|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Jurnalistik Keolahragaan** |
8520202677 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
7 |
1 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Shery Iris Zalillah, S.Pd., M.Kes.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK 1
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini merupakan pengenalan dasar-dasar jurnalistik olahraga dan pembentukan keterampilan mempublikasikan tulisan di media massa, meliputi pengertian dan sejarah jurnalistik dilanjutkan hingga sampai pada pemahaman analisis informasi olahraga di berbagai media massa di satu sisi, dan pembentukan keterampilan publikasi media massa seperti identifikasi bahasa jurnalistik atau teknik menulis berita. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
- Frauenrath dan Nur Ali Yonis. 2003. Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan. London: BBC World Service Trust.
- Kathryn T. Stofer. James R Schaffer. and Brian A. Rosenthal. 2010. Sports Jourmalism: An Introduction to Reporting and Writing. Estover Road, Plymount: Rowman & Littlefield Publisher.Inc.
- Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes. Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat memahami lingkup pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. |
Pendahuluan, dasar-dasar perkebangan Media Massa dan Jurnalistik dengan bidang olahraga. 1. Memahami pengertian media massa dan jurnalistik 2. Menjelaskan Perkembangan media massa dan Jurnalistik 3. Memahami bahwa olahraga sebagai objek kajian. |
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar dan diskusi. 2 X 50 |
|
Materi: media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat memahami lingkup pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. |
Pendahuluan, dasar-dasar perkebangan Media Massa dan Jurnalistik dengan bidang olahraga. 1. Memahami pengertian media massa dan jurnalistik 2. Menjelaskan Perkembangan media massa dan Jurnalistik 3. Memahami bahwa olahraga sebagai objek kajian. |
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar dan diskusi. 2 X 50 |
|
Materi: media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat memahami lingkup pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. |
Pendahuluan, dasar-dasar perkebangan Media Massa dan Jurnalistik dengan bidang olahraga. 1. Memahami pengertian media massa dan jurnalistik 2. Menjelaskan Perkembangan media massa dan Jurnalistik 3. Memahami bahwa olahraga sebagai objek kajian. |
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar dan diskusi. 2 X 50 |
|
Materi: media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat memahami lingkup pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. |
Pendahuluan, dasar-dasar perkebangan Media Massa dan Jurnalistik dengan bidang olahraga. 1. Memahami pengertian media massa dan jurnalistik 2. Menjelaskan Perkembangan media massa dan Jurnalistik 3. Memahami bahwa olahraga sebagai objek kajian. |
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar dan diskusi. 2 X 50 |
|
Materi: media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menulis jenis-jenis berita olahraga sesuai dengan kaidah jurnalistik. |
- Mampu mengumpulkan bahan berita yang bersumber dari peliputan peristiwa dan acara
- Mampu menganilisis bahan dan menulis berita sesuai dengan kaidah jurnalistik
- Mampu menulis berita yang memenuhi syarat tayang atau muat.
|
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan praktik penulisan 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menulis opini, editorial dan feature olahraga sesuai dengan kaidah jurnalistik. |
- Mampu mengidentifikasi peristiwa olahraga kekinian di masyarakat
- Mampu menginventarisasi bahan-bahan penulisan yang relevan dengan topik penulisan.
- Mampu menulis opini, editorial dan feature sesuai dengan kaidah jurnalistik.
|
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan praktik 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menulis opini, editorial dan feature olahraga sesuai dengan kaidah jurnalistik. |
- Mampu mengidentifikasi peristiwa olahraga kekinian di masyarakat
- Mampu menginventarisasi bahan-bahan penulisan yang relevan dengan topik penulisan.
- Mampu menulis opini, editorial dan feature sesuai dengan kaidah jurnalistik.
|
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan praktik 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
mampu menguasai pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. |
Kriteria:
mampu menguasai pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan peliputan peristiwa dan peliputan acara kegiatan olahraga |
1. Mampu mengidentifikasi berbagai informasi yang diperoleh dari kegiatan peliputan. 2. Mampu menuangkan informasi yang diperoleh dalam bentuk karya jurnalistik. |
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendampingan dan praktik lapangan dalam suatu peristiwa atau acara olahraga 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu melakukan peliputan peristiwa dan peliputan acara kegiatan olahraga |
1. Mampu mengidentifikasi berbagai informasi yang diperoleh dari kegiatan peliputan. 2. Mampu menuangkan informasi yang diperoleh dalam bentuk karya jurnalistik. |
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendampingan dan praktik lapangan dalam suatu peristiwa atau acara olahraga 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dan kaidah wawancara dengan sumber berita. |
- Memahami dan mampu menganalisa jenis-jenis teknik wawancara.
- Mampu melakukan wawancara dengan sumber berita sesuai dengan kode etik jurnalistik.
|
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar dan praktik (penugasan wawancara 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dan kaidah wawancara dengan sumber berita. |
- Memahami dan mampu menganalisa jenis-jenis teknik wawancara.
- Mampu melakukan wawancara dengan sumber berita sesuai dengan kode etik jurnalistik.
|
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar dan praktik (penugasan wawancara 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis kasus-kasus olahraga yang terkait dengan pelanggaran kode etik jurnalistik |
Mampu menganalisis kasus-kasus olahraga dikaitkan dengan pelanggaran kode etik jurnalistik. |
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar dan Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan jenis-jenis presenterpada media pertelevisian. |
- Memahami dan menjelaskan jenis-jenis presenter
- Memahami perbedaan tugas dan peran presenter.
|
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar dan tanya jawab. 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur jabatan redaksional dalam dunia pers. |
Mampu menganalisis jabatan redaksional berdasarkan tugas dan kewenangannya. |
Kriteria:
- 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
- 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
- 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
- 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Mimbar dan presentasi mahasiswa per kelompok. 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) |
mampu menguasai pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. |
Kriteria:
mampu menguasai pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UAS 2 X 50 |
|
Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga. Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. |
15% |