Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Etno-Pedagogy Pendidikan Sains (Ethno-Pedagogy of Science Education).

8410102240

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

10 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D; Dr. Hasan Subekti, S.Pd., M.Pd.




Dr. Hasan Subekti, S.Pd., M.Pd.




Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA.

PLO-6

Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.

PLO-7

Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

PLO-8

Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih efektif.

PLO-9

Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep etno-pedagogi dalam perancangan kurikulum pendidikan IPA yang inovatif dan adaptif terhadap kearifan lokal (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengintegrasikan teori pedagogi, andragogi, dan hutagogi dalam pengembangan materi pembelajaran IPA yang sesuai dengan kerangka TPACK (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas penerapan etno-pedagogi dalam pembelajaran IPA dan mengusulkan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi (C5)

PO - 4

Menciptakan metode pembelajaran IPA yang menggabungkan prinsip etno-pedagogi dengan teknologi terkini untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa (C6)

PO - 5

Menerapkan filsafat pendidikan IPA berbasis etno-pedagogi untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal dan global (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak penerapan etno-pedagogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pendidikan IPA (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan menyempurnakan perangkat pembelajaran IPA yang telah dikembangkan dengan pendekatan etno-pedagogi untuk memastikan kesesuaian dengan SDGs (C5)

PO - 8

Menciptakan karya ilmiah dalam bidang pendidikan IPA yang mengintegrasikan etno-pedagogi, dipublikasikan pada jurnal internasional (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip kolaboratif dan adaptif dalam pengembangan dan implementasi etno-pedagogi di lingkungan pendidikan yang beragam (C3)

PO - 10

Menganalisis peran etno-pedagogi dalam memperkuat karakter siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat dalam konteks pendidikan IPA (C4)

PO - 11

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PO - 12

Menerapkan konsep etno-pedagogi dalam desain kurikulum pendidikan sains untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif dan adaptif (C3)

PO - 13

Menganalisis dan mengintegrasikan teori pedagogi, andragogi, dan hutagogi dalam pengembangan materi pembelajaran sains yang berbasis etno-pedagogi (C4)

PO - 14

Mengevaluasi efektivitas penggunaan etno-pedagogi dalam pembelajaran sains berdasarkan kriteria pedagogis dan kultural (C5)

PO - 15

Menciptakan metode penelitian inovatif yang menggabungkan etno-pedagogi dengan pendekatan multi dan interdisipliner dalam pendidikan sains (C6)

PO - 16

Menerapkan prinsip-prinsip etno-pedagogi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dalam pendidikan sains (C3)

PO - 17

Menganalisis dampak penerapan etno-pedagogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pendidikan sains (C4)

PO - 18

Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pembelajaran sains yang berbasis etno-pedagogi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C5)

PO - 19

Menciptakan kerangka kerja baru untuk integrasi etno-pedagogi dalam teknologi pembelajaran sains (C6)

PO - 20

Menerapkan pendekatan etno-pedagogi dalam penilaian pembelajaran sains untuk mengakomodasi keberagaman budaya siswa (C3)

PO - 21

Menganalisis peran etno-pedagogi dalam pengembangan karakter siswa seperti kolaboratif, adaptif, dan inovatif dalam konteks pendidikan sains (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1    
PO-2   
PO-3    
PO-4   
PO-5   
PO-6  
PO-7   
PO-8     
PO-9  
PO-10    
PO-11  
PO-12   
PO-13   
PO-14   
PO-15   
PO-16  
PO-17  
PO-18  
PO-19   
PO-20   
PO-21  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16
PO-17
PO-18
PO-19
PO-20
PO-21

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini fokus pada pemahaman dan pengetahuan peserta didik mengenai kajian hasil penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan lokal (indigenous science), melakukan eksplorasi kearifan local untuk pembelajaran sains, dan merancang strategi pembelajaran sains berbasis kearifan local. Perkuliahan dilakukan melalui metode seminar, workshop, dan project. Penilaian meliputi produk hasil kajian dan produk hasil rancangan.

Pustaka

Utama :

  1. Basu, M., & DasGupta, R. (Eds.). (2023). Indigenous and Local Water Knowledge, Values and Practices. Cham: Springer.
  2. Moodie, N., Lowe, K., Dixon, R., & Trimmer, K. (Eds.). (2023). Assessing the Evidence in Indigenous Education Research: Implications for Policy and Practice. Cham: Springer Nature.
  3. Vandendriessche, E., & Pinxten, R. (Eds.). (2022). Indigenous knowledge and ethnomathematics. Cham: Springer
  4. Lancy, D. F. (2024). Learning without lessons: pedagogy in indigenous communities. Oxford: Oxford University Press.

