|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Pendidikan |
8620602058 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal. |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan merupakan Mata Kuliah Dasar Ilmu Pendidikan dan wajib tempuh mahasiswa jurusan selingkung FIP Unesa. Matakuliah ini mengkaji berbagai aspek konsep dasar manajemen pendidikan secara umum, secara khusus di sekolah baik secara teoritik maupun praktik, permasalahan pendidikan yang dapat dipecahkan dengan manajemen pendidikan, fungsi manajemen pendidikan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penggerakan, pengawasan, juga substansi manajemen pendidikan yang meliputi manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen peserta didik, manajemen layanan khusus, manajemen sumber daya manusia, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan, manajemen humas, serta kepemimpinan dan supervisi pendidikan sebagai upaya untuk menggerakkan sumberdaya manusia sebagai penentu peningkatan mutu pendidikan. Perkuliahan dilaksanakan secara tatap muka dengan menggunakan metode ceramah, presentasi, diskusi, dan kuis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Roesminingsih, Erny. 2015. Dasar-dasar Manajemen Pendidikan. Surabaya: FIP Unesa.
- Hoy, W. dan Miskel, C. 2005. Educational Administration: Theory, Research, and Practice 7th Edition. New York: McGray Hill.
- Siagian.1981. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung
- Suryosubroto, 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
- Burhanuddin, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: UM Press.
- Hamalik, O. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Hanson, E. M. 2003. Education Administration and Organizational Behavior 7th Edition. United States of America: Pearson Education, Inc.
- Kaluge, L. 2003. Sendi-Sendi Manajemen Pendidikan. Surabaya: Unesa Press.
- Luthans, F. 1989. Organizational Behavior 5th. United State: McGraw-Hill, Inc.
- Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2007). Supervision: A Redefinition (8th Ed.). New York: McGraw Hill.
- Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: UM Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SUPRIYONO |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengkaji konsep dasar manajemen pendidikan serta peran manajemen pendidikan dalam memecahkan masalah pendidikan |
- Menjelaskan konsep dasar Manajemen Pendidikan
- Mengidentifikasi peran manajemen pendidikan dalam memecahkan masalah
|
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai maksimal jika mampu menjawab dengan benar dan berani berinisiatif bertanya atau menjawab |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: kondas Pustaka: Kaluge, L. 2003. Sendi-Sendi Manajemen Pendidikan. Surabaya: Unesa Press. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengkaji konsep dasar manajemen pendidikan serta peran manajemen pendidikan dalam memecahkan masalah pendidikan |
- Menjelaskan konsep dasar Manajemen Pendidikan
- Mengidentifikasi peran manajemen pendidikan dalam memecahkan masalah
|
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai maksimal jika mampu menjawab dengan benar dan berani berinisiatif bertanya atau menjawab |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: kondas Pustaka: Kaluge, L. 2003. Sendi-Sendi Manajemen Pendidikan. Surabaya: Unesa Press. |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami ilmu manajemen pendidikan dan mengidentifikasi fungsi manajemen pendidikan |
- Menjelaskan ilmu manajemen pendidikan
- Mengidentifikasi fungsi manajemen pendidikan
|
Kriteria:
Partisipasi aktif mahasiswa dalam perkuliahan, dalam bentuk bertanya dan menjawab Kemampuan mengerjakan soal dan kuis yang diberikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi kelompok 2 x 50 |
|
Materi: ilmu menejemen Pustaka: Luthans, F. 1989. Organizational Behavior 5th. United State: McGraw-Hill, Inc. |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami fungsi perencaaan |
Menjelaskan fungsi perencanaan pendidikan |
Kriteria:
Partisipasi aktif mahasiswa dalam perkuliahan, dalam bentuk bertanya dan menjawab Kemampuan mengerjakan soal dan kuis yang diberikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi kelompok 2 x 50 |
|
Materi: ilmu menejemen Pustaka: Luthans, F. 1989. Organizational Behavior 5th. United State: McGraw-Hill, Inc. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami fungsi perorganisasian |
Menjelaskan fungsi perorganisasian pendidikan |
Kriteria:
