Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Pendikan dan Pelatihan

8610302004

T=2

P=0

ECTS=4.48

0

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep manajemen dan strategi pelatihan dalam pengembangan sistem pendidikan yang efektif (C3)

PO - 2

Menganalisis kebutuhan pelatihan berdasarkan variabel ekonomi, sosial, dan teknologi informasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas program pelatihan dan pendidikan menggunakan metode penilaian yang sistematis dan kritis (C5)

PO - 4

Menciptakan desain instruksional yang inovatif berdasarkan analisis kebutuhan dan teori pembelajaran terkini (C6)

PO - 5

Menerapkan teknologi informasi dalam desain dan pengelolaan materi pendidikan untuk mencapai pembelajaran yang efisien (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak sosial budaya dari penerapan teknologi pendidikan dalam konteks multikultural (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan mengadaptasi teknologi pendidikan terbaru untuk memenuhi kebutuhan spesifik lembaga pendidikan (C5)

PO - 8

Menciptakan strategi pelatihan yang berorientasi pada hasil belajar dan pengembangan kompetensi peserta didik (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip etika dan tata cara ilmiah dalam pengelolaan pendidikan dan pelatihan (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengintegrasikan pendekatan sistematis dalam perencanaan dan evaluasi program pendidikan (C4)

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Manajemen Pendidikan dan Pelatihan pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan membahas tentang konsep, teori, dan praktik dalam mengelola pendidikan dan pelatihan. Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memahamkan mahasiswa tentang strategi manajemen yang efektif dalam konteks pendidikan dan pelatihan, serta mengembangkan keterampilan dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan dan pelatihan. Ruang lingkupnya mencakup analisis kebutuhan, perencanaan kurikulum, pengelolaan sumber daya, evaluasi program, dan pengembangan profesionalisme dalam bidang pendidikan dan pelatihan.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep manajemen dan strategi pelatihan dalam pengembangan sistem pendidikan yang efektif.

  1. Penerapan konsep manajemen dalam pengembangan sistem pendidikan
  2. Penerapan strategi pelatihan yang efektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi dan studi kasus.
Diskusi daring tentang penerapan konsep manajemen dalam pendidikan
Materi: Konsep Manajemen Pendidikan, Strategi Pelatihan Efektif, Pengembangan Sistem Pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.