
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi belajar dan pembelajaran |
8820702212 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
7 Agustus 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.
|
Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.
|
ARI PUJOSUSANTO |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral, dan etika. |
PLO-8 |
Mampu merancang pembelajaran bahasa dan sastra Jerman yang tepat untuk pengembangan ilmu bahasa, sastra dan budaya Jerman serta keterampilan berbahasa Jerman sesuai konsep, metode, strategi baru, dan karakteritik peserta didik dengan pendekatan intra dan interdisplin. |
PLO-11 |
ampu menguasai konsep, metode, dan strategi untuk pemecahan masalah sesuai dengan profesi yang diemban melalui intra dan interdisiplin dalam bidang bahasa, sastra, budaya, pendidikan, psikologi, sosiologi, dan bidang ilmu lain yang terkait |
PLO-12 |
Bekerjasama dan berpikir logis untuk menyelesaikan permasalahan, mengambil keputusan, serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran bahasa Jerman dalam merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis berbagai teknik evaluasi pembelajaran bahasa Jerman untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan masing-masing teknik (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi hasil belajar bahasa Jerman berdasarkan standar penilaian yang berlaku dan memberikan umpan balik yang konstruktif (C5)
|
PO - 4 |
Mengevaluasi efektivitas program pembelajaran bahasa Jerman berdasarkan hasil analisis evaluasi (C5)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PLO-11 | PLO-12 | | PO-1 | | | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | | PO-4 | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan tentang pengetahuan tentang teknik dan prosedur dalam melakukan penilaian atau evaluasi hasil pembelajaran. Ruang lingkup materi ini adalah pengertian dan tujuan penilaian, sasaran penilaian, jenis-jenis alat evaluasi, penyusunan dan pengembangan tes hasil belajar ekonomi, analisis butir soal, validitas dan reliabilitas, administrasi hasil tes, dan laporan hasil evaluasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
|
Pendukung : |
|
- Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
- Tuckman, Bruce W. 1975. Measuring Educational Outcomes: Fundamentals of Testing. USA: Horcourt Brace Jovanovich, Inc.
- McNamara, T.F. 1996. Measuring Second Language Performance. London and New York: Longman.
- Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd. Audrey Gabriella Titaley, S.Pd., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
menjelaskan pengertian Evaluasi yang berisi proses, ciri-ciri, fungsi dan tujuan evaluasi |
mampu menjelaskan pengertian evaluasi |
Kriteria:
mampu menjelaskan pengertian evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan individu secara terstruktur dan mandiri. 2 X 50 |
pengajaran langsung 2 X 50 |
Materi: Pengertian, ciri-ciri, fungsi dan tujuan evaluasi Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal online Pustaka: |
2% |
2
Minggu ke 2 |
menjelaskan pengertian Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013 (Penilaian Otentik) |
- mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
- mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
- mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran langsung dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan individu secara terstruktur dan mandiri.
|
Pengajaran langsung
|
Materi: Penilaian otentik Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
menjelaskan pengertian Evaluasi Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013 (Penilaian Otentik) |
- mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
- mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan pengertian Teori Pendekatan Saintifik
- mampu menjelaskan Perbandingan Penilaian Otentik dan Penilaian Konvensional
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
metode ceramah, diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: Penilaian otentik Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
menjelaskan tentang Instrumen Evaluasi Bentuk Tes |
- mampu menjelaskan tentang Tes Tulis Uraian
- mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
- mampu menjelaskan tentang Tes Tindakan
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Tes Tulis Uraian
- mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
- mampu menjelaskan Tes Tulis Obyektif
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran langsung dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan individu secara terstruktur dan mandiri.
