Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia

8810102022

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.




Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.




Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

PLO-6

Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif.

PLO-8

Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA

PLO-10

Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penerapan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia.

PO - 2

Menguasai teori dan prinsip asesmen pembelajaran bahasa-sastra yang mencerminkan kemampuan melakukan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia

PO - 3

Mengambil keputusan strategis dalam menerapkan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia

PO - 4

Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait dengan penerapan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-8PLO-10
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasanasesmen pembelajaran bahasa Indonesia dengan memanfaatkan konsep atau pun aspek-aspek teknis teori dan prinsip asesmen pembelajaran bahasa dan sastra, teori dan prinsip penulisan alat tes keterampilan berbahasa, evaluasi nontes, serta mekanisme penskoran dan interpretasi hasil tes melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan rangkuman materi, makalah, atau pun artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal.

Pustaka

Utama :

  1. Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press.
  2. Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman
  3. Yulianto, B., Purnamasari, H., & Harjanti, F. D. LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN KOMPETENSI-PENGEMBANGAN PROTOTIPE PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU.

Pendukung :

  1. Artikel jurnal

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Bambang Yulianto, M.Pd.

Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis ilmu Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

2

Minggu ke 2

Mengevaluasi Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

3

Minggu ke 3

Membuat kajian prinsip dari Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia

prinsip dari Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

4

Minggu ke 4

Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).

Delapan aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

5

Minggu ke 5

Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).

Delapan aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
8%

6

Minggu ke 6

Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).

Delapan aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
Pustaka: Yulianto, B., Purnamasari, H., & Harjanti, F. D. LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN KOMPETENSI-PENGEMBANGAN PROTOTIPE PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU.
7%

7

Minggu ke 7

Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).

Delapan aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
8%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengan Semester

Ujian Tengan Semester

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Tes
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
0%

9

Minggu ke 9

Mengevaluasi dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia.

  1. Pengaruh asesmen pada suasana pembelajaran di kelas
  2. Tujuan penilaian kelas
  3. Fase asesmen yang mendasari seluruh proses
  4. Strategi dalam asesmen bahasa Indonesia di kelas
  5. Contoh kriteria asesmen pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas
Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

10

Minggu ke 10

Mengevaluasi dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia.

  1. Bahasa Indonesia lisan di sekolah
  2. Hubungan antara keterampilan berbahasa lisan dan tulis
  3. Ruang lingkup asesmen bahasa Indonesia lisan
  4. Kontribusi pengetahuan pada keterampilan berbahasa
  5. Problematika pada asesmen bahasa Indonesia lisan
Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

11

Minggu ke 11

Mengevaluasi dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia.

  1. Membaca dan menulis bahasa Indonesia di kelas
  2. Tiga kata kunci pengembangan keterampilan literasi pada pembelajaran bahasa Indonesia
  3. Mengases membaca dan menulis berbasis IT
  4. Mengases kealamiahanketerampilan membaca
  5. Problematika pada asesmen membaca menulis bagi pembelajar
Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

12

Minggu ke 12

Mengevaluasi dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia.

  1. Catatan atas pelaksanaan penilaian keterampilan berbahasa dalam penilaian formatif
  2. Metode penskoran pada penilaian keterampilan
  3. Penyusunan rubrik penskoran dan skala pelaporan
  4. Format skala penilaian holistik dan analitik
  5. Problematika pemaksimalan fungsi skor reliabilitas
Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

13

Minggu ke 13

Membuat kajian pemikiran para tokoh Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia.

pemikiran para tokoh Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia.

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

14

Minggu ke 14

Membuat kajian pemikiran para tokoh Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia.

pemikiran para tokoh Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia.

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Menganalisis bukti keterkaitan antara Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra, teknologi, dan masyarakat.

keterkaitan antara Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra, teknologi, dan masyarakat.

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
7%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Tes
luring
daring
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press
Pustaka:

Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman.
Pustaka:
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 39.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 60.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.