Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan TPACK dalam Pembelajaran Sains Sekolah (Development of TPACK in School Science Learning)

8410102235

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Erman, M.Pd.




.......................................




Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.

PLO-7

Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

PLO-8

Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif.

PLO-9

Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep, prinsip, dan teori serta frameworks TPACK

PO - 2

Menjelaskan perbedaan ruang lingkup content knowledge (CK), technological pedagogic knowledge (TPK), technological content knowledge (TCK), pedagogical content knowledge (PCK), dan technological pedagogical content knowledge (TPACK) dalam konteks pembelajaran IPA.

PO - 3

Merancang TPK, TCK, dan PCK dalam satu topik materi pembelajaran IPA sesuai dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang telah ditentukan dalam rencana pembelajaran

PO - 4

Mengembangkan bahan ajar TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) pada satu topik materi pembelajaran IPA sesuai model, pendekatan, dan metode pembelajaran dalam rencana pembelajaran IPA.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1   
PO-2  
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang konsep TPACK dan implementasinya dalam pembelajaran sains/IPA melalui kegiatan pemetaan karakteristikan TPACK dan evaluasi bahan ajar serta project pengembangan bahan ajar IPA berbasis TPACK sesuai dengan topik dan rencana pembelajaran.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.
  2. 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.
  3. 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.
  4. 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.
  5. 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Pendukung :

  1. 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK

Dosen Pengampu

Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.

Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan konsep PCK dan TPACK dalam konteks pembelajaran IPA

  1. Menjelaskan konsep, prinsip, dan teori TPACK
  2. Menjelaskan frameworks TPACK
  3. Menjelaskan satu contoh pengalamannya tentang TPACK dalam konteks pembelajaran IPA
Kriteria:
  1. Skor 4 jika Aktif presentasi, memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya dan menjawab pertanyaan, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
  2. Skor 3 jika Aktif memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya, tetapi tidak menjawab pertanyaan baik untuk dirinya maupun yang lain.
  3. Skor 2 jika Kurang aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
  4. Skor 1 jika Tidak aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
150 menit

Materi: TPACK
Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

Materi: PCK dalam pendidikan sains
Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

Materi: TPACK
Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
3%

2

Minggu ke 2

Menggunakan teori-teori belajar dan strategi pembelajaran sebagai landasan pengembangan TPACK dalam pembelajaran IPA

  1. Mengidentifikasi teori-teori pedagogi yang melandasi pengembangan TPACK dalam pembelajaran IPA
  2. Menjelaskan strategi-strategi pembelajaran dalam implementasi TPACK dalam pembelajaran sains pembelajaran IPA
Kriteria:
  1. Skor 4 jika Aktif presentasi, memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya dan menjawab pertanyaan, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
  2. Skor 3 jika Aktif memberikan pendapat/saran dan kritik, bertanya, menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya, tetapi tidak menjawab pertanyaan baik untuk dirinya maupun yang lain.
  3. Skor 2 jika Kurang aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
  4. Skor 2 jika Kurang aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya.
  5. Skor 1 jika Tidak aktif memberikan pendapat/saran, bertanya tetapi tidak menjawb jika ditanya dan tidak menyimak penjelasan dosen dan presentasi lainnya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab
150 menit

Materi: TPACK
Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

Materi: PCK dalam pendidikan sains
Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

Materi: Teori-teori belajar dan pembelajaran serta TPACK
Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
3%

3

Minggu ke 3

Memetakan karakteristik bahan ajar berdasarkan content knowledge (CK), pedagogical knowledge (PK), technological pedagogical knowledge (TPK), pedagogical content knowledge (PCK), dan technological content knowledge (TCK), serta technological pedagogical content knowledge (TPACK) pada satu contoh topik materi pembelajaran IPA yang paling diminati dan dikuasai.

  1. Mengidentifikasi karakteristik CK, PCK, TCK, TPK, dan TPACK.
  2. Memberikan contoh CK, PCK, TCK, TPK, dan TPACK pada satu topik materi pembelajaran IPA
  3. Menganalisis content materi IPA untuk memetakan PCK, TCK, dan TPK.
Kriteria:
  1. Skor 4 jika dapat mengidentifikasi karakteristik, memberikan contoh, dan memetakan PCK, TPK, TCK, dan TPACK dengan tepat
  2. Skor 3 jika dapat mengidentifikasi karakteristik dan memberikan contoh tetapi belum dapat memetakan PCK, TPK, TCK, dan TPACK dengan tepat
  3. Skor 2 jika hanya dapat mengidentifikasi sebagian besar karakteristik PCK, TPJ, TCK, dan TPACK yang disertai contoh
  4. Skor 1 jika hanya dapat mengidentifikasi sebagian kecil karakteristik PCK, TPK, TCK, dan TPACK

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penugasan dan tanya jawab
150 menit

Materi: TPACK
Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

Materi: PCK dalam pendidikan sains
Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

Materi: TPACK
Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
4%

4

Minggu ke 4

Menganalisis unsur-unsur TPACK pada suatu bahan ajar dalam pembelajaran IPA untuk mengevaluasi kesesuaian bahan ajar dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam suatu rencana pembelajaran pada topik tertentu.

  1. 1) Mengidentifikasi unsur-unsur TPACK dalam suatu topik materi pembelajaran IPA
  2. 2) Mengevaluasi kesesuaian bahan ajar TPACK dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang digunakan.
Kriteria:
  1. Skor 4 jika dapat mengidentifikasi unsur-unsur TPACK, menganalisis, dan mengevaluasi kesesuaian bahan ajar TPACK dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran dengan tepat
  2. Skor 3 jika dapat mengidentifikasi dan menganalisis unsur-unsur TPACK, tetapi masih ada sebagian kecil evaluasi kesesuaian bahan ajar TPACK dengan model, pendekatan, dan metode kurang tepatkurang tepat
  3. Skor 2 jika hanya dapat mengidentifikasi unsur-unsur TPACK tetapi belum dapat menganalisis kesesuaian bahan ajar TPACK dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang digunakan
  4. Skor 1 jika hanya dapat mengidentifikasi sebagian kecil atau belum dapat mengidentifikasi unsur-unsur TPACK

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Tugas dan tanya jawab
150 menit
Materi: TPACK
Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

Materi: PCK dalam pendidikan sains
Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

Materi: TPACK
Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK

Materi: PjBL
Pustaka: 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

Materi: PBL
Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.
0%

5

Minggu ke 5

Merancang PCK pada materi IPA dengan topik tertentu sebagai persiapan bahan ajar TPACK dalam pembelajaran IPA melalui project pengembangan bahan ajar.

  1. 1) Menentukan model, pendekatan, dan metode pembelajaran pada satu topik materi pembelajaran IPA.
  2. 2) Mengembangkan PCK pada satu topik materi pembelajaran IPA
Kriteria:
  1. Skor 4 jika bahan ajar mengandung unsur-unsur content (C), pedagogic (P), dan teknologi (T) yang diintegrasikan secara bertahap dengan tepat dari PCK, TPK, dan TCK ke dalam bentuk TPACK sesuai dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang direncanakan (RP) yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang benar dan tidak multitafsir.
  2. Skor 3 jika bahan ajar mengandung unsur-unsur C, P, dan T yang diintegrasikan secara bertahap dengan tepat dari PCK, TPK, dan TCK ke dalam bentuk TPACK sesuai dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang direncanakan (RP) tetapi sebagian masih menggunakan bahasa yang kurang tepat dan potensi multitafsir.
  3. Skor 2 jika bahan ajar mengandung unsur-unsur C, P, dan T tetapi sebagian diintegrasikan secara bertahap dengan kurang tepat dari PCK, TPK, dan TCK ke dalam bentuk TPACK sesuai dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang direncanakan (RP).
  4. Skor 1 jika sebagian besar unsur-unsur C, P, dan T dalam bahan ajar kurang benar yang diintegrasikan secara bertahap dengan kurang tepat dari PCK, TPK, dan TCK ke dalam bentuk TPACK sesuai dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang direncanakan (RP).

