Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tugas Akhir Tesis

7410807077

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=8

ECTS=17.92

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah berupa tesis, dengan struktur, isi, dan bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, & terhindar dari plagiasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengajarkan cara membuat karya ilmiah, baik berupa esai ataupun tesis/laporan penelitian, sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang benar sehingga terhindar dari kasus plagiasi. Materi kuliah mencakup struktur karya ilmiah, isi masing-masing bagian karya ilmiah, teknik pengutipan dan parafrase, serta penggunaan ragam bahasa sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah

Pustaka

Utama :

  1. Jordan, R.R. (1980). Academic Writing Course. London : Collins.
  2. Swales, J.M. & C.B. Feak (1994). Academic Writing for Graduate Students. Ann Arbor : The University of Michigan Press.
  3. Hadjon, Philipus, M. (2005), Penalaran Hukum (Legal Reasoning), Jogyakarta, Gadjah Mada University Press.
  4. Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Tamsil, S.H., M.H.

Dr. Sulaksono, S.H., M.H.

Dr. Bachrul Amiq, S.H., M.H.

Indri Fogar Susilowati, S.H., M.H.

Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H.

Dr. Heppy Hyma Puspytasari, S.H., M.H.

Emmilia Rusdiana, S.H., M.H.

Budi Hermono, S.H., M.H.

Arinto Nugroho, S.H., S.Pd., M.H.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang ilmu hukum sesuai dengan bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah

1. Motivasi mahasiswa untuk belajar mandiri. 2. Mahasiswa dapat mengikuti pembimbingan tesis secara efisien

Kriteria:

Kemampuan menyampaikan pendapat Ketepatan pendapat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan Tanya jawab
50 Menit
-
-
Materi: 1. Berpikir kritis, pemilihan topik dan permasalahan, Latar Belakang Permasalahan
Pustaka: Hadjon, Philipus, M. (2005), Penalaran Hukum (Legal Reasoning), Jogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Materi: 1. Berpikir kritis, mencari topic dan permasalahan Tesis
Pustaka: Hadjon, Philipus, M. (2005), Penalaran Hukum (Legal Reasoning), Jogyakarta, Gadjah Mada University Press.
5%

2

Minggu ke 2

tata cara, dan etika ilmiah dalam penulisan tesis

Kemapuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan sesuai tata cara penulisan Tesis

Kriteria:

Kemampuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan ilmiah, Kemampuan menyusun permasalahan sesuai dengan teknik penulisan Tesis, Kemampuan menyusun latar belakang masalah secara sistematis dan mengerucut


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan Tanya jawab
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pemilihan topik dan permasalahan penelitian hukum normatif
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana

Materi: 1. Teknik penulisan Tesis dan karya ilmiah
Pustaka: Swales, J.M. & C.B. Feak (1994). Academic Writing for Graduate Students. Ann Arbor : The University of Michigan Press.
5%

3

Minggu ke 3

menyusun dan mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argument saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas

1. Kebenaran penjelasan 2. Kemampuan menyampaikan pendapat berdasarkan pengalaman

Kriteria:

1. Mampu menganalisis hasil pemikiran/idenya yang dituangkan dalam bentuk tulisan. 2. Mampu mempertanggungjawabkan ide yang dituangkan dalam bentuk tulisan. 3. Mampu mengevaluasi hasil pemikirnnya yan dituangkan dalam bentuk tulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, Tanya jawab
50 Menit
-
-
Materi: 1. Metode penulisan Tesis
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun metodologi penelitian normatif

Tersusunnya Metodologi Penelitian normatif

Kriteria:

Kesesuaian permasalahan dengan metode pendekatan penelitian, Kesesuaian permasalahan dengan teknik pengumpulan data, Kesesuaian permasalahan dengan teknik analisis data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Pendampingan Penulisan metodologi penelitian
50 Menit
-
-
Materi: 1. Metodologi penelitian normative
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun metodologi penelitian empiris

Tersusunnya Metodologi Penelitian empiris

Kriteria:

Kesesuaian permasalahan dengan metode pendekatan penelitian Kesesuaian permasalahan dengan teknik pengumpulan data Kesesuaian permasalahan dengan teknik analisis data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Pendampingan Penulisan metodologi penelitian
50 Menit
-
-
Materi: 1. Metodologi penelitian
Pustaka: Hadjon, Philipus, M. (2005), Penalaran Hukum (Legal Reasoning), Jogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Materi: 1. Metodologi penelitian empiris
Pustaka: Swales, J.M. & C.B. Feak (1994). Academic Writing for Graduate Students. Ann Arbor : The University of Michigan Press.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi serta menginovasi teori-teori yang dipergunakan sebagai pisau analisis permasalahan penelitian

Tersusunnya Kajian Pustaka Penelitian

Kriteria:

Ketepatan penentuan teori-teori yang dipergunakan untuk menjawab permasalahan penelitian, Tersusunnya kajian pustaka secara sistematis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Brainstorming dan Discovery Learning
50 Menit
-
-
Materi: 1. Literasi Bahan pustaka
Pustaka: Swales, J.M. & C.B. Feak (1994). Academic Writing for Graduate Students. Ann Arbor : The University of Michigan Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian

Tersusunnya proposal penelitian (tesis)

Kriteria:

Kesesuaian judul dengan permasalahan, Tersususnnya permasalahan tesis yang kontekstual, Kesesuaian metodologi dengan permasalahan, Kesesuaian kajian pustaka dengan permasalahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan pendampingan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Penyusunan proposal tesis
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menganalisis, mengevaluasi dan mempresentasikan proposal Tesis

Kebenaran penjelasan, Kemampuan menyampaikan pendapat berdasarkan pengalaman

Kriteria:

Kejelasan permasalahan, Kejelasan latar belakang masalah, Kejelasan metode penelitian, Kejelasan kajian pustaka


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Tanya jawab
50 Menit
-
-
Materi: 1. Penyusunan proposal tesis
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengumpulkan data dan mengevaluasi serta menganalisisnya

Tersusunnya data penelitian yang dipergunakan untuk keperluan menjawab permasalahan penelitian

Kriteria:

Ketepatan data penelitian, Kelengkapan data penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan pendampingan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pengumpulan data penelitian
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian

Terjawabnya permasalahan penelitian

Kriteria:

Ketajaman analisis permasalahan, Ketepatan menjawab permasalahan, Terwujudnya kebaruan penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan pendampingan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
10%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian

Terjawabnya permasalahan penelitian

Kriteria:

Ketajaman analisis permasalahan Ketepatan menjawab permasalahan Terwujudnya kebaruan penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan pendampingan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian

Terjawabnya permasalahan penelitian

Kriteria:

Ketajaman analisis permasalahan, Ketepatan menjawab permasalahan, Terwujudnya kebaruan penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan pendampingan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian

Terjawabnya permasalahan penelitian

Kriteria:

Ketajaman analisis permasalahan, Ketepatan menjawab permasalahan, Terwujudnya kebaruan penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan pendampingan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menginovasi dan menganalisis data penelitian

Terjawabnya permasalahan penelitian

Kriteria:

Ketajaman analisis permasalahan, Ketepatan menjawab permasalahan, Terwujudnya kebaruan penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan pendampingan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pembahasan permasalahan penelitian
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis dan menyimpulkan hasil penelitian serta memberi rekomendasi

Tersusunnya simpulan dan saran yang tepat dan jelas

Kriteria:

Kejelasan Simpulan hasil pembahasan, Ketajaman simpulan hasil pembahasan, Kebaruan rekomendasi penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi dan pendampingan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pengambilan simpulan dan penyusunan rekomendasi penelitian
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu memprentasikan Tesis dan mempertanggungjawabkannya

Presentasi Tesis

Kriteria:

Kejelasan dalam mempresentasikan tesis, Ketajaman dalam menganalisis data untuk menjawab permasalahan yang diangkat dalam tesis, Ketepatan dalam menjawab pertanyaan penguji


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Tanya jawab
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pemaparan dan pertanggunjawaban tesis
Pustaka: Peter Mahmud Marzuki (2019), Penelitian Hukum : Jakarta : Kencana
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 86.67%
2. Penilaian Portofolio 6.67%
3. Praktik / Unjuk Kerja 6.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.