Pendukung :

  1. 1. Ahanonye, U. A., Otulaja, F., Risenga, I., & Dukhan, S. (2024). Secondary School Life Sciences Teachers’ Understanding of Indigenous Knowledge in Relation to their Views on its Integration into their Classroom Practice. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 1-11. https://doi.org/10.1080/18117295.2024.2358617
  2. 2. Hidayat, S., Leksono, S. M., Jamaludin, U., & Shintawati, S. (2023). Ethno Pedagogy Approach in Preparing Science Learning in The Society 5.0 Era. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 309-314. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.4154
  3. 3. Koirala, K. P. (2022). Ethno science practice as Indigenous wisdom: challenges to braiding with Western-based school science curriculum. Diaspora, Indigenous, and Minority Education, 17(4), 270-282. https://doi.org/10.1080/15595692.2022.2138321
  4. 4. Prasetyo, N., Filep, S., & Carr, A. (2021). Towards culturally sustainable scuba diving tourism: an integration of Indigenous knowledge. Tourism Recreation Research, 48(3), 319-332. https://doi.org/10.1080/02508281.2021.1925830

Dosen Pengampu

Dr. Hasan Subekti, S.Pd., M.Pd.

Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendesripsikan karakteristik ethnopedagogy dalam kontek global.

  1. Menganalisis informasi tentang etno-pedagogi dari perspektif berbagai disiplin ilmu.
  2. Mengevaluasi implikasi etno-pedagogi dalam konteks global
  3. Menyusun hipotesis tentang bagaimana prinsip-prinsip etno-pedagogi dapat diterapkan dalam berbagai kultur dan lingkungan sosio-kultural
  4. Mengkomunikasikan ide dan temuan mereka tentang etno-pedagogi dalam bentuk presentasi yang efektif
  5. Memecahkan masalah yang timbul ketika implementasi etno-pedagogi dihadapkan pada tantangan kultural
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Karakteristik ethnopedagogy dalam kontek global.
Pustaka: Basu, M., & DasGupta, R. (Eds.). (2023). Indigenous and Local Water Knowledge, Values and Practices. Cham: Springer.
4%

2

Minggu ke 2

Menilai Bukti dalam Implikasi Penelitian ethnopedagogy

  1. Menganalisis data yang diperoleh dari penelitian ethnopedagogy
  2. Mengevaluasi implikasi praktis dari hasil penelitian ethnopedagogy terhadap kebijakan pendidikan dan praktik pengajaran
  3. Membandingkan temuan penelitian ethnopedagogy dengan teori-teori pendidikan yang ada
  4. Menyusun argumen yang mendukung atau menolak temuan penelitian berdasarkan bukti yang ada
  5. Menciptakan solusi inovatif untuk masalah pendidikan yang diidentifikasi dalam penelitian ethnopedagogy
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Indigenous Education Research
Pustaka: Vandendriessche, E., & Pinxten, R. (Eds.). (2022). Indigenous knowledge and ethnomathematics. Cham: Springer
5%

3

Minggu ke 3

Merancang Integrasi etnopedagogi ke dalam Praktik pembelajan

  1. Menganalisis konteks budaya lokal dan global yang relevan dengan materi pembelajaran
  2. Merancang rencana pembelajaran yang mengintegrasikan prinsip-prinsip etnopedagogi
  3. Mengevaluasi dampak dari penerapan etnopedagogi dalam praktik pembelajaran
  4. Menciptakan materi ajar yang inovatif dan menarik yang mencerminkan nilai-nilai etnopedagogi
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Pengembangan rencana aksi Etnopedagogi
Pustaka: Lancy, D. F. (2024). Learning without lessons: pedagogy in indigenous communities. Oxford: Oxford University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Mengembangkan instrumen terkait proyek ethnopedagogy

  1. Mengevaluasi efektivitas instrumen yang ada dalam mengukur pemahaman dan penerapan etnopedagogi
  2. Merancang instrumen penilaian yang mencakup elemen-elemen etnopedagogi, seperti kuesioner, rubrik, atau tes
  3. Menyintesis data dari berbagai penelitian dan praktik terbaik dalam etnopedagogi untuk mengembangkan instrumen yang komprehensif
  4. Menciptakan soal atau tugas yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif mengenai isu-isu etnopedagogi
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Instrumen Terkait Proyek Etnopedagogi.
Pustaka: Moodie, N., Lowe, K., Dixon, R., & Trimmer, K. (Eds.). (2023). Assessing the Evidence in Indigenous Education Research: Implications for Policy and Practice. Cham: Springer Nature.
5%

5

Minggu ke 5

Mengembangkan desain (material) pembelajaran berbasis ethnopedagogy

  1. Menganalisis kebutuhan konteks budaya lokal untuk merancang materi pembelajaran yang relevan dengan budaya di kelas.
  2. Menciptakan materi pembelajaran yang mengintegrasikan elemen-elemen etnopedagogi
  3. Mengevaluasi efektivitas desain materi pembelajaran berbasis etnopedagogi
  4. Menyintesis informasi dari berbagai sumber untuk menciptakan desain materi yang komprehensif
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Desain Pembel-jaran Berbasis ethnopedagogy
Pustaka: Lancy, D. F. (2024). Learning without lessons: pedagogy in indigenous communities. Oxford: Oxford University Press.
5%

