|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Desain Program Studi dan Proyek Independen |
7920209097 |
|
T=0 |
P=4 |
ECTS=6.36 |
5 |
25 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengidentifikasi kebutuhan pendidikan dan pengembangan kurikulum yang relevan dengan konteks sosial dan budaya.
|
PO - 2 |
Merancang program studi dengan pendekatan berbasis hasil belajar yang berfokus pada kebutuhan industri dan masyarakat.
|
PO - 3 |
Mengaplikasikan metodologi penelitian untuk mengelola dan mengevaluasi proyek independen.
|
PO - 4 |
Berkolaborasi dalam tim untuk merancang dan mengimplementasikan proyek independen berbasis inovasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam tentang proses desain program studi dan pengelolaan proyek independen berbasis penelitian dan inovasi. Mahasiswa akan mempelajari konsep, teori, dan metodologi dalam perancangan kurikulum serta merancang dan mengelola proyek independen yang relevan dengan bidang studi mereka. Dengan pendekatan berbasis praktik, mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang program studi yang efektif serta mengimplementasikan proyek independen yang inovatif dan berdampak. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah, diskusi, presentasi, serta pengembangan proyek mandiri. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Brown, Gillian and Yule, George. 1983. Discourse Analysis.
- Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse.
- Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text.
- Hutchby, Ian. 2006. Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu mengembangkan pemahaman konseptual dan praktis dalam perancangan program studi yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. |
Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar tenaga kerja. |
Kriteria:
Ketepatan dalam melakukan identifikasi kebutuhan pendidikan melalui analisis data. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: analisis kebutuhan masyarakat dan riset untuk proyek independen. Pustaka: Brown, Gillian and Yule, George. 1983. Discourse Analysis. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu mengembangkan pemahaman konseptual dan praktis dalam perancangan program studi yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. |
Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar tenaga kerja. |
Kriteria:
Ketepatan dalam melakukan identifikasi kebutuhan pendidikan melalui analisis data. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: analisis kebutuhan masyarakat dan riset untuk proyek independen. Pustaka: Brown, Gillian and Yule, George. 1983. Discourse Analysis. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu mengembangkan pemahaman konseptual dan praktis dalam perancangan program studi yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. |
Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar tenaga kerja. |
Kriteria:
Ketepatan dalam melakukan identifikasi kebutuhan pendidikan melalui analisis data. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: analisis kebutuhan masyarakat dan riset untuk proyek independen. Pustaka: Brown, Gillian and Yule, George. 1983. Discourse Analysis. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu mengembangkan pemahaman konseptual dan praktis dalam perancangan program studi yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. |
Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar tenaga kerja. |
Kriteria:
Ketepatan dalam melakukan identifikasi kebutuhan pendidikan melalui analisis data. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: analisis kebutuhan masyarakat dan riset untuk proyek independen. Pustaka: Brown, Gillian and Yule, George. 1983. Discourse Analysis. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu Menguasai teknik perencanaan, implementasi, dan evaluasi proyek independen yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan industri. |
Kriteria:
Ketepatan dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: perancangan program studi yang relevan dengan konteks sosial dan budaya. Pustaka: Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu Menguasai teknik perencanaan, implementasi, dan evaluasi proyek independen yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan industri. |
Kriteria:
Ketepatan dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: perancangan program studi yang relevan dengan konteks sosial dan budaya. Pustaka: Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu Menguasai teknik perencanaan, implementasi, dan evaluasi proyek independen yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan industri. |
Kriteria:
Ketepatan dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: perancangan program studi yang relevan dengan konteks sosial dan budaya. Pustaka: Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu Menguasai teknik perencanaan, implementasi, dan evaluasi proyek independen yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan industri. |
Kriteria:
Ketepatan dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: perancangan program studi yang relevan dengan konteks sosial dan budaya. Pustaka: Fowler, Roger. 1981. Literature as Social Discourse. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menganalisis kebutuhan program studi dan proyek independen melalui riset dan inovasi. |
Mahasiswa mampu menerapkan metodologi penelitian dalam mengelola proyek independen. |
Kriteria:
Ketepatan dalam penerapan metode penelitian yang mendukung keberhasilan proyek independen. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Perancangan kurikulum dan proyek independen berbasis riset. Pustaka: Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menganalisis kebutuhan program studi dan proyek independen melalui riset dan inovasi. |
Mahasiswa mampu menerapkan metodologi penelitian dalam mengelola proyek independen. |
Kriteria:
Ketepatan dalam penerapan metode penelitian yang mendukung keberhasilan proyek independen. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Perancangan kurikulum dan proyek independen berbasis riset. Pustaka: Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menganalisis kebutuhan program studi dan proyek independen melalui riset dan inovasi. |
Mahasiswa mampu menerapkan metodologi penelitian dalam mengelola proyek independen. |
Kriteria:
Ketepatan dalam penerapan metode penelitian yang mendukung keberhasilan proyek independen. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Perancangan kurikulum dan proyek independen berbasis riset. Pustaka: Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menganalisis kebutuhan program studi dan proyek independen melalui riset dan inovasi. |
Mahasiswa mampu menerapkan metodologi penelitian dalam mengelola proyek independen. |
Kriteria:
Ketepatan dalam penerapan metode penelitian yang mendukung keberhasilan proyek independen. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Perancangan kurikulum dan proyek independen berbasis riset. Pustaka: Huckin, Thomas. 2005. Critical Discourse Analysis in Functional Approaches to Written Text. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menyusun strategi implementasi program studi dan proyek independen dengan mempertimbangkan konteks sosial, budaya, dan kebutuhan pasar. |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim dengan efektif untuk merancang strategi proyek independen. |
Kriteria:
Kemampuan berkolaborasi dan merancang strategi implementasi proyek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
Daring 4 X 50 |
Materi: manajemen dan evaluasi proyek independen berbasis penelitian. Pustaka: Hutchby, Ian. 2006. Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menyusun strategi implementasi program studi dan proyek independen dengan mempertimbangkan konteks sosial, budaya, dan kebutuhan pasar. |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim dengan efektif untuk merancang strategi proyek independen. |
Kriteria:
Kemampuan berkolaborasi dan merancang strategi implementasi proyek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
Daring 4 X 50 |
Materi: manajemen dan evaluasi proyek independen berbasis penelitian. Pustaka: Hutchby, Ian. 2006. Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Pada akhir mata perkuliahan, siswa mampu menyusun strategi implementasi program studi dan proyek independen dengan mempertimbangkan konteks sosial, budaya, dan kebutuhan pasar. |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim dengan efektif untuk merancang strategi proyek independen. |
Kriteria:
Kemampuan berkolaborasi dan merancang strategi implementasi proyek. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Luring 4 X 50 |
Daring 4 X 50 |
Materi: manajemen dan evaluasi proyek independen berbasis penelitian. Pustaka: Hutchby, Ian. 2006. Media Talk: Conversation Analysis and the Study of Broadcasting. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa akan diminta untuk mengembangkan analisis kritis dan evaluasi terhadap program studi atau proyek independen yang telah dirancang selama perkuliahan |
Kriteria:
- Evaluasi Proyek Desain (Laporan tertulis)
- Presentasi Proyek
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
14% |