Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi belajar dan pembelajaran

8820702212

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

7 Agustus 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.




Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.




ARI PUJOSUSANTO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral, dan etika.

PLO-8

Mampu merancang pembelajaran bahasa dan sastra Jerman yang tepat untuk pengembangan ilmu bahasa, sastra dan budaya Jerman serta keterampilan berbahasa Jerman sesuai konsep, metode, strategi baru, dan karakteritik peserta didik dengan pendekatan intra dan interdisplin.

PLO-11

ampu menguasai konsep, metode, dan strategi untuk pemecahan masalah sesuai dengan profesi yang diemban melalui intra dan interdisiplin dalam bidang bahasa, sastra, budaya, pendidikan, psikologi, sosiologi, dan bidang ilmu lain yang terkait

PLO-12

Bekerjasama dan berpikir logis untuk menyelesaikan permasalahan, mengambil keputusan, serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran bahasa Jerman dalam merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (C3)

PO - 2

Menganalisis berbagai teknik evaluasi pembelajaran bahasa Jerman untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan masing-masing teknik (C4)

PO - 3

Mengevaluasi hasil belajar bahasa Jerman berdasarkan standar penilaian yang berlaku dan memberikan umpan balik yang konstruktif (C5)

PO - 4

Mengevaluasi efektivitas program pembelajaran bahasa Jerman berdasarkan hasil analisis evaluasi (C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8PLO-11PLO-12
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan tentang pengetahuan tentang teknik dan prosedur dalam melakukan penilaian atau evaluasi hasil pembelajaran. Ruang lingkup materi ini adalah pengertian dan tujuan penilaian, sasaran penilaian, jenis-jenis alat evaluasi, penyusunan dan pengembangan tes hasil belajar ekonomi, analisis butir soal, validitas dan reliabilitas, administrasi hasil tes, dan laporan hasil evaluasi.

Pustaka

Utama :

  1. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pendukung :

  1. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
  2. Tuckman, Bruce W. 1975. Measuring Educational Outcomes: Fundamentals of Testing. USA: Horcourt Brace Jovanovich, Inc.
  3. McNamara, T.F. 1996. Measuring Second Language Performance. London and New York: Longman.
  4. Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.

Dosen Pengampu

Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.

Audrey Gabriella Titaley, S.Pd., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

menjelaskan pengertian Evaluasi yang berisi proses, ciri-ciri, fungsi dan tujuan evaluasi

mampu menjelaskan pengertian evaluasi

Kriteria:

mampu menjelaskan pengertian evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan individu secara terstruktur dan mandiri.
2 X 50
pengajaran langsung
2 X 50
Materi: Pengertian, ciri-ciri, fungsi dan tujuan evaluasi
Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal online
Pustaka:
2%

2

Minggu ke 2

menjelaskan pengertian Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013 (Penilaian Otentik)

  1. mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
  2. mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
  2. mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran langsung dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan individu secara terstruktur dan mandiri.
Pengajaran langsung
Materi: Penilaian otentik
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

3

Minggu ke 3

menjelaskan pengertian Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013 (Penilaian Otentik)

  1. mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
  2. mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
  2. mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
metode ceramah, diskusi dan tanya jawab

Materi: Penilaian otentik
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

4

Minggu ke 4

menjelaskan tentang Instrumen Evaluasi Bentuk Tes

  1. mampu menjelaskan tentang Tes Tulis Uraian
  2. mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
  3. mampu menjelaskan tentang Tes Tindakan
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Tes Tulis Uraian
  2. mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
  3. mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran langsung dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan individu secara terstruktur dan mandiri.

Materi: Tes tulis uraian, obyektif dan tindakan
Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

5

Minggu ke 5

mampu menjelaskan Instrumen Evaluasi Bentuk Non-Tes

  1. mampu menjelaskan tentang Penilaian Sikap
  2. mampu menjelaskan tentang Penilaian Proyek
  3. mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
  4. mampu menjelaskan tentang Daftar Cek
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Penilaian Sikap
  2. mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
  3. mampu menjelaskan tentang Penilaian Proyek
  4. mampu menjelaskan tentang Daftar Cek

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
metode diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Penilaian Sikap, Penilaian Proyek, Penilaian Produk
Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Penilaian Sikap, Penilaian Proyek, Penilaian Produk
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
5%

6

Minggu ke 6

menjelaskan tentang Instrumen Evaluasi Bentuk Non-Tes

  1. mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
  2. mampu menjelaskan tentang Penilaian Portofolio
  3. mampu menjelaskan tentang Penilaian Diri
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
  2. mampu menjelaskan tentang Penilaian Portofolio
  3. mampu menjelaskan tentang Penilaian Diri

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
metode diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Penilaian produk, Portofolio dan Penilaian Diri
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
5%

7

Minggu ke 7

mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas

  1. mampu menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Penilaian Berbasis Kelas
  2. mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Penilaian Berbasis Kelas
  2. mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
metode diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Penilaian berbasis kelas
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

8

Minggu ke 8

mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester

mengerjakan Ujian sesuai waktu yang tersedia

Kriteria:

mengerjakan Ujian sesuai waktu yang tersedia


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes

Materi: Pengertian Evaluasi sampai Instrumen berbentuk Non-Tes
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
15%

9

Minggu ke 9

mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas

  1. mampu menjelaskan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas
  2. mampu menjelaskan tentang implementasi Penilaian Berbasis Kelas
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
  2. mampu menjelaskan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas
  3. mampu menjelaskan tentang implementasi Penilaian Berbasis Kelas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
metode diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Prinsip-pronsip dan implementasi Penilaian Berbasis Kelas
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
3%

10

Minggu ke 10

mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas

  1. mampu menjelaskan tentang Bentuk Instrumen dan Penskoran
  2. mampu menjelaskan tentang Analisis Instrumen
  3. mampu menjelaskan tentang Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Bentuk Instrumen dan Penskoran
  2. mampu menjelaskan tentang Analisis Instrumen
  3. mampu menjelaskan tentang Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Bentuk instrumen dan penskoran, analisis instrumen dan Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
5%

11

Minggu ke 11

mampu menjelaskan pengertian Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor

  1. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
  2. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
  2. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Pengukuran ranah kognitif dan afektif
Pustaka: Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
5%

12

Minggu ke 12

mampu menjelaskan pengertian Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor

  1. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
  2. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Psikomotor
Kriteria:
  1. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
  2. mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
metode diskusi, tanya jawab dan tugas

Materi: Pengukuran ranah kognitif dan afektif
Pustaka: Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan evaluasi kolaboratif yang efektif untuk mengukur perkembangan keterampilan berbahasa Jerman peserta didik.

5

Kriteria:

mampu membuat soal pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
Materi: Materi 13
Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menganalisis keterkaitan antara evaluasi pembelajaran dan pengembangan kurikulum bahasa Jerman, serta menerapkan hasil analisis untuk perbaikan kurikulum.

5

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
Materi: Materi 14
Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menganalisis keterkaitan antara hasil evaluasi pembelajaran dengan proses pengembangan kurikulum bahasa Jerman, serta merumuskan rekomendasi perbaikan kurikulum berdasarkan analisis evaluasi.

5

Kriteria:

mampu menganalisis keterkaitan antara hasil evaluasi pembelajaran dengan proses pengembangan kurikulum bahasa Jerman, serta merumuskan rekomendasi perbaikan kurikulum berdasarkan analisis evaluasi.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
Materi: Konsep dasar evaluasi pembelajaran dan pengembangan kurikulum bahasa Jerman, Analisis hubungan timbal balik evaluasi dan pengembangan kurikulum, Studi kasus implementasi evaluasi dalam pengembangan kurikulum bahasa Jerman, Teknik analisis data evaluasi untuk pengambilan keputusan kurikulum
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan menyimpulkan tingkat efektivitas suatu program pembelajaran bahasa Jerman, serta memberikan rekomendasi berbasis data untuk peningkatan kualitas program.

  1. Mampu mengidentifikasi kriteria keberhasilan program pembelajaran bahasa Jerman
  2. Mampu menganalisis kesesuaian antara tujuan program dengan hasil evaluasi
  3. Mampu mengevaluasi tingkat pencapaian kompetensi peserta didik berdasarkan data evaluasi
  4. Mampu merumuskan kesimpulan tentang efektivitas program secara komprehensif
  5. Mampu menyusun rekomendasi perbaikan program berdasarkan temuan evaluasi
Kriteria:

Mampu mengevaluasi tingkat pencapaian kompetensi peserta didik berdasarkan data evaluasi


Bentuk Penilaian :
Tes
metode pembelajaran luring

Materi: Materi 16
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 24.67%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.92%
3. Penilaian Portofolio 3.75%
4. Penilaian Praktikum 2.25%
5. Praktik / Unjuk Kerja 26.42%
6. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.