6

Minggu ke 6

Mengevaluasi desain pembelajaran di berbasis ethnopedagogy

  1. Menganalisis elemen-elemen dalam desain pembelajaran berbasis ethnopedagogy
  2. Mengevaluasi dampak dari desain pembelajaran terhadap keberagaman budaya
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Mengevaluasi desain pembelajaran
Pustaka: Moodie, N., Lowe, K., Dixon, R., & Trimmer, K. (Eds.). (2023). Assessing the Evidence in Indigenous Education Research: Implications for Policy and Practice. Cham: Springer Nature.
5%

7

Minggu ke 7

Mendesain draf perlindungan hukum

  1. Menganalisis kebijakan hukum yang ada terkait perlindungan suatu hukum karya
  2. Menyintesis informasi dari berbagai sumber hukum untuk merancang draf perlindungan hukum yang komprehensif dan relevan
  3. Menciptakan draf perlindungan hukum yang inovatif dengan mempertimbangkan perspektif etis
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Mendesain draf perlindungan hukum
Pustaka: Vandendriessche, E., & Pinxten, R. (Eds.). (2022). Indigenous knowledge and ethnomathematics. Cham: Springer
5%

8

Minggu ke 8

UTS Tengah Semester (UTS Tengah Semester Sub CPMK 1-7)

Bahan kajian dari TM-1 sampai dengan TM-7

Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Ujian Tengah Semeter
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mengimplementasi proyek Ethnopedagogy dalam pembelaran skala mikro (kelas terbatas)

Berinteraksi dengan ahli dan opservasi lapangan terkait solusi rancangan ethnopedagogy.

Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Mengimplementasikan proyek Etnopedagogi
Pustaka: Basu, M., & DasGupta, R. (Eds.). (2023). Indigenous and Local Water Knowledge, Values and Practices. Cham: Springer.
5%

10

Minggu ke 10

Menganalisis data hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan

  1. Menganalisis hasil implementasi proyek Ethnopedagogy beserta hasil evaluasinya.
  2. Mendesain draf laporkan hasil implementasi proyek Ethnopedagogy beserta hasil evaluasinya.
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Analisis implementasi proyek Etnopedagogi
Pustaka: Moodie, N., Lowe, K., Dixon, R., & Trimmer, K. (Eds.). (2023). Assessing the Evidence in Indigenous Education Research: Implications for Policy and Practice. Cham: Springer Nature.
5%

11

Minggu ke 11

Mengomunikasikan secara oral/lisan dan tulis (manuskrip/artikel) untuk hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan.

Mengomunikasikan secara oral/lisan untuk hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan yang dilengkap dengan media.

Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: kan implementasi proyek Etnopedagogi
Pustaka: Lancy, D. F. (2024). Learning without lessons: pedagogy in indigenous communities. Oxford: Oxford University Press.
5%

12

Minggu ke 12

Mendesain manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan.

Mendesain manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan sesuai dengan standar.

Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Mendesain manuskrip
Pustaka: 1. Ahanonye, U. A., Otulaja, F., Risenga, I., & Dukhan, S. (2024). Secondary School Life Sciences Teachers’ Understanding of Indigenous Knowledge in Relation to their Views on its Integration into their Classroom Practice. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 1-11. https://doi.org/...
5%

13

Minggu ke 13

Mengevaluasi draf manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek sesuai standar yang berlaku (gaya selingkung jurnal).

Mengevaluasi draf manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek sesuai standar yang berlaku (gaya selingkung jurnal).

Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Evaluasi Manuskrip
Pustaka: 1. Ahanonye, U. A., Otulaja, F., Risenga, I., & Dukhan, S. (2024). Secondary School Life Sciences Teachers’ Understanding of Indigenous Knowledge in Relation to their Views on its Integration into their Classroom Practice. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 1-11. https://doi.org/...
5%

14

Minggu ke 14

Memfinalisasikan draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan

Memfinalisasikan manuskrip yang telah dibuat ke jurnal-jurnal ilmiah terakreditasi nasional kemendikbudristekdikti dan/atau jurnal internasional.

Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Finalisasi Manuskrip
Pustaka: 2. Hidayat, S., Leksono, S. M., Jamaludin, U., & Shintawati, S. (2023). Ethno Pedagogy Approach in Preparing Science Learning in The Society 5.0 Era. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 309-314. https://doi.org/...
5%

15

Minggu ke 15

Mendeseminasikan (submit) draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek Ethnopedagogy yang dikembangkan.

  1. Mengaplikasikan OJS
  2. Membuat Cover Later
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Flipped learning, Presentasi, Diskusi
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Submit Manuskrip
Pustaka: 2. Hidayat, S., Leksono, S. M., Jamaludin, U., & Shintawati, S. (2023). Ethno Pedagogy Approach in Preparing Science Learning in The Society 5.0 Era. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 309-314. https://doi.org/...
5%

16

Minggu ke 16

Merefleksikan dan mendesain tindak lanjut pembelajaran ethnopedagogy

Penilaian Produk Final, yaitu (a) Produk final material pembelajaran dan (b) manuskrip/ artikel final.

Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Flipped learning
2 x 50’
Flipped learning melalui LMS (SIDIA)
4 x 2 x 60’
Materi: Indigenous Education Research
Pustaka:
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 64.84%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 19.17%
3. Penilaian Portofolio 13.34%
4. Praktik / Unjuk Kerja 1.67%
99.02%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.