Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi belajar dan pembelajaran

8820702212

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

7 Agustus 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.




Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.




Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral, dan etika.

PLO-8

Mampu merancang pembelajaran bahasa dan sastra Jerman yang tepat untuk pengembangan ilmu bahasa, sastra dan budaya Jerman serta keterampilan berbahasa Jerman sesuai konsep, metode, strategi baru, dan karakteritik peserta didik dengan pendekatan intra dan interdisplin.

PLO-12

Bekerjasama dan berpikir logis untuk menyelesaikan permasalahan, mengambil keputusan, serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-8PLO-12

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan tentang pengetahuan tentang teknik dan prosedur dalam melakukan penilaian atau evaluasi hasil pembelajaran. Ruang lingkup materi ini adalah pengertian dan tujuan penilaian, sasaran penilaian, jenis-jenis alat evaluasi, penyusunan dan pengembangan tes hasil belajar ekonomi, analisis butir soal, validitas dan reliabilitas, administrasi hasil tes, dan laporan hasil evaluasi.

Pustaka

Utama :

  1. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pendukung :

  1. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
  2. Tuckman, Bruce W. 1975. Measuring Educational Outcomes: Fundamentals of Testing. USA: Horcourt Brace Jovanovich, Inc.
  3. McNamara, T.F. 1996. Measuring Second Language Performance. London and New York: Longman.
  4. Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.

Dosen Pengampu

Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.

Audrey Gabriella Titaley, S.Pd., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

menjelaskan pengertian Evaluasi yang berisi proses, ciri-ciri, fungsi dan tujuan evaluasi

mampu menjelaskan pengertian evaluasi

Kriteria:

mampu menjelaskan pengertian evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi dan tanya jawab

Materi: Pengertian, ciri-ciri, fungsi dan tujuan evaluasi
Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
3%

2

Minggu ke 2

menjelaskan pengertian Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013 (Penilaian Otentik)

  1. mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
  2. mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
  2. mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi dan tanya jawab

Materi: Penilaian otentik
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

3

Minggu ke 3

menjelaskan pengertian Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013 (Penilaian Otentik)

  1. mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
  2. mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
  2. mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi dan tanya jawab

Materi: Penilaian otentik
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

4

Minggu ke 4

menjelaskan tentang Instrumen Evaluasi Bentuk Tes

  1. mampu menjelaskan tentang Tes Tulis Uraian
  2. mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
  3. mampu menjelaskan tentang Tes Tindakan
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Tes Tulis Uraian
  2. mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
  3. mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Tes tulis uraian, obyektif dan tindakan
Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
3%

5

Minggu ke 5

mampu menjelaskan Instrumen Evaluasi Bentuk Non-Tes

  1. mampu menjelaskan tentang Penilaian Sikap
  2. mampu menjelaskan tentang Penilaian Proyek
  3. mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
  4. mampu menjelaskan tentang Daftar Cek
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Penilaian Sikap
  2. mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
  3. mampu menjelaskan tentang Penilaian Proyek
  4. mampu menjelaskan tentang Daftar Cek

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Penilaian Sikap, Penilaian Proyek, Penilaian Produk
Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Penilaian Sikap, Penilaian Proyek, Penilaian Produk
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

6

Minggu ke 6

menjelaskan tentang Instrumen Evaluasi Bentuk Non-Tes

  1. mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
  2. mampu menjelaskan tentang Penilaian Portofolio
  3. mampu menjelaskan tentang Penilaian Diri
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
  2. mampu menjelaskan tentang Penilaian Portofolio
  3. mampu menjelaskan tentang Penilaian Diri

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Penilaian produk, Portofolio dan Penilaian Diri
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

7

Minggu ke 7

mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas

  1. mampu menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Penilaian Berbasis Kelas
  2. mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Penilaian Berbasis Kelas
  2. mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Penilaian berbasis kelas
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

8

Minggu ke 8

mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester

mengerjakan Ujian sesuai waktu yang tersedia

Kriteria:

mengerjakan Ujian sesuai waktu yang tersedia


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes

Materi: Pengertian Evaluasi sampai Instrumen berbentuk Non-Tes
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

9

Minggu ke 9

mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas

  1. mampu menjelaskan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas
  2. mampu menjelaskan tentang implementasi Penilaian Berbasis Kelas
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
  2. mampu menjelaskan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas
  3. mampu menjelaskan tentang implementasi Penilaian Berbasis Kelas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Prinsip-pronsip dan implementasi Penilaian Berbasis Kelas
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

10

Minggu ke 10

mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas

  1. mampu menjelaskan tentang Bentuk Instrumen dan Penskoran
  2. mampu menjelaskan tentang Analisis Instrumen
  3. mampu menjelaskan tentang Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Bentuk Instrumen dan Penskoran
  2. mampu menjelaskan tentang Analisis Instrumen
  3. mampu menjelaskan tentang Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Bentuk instrumen dan penskoran, analisis instrumen dan Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

11

Minggu ke 11

mampu menjelaskan pengertian Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor

  1. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
  2. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
  2. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Pengukuran ranah kognitif dan afektif
Pustaka: Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
3%

12

Minggu ke 12

mampu menjelaskan pengertian Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor

  1. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
  2. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Psikomotor
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
  2. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Pengukuran ranah kognitif dan afektif
Pustaka: Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
3%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 24%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 9%
3. Tes 3%
36%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.