 2019. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit. PT. RajaGrafindo Persada Materi: proposal Ilmiah Pustaka: 3. Suedi. 2015. Penulisan Ilmiah. Bogor. Penerbit IPB Press. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu membuat proposal program kreativitas mahasiswa berdasarkan isu-isu kritis di bidang PAUD |
Sistematika PKM |
Kriteria:
Jawaban jelas dan lengkap |
Ceramah, Diskusi, Tugas 100 |
Ceramah, Diskusi, Tugas 100 |
Materi: Penulisan karya Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu membuat proposal program kreativitas mahasiswa berdasarkan isu-isu kritis di bidang PAUD |
Sistematika PKM |
Kriteria:
Jawaban jelas dan lengkap Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tugas 100 |
Ceramah, Diskusi, Tugas 100 |
Materi: Penulisan karya Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu membuat proposal program kreativitas mahasiswa berdasarkan isu-isu kritis di bidang PAUD |
Sistematika PKM |
Kriteria:
Jawaban jelas dan lengkap Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, Tugas 100 |
Ceramah, Diskusi, Tugas 100 |
Materi: Penulisan karya Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu membuat proposal program kreativitas mahasiswa berdasarkan isu-isu kritis di bidang PAUD |
Sistematika PKM |
Kriteria:
Jawaban jelas dan lengkap Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, Tugas 100 |
Ceramah, Diskusi, Tugas 100 |
Materi: Penulisan karya Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengomunikasikan hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD |
laporan hasil temuan ilmiah |
Kriteria:
lengkap dan rinci Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas 100 |
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas 100 |
Materi: Penulisan karya Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengomunikasikan hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD |
laporan hasil temuan ilmiah |
Kriteria:
lengkap dan rinci Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas 100 |
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas 100 |
Materi: Penulisan karya Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Evaluasi hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD |
laporan hasil temuan ilmiah |
Kriteria:
lengkap dan rinci Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas 100 |
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas 100 |
Materi: Penulisan karya Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
11% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD |
laporan hasil temuan ilmiah |
Kriteria:
lengkap dan rinci Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas 100 |
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas 100 |
Materi: Penulisan karya Pustaka: 5. Gunawan Wiradi. 2020 Etikan Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
15% |