|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Tugas Akhir Tesis |
7410807077 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=8 |
ECTS=17.92 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah berupa tesis, dengan struktur, isi, dan bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, & terhindar dari plagiasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengajarkan cara membuat karya ilmiah, baik berupa esai ataupun tesis/laporan penelitian, sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang benar sehingga terhindar dari kasus plagiasi. Materi kuliah mencakup struktur karya ilmiah, isi masing-masing bagian karya ilmiah, teknik pengutipan dan parafrase, serta penggunaan ragam bahasa sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jordan, R.R. (1980). Academic Writing Course. London : Collins.
- Swales, J.M. & C.B. Feak (1994). Academic Writing for Graduate Students. Ann Arbor : The University of Michigan Press.
- Hadjon, Philipus, M. (2005), Penalaran Hukum (Legal Reasoning), Jogyakarta, Gadjah Mada University Press.
- Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. Tamsil, S.H., M.H. Dr. Sulaksono, S.H., M.H. Dr. Bachrul Amiq, S.H., M.H. Indri Fogar Susilowati, S.H., M.H. Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H. Dr. Heppy Hyma Puspytasari, S.H., M.H. Emmilia Rusdiana, S.H., M.H. Budi Hermono, S.H., M.H. Arinto Nugroho, S.H., S.Pd., M.H. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang ilmu hukum sesuai dengan bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah |
1. Motivasi mahasiswa untuk belajar mandiri. 2. Mahasiswa dapat mengikuti pembimbingan tesis secara efisien |
Kriteria:
Kemampuan menyampaikan pendapat Ketepatan pendapat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi dan Tanya jawab 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Berpikir kritis, pemilihan topik dan permasalahan, Latar Belakang Permasalahan Pustaka: Hadjon, Philipus, M. (2005), Penalaran Hukum (Legal Reasoning), Jogyakarta, Gadjah Mada University Press. Materi: 1. Berpikir kritis, mencari topic dan permasalahan Tesis Pustaka: Hadjon, Philipus, M. (2005), Penalaran Hukum (Legal Reasoning), Jogyakarta, Gadjah Mada University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
tata cara, dan etika ilmiah dalam penulisan tesis |
Kemapuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan sesuai tata cara penulisan Tesis |
Kriteria:
Kemampuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan ilmiah, Kemampuan menyusun permasalahan sesuai dengan teknik penulisan Tesis, Kemampuan menyusun latar belakang masalah secara sistematis dan mengerucut Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi dan Tanya jawab 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Pemilihan topik dan permasalahan penelitian hukum normatif Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana Materi: 1. Teknik penulisan Tesis dan karya ilmiah Pustaka: Swales, J.M. & C.B. Feak (1994). Academic Writing for Graduate Students. Ann Arbor : The University of Michigan Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
menyusun dan mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argument saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas |
1. Kebenaran penjelasan 2. Kemampuan menyampaikan pendapat berdasarkan pengalaman |
Kriteria:
1. Mampu menganalisis hasil pemikiran/idenya yang dituangkan dalam bentuk tulisan. 2. Mampu mempertanggungjawabkan ide yang dituangkan dalam bentuk tulisan. 3. Mampu mengevaluasi hasil pemikirnnya yan dituangkan dalam bentuk tulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, Tanya jawab 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Metode penulisan Tesis Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun metodologi penelitian normatif |
Tersusunnya Metodologi Penelitian normatif |
Kriteria:
Kesesuaian permasalahan dengan metode pendekatan penelitian, Kesesuaian permasalahan dengan teknik pengumpulan data, Kesesuaian permasalahan dengan teknik analisis data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Pendampingan Penulisan metodologi penelitian 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Metodologi penelitian normative Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun metodologi penelitian empiris |
Tersusunnya Metodologi Penelitian empiris |
Kriteria:
