Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

TE Makro

6122302010

T=0

P=0

ECTS=0

2

29 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Fandi Fatoni, S.Pd., M.SM.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

C4. Mahasiswa mampu mengaitkan secara tepat teori-teori Ekonomi Makro dengan permasalahan perekonomian di Indonesia.

PO - 2

C4. Mahasiswa mampu menganalisis secara tepat indikator-indikator Ekonomi Makro di Indonesia.

PO - 3

A5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter cerdas dan jujur di dalam kegiatan pembelajaran Ekonomi Makro

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini berisi mengenai konsep dasar ekonomi makro dalam menganalisis perekonomian dan kebijaksanaan pemerintah dibidang ekonomi yang didalamnya terdapat materi tentang multiplier effect, teori inflasi dan deflasi, keseimbangan pasar barang dan pasar uang, penawaran dan permintaan agregat. Metode pembelajaran yang digunakan adalah simulasi dengan mencoba menyimulasikan peran sebagai pemerintah dalam mengambil dan menganalisis kebijakan pemerintah di bidang ekonomi. Metode yang digunakan adalah analisis studi kasus, diskusi,tugas proyek dan refleksi This course provides the basic concepts of macroeconomics in analyzing the economy and government policies in the economic field in which there are materials on the multiplier effect, the theory of inflation and deflation, the balance of the goods market and the money market, aggregate supply and demand. The learning method used is simulated by trying to simulate the role of the government in taking and analyzing government policies in the economic field. The method used is the analysis of case studies, discussions, project work and reflection.

Pustaka

Utama :

  1. Mankiw, Gregory. 2013. Edisi 8 , Macroeconomics . New York : Worth Publishers.
  2. Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.
  3. Karel. E Case & Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi Makro (Terjm) . Jakarta : Prinhallindo.
  4. Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
  5. A. Mceachern, William. 2000 . Macroeconomics . Pearson

Pendukung :

  1. Fadillah, A. (2021). Makro Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan di Indonesia: Analisis Kemampuan Pertumbuhan Ekonomi dan Indikator Makroekonomi Dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(2), 186–203. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i2.84

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu menguraikan multiplier dan acceleratie
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan multiplier dan acceleratie
  1. Menjelaskan Tentang Angka pengganda
  2. Menerapkan Rumus Angka pengganda
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Discussion, case study
3 X 50

Materi: multiplier dan acceleratie
Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Materi: multiplier dan acceleratie
Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
0%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu menguraikan multiplier dan acceleratie
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan multiplier dan acceleratie
  1. Membedakan antara Multiplier dan Accleratie
  2. Menjelaskan Tentang Leverage Effect
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, case study
3 X 50

Materi: multiplier dan acceleratie
Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Materi: multiplier dan acceleratie
Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
3%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu membandingkan inflasi dan deflasi
  2. Mahsiswa mampu membandingkan inflasi dan deflasi.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan inflasi dan deflasi.
  1. Mengidentifikasi inflasi, deflasi dan macam-macamnya
  2. Menghitung gap inflasi dan Deflasi
Kriteria:
  1. rubrik holistik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, case study
3 X 50

Materi: inflasi dan deflasi
Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Materi: inflasi dan deflasi
Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
3%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu membandingkan inflasi dan deflasi
  2. Mahasiswa mampu membandingkan inflasi dan deflasi.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan inflasi dan deflasi.
  1. Menggambarkan Kurva Gap Inflasi dan Gap Devlasi
  2. Mengidentifikasi Cara Mengatasi Inflasi
Kriteria:
  1. rubrik holistik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, case study
3 X 50

Materi: inflasi dan deflasi
Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Materi: inflasi dan deflasi
Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
3%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu membandingkan inflasi dan deflasi
  2. Mahasiswa mampu membandingkan inflasi dan deflasi.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan inflasi dan deflasi.
  1. Mendiskusikan Tentang Inflasi di Indonesia
  2. Menghitung gap inflasi dan Deflasi
Kriteria:
  1. rubrik holistik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca literatur dan mendiskusikan dengan teman sejaawat, Latihan Menghitung Gap Inflasi dan Gap Deflasi, Serta Mendengarkan Penjelasan Dosen Read the literature and discuss with friends BFFs, and listened to the lecturerRead the literature and discuss with friends sejaawat, Counting Exercise Gap Gap Inflation and Deflation, And Listen Explanation Lecturer
3 X 50