Partisipasi aktif mahasiswa dalam perkuliahan, dalam bentuk bertanya dan menjawab Kemampuan mengerjakan soal dan kuis yang diberikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi kelompok 2 x 50 |
|
Materi: ilmu menejemen Pustaka: Luthans, F. 1989. Organizational Behavior 5th. United State: McGraw-Hill, Inc. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami fungsi perorganisasian |
- Menjelaskan fungsi pelaksanaan
- Mengkategorisasikan fungsi pelaksanaan
|
Kriteria:
Keaftifan dan partisipasi dalam pembelajaran bobot 40 % Tugas kelompok bobot 60% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok dan studi kasus 2 x 50 |
|
Materi: ilmu menejemen Pustaka: Luthans, F. 1989. Organizational Behavior 5th. United State: McGraw-Hill, Inc. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami fungsi pengawasan |
Menjelaskan fungsi-fungsi pengawasan Mendeskripsikan jenis-jenis dan fungsi pengawasan |
Kriteria:
Keaftifan dalam pembelajaran bobot 40% Laporan diskusi kelompok bobot 60% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kelompok dan studi kasus 2 x 50 |
|
Materi: ilmu menejemen Pustaka: Luthans, F. 1989. Organizational Behavior 5th. United State: McGraw-Hill, Inc. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
2 X 50 |
|
|
25% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengkaji substansi manajemen kurikulum dan pembelajaran |
Mampu mendeskripsikan substansi manajemen kurikulum dan pembelajaran |
Kriteria:
Keaktifan dalam pembejalaran bobot 40% Produk dokumen analisis kasus bobot 60% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan analisis kasus 2 X 50 |
|
Materi: substansi manajemen kurikulum dan pembelajaran Pustaka: Siagian.1981. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengkaji substansi manajemen peserta didik dan manajemen layanan khusus |
Menjelaskan substansi manajemen peserta didik Menjelaskan substansi manajemen layanan khusus |
Kriteria:
Keaktifan dalam pembejalaran bobot 40% Produk dokumen analisis kasus bobot 60% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan analisis kasus 2 X 50 |
|
Materi: substansi manajemen kurikulum dan pembelajaran Pustaka: Siagian.1981. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengkaji substansi manajemen sumber daya manusia |
Mampu menjelaskan substansi manajemen sumber daya manusia |
Kriteria:
Keaktifan dalam pembejalaran bobot 40% Produk dokumen analisis kasus bobot 60% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan analisis kasus 2 X 50 |
|
Materi: substansi manajemen kurikulum dan pembelajaran Pustaka: Siagian.1981. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengkaji substansi manajemen sumber daya manusia |
Mampu menjelaskan substansi manajemen sumber daya manusia |
Kriteria:
Keaktifan dalam pembejalaran bobot 40% Produk dokumen analisis kasus bobot 60% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan analisis kasus 2 X 50 |
|
Materi: substansi manajemen kurikulum dan pembelajaran Pustaka: Siagian.1981. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengkaji substansi manajemen Keuangan |
Mampu menjelaskan substansi manajemen keuangan |
Kriteria:
Keaktifan dalam pembejalaran bobot 40% Produk dokumen analisis kasus bobot 60% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan analisis kasus 2 X 50 |
|
Materi: substansi manajemen kurikulum dan pembelajaran Pustaka: Siagian.1981. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengkaji substansi manajemen hubungan sekolah dan masyarakat |
Mendeskripsikan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat |
Kriteria:
Keaktifan dalam pembelajaran bobot 80% Ketepatan menjawab pertanyaan dan kemampuan bertanya 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok 2 x 50 |
|
Materi: manajemen hubungan sekolah dan masyarakat Pustaka: Hanson, E. M. 2003. Education Administration and Organizational Behavior 7th Edition. United States of America: Pearson Education, Inc. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengkaji substansi manajemen kepemimpinan pendidikan |
Mendeskripsikan manajemen kepemimpinan pendidikan |
Kriteria:
Keaktifan dalam pembelajaran bobot 80% Ketepatan menjawab pertanyaan dan kemampuan bertanya 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok 2 x 50 |
|
Materi: manajemen hubungan sekolah dan masyarakat Pustaka: Hanson, E. M. 2003. Education Administration and Organizational Behavior 7th Edition. United States of America: Pearson Education, Inc. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
|
2 X 50 |
|
|
25% |