|
|
Materi: Tes tulis uraian, obyektif dan tindakan Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
mampu menjelaskan Instrumen Evaluasi Bentuk Non-Tes |
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Sikap
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Proyek
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
- mampu menjelaskan tentang Daftar Cek
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Sikap
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Proyek
- mampu menjelaskan tentang Daftar Cek
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Penilaian Sikap, Penilaian Proyek, Penilaian Produk Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Penilaian Sikap, Penilaian Proyek, Penilaian Produk Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
menjelaskan tentang Instrumen Evaluasi Bentuk Non-Tes |
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Portofolio
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Diri
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Produk
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Portofolio
- mampu menjelaskan tentang Penilaian Diri
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Penilaian produk, Portofolio dan Penilaian Diri Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas |
- mampu menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Penilaian berbasis kelas Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester |
mengerjakan Ujian sesuai waktu yang tersedia |
Kriteria:
mengerjakan Ujian sesuai waktu yang tersedia Bentuk Penilaian : Tes |
Tes
|
|
Materi: Pengertian Evaluasi sampai Instrumen berbentuk Non-Tes Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas |
- mampu menjelaskan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang implementasi Penilaian Berbasis Kelas
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang keunggulan Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas
- mampu menjelaskan tentang implementasi Penilaian Berbasis Kelas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Prinsip-pronsip dan implementasi Penilaian Berbasis Kelas Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
mampu menjelaskan pengertian Pengertian Penilaian Berbasis Kelas |
- mampu menjelaskan tentang Bentuk Instrumen dan Penskoran
- mampu menjelaskan tentang Analisis Instrumen
- mampu menjelaskan tentang Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Bentuk Instrumen dan Penskoran
- mampu menjelaskan tentang Analisis Instrumen
- mampu menjelaskan tentang Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Bentuk instrumen dan penskoran, analisis instrumen dan Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
mampu menjelaskan pengertian Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor |
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Pengukuran ranah kognitif dan afektif Pustaka: Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
mampu menjelaskan pengertian Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor |
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Psikomotor
|
Kriteria:
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Kognitif
- mampu menjelaskan tentang Pengukuran Ranah Afektif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
|
Materi: Pengukuran ranah kognitif dan afektif Pustaka: Purwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan evaluasi kolaboratif yang efektif untuk mengukur perkembangan keterampilan berbahasa Jerman peserta didik. |
5 |
Kriteria:
mampu membuat soal pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
Materi: Materi 13 Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat menganalisis keterkaitan antara evaluasi pembelajaran dan pengembangan kurikulum bahasa Jerman, serta menerapkan hasil analisis untuk perbaikan kurikulum. |
5 |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
Materi: Materi 14 Pustaka: Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat menganalisis keterkaitan antara hasil evaluasi pembelajaran dengan proses pengembangan kurikulum bahasa Jerman, serta merumuskan rekomendasi perbaikan kurikulum berdasarkan analisis evaluasi. |
5 |
Kriteria:
mampu menganalisis keterkaitan antara hasil evaluasi pembelajaran dengan proses pengembangan kurikulum bahasa Jerman, serta merumuskan rekomendasi perbaikan kurikulum berdasarkan analisis evaluasi. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
metode diskusi, tanya jawab dan tugas
|
Materi: Konsep dasar evaluasi pembelajaran dan pengembangan kurikulum bahasa Jerman, Analisis hubungan timbal balik evaluasi dan pengembangan kurikulum, Studi kasus implementasi evaluasi dalam pengembangan kurikulum bahasa Jerman, Teknik analisis data evaluasi untuk pengambilan keputusan kurikulum Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan menyimpulkan tingkat efektivitas suatu program pembelajaran bahasa Jerman, serta memberikan rekomendasi berbasis data untuk peningkatan kualitas program. |
- Mampu mengidentifikasi kriteria keberhasilan program pembelajaran bahasa Jerman
- Mampu menganalisis kesesuaian antara tujuan program dengan hasil evaluasi
- Mampu mengevaluasi tingkat pencapaian kompetensi peserta didik berdasarkan data evaluasi
- Mampu merumuskan kesimpulan tentang efektivitas program secara komprehensif
- Mampu menyusun rekomendasi perbaikan program berdasarkan temuan evaluasi
|
Kriteria:
Mampu mengevaluasi tingkat pencapaian kompetensi peserta didik berdasarkan data evaluasi Bentuk Penilaian : Tes |
metode pembelajaran luring
|
|
Materi: Materi 16 Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. |
25% |