Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis kebutuhan latihan kebugaran olahraga

8520604067

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-8

Mampu mendesain perangkat penunjang, model latihan, serta modul program latihan yang inovatif dan aplikatif mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami komponen utama kebugaran fisik: kekuatan, daya tahan, kelincahan, fleksibilitas, kecepatan, dan keseimbangan.

PO - 2

Menganalisis kondisi kebugaran individu berdasarkan tes kebugaran fisik.

PO - 3

Merancang program latihan kebugaran yang sesuai dengan tujuan peningkatan kebugaran individu atau kelompok.

PO - 4

Menggunakan prinsip latihan yang efektif dan efisien dalam merancang program latihan.

PO - 5

Mampu melakukan evaluasi terhadap program latihan kebugaran yang telah diterapkan.

PO - 6

Memahami hubungan antara kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-8
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Kebutuhan Latihan Kebugaran bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai prinsip-prinsip dasar dalam merancang program latihan kebugaran yang sesuai dengan kebutuhan individu atau kelompok. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana melakukan analisis fisik, mengevaluasi kondisi kebugaran, serta merancang program latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik secara efektif. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada pemahaman komponen kebugaran jasmani, penentuan tujuan kebugaran, dan bagaimana merancang latihan berdasarkan analisis kebutuhan masing-masing individu.

Pustaka

Utama :

  1. Baechle, T.R., & Earle, R.W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning. Human Kinetics.
  2. McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.
  3. Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 1: Pengantar Analisis Kebutuhan Latihan Kebugaran

Pengenalan mata kuliah, tujuan, dan ruang lingkup latihan kebugaran.
Pembahasan tujuan latihan kebugaran: kesehatan, kebugaran fisik, dan pencapaian performa.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Baechle, T.R., & Earle, R.W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning. Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 2: Komponen Kebugaran Fisik

Penjelasan komponen kebugaran fisik: kekuatan, daya tahan, kelincahan, fleksibilitas, kecepatan, dan keseimbangan.
Pembahasan tentang pentingnya setiap komponen untuk kebugaran tubuh secara menyeluruh.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.
6%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 3: Prinsip Latihan Kebugaran
Pembahasan prinsip-prinsip dasar latihan: overload, spesifik, variasi, dan pemulihan.
Penerapan prinsip-prinsip ini dalam perancangan latihan kebugaran.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics.
6%

4

Minggu ke 4

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Pertemuan 4: Evaluasi Kebugaran Fisik Individu
    Pengukuran kondisi fisik melalui tes kebugaran seperti tes VO2 max, tes kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan.
    1 x 50

    Materi: ...
    Pustaka: Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics.
    6%

    5

    Minggu ke 5

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Pertemuan 5: Analisis Kebutuhan Latihan Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

    Analisis kebutuhan kebugaran berdasarkan usia dan jenis kelamin.
    Perbedaan program latihan untuk pria, wanita, anak-anak, dan lansia.
    1 x 50

    Materi: ...
    Pustaka: Baechle, T.R., & Earle, R.W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning. Human Kinetics.
    6%

    6

    Minggu ke 6

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Pertemuan 6: Perancangan Program Latihan Kebugaran

    Langkah-langkah merancang program latihan kebugaran untuk individu atau kelompok.
    Penentuan tujuan latihan dan pemilihan metode latihan yang tepat
    1 x 50

    Materi: ...
    Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.
    6%

    7

    Minggu ke 7

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Pertemuan 7: Latihan Kekuatan dan Daya Tahan

    Pembahasan teknik dan metode latihan kekuatan dan daya tahan (aerobik dan anaerobik).
    Perencanaan latihan sesuai dengan tujuan kebugaran fisik.
    1 x 50

    6%

    8

    Minggu ke 8

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)

    Ujian yang mencakup teori dan aplikasi analisis kebutuhan latihan kebugaran serta perancangan program latihan.
    1 x 50

    Materi: ...
    Pustaka: Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics.
    6%

    9

    Minggu ke 9

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Pertemuan 9: Latihan Fleksibilitas dan Mobilitas
    Teknik latihan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh dan menjaga mobilitas sendi.
    1 x 50

    Materi: ...
    Pustaka: Baechle, T.R., & Earle, R.W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning. Human Kinetics.
    6%

    10

    Minggu ke 10

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Pertemuan 10: Latihan Kecepatan dan Kelincahan

    Metode latihan yang difokuskan untuk meningkatkan kecepatan gerakan dan kelincahan.

    Materi: ...
    Pustaka: Baechle, T.R., & Earle, R.W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning. Human Kinetics.
    6%

    11

    Minggu ke 11

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Pertemuan 10: Latihan Kecepatan dan Kelincahan

    Metode latihan yang difokuskan untuk meningkatkan kecepatan gerakan dan kelincahan.
    1 x 50

    Materi: ...
    Pustaka: Baechle, T.R., & Earle, R.W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning. Human Kinetics.
    6%

    12

    Minggu ke 12

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Pertemuan 12: Program Latihan Kebugaran untuk Tujuan Peningkatan Performa

    Merancang program latihan kebugaran untuk meningkatkan performa atlet, meliputi l
    latihan kekuatan, daya tahan, dan kecepatan.
    1 x 50

    Materi: ...
    Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.
    6%

    13

    Minggu ke 13

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
    Pertemuan 13: Pemantauan dan Evaluasi Program Latihan Kebugaran

    Teknik pemantauan dan evaluasi terhadap perkembangan kebugaran.
    Metode untuk menyesuaikan program latihan sesuai dengan hasil evaluasi.
    1 x 50

    Materi: ...
    Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.
    6%

    14

    Minggu ke 14

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Pertemuan 14: Latihan Kebugaran untuk Kelompok

    Merancang program latihan kebugaran untuk kelompok, baik di gym atau di luar ruangan (group fitness).
    Menyesuaikan program berdasarkan tingkat kebugaran kelompok.

    Materi: ...
    Pustaka: McArdle, W.D., Katch, F.I., & Katch, V.L. (2014). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. Lippincott Williams & Wilkins.
    6%

    15

    Minggu ke 15

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Pertemuan 15: Presentasi Proyek Analisis Kebutuhan Latihan Kebugaran

    Presentasi hasil analisis kebugaran dan rancangan program latihan untuk individu atau kelompok.
    1 x 50

    Materi: ...
    Pustaka: Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics.
    6%

    16

    Minggu ke 16

    Rubrik Penilaian

    Kriteria:

    Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

    Ujian akhir yang mencakup teori, aplikasi analisis kebutuhan latihan kebugaran, dan perancangan program latihan kebugaran untuk berbagai tujuan.

    Materi: ...
    Pustaka: Baechle, T.R., & Earle, R.W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning. Human Kinetics.
    10%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 18%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 63%
    3. Penilaian Praktikum 3%
    4. Tes 16%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.