Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Akuntansi Manajemen

6220102154

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

8 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Susi Handayani, SE. Ak., M.Ak., CA.




Bayu Rama Laksono, SE., M.Ak




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu menyusun, menyajikan, dan mengevaluasi laporan akuntansi biaya dan akuntansi manajemen sesuai kode etik profesi

PLO-8

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PO - 2

Mampu menyusun, menyajikan, dan mengevaluasi laporan akuntansi biaya dan akuntansi manajemen sesuai kode etik profesi

PO - 3

Mampu menyusun, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi laporan keuangan dan non keuangan dengan mempertimbangkan keberlanjutan untuk tujuan pengambilan keputusan pada level strategis sesuai kode etik profesi dengan dukungan teknologi informasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji dan memberikan pengetahuan tentang akuntansi manajemen dan pengambilan keputusan oleh manajemen tentang analisis biaya, penetapan biaya standar, penetapan biaya yang relevan, profitabilitas perusahaan dan pelanggan, penganggaran, manajemen persediaan, pengukuran kinerja, balance scorecard, lean manufacturing, akuntansi manajemen lingkungan, dan pelaporan keberlanjutan perusahaan. Bahan Kajian: 1. Akuntansi Manajemen 2. Analisis biaya 3. Penetapan biaya standar 4. Penetapan biaya yang relevan 5. Profitabilitas