|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia |
8810102022 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.
|
Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia. |
PLO-6 |
Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif. |
PLO-8 |
Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA |
PLO-10 |
Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penerapan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia.
|
PO - 2 |
Menguasai teori dan prinsip asesmen pembelajaran bahasa-sastra yang mencerminkan kemampuan melakukan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia
|
PO - 3 |
Mengambil keputusan strategis dalam menerapkan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait dengan penerapan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasanasesmen pembelajaran bahasa Indonesia dengan memanfaatkan konsep atau pun aspek-aspek teknis teori dan prinsip asesmen pembelajaran bahasa dan sastra, teori dan prinsip penulisan alat tes keterampilan berbahasa, evaluasi nontes, serta mekanisme penskoran dan interpretasi hasil tes melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan rangkuman materi, makalah, atau pun artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press.
- Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman
- Yulianto, B., Purnamasari, H., & Harjanti, F. D. LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN KOMPETENSI-PENGEMBANGAN PROTOTIPE PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU.
|
Pendukung : |
|
- Artikel jurnal
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Bambang Yulianto, M.Pd. Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis ilmu Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
2
Minggu ke 2 |
Mengevaluasi Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi). |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Membuat kajian prinsip dari Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia |
prinsip dari Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
Delapan aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
Delapan aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
Delapan aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). Pustaka: Yulianto, B., Purnamasari, H., & Harjanti, F. D. LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN KOMPETENSI-PENGEMBANGAN PROTOTIPE PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU. |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
Delapan aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme). |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
8% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengan Semester |
Ujian Tengan Semester |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Tes |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mengevaluasi dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia. |
- Pengaruh asesmen pada suasana pembelajaran di kelas
- Tujuan penilaian kelas
- Fase asesmen yang mendasari seluruh proses
- Strategi dalam asesmen bahasa Indonesia di kelas
- Contoh kriteria asesmen pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas
|
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mengevaluasi dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia. |
- Bahasa Indonesia lisan di sekolah
- Hubungan antara keterampilan berbahasa lisan dan tulis
- Ruang lingkup asesmen bahasa Indonesia lisan
- Kontribusi pengetahuan pada keterampilan berbahasa
- Problematika pada asesmen bahasa Indonesia lisan
|
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mengevaluasi dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia. |
- Membaca dan menulis bahasa Indonesia di kelas
- Tiga kata kunci pengembangan keterampilan literasi pada pembelajaran bahasa Indonesia
- Mengases membaca dan menulis berbasis IT
- Mengases kealamiahanketerampilan membaca
- Problematika pada asesmen membaca menulis bagi pembelajar
|
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mengevaluasi dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia. |
- Catatan atas pelaksanaan penilaian keterampilan berbahasa dalam penilaian formatif
- Metode penskoran pada penilaian keterampilan
- Penyusunan rubrik penskoran dan skala pelaporan
- Format skala penilaian holistik dan analitik
- Problematika pemaksimalan fungsi skor reliabilitas
|
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Membuat kajian pemikiran para tokoh Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia. |
pemikiran para tokoh Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia. |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Membuat kajian pemikiran para tokoh Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia. |
pemikiran para tokoh Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra di Indonesia. |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis bukti keterkaitan antara Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra, teknologi, dan masyarakat. |
keterkaitan antara Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra, teknologi, dan masyarakat. |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata -rata : 56 sd 75; Dibawah rata -rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Tes |
luring
|
daring
|
Materi: Davies, Alan. (2008). Studies in language testing. Cambridge: Cambridge University Press Pustaka: Materi: Worthen, B. R. Dan Sanders, J. R. (2001). Educational evaluation. New York: Longman. Pustaka: |
0% |