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Penugasan
150 menit

Materi: TPACK
Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

Materi: PCK dalam pendidikan sains
Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
5%

6

Minggu ke 6

    1. 1) Menganalisis unsur-unsur TCK pada satu topik materi pembelajaran IPA
    2. 2) Menganalisis unsur-unsur TPK pada satu topik materi pembelajaran IPA
    3. 3) Mengembangkan perangkat pembelajaran
    Kriteria:
    1. Skor 4 jika bahan ajar mengandung unsur-unsur content (C), pedagogic (P), dan teknologi (T) yang diintegrasikan secara bertahap dengan tepat dari PCK, TPK, dan TCK ke dalam bentuk TPACK sesuai dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang direncanakan (RP) yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang benar dan tidak multitafsir.
    2. Skor 3 jika bahan ajar mengandung unsur-unsur C, P, dan T yang diintegrasikan secara bertahap dengan tepat dari PCK, TPK, dan TCK ke dalam bentuk TPACK sesuai dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang direncanakan (RP) tetapi sebagian masih menggunakan bahasa yang kurang tepat dan potensi multitafsir.
    3. Skor 2 jika bahan ajar mengandung unsur-unsur C, P, dan T tetapi sebagian diintegrasikan secara bertahap dengan kurang tepat dari PCK, TPK, dan TCK ke dalam bentuk TPACK sesuai dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang direncanakan (RP).
    4. Skor 1 jika sebagian besar unsur-unsur C, P, dan T dalam bahan ajar kurang benar yang diintegrasikan secara bertahap dengan kurang tepat dari PCK, TPK, dan TCK ke dalam bentuk TPACK sesuai dengan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang direncanakan (RP).

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
    Penugasan
    150 menit

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    5%

    7

    Minggu ke 7

    Merancang project untuk menghasilkan bahan ajar IPA dalam bentuk TPACK dengan mengintegrasikan PCK, TPK, dan TCK pada topik pembelajaran IPA sesuai dengan rencana pembelajaran.

    1. 1) Merancang ide project pengembangan bahan ajar TPACK pada satu topik materi pembelajaran IPA
    2. 2) Menyusun proposal project pengembangan TPACK
    Kriteria:
    1. Skor 4 jika dapat menulis proposal yang sesuai dengan ide project dan kriteria penulisan proposal project
    2. Skor 3 jika dapat menulis proposal yang sesuai dengan ide project tetapi kurang sesuai dengan kriteria penulisan proposal
    3. Skor 2 jika proposal yang ditulis kurang sesuai dengan ide project sehingga memerlukan banyak revisi
    4. Skor 1 jika proposal yang ditulis tidak sesuai dengan ide project

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tugas project
    150 menit

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: PjBL
    Pustaka: 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

    Materi: PBL
    Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

    Materi: TPACK dan teori-teori pendukungnya
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    15%

    8

    Minggu ke 8

    Kemampuan/Sub-CPMK 1-7

    Semua indikator pada pertemuan 1-7

    Kriteria:

    Kriteria pada sub-CPMK 1-7


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
    UTS
    100 menit

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.
    0%

    9

    Minggu ke 9

    Merancang project untuk menghasilkan bahan ajar IPA dalam bentuk TPACK dengan mengintegrasikan PCK, TPK, dan TCK pada topik pembelajaran IPA sesuai dengan rencana pembelajaran.

    1. 1) Merancang ide project pengembangan bahan ajar TPACK pada satu topik materi pembelajaran IPA
    2. 2) Menyusun proposal project pengembangan TPACK
    Kriteria:
    1. Skor 4 jika dapat menulis proposal yang sesuai dengan ide project dan kriteria penulisan proposal project
    2. Skor 3 jika dapat menulis proposal yang sesuai dengan ide project tetapi kurang sesuai dengan kriteria penulisan proposal
    3. Skor 2 jika proposal yang ditulis kurang sesuai dengan ide project sehingga memerlukan banyak revisi
    4. Skor 1 jika proposal yang ditulis tidak sesuai dengan ide project

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tugas project
    150 menit

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: PjBL
    Pustaka: 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

    Materi: PBL
    Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Merancang project untuk menghasilkan bahan ajar IPA dalam bentuk TPACK dengan mengintegrasikan PCK, TPK, dan TCK pada topik pembelajaran IPA sesuai dengan rencana pembelajaran.

    1. 1) Merancang ide project pengembangan bahan ajar TPACK pada satu topik materi pembelajaran IPA
    2. 2) Menyusun proposal project pengembangan TPACK
    Kriteria:
    1. Skor 4 jika dapat menulis proposal yang sesuai dengan ide project dan kriteria penulisan proposal project
    2. Skor 3 jika dapat menulis proposal yang sesuai dengan ide project tetapi kurang sesuai dengan kriteria penulisan proposal
    3. Skor 2 jika proposal yang ditulis kurang sesuai dengan ide project sehingga memerlukan banyak revisi
    4. Skor 1 jika proposal yang ditulis tidak sesuai dengan ide project

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tugas project
    150 menit

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: PjBL
    Pustaka: 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

    Materi: PBL
    Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Merancang project untuk menghasilkan bahan ajar IPA dalam bentuk TPACK dengan mengintegrasikan PCK, TPK, dan TCK pada topik pembelajaran IPA sesuai dengan rencana pembelajaran.

    1. 1) Melaksanakan project
    2. 2) Analisis data project
    3. 3) Menulis laporan project
    Kriteria:
    1. Skor 4 jika dapat menulis laporan project yang sesuai dengan ide proposal project dan kriteria penulisan laporan project
    2. Skor 3 jika dapat menulis laporan yang sesuai dengan ide proposal project tetapi kurang sesuai dengan kriteria penulisan laporan
    3. Skor 2 jika laporan yang ditulis kurang sesuai dengan ide proposal project sehingga memerlukan banyak revisi
    4. Skor 1 jika laporan yang ditulis tidak sesuai dengan ide proposal project

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tugas project
    150 menit

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: PjBL
    Pustaka: 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

    Materi: PBL
    Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    25%

    12

    Minggu ke 12

    Merancang project untuk menghasilkan bahan ajar IPA dalam bentuk TPACK dengan mengintegrasikan PCK, TPK, dan TCK pada topik pembelajaran IPA sesuai dengan rencana pembelajaran.

    1. 1) Melaksanakan project
    2. 2) Analisis data project
    3. 3) Menulis laporan project
    Kriteria:
    1. Skor 4 jika dapat menulis laporan project yang sesuai dengan ide proposal project dan kriteria penulisan laporan project
    2. Skor 3 jika dapat menulis laporan yang sesuai dengan ide proposal project tetapi kurang sesuai dengan kriteria penulisan laporan
    3. Skor 2 jika laporan yang ditulis kurang sesuai dengan ide proposal project sehingga memerlukan banyak revisi
    4. Skor 1 jika laporan yang ditulis tidak sesuai dengan ide proposal project

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tugas project
    150 menit

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: PjBL
    Pustaka: 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

    Materi: PBL
    Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Merancang project untuk menghasilkan bahan ajar IPA dalam bentuk TPACK dengan mengintegrasikan PCK, TPK, dan TCK pada topik pembelajaran IPA sesuai dengan rencana pembelajaran.

    1. 1) Melaksanakan project
    2. 2) Analisis data project
    3. 3) Menulis laporan project
    Kriteria:
    1. Skor 4 jika dapat menulis laporan project yang sesuai dengan ide proposal project dan kriteria penulisan laporan project
    2. Skor 3 jika dapat menulis laporan yang sesuai dengan ide proposal project tetapi kurang sesuai dengan kriteria penulisan laporan
    3. Skor 2 jika laporan yang ditulis kurang sesuai dengan ide proposal project sehingga memerlukan banyak revisi
    4. Skor 1 jika laporan yang ditulis tidak sesuai dengan ide proposal project

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tugas project
    150 menit

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: PjBL
    Pustaka: 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

    Materi: PBL
    Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Merancang project untuk menghasilkan bahan ajar IPA dalam bentuk TPACK dengan mengintegrasikan PCK, TPK, dan TCK pada topik pembelajaran IPA sesuai dengan rencana pembelajaran.

    1. 1) Presentasi laporan
    2. 2) Analisis data project
    3. 3) Menulis revisi laporan project
    Kriteria:
    1. Skor 4 jika dapat menulis laporan project yang sesuai dengan ide proposal project dan kriteria penulisan laporan project
    2. Skor 3 jika dapat menulis laporan yang sesuai dengan ide proposal project tetapi kurang sesuai dengan kriteria penulisan laporan
    3. Skor 2 jika laporan yang ditulis kurang sesuai dengan ide proposal project sehingga memerlukan banyak revisi
    4. Skor 1 jika laporan yang ditulis tidak sesuai dengan ide proposal project

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tugas project dan presentasi
    150 menit

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: PjBL
    Pustaka: 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

    Materi: PBL
    Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Merancang project untuk menghasilkan bahan ajar IPA dalam bentuk TPACK dengan mengintegrasikan PCK, TPK, dan TCK pada topik pembelajaran IPA sesuai dengan rencana pembelajaran.

    1. 1) Presentasi laporan
    2. 2) Analisis data project
    3. 3) Menulis revisi laporan project
    Kriteria:
    1. Skor 4 jika dapat menulis laporan project yang sesuai dengan ide proposal project dan kriteria penulisan laporan project
    2. Skor 3 jika dapat menulis laporan yang sesuai dengan ide proposal project tetapi kurang sesuai dengan kriteria penulisan laporan
    3. Skor 2 jika laporan yang ditulis kurang sesuai dengan ide proposal project sehingga memerlukan banyak revisi
    4. Skor 1 jika laporan yang ditulis tidak sesuai dengan ide proposal project

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Tugas project dan presentasi
    150 menit

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
    Pustaka: 2. Hunter, J. 2015. Technology Integration and High Possibility Classroom. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: PjBL
    Pustaka: 4. Erman, E., Setiawan, B., Hariyono, E, Suyatno, & Wakhidah, N. 2024. Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal. Malang: PT Octopus Corpora Indonesia.

    Materi: PBL
    Pustaka: 5. Barrett, Terry (2017) A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    10%

    16

    Minggu ke 16

    Sub-CPMK 9-15

    Indikator pertemua 9-15

    Kriteria:
    1. Skor 4 jika Bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, serta menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir dan melakukan refleksi.
    2. Skor 3 Bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, mendalam dan detail, lengkap, jelas, dan komunikatif, menjawab pertanyaan dengan benar, terstruktur, tidak multitafsir tetapi tidak melakukan refleksi.
    3. Skor 2 jika hanya dapat Bahan ajar dipersentasikan dengan menarik, tetapi kurang mendalam dan detail, kurang lengkap, kurang jelas dan komunikatif, serta tidak menjawab pertanyaan dengan benar
    4. Skor 1 Bahan ajar dipersentasikan dengan tidak menarik dan tidak mendalam dan detail, tidak lengkap dan tidak jelas.

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    UAS

    Materi: TPACK
    Pustaka: 1. Koehler, M. J., Mishra, P. 2016. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. New York: Routledge.

    Materi: PCK dalam pendidikan sains
    Pustaka: 3. Kind, V. 2008. Pedagogical Content Knowledge in Science Education: Perspectives and Potential for Progress. Durham University.

    Materi: Kajian TPACK dan strategi pembelajaran
    Pustaka: 6. Artikel-artikel jurnal internasional tentang TPACK
    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 6%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 80%
    3. Penilaian Portofolio 9%
    95%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.