Materi: inflasi dan deflasi
Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Materi: inflasi dan deflasi
Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
3%

6

Minggu ke 6

  1. mahasiswa mampu menguraikan Keseimbangan di Pasar Uang
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan Keseimbangan di Pasar Uang
  1. Mendeskripsikan Permintaan uang.(Liquidity preference)
  2. Mendeskripsikan Kebijaksanaan moneter dan Penawaran uang
Kriteria:

Holistic rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca literatur dan Mendiskusikan dengan Teman Sejawat, serta mendengarkan penjelasan Dosen. Read the literature and discuss with friends, and listened to the lecturer
3 X 50

Materi: Keseimbangan di Pasar Uang
Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Equilibrium in Money Market
Pustaka: A. Mceachern, William. 2000 . Macroeconomics . Pearson
3%

7

Minggu ke 7

  1. mahasiswa mampu menguraikan Keseimbangan di Pasar Uang
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan Keseimbangan di Pasar Uang
  1. Menjelaskan Fungsi LM dan keseimbangan di pasar uang
  2. Menggambar Grafik / kurve
Kriteria:

Holistic rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca literatur dan Mendiskusikan dengan Teman Sejawat, serta mendengarkan penjelasan Dosen. Read the literature and discuss with friends, and listened to the lecturer
3 X 50

Materi: Keseimbangan di Pasar Uang
Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Materi: Equilibrium in Money Market
Pustaka: A. Mceachern, William. 2000 . Macroeconomics . Pearson
3%

8

Minggu ke 8

UTS

    Kriteria:

    test terstruktur


    Bentuk Penilaian :
    Tes

    3 X 50

    20%

    9

    Minggu ke 9

    mahasiswa mampu menguraikan Keseimbangan di Pasar Barang

    1. Mendeskripsikan Fungsi IS dan keseimbangan di pasar barang.
    2. Menggambarkan Grafik / kurve
    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Membaca literatur dan Mendiskusikan dengan Teman Sejawat, serta mendengarkan penjelasan Dosen Read the literature and discuss with peers, and listen to the lecturers explanation
    3 X 50

    Materi: keseimbangan pasar barang
    Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

    Materi: keseimbangan pasar barang
    Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
    5%

    10

    Minggu ke 10

    1. mahasiswa mampu menguraikan Keseimbangan di Pasar Barang
    2. Mahasiswa mampu menunjukkan Keseimbangan di Pasar Barang
    1. Mendeskripsikan Fungsi IS dan keseimbangan di pasar barang
    2. Menggambarkan Grafik / kurve
    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Membaca literatur dan Mendiskusikan dengan Teman Sejawat, serta mendengarkan penjelasan Dosen Read the literature and discuss with peers, and listen to the lecturers explanation
    3 X 50

    Materi: keseimbangan pasar barang
    Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

    Materi: keseimbangan pasar barang
    Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers

    Materi: Makro Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan di Indonesia: Analisis Kemampuan Pertumbuhan Ekonomi dan Indikator Makroekonomi Dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    Pustaka: Fadillah, A. (2021). Makro Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan di Indonesia: Analisis Kemampuan Pertumbuhan Ekonomi dan Indikator Makroekonomi Dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(2), 186–203. https://doi.org/...
    5%

    11

    Minggu ke 11

    1. mahasiswa mampu menguraikan Pasar Tenaga Kerja
    2. Mahasiswa mampu menunjukkan Pasar Tenaga Kerja

    11.1. Mendeskripsikan Penduduk dan tenaga kerja. 11.2. Mendekripsikan Ketenagakerjaan pengangguran dan kesempatan kerja. 11.3. Mendeskripsikan Penawaran tenaga kerja dan penawaran tenaga kerja.11.1. Describe the population and labor.11.2. Describe unemployment and employment opportunities.11.3. Describe labor supply and labor supply.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Membaca literatur dan Mendiskusikan dengan Teman Sejawat, serta mendengarkan penjelasan Dosen Read the literature and discuss with peers, and listen to the lecturers explanation
    3 X 50

    Materi: labor market
    Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

    Materi: labor market
    Pustaka: Karel. E Case & Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi Makro (Terjm) . Jakarta : Prinhallindo.

