|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi belajar dan pembelajaran |
8820702212 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
7 Agustus 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.
|
Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.
|
Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral, dan etika. |
PLO-8 |
Mampu merancang pembelajaran bahasa dan sastra Jerman yang tepat untuk pengembangan ilmu bahasa, sastra dan budaya Jerman serta keterampilan berbahasa Jerman sesuai konsep, metode, strategi baru, dan karakteritik peserta didik dengan pendekatan intra dan interdisplin. |
PLO-12 |
Bekerjasama dan berpikir logis untuk menyelesaikan permasalahan, mengambil keputusan, serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan tentang pengetahuan tentang teknik dan prosedur dalam melakukan penilaian atau evaluasi hasil pembelajaran. Ruang lingkup materi ini adalah pengertian dan tujuan penilaian, sasaran penilaian, jenis-jenis alat evaluasi, penyusunan dan pengembangan tes hasil belajar ekonomi, analisis butir soal, validitas dan reliabilitas, administrasi hasil tes, dan laporan hasil evaluasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
|
Pendukung : |
|
- Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
- Tuckman, Bruce W. 1975. Measuring Educational Outcomes: Fundamentals of Testing. USA: Horcourt Brace Jovanovich, Inc.
- McNamara, T.F. 1996. Measuring Second Language Performance. London and New York: Longman.
- Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd. Audrey Gabriella Titaley, S.Pd., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
menjelaskan pengertian Evaluasi yang berisi proses, ciri-ciri, fungsi dan tujuan evaluasi |
mampu menjelaskan pengertian evaluasi |
Kriteria:
mampu menjelaskan pengertian evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: Pengertian, ciri-ciri, fungsi dan tujuan evaluasi Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
menjelaskan pengertian Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013 (Penilaian Otentik) |
- mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
- mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
- mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: Penilaian otentik Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
menjelaskan pengertian Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013 (Penilaian Otentik) |
- mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
- mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
- mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: Penilaian otentik Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
menjelaskan tentang Instrumen Evaluasi Bentuk Tes |
- mampu menjelaskan tentang Tes Tulis Uraian
- mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
- mampu menjelaskan tentang Tes Tindakan
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Tes Tulis Uraian
- mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
- mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Tes tulis uraian, obyektif dan tindakan Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
mampu menjelaskan Instrumen Evaluasi Bentuk Non-Tes |
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Sikap
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Proyek
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
- mampu menjelaskan tentang Daftar Cek
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Sikap
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Proyek
- mampu menjelaskan tentang Daftar Cek
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Penilaian Sikap, Penilaian Proyek, Penilaian Produk Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Penilaian Sikap, Penilaian Proyek, Penilaian Produk Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
menjelaskan tentang Instrumen Evaluasi Bentuk Non-Tes |
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Portofolio
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Diri
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Portofolio
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Diri
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Penilaian produk, Portofolio dan Penilaian Diri Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas |
- mampu menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Penilaian berbasis kelas Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester |
mengerjakan Ujian sesuai waktu yang tersedia |
Kriteria:
mengerjakan Ujian sesuai waktu yang tersedia Bentuk Penilaian : Tes |
Tes
|
|
Materi: Pengertian Evaluasi sampai Instrumen berbentuk Non-Tes Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
9
Minggu ke 9 |
mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas |
- mampu menjelaskan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang implementasi Penilaian Berbasis Kelas
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang implementasi Penilaian Berbasis Kelas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Prinsip-pronsip dan implementasi Penilaian Berbasis Kelas Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas |
- mampu menjelaskan tentang Bentuk Instrumen dan Penskoran
- mampu menjelaskan tentang Analisis Instrumen
- mampu menjelaskan tentang Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Bentuk Instrumen dan Penskoran
- mampu menjelaskan tentang Analisis Instrumen
- mampu menjelaskan tentang Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Bentuk instrumen dan penskoran, analisis instrumen dan Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
mampu menjelaskan pengertian Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor |
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Pengukuran ranah kognitif dan afektif Pustaka: Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
mampu menjelaskan pengertian Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor |
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Psikomotor
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Pengukuran ranah kognitif dan afektif Pustaka: Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |