
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Sekolah Inklusif dan Kekhususan |
8610102014 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
15 Maret 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah di bidang Pendidikan Luar Biasa dengan memperhatikan berbagai faktor secara komprehensif; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK-1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sekolah inklusif dan kekhususan
|
PO - 2 |
CPMK-2. Mampu mengembangkan substansi manajemen sekolah inklusif dan kekhususan
|
PO - 3 |
CPMK-2. Mampu mengintegrasikan aturan dan teori dalam pengelolaan sekolah inklusif dan kehususan
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian lanjut tentang asesmen sebagai teknik pemahaman individu untuk keperluan asesmen dan intervensi di sekolah inklusif. Pokok-pokok yang dibahas meliputi jenis-jenis alat dan prosedur manajemen sekolah inklusif, pertimbangan dalam penggunaan prosedur itu, dan pemaduannya untuk membantu individu dalam mengambil pilihan dan keputusan pendidikan dan karier; serta berlatih mengembangkan program kekhususan yang memenuhi standar pendidikan inklusi untuk institusi tingkat TK sampai dengan perguruan tinggi. Perkuliahan diakhiri dengan penyusunan model penyelenggaraan sekolah inklusif dengan program pengembangan kekhususan yang berpeluang digunakan sebagai bagian variabel penelitian yang direncanakan dalam bentuk tesis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
MUDJITO Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd. Dr. Ainur Rifqi, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami konsep perkuliahan, pelaksanaan tugas pada matakuliah manajemen sekolah inklusif dan kekhususan |
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan konsep perkuliahn dan pelaksanaan tugas pada matakuliah manajemen sekolah inklusif dan kekhususan |
Kriteria:
Tanya jawab dan diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Dosen menjelaskan tentang konsep perkuliahan dan pelaksanaan tugas pada matakuliah manajemen sekolah inklusif dan kekhususan 2 JS |
Materi: Referensi lainnya Pustaka:
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengabstraksikan konsep dasar manajemen sekolah inklusif dan kekhususan |
Mahasiswa mampu menyimpulkan penjelasan tentang konsep dasar manajemen sekolah inklusif dan kekhususan |
Kriteria:
Instrumen Tanya Jawab dan Diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah 2 JS |
Materi: Referensi lainnya Pustaka:
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu memahami konsep dan proses perencanaan sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu mengiferensi konsep dan proses perencanaan sekolah inklusif dan kehususan pada kehidupan sehari-hari
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perencanaan sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu mengejawantahkan perencanaan sekolah inklusif dan kekhususan
|
Kriteria:
Instrumen Presentasi dan Diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dan Diksuisi 2 JS |
Materi: Referensi Lainnya Pustaka:
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu memahami prosedur pelaksanaan program sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu merumuskan pelaksanaan program sekolah inklusif dan kekhususan
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pelaksanaan program sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu mengejawantahkan perumusan pelaksanaan program sekolah inklusif dan kekhususan
|
Kriteria:
Instrumen Presentasi dan Diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dan Diskusi 2 JS |
Materi: Referensi Lainnya Pustaka:
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu memahami konsep evaluasi sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu merumuskan dan melaksanakan evaluasi sekolah inklusif dan kekhususan
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan evaluasi sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu mengejawantahkan perumusan dan pelaksanaan evaluasi sekolah inklusif dan kekhususan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dan Diskusi 2 JS |
Materi: Referensi Lainnya Pustaka:
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu memahami Manajemen Kurikulum Sekolah Inklusif dan Kekhususan
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep manajemen kurikulum sekolah inklusif dan kekhususan
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen kurikulum sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu mengejawantahkan manajemen kurikulum sekolah inklusif dan kekhususan
|
Kriteria:
Instrumen Penilaian Presentasi dan Diskusi |
|
Presentasi dan Diskusi 2 JS |
Materi: Referensi Lainnya Pustaka:
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa mampu memahami konsep manajemen peserta didik sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep manajemen peserta didik sekolah inklusif dan kekhususan
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen peserta didik sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu mengejawantahkan manajemen peserta didik sekolah inklusif dan kekhususan
|
Kriteria:
Instrumen Penilaian Presentasi dan Diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dan Diskusi 2 JS |
Materi: Referensi Lainnya Pustaka:
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu memahami konsep manajemen sarana dan prasarana sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu melaksanakan manajemen sarpras sekolah inklusif dan kekhususan
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen sarpras sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mamou mengejawantahkan manajemen sarpras sekolah inklusif dan kekhususan
|
Kriteria:
Instrumen Presentasi dan Diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dan diskusi 2 JS |
Materi: Referensi Lainnya Pustaka:
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu memahamai konsep manajemen pendidik dan tenaga kependidikan sekolah inklusif dan kekhususan
- Mahasiswa mampu melaksanakan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan sekolah inklusif dan kekhususan
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen ptk
- mahasiswa mampu mengejawantahkan manajemen ptk
|
Kriteria:
Instrumen presentasi dan diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dan diskusi 2 j |
Materi: Referensi Lainnya Pustaka:
1) Aiken, L. R. & Groth-Marnat, G. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan (Jilid 1 & 2). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Hartati Widiastuti. Jakarta: PT Indeks. 2) Anastasi, A. & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi (Edisi 7). Diterjemahkan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Indeks. 3) Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. 2010. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidlines (3rd Ed.) . Pearson Education. 4) Glazzard Jonathan, Jane Stokoe, Alison Hughes, Annatte Netherwood and Lesley Neve. 2016. Teaching and Supporting Children with Special Education Need and Disabilities in Primary School. London: Sage Publication. 5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) . Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 6) Lindsay, K., 2007. Inclusive Education in India: Interpretation, Implementation, and Issues . United Kingdom: UK Department for International Development (DFID). 7) National Council for Special Education (NCSE), 2011. Inclusive Education Framework: A guide for schools on the inclusion of pupils with special educational needs . 1-2 Mill street: National Council for Special Education (NCSE). 8) Sharma, U., Forlin, C., Deppeler, J., & Guang-xue, Y. 2013. Reforming Teacher Education for Inclusion in Developing Countriesn in the Asia pasific Region. Asian Journal of Inclusive education. Vol. 1 (1)
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |