|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
8610703028 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
22 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dr Fajar Arianto, M.Pd
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menerapkan konsep dan teori PAUD serta ragam metode penelitian terkini tentang anak usia dini, mengembangkan lembaga PAUD dan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda, sesuai prinsip tangguh dengan menyesuaikan berbagai situasi, tantangan dalam pengembangan diri untuk meningkatkan layanan PAUD; (Keterampilan Umum) (profile 1, 2 dan 3); |
PLO-7 |
Mensintesis teori-teori pendidikan dan pembelajaran anak usia dini dan melakukan penelitian anak dengan berbagai pendekatan yang inovatif; (Keterampilan Khusus) (profile 1); |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami penelitian anak usia dini
|
PO - 2 |
Menentukan ide dasar penelitian anak usia dini
|
PO - 3 |
Menentukan penelitian pengembangan anak usia dini
|
PO - 4 |
Menentukan Penelitian kuantitatif dalam Teknologi Pendidikan
|
PO - 5 |
Menentukan penelitian kualitatif dalam Teknologi Pendidikan
|
PO - 6 |
Menentukan instrumen penelitian yang sesuai dengan jenis penelitian
|
PO - 7 |
Menentukan keterkaitan antara permaslahan, jenis penelitian, desain penelitian, dan teknik analisis data
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | | | PO-5 | ✔ | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | PO-7 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji metode penelitian dan pengembangan serta model-model pengembangan tentang karakteristik isi mata kuliah dan atau mata pelajaran atau pelatihan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), taksonomi tujuan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan/pembelajaran/pelatihan. Kajian dapat diarahkan pada karakteristik peserta didik atau peserta pelatihan ditinjau dari sisi psikologi, sosiologi, politik, budaya dan lain-lain sebagai dalam mengembangkan teori dan atau model pembelajaran. Perkuliahan dilaksanakan dengan project based learning |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York
- Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon
- John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc
- Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York
- Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami bidang penelitian anak usia dini
- Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi
|
ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang anak usia dini |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Mengkaji permaslahan pembelajaran anak usia dini untuk menemukan permasalahan penelitian
|
Materi: jenis penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Memahami bidang garapan teknologi pendidikan
- Mengidentifiasi jenis penelitian pengembangan, pemanfaatan, dan evaluasi
|
ketapatan dalam menentukan penelitian di bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Mengkaji kawasan teknologi pendidikan dan bidang garapan untuk menemukan permasalahan penelitian
|
Materi: jenis penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon |
0% |
3
Minggu ke 3 |
- Mengidentifikasi tema penelitian anak usia dini
- Mengidentifikasi jenis penelitian pada anak usia dini
|
Ketepatan dalam nentukan tema penelitian di bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
|
Menemukan tema penelitian dan jenis penelitian bidang Teknologi Pendidikan melalui mengkaji artikel. 100 |
Materi: jenis penelitian Pustaka: John W. Creswell. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mengidentifikasi model-model pengembangan
- Merancang penelitian pengembangan
|
ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada 100 |
|
Materi: metode penelitian dan pengembangan Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: model pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
10% |
5
Minggu ke 5 |
- Mengidentifikasi model-model pengembangan
- Merancang penelitian pengembangan
|
ketepatan dalam menetukan model pengembangan pada bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji model-model pengembangan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan
Membuat dasar penelitian pengembangan melalui mengkaji permasalahan yang ada 100 |
|
Materi: metode penelitian dan pengembangan Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: model pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
10% |
6
Minggu ke 6 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian
- Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
- Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik
|
Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan 100 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
15% |
7
Minggu ke 7 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian
- Menentukan Jenis penelitian kuantitatif sesuai dengan permasalahan
- Merancang penelitian kuantitatif sesuai dengan pendekatan saintifik
|
Ketaoatan rancangan penelitian kuantitatif sesuai dengan metode penelitian dan bidang garapan teknologi pendidikan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kuantitatif berdasarkan pada permasalahan 100 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
uts
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
- menentukan Jenis penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
- Merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan
|
ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
|
Materi: penelitian kualitatif Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
15% |
10
Minggu ke 10 |
- Menentukan permasalahan dalam penelitian kuantitatif
- menentukan Jenis penelitian kualitatif anak usia dini
- Merancang penelitian kualitatif anak usia dini
|
ketepatan dalam merancang penelitian kualitatif bidang teknologi pendidikan |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis dan desain penelitian untuk merancang penelitian kualitatif berdasarkan pada permasalahan
|
Materi: penelitian kualitatif Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: bidang garapan teknologi pendidikan Pustaka: Joost Lowyck (auth.), J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2017. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer-Verlag: New York |
15% |
11
Minggu ke 11 |
- Menentukan Jenis instrumen penelitian
- Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
- Menganalisis hasil validasi intrumen
|
- ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
- ketepatan dalam validasi instrumen penelitian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
|
Materi: instrumen dan validasi Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York |
10% |
12
Minggu ke 12 |
- Menentukan Jenis instrumen penelitian
- Menyusun instrumen penelitian sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
- Menganalisis hasil validasi intrumen
|
- ketepatan dalam menyusun intrumen penelitian
- ketepatan dalam validasi instrumen penelitian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji jenis instrumen penelitian untuk menghasilkan instumen yang valid
|
Materi: instrumen dan validasi Pustaka: Jack Fraenkel, Norman Wallen, Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill : New York |
0% |
13
Minggu ke 13 |
- Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
- Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
- Menentuka instrumen dan validasinya
- Menentukan teknik analisis data
|
Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
|
Materi: metode penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
15% |
14
Minggu ke 14 |
- Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
- Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
- Menentuka instrumen dan validasinya
- Menentukan teknik analisis data
|
Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
|
Materi: metode penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
0% |
15
Minggu ke 15 |
- Menyusun draft penelitian yang sesuai dengan jenis peneltian
- Menentukan desain penelitian berdarakan rumusan yang dibuat
- Menentuka instrumen dan validasinya
- Menentukan teknik analisis data
|
Ketapatan dalam menyusun rancangan penelitian bidang teknologi pendidian yang sesuai dengan metode penelitian |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Mengkaji metode penelitian untuk menghasilkan draft penelitian
|
Materi: metode penelitian Pustaka: Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction . Allyn & Bacon Materi: pengembangan Pustaka: Walter Dick, Lou Carey, James O. Carey. 2015. The systematic design of instruction. Pearso: New York |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
UAS
|
|
|
0% |