    Materi: Pasar Tenaga Kerja
    Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
    4%

    12

    Minggu ke 12

    mahasiswa mampu menguraikan Pasar Tenaga Kerja

    11.1. Mendeskripsikan Penduduk dan tenaga kerja. 11.2. Mendekripsikan Ketenagakerjaan pengangguran dan kesempatan kerja. 11.3. Mendeskripsikan Penawaran tenaga kerja dan penawaran tenaga kerja.11.1. Describe the population and labor.11.2. Describe unemployment and employment opportunities.11.3. Describe labor supply and labor supply.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Membaca literatur dan Mendiskusikan dengan Teman Sejawat, serta mendengarkan penjelasan Dosen Read the literature and discuss with peers, and listen to the lecturers explanation
    3 X 50

    Materi: labor market
    Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

    Materi: labor market
    Pustaka: Karel. E Case & Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi Makro (Terjm) . Jakarta : Prinhallindo.

    Materi: Pasar Tenaga Kerja
    Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
    4%

    13

    Minggu ke 13

    mahasiswa mampu membandingkan Permintaan Total dan Penawaran Total

    1. Mendeskripsikan Permintaan Total
    2. Mengidentifikasi Penawaran Total Menurut Klasik
    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Membaca literatur dan Mendiskusikan dengan Teman Sejawat, serta mendengarkan penjelasan Dosen Read the literature and discuss with peers, and listen to the lecturers explanation
    3 X 50

    Materi: Agregat demand and Agregat suplly
    Pustaka: Mankiw, Gregory. 2013. Edisi 8 , Macroeconomics . New York : Worth Publishers.

    Materi: agregate deman dan supply
    Pustaka: Karel. E Case & Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi Makro (Terjm) . Jakarta : Prinhallindo.

    Materi: permintaan dan penawaran total
    Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
    4%

    14

    Minggu ke 14

    1. mahasiswa mampu membandingkan Permintaan Total dan Penawaran Total
    2. Mahasiswa mampu menunjukkan Permintaan Total dan Penawaran Total

    13.1. Mendeskripsikan Permintaan Total13.2. Menganalisis Pengaruh Kebijakan Moneter dan Fiskal Terhadap Permintaan Total13.1. Describe Total Requests13.2. Analyzing the Effects of Monetary and Fiscal Policy on Total Demand

    Kriteria:

    rubrik holistik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Membaca literatur dan Mendiskusikan dengan Teman Sejawat, serta mendengarkan penjelasan Dosen Read the literature and discuss with peers, and listen to the lecturers explanation
    3 X 50

    Materi: Agregat demand and Agregat suplly
    Pustaka: Mankiw, Gregory. 2013. Edisi 8 , Macroeconomics . New York : Worth Publishers.

    Materi: agregate deman dan supply
    Pustaka: Karel. E Case & Ray. E Fair. 2000. Prinsip-Prinsip Ekonomi Makro (Terjm) . Jakarta : Prinhallindo.

    Materi: permintaan dan penawaran total
    Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers
    4%

    15

    Minggu ke 15

    1. mahasiswa mampu menalaah Indikator Perekonomian Indonesia
    2. Mahasiswa mampu menelaah Indikator Perekonomian Indonesia
    3. Mahasiswa mampu menunjukkan Perekonomian Indonesia

    Indikator Makro Ekonomi IndonesiaIndonesian Macroeconomic Indicators


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Membaca literatur dan Mendiskusikan dengan Teman Sejawat, serta mendengarkan penjelasan DosenRead the literature and discuss with peers, and listen to the lecturers explanation
    3 X 50

    Materi: Perekonomian Indonesia
    Pustaka: Sadono Sukirno. 2016 . Makroekonomi: Teori Pengantar . Jakarta : Rajawali Pers

    Materi: makro ekonomi
    Pustaka: Mankiw, Gregory. 2018. Pengantar Ekonomi Makro Edisi 7 (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.
    6%

    16

    Minggu ke 16

    UAS

      Kriteria:

      test terstruktur


      Bentuk Penilaian :
      Tes

      3 X 50

      30%



      Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 50%
      2. Tes 50%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.