Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Jurnalistik Keolahragaan**

8520202677

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

7

1 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Shery Iris Zalillah, S.Pd., M.Kes.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-10

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK 1

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-10
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini merupakan pengenalan dasar-dasar jurnalistik olahraga dan pembentukan keterampilan mempublikasikan tulisan di media massa, meliputi pengertian dan sejarah jurnalistik dilanjutkan hingga sampai pada pemahaman analisis informasi olahraga di berbagai media massa di satu sisi, dan pembentukan keterampilan publikasi media massa seperti identifikasi bahasa jurnalistik atau teknik menulis berita.

Pustaka

Utama :

  1. Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
  2. Frauenrath dan Nur Ali Yonis. 2003. Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan. London: BBC World Service Trust.
  3. Kathryn T. Stofer. James R Schaffer. and Brian A. Rosenthal. 2010. Sports Jourmalism: An Introduction to Reporting and Writing. Estover Road, Plymount: Rowman & Littlefield Publisher.Inc.
  4. Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes.

Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat memahami lingkup pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.

Pendahuluan, dasar-dasar perkebangan Media Massa dan Jurnalistik dengan bidang olahraga. 1. Memahami pengertian media massa dan jurnalistik 2. Menjelaskan Perkembangan media massa dan Jurnalistik 3. Memahami bahwa olahraga sebagai objek kajian.

Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar dan diskusi.
2 X 50

Materi: media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat memahami lingkup pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.

Pendahuluan, dasar-dasar perkebangan Media Massa dan Jurnalistik dengan bidang olahraga. 1. Memahami pengertian media massa dan jurnalistik 2. Menjelaskan Perkembangan media massa dan Jurnalistik 3. Memahami bahwa olahraga sebagai objek kajian.

Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar dan diskusi.
2 X 50

Materi: media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat memahami lingkup pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.

Pendahuluan, dasar-dasar perkebangan Media Massa dan Jurnalistik dengan bidang olahraga. 1. Memahami pengertian media massa dan jurnalistik 2. Menjelaskan Perkembangan media massa dan Jurnalistik 3. Memahami bahwa olahraga sebagai objek kajian.

Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar dan diskusi.
2 X 50

Materi: media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat memahami lingkup pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.

Pendahuluan, dasar-dasar perkebangan Media Massa dan Jurnalistik dengan bidang olahraga. 1. Memahami pengertian media massa dan jurnalistik 2. Menjelaskan Perkembangan media massa dan Jurnalistik 3. Memahami bahwa olahraga sebagai objek kajian.

Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar dan diskusi.
2 X 50

Materi: media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menulis jenis-jenis berita olahraga sesuai dengan kaidah jurnalistik.

  1. Mampu mengumpulkan bahan berita yang bersumber dari peliputan peristiwa dan acara
  2. Mampu menganilisis bahan dan menulis berita sesuai dengan kaidah jurnalistik
  3. Mampu menulis berita yang memenuhi syarat tayang atau muat.
Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan praktik penulisan
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menulis opini, editorial dan feature olahraga sesuai dengan kaidah jurnalistik.

  1. Mampu mengidentifikasi peristiwa olahraga kekinian di masyarakat
  2. Mampu menginventarisasi bahan-bahan penulisan yang relevan dengan topik penulisan.
  3. Mampu menulis opini, editorial dan feature sesuai dengan kaidah jurnalistik.
Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan praktik
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menulis opini, editorial dan feature olahraga sesuai dengan kaidah jurnalistik.

  1. Mampu mengidentifikasi peristiwa olahraga kekinian di masyarakat
  2. Mampu menginventarisasi bahan-bahan penulisan yang relevan dengan topik penulisan.
  3. Mampu menulis opini, editorial dan feature sesuai dengan kaidah jurnalistik.
Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan praktik
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

mampu menguasai pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.

Kriteria:

mampu menguasai pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan peliputan peristiwa dan peliputan acara kegiatan olahraga

1. Mampu mengidentifikasi berbagai informasi yang diperoleh dari kegiatan peliputan. 2. Mampu menuangkan informasi yang diperoleh dalam bentuk karya jurnalistik.

Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendampingan dan praktik lapangan dalam suatu peristiwa atau acara olahraga
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu melakukan peliputan peristiwa dan peliputan acara kegiatan olahraga

1. Mampu mengidentifikasi berbagai informasi yang diperoleh dari kegiatan peliputan. 2. Mampu menuangkan informasi yang diperoleh dalam bentuk karya jurnalistik.

Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendampingan dan praktik lapangan dalam suatu peristiwa atau acara olahraga
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan teknik dan kaidah wawancara dengan sumber berita.

  1. Memahami dan mampu menganalisa jenis-jenis teknik wawancara.
  2. Mampu melakukan wawancara dengan sumber berita sesuai dengan kode etik jurnalistik.
Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar dan praktik (penugasan wawancara
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melakukan teknik dan kaidah wawancara dengan sumber berita.

  1. Memahami dan mampu menganalisa jenis-jenis teknik wawancara.
  2. Mampu melakukan wawancara dengan sumber berita sesuai dengan kode etik jurnalistik.
Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar dan praktik (penugasan wawancara
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis kasus-kasus olahraga yang terkait dengan pelanggaran kode etik jurnalistik

Mampu menganalisis kasus-kasus olahraga dikaitkan dengan pelanggaran kode etik jurnalistik.

Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar dan Tanya jawab
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan jenis-jenis presenterpada media pertelevisian.

  1. Memahami dan menjelaskan jenis-jenis presenter
  2. Memahami perbedaan tugas dan peran presenter.
Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar dan tanya jawab.
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menjelaskan struktur jabatan redaksional dalam dunia pers.

Mampu menganalisis jabatan redaksional berdasarkan tugas dan kewenangannya.

Kriteria:
  1. 85 - 100 bilamana hasil identifikasinya lengkap 85-100%
  2. 80 - 84 bilamana hasil identifikasinya lengkap 80-84%
  3. 75 - 79 bilamana hasil identifikasinya lengkap 75-79%
  4. 70 -74 bilamana hasil identifikasinya lengkap 70-74%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Mimbar dan presentasi mahasiswa per kelompok.
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Andrews Phil.2014. Sports Journalism: A Practical Introduction. London: Sage Publication Ltd.
5%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

mampu menguasai pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.

Kriteria:

mampu menguasai pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UAS
2 X 50

Materi: pembahasan, pengertian dan perkembangan media massa dan jurnalistik dengan objek kajian olahraga.
Pustaka: Dewabrata, A.M. 2006. Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.