|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi inklusi |
7310102003 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
23 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu mengevaluasi mengembangkan/ mengkonstruksikan dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk individu, kelompok, komunitas dan organisasi untuk keperluan penelitian. |
PLO-6 |
Mampu memberikan rekomendasi intervensi psikologi non klinis yang berbasis pada teori dan hasil riset kepada individu, kelompok komunitas dan organisasi yang diperbolehkan oleh Kode Etik Psikologi Indonesia. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai pengertian dan teori inklusi
|
PO - 2 |
Mempromosikan pembelajaran inklusi
|
PO - 3 |
Mahasiswa mengetahui tantangan dan isu-isu pendidikan inklusi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan sudah memahami pelaksanaan pembelajaran inklusi, merancang propgram pengajaran individual sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu, merancang alat permainan edukatif yang bisa menstimulasi dan meningkatkan kemampuan siswa secara optimal |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge
|
Pendukung : |
|
- 1.Budiyanto, 2017, Pengantar Pendidikan Inkusif Berbasis Budaya Lokal, Jakarta: Prenada Media Group, divisi Kencana
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiwa mampu memahami pentingnya inklusif, definisi tentang inklusif dan peran psikologi dalam pendidikan inklusif (Peter Hick) |
- Mahasiswa mampu memahami pentingnya inklusif
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang definisi inklusif
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami epistemologi untuk inklusi (Gary Thomas) |
- Mahasiswa mampu memahami kritik terhadap dasar ilmiah psikologi dalam pendidikan
- Mahasiswa mampu memahami inklusi dari perspektif pengetahuan
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
3
Minggu ke 3 |
mahasiswa mampu memahami pandangan Vygotsky terhadap inklusi (Harry Daniels) |
- Mahasiswa mampu memahami teori sosiokultural dan penerapannya dalam pendidikan inklusif
- Mahasiswa mampu memahami ide-ide Vygotsky tentang disabilitas dan pendidikan
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
4
Minggu ke 4 |
mahasiswa mampu memahami pedagogi untuk inklusi (Harry Daniels) |
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan pedagogis yang mendukung inklusi
- Mahasiswa mampu memahami perdebatan pedagogi khusus vs pedagogi umum
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
5
Minggu ke 5 |
mahasiswa mampu memahami pendekatan pedagogi inklusif (Lani Florian) |
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan konstruktivis sosial
- Mahasiswa mampu memahami bagaimana siswa terlibat dalam pembelajaran di kelas
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
6
Minggu ke 6 |
mahasiswa mampu memahami dimensi emosional dalam psikologi inklusi (Isobel Urquahart) |
- Mahasiswa mampu memahami dampak emosional terhadap pembelajaran dan inklusi
- Mahasiswa mampu memahami penanganan kebutuhan emosional peserta didik dalam pengaturan inklusif
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
7
Minggu ke 7 |
mahasiswa mampu memahami pembelajaran kooperatif untuk inklusi (Joanne W. Putnam) |
- Mahasiswa mampu memahami peran aktivitas kelompok dalam mempromosikan inklusi
- Mahasiswa mampu memahami penelitian tentangn efektivitas pembelajaran kooperatif
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu memahami tantangan, ketegangan, dan efektivitas sekolah inklusif (Ingrid Lunt dan Brahm Norwich) |
Mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 1-8 |
Kriteria:
pengerjaan UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
22% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa mampu memahami tantangan, ketegangan, dan efektivitas sekolah inklusif (Ingrid Lunt dan Brahm Norwich) |
- Mahasiswa mampu memahami menyeimbangkan standar akademik dengan inklusi
- Mahasiswa mampu memahami studi kasus sekolah inklusi dan standar tinggi
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
10
Minggu ke 10 |
mahasiswa mampu memahami inklusi dalam masyarakat yang berubah |
- Mahasiswa mampu memahami dampak perubahan sosial terhadap praktik inklusif
- Mahasiswa mampu memahami pembelajaran dari konteks Afrika Selatan
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
11
Minggu ke 11 |
mahasiswa memahami peran psikolog pendidikan dalam inklusi (Peter T. Farell) |
- Mahasiswa mampu memahami peran psikolog dalam mempromosikan praktik inklusif
- Mahasiswa mampu memahami terkait cara mengatasi hambatan sistemik dalam praktik psikologi
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
12
Minggu ke 12 |
mahasiswa memahami penilaian dinamis untuk pembelajaran inklusif (Phil Stringer) |
- Mahasiswa mampu memahami alternatif untuk penilaian berbasis IQ
- Mahasiswa mampu memahami penggunaan penilaian dinamis dalam mempromosikan inklusi
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
13
Minggu ke 13 |
mahasiswa memahami penerapan konsultasi kolaboratif antara psikolog dan guru (Ian McNab) |
- Mahasiswa mampu memahami kolaborasi efektif antara guru dan psikolog
- Mahasiswa mampu memahami studi kasus konsultasi untuk praktik inklusif
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
14
Minggu ke 14 |
mahasiswa memahami penelitian interdisipliner untuk pendidikan inklusif (Alan Dyson) |
- Mahasiswa mampu memahami arah penelitian masa depan untuk pendidikan inklusif
- Mahasiswa mampu memahami penggabungan berbagai disiplin akademis untuk inklusi
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
15
Minggu ke 15 |
mahasiswa memahami peran psikologi untuk keadilan sosial dalam pendidikan (Peter Hick) |
- Mahasiswa mampu memahami hubungan psikologi dan keadilan sosia
- Mahasiswa mampu memahami proses menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif melalui psikologi
|
Kriteria:
lembar penilaian pasrtisipasi keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Definisi inklusif, peran psikologi dalam pendidikan inklusif Pustaka: Hick Peter , Kershner Ruth, Peter T Farrell, 2009, Psychology of Inclusive Education, London and New York: Routledge |
4% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 1-15 |
Bentuk Penilaian : Tes |
2x50 |
|
|
22% |