|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
SEMINAR RISET BISNIS DIGITAL |
6120902075 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
29 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.
|
Achmad Kautsar, S.E., M.M.
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat |
PLO-9 |
Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan |
PLO-10 |
Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguraikan perkembangan teori-teori bisnis digital mutakhir secara komprehensif
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengaitkan artikel-artikel yang sesuai dengan topik riset yang dipilih
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu membuat pra proposal skripsi sesuai pedoman
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter jujur dan kritis dalam menyampaikan informasi dan menyusun artikel ilmiah baik yang bersumber buku maupun hasil penelitian
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mampu memanfaatkan TIK untuk menelusuri informasi dan sumber belajar yang mendukung penyusunan artikel ilmiah bidang pemasaran digital, technopreneur, dan konsultan bisnis digital, menelaah hasil penelitian di bidang pemasaran digital, technopreneur, dan konsultan bisnis digital, dasar-dasar pembuatan artikel ilmiah dalam pemasaran digital, technopreneur, dan konsultan bisnis digital.
Mampu mengkomunikasikan gagasan dalam forum ilmiah/seminar baik sebagai narasumber maupun peserta seminar, keputusan strategis berdasarkan data dan informasi (termasuk hasil masukan/ide/gagasan rekan sejawat/referensi) dan memberikan ide untuk memilih berbagaI alternatif solusi sikap jujur dan kritis dalam menyampaikan informasi dan menyusun artikel ilmiah baik yang bersumber buku maupun hasil penelitian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall
- Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons
- Buku Panduan Proposal & Skripsi. (2018). Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
|
Pendukung : |
|
- Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/10.1002/joe.22178
- Lim, W. M. (2022). The art of revising for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(1), 5-9. https://doi.org/10.1002/joe.22184
- Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/10.1002/joe.22187
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu meringkas beragam teori dan isu Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital |
Mampu menjelaskan kembali tentang teori umum Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Teori dan Isu Bisnis Digital Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu meringkas beragam teori dan isu Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital |
Mampu menjelaskan kembali tentang teori umum Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Teori dan Isu Bisnis Digital Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menguraikan konsep berpikir ilmiah meliputi penulisan karya ilmiah, pedoman ilmiah, dan sebagainya |
Mampu menjelaskan konsep berpikir ilmiah |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Penulisan Karya Ilmiah Pustaka: Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu meringkas tentang beragam pendekatan penelitian dalam riset Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital |
Mampu menjelaskan jenis-jenis pendekatan penelitian dalam riset Pemasaran Digital, Technopreneur, dan Konsultan Bisnis Digital |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Pendekatan Penelitian dal Riset Bisnis Digital Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan permasalahan penelitian, riset gap, dan fenomena gap penelitian |
- Menjelaskan permasalahan penelitian
- Menjelaskan research gap penelitian
- Menjelaskan fenomena gap penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Permasalahan penelitian, riset gap, dan fenomena gap penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menelaah artikel jurnal/prosiding sesuai dengan topik yang diminati |
- Mengidentifikasi teori yang relevan dengan research gap
- Mendesain model konseptual/kerangka penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Menelaah artikel jurnal/prosiding Pustaka: Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/... Materi: Menelaah artikel jurnal/prosiding Pustaka: Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menelaah artikel jurnal/prosiding sesuai dengan topik yang diminati |
- Mengidentifikasi teori yang relevan dengan research gap
- Mendesain model konseptual/kerangka penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Menelaah artikel jurnal/prosiding Pustaka: Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/... Materi: Menelaah artikel jurnal/prosiding Pustaka: Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Tes |
Soal Ujian Tengah Semester 2 X 50 |
Soal Ujian Tengah Semester 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 1-7 Pustaka: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall Materi: Pertemuan 1-7 Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu membuat, memaparkan dan memahami Bab 1 draft proposal penelitian |
- Menyusun Bab 1 draft proposal penelitian
- Memaparkan Bab 1 draft proposal penelitian
- Memahami Bab 1 draft proposal penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Penyusunan Bab 1 Proposal Penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu membuat, memaparkan dan memahami Bab 1 draft proposal penelitian |
- Menyusun Bab 1 draft proposal penelitian
- Memaparkan Bab 1 draft proposal penelitian
- Memahami Bab 1 draft proposal penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Penyusunan Bab 1 Proposal Penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu membuat, memaparkan dan memahami Bab 1 draft proposal penelitian |
- Menyusun Bab 1 draft proposal penelitian
- Memaparkan Bab 1 draft proposal penelitian
- Memahami Bab 1 draft proposal penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Penyusunan Bab 1 Proposal Penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu membuat dan memaparkan Bab 2 draft proposal penelitian |
- Menyusun Bab 2 draft proposal penelitian
- Memaparkan Bab 2 draft proposal penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Penyusunan Bab 2 Proposal Penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu membuat dan memaparkan Bab 2 draft proposal penelitian |
- Menyusun Bab 2 draft proposal penelitian
- Memaparkan Bab 2 draft proposal penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Penyusunan Bab 2 Proposal Penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu membuat dan memaparkan Bab 3 draft proposal penelitian |
- Menyusun Bab 3 draft proposal penelitian
- Memaparkan Bab 3 draft proposal penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Penyusunan Bab 3 Proposal Penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu membuat dan memaparkan Bab 3 draft proposal penelitian |
- Menyusun Bab 3 draft proposal penelitian
- Memaparkan Bab 3 draft proposal penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Penyusunan Bab 3 Proposal Penelitian Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester |
Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester 2 X 50 |
Ujian Akhir Semester 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 9-15 Pustaka: Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed). John Wiley & Sons |
20% |