Kesesuaian permasalahan dengan metode pendekatan penelitian Kesesuaian permasalahan dengan teknik pengumpulan data Kesesuaian permasalahan dengan teknik analisis data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Pendampingan Penulisan metodologi penelitian 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Metodologi penelitian Pustaka: Hadjon, Philipus, M. (2005), Penalaran Hukum (Legal Reasoning), Jogyakarta, Gadjah Mada University Press. Materi: 1. Metodologi penelitian empiris Pustaka: Swales, J.M. & C.B. Feak (1994). Academic Writing for Graduate Students. Ann Arbor : The University of Michigan Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi serta menginovasi teori-teori yang dipergunakan sebagai pisau analisis permasalahan penelitian |
Tersusunnya Kajian Pustaka Penelitian |
Kriteria:
Ketepatan penentuan teori-teori yang dipergunakan untuk menjawab permasalahan penelitian, Tersusunnya kajian pustaka secara sistematis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Brainstorming dan Discovery Learning 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Literasi Bahan pustaka Pustaka: Swales, J.M. & C.B. Feak (1994). Academic Writing for Graduate Students. Ann Arbor : The University of Michigan Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian |
Tersusunnya proposal penelitian (tesis) |
Kriteria:
Kesesuaian judul dengan permasalahan, Tersususnnya permasalahan tesis yang kontekstual, Kesesuaian metodologi dengan permasalahan, Kesesuaian kajian pustaka dengan permasalahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan pendampingan 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Penyusunan proposal tesis Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menganalisis, mengevaluasi dan mempresentasikan proposal Tesis |
Kebenaran penjelasan, Kemampuan menyampaikan pendapat berdasarkan pengalaman |
Kriteria:
Kejelasan permasalahan, Kejelasan latar belakang masalah, Kejelasan metode penelitian, Kejelasan kajian pustaka Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Tanya jawab 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Penyusunan proposal tesis Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengumpulkan data dan mengevaluasi serta menganalisisnya |
Tersusunnya data penelitian yang dipergunakan untuk keperluan menjawab permasalahan penelitian |
Kriteria:
Ketepatan data penelitian, Kelengkapan data penelitian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi dan pendampingan 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Pengumpulan data penelitian Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian |
Terjawabnya permasalahan penelitian |
Kriteria:
Ketajaman analisis permasalahan, Ketepatan menjawab permasalahan, Terwujudnya kebaruan penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan pendampingan 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian |
Terjawabnya permasalahan penelitian |
Kriteria:
Ketajaman analisis permasalahan Ketepatan menjawab permasalahan Terwujudnya kebaruan penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan pendampingan 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian |
Terjawabnya permasalahan penelitian |
Kriteria:
Ketajaman analisis permasalahan, Ketepatan menjawab permasalahan, Terwujudnya kebaruan penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan pendampingan 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian |
Terjawabnya permasalahan penelitian |
Kriteria:
Ketajaman analisis permasalahan, Ketepatan menjawab permasalahan, Terwujudnya kebaruan penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan pendampingan 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian |
Terjawabnya permasalahan penelitian |
Kriteria:
Ketajaman analisis permasalahan, Ketepatan menjawab permasalahan, Terwujudnya kebaruan penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan pendampingan 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyimpulkan hasil penelitian serta memberi rekomendasi |
Tersusunnya simpulan dan saran yang tepat dan jelas |
Kriteria:
Kejelasan Simpulan hasil pembahasan, Ketajaman simpulan hasil pembahasan, Kebaruan rekomendasi penelitian Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi dan pendampingan 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Pengambilan simpulan dan penyusunan rekomendasi penelitian Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu memprentasikan Tesis dan mempertanggungjawabkannya |
Presentasi Tesis |
Kriteria:
Kejelasan dalam mempresentasikan tesis, Ketajaman dalam menganalisis data untuk menjawab permasalahan yang diangkat dalam tesis, Ketepatan dalam menjawab pertanyaan penguji Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Tanya jawab 50 Menit |
- - |
Materi: 1. Pemaparan dan pertanggunjawaban tesis Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana |
10% |