Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Geografi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Program Pengelolaan Pembelajaran

8720203150

T=3

P=0

ECTS=4.77

0

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas perencanaann pembelajaran geografi dengan melakukan perencanaan program tahunan (PROTA) dan program semester (PROMES) yang menggunakan kalender pendidikan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan; membuat perencanaan dalam pelaksanaan pembelajaran geografi (RPP) yang berorientasi pada cara belajar siswa aktif dengan pendekatan saintifik yang relevan dengan tuntutan kurikulum 2013; mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran geografi, dalam bentuk modul/diktat/handout yang dapat digunakan dalam pembelajaran Geografi yang mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna; mengembangkan lembar kerja siswa dalam bentuk worksheet, jobsheet , petunjuk praktikum dalam pembelajaran Geografi yang berorientasi pada keaktifan/kegiatan siswa; mengembangkan lembar penilaian dalam pembelajaran Geografi yang mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project base learning dengan metode inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.

Pustaka

Utama :


  1. Referensi


    1. Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


    2. Gersmehl, Phil, 2008, Teaching Geography, second edition , The Guilford Press, New York


    3. Kemendikbud, 2014, Permendikbud Nomor 59 tentang Kurikulum Geografi SMA, Jakarta, Kemendikbud


    4. ___________, 2014, Permendikbud Nomor 103 tentang Standar Proses Pembelajaran di SMA, Jakarta, Kemendibud


    5. ___________, 2014, Permendikbud Nomor 104 tentang Standar Penilaian dan Penulisan laporan Hasil Belajar, Jakarta, Kemendikbud


    6. ___________, 2014,Lampiran 01 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar MAPEL di SMA/SMK/MA Permendikbud Nomor 59, Jakarta, Kemendikbud.


    7. ___________, 2014, Lampiran 02 tentang Silabus MAPEL di SMA/SMK/MA Permendikbud Nomor 59, Jakarta, Kemendikbud.


    8. ­­­­­­­­­___________, 2014, Lampiran 03 tentang Pedoman Mata Pelajaran Geografi di SMA Permendikbud Nomor 59, Jakarta, Kemendibud


    9. Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo


    10. Smaldino, Sharon, Deborah Lowther, James D. Russel, 2011, Instructional Technology and Media For Learning, Edisi kesembilan , Kencana Prenada Media Group, Jakarta.


    11. Sumarmi, 2013, Model Pembelajaran Geografi , Malang, Media Pustaka


    12. ----------------, 2013. Modul PLPG Rayon 114 Unesa , University Press.


Pendukung :

Dosen Pengampu

SULISTINAH

Dra. Ita Mardiani Zain, M.Kes.

Dr. Wiwik Sri Utami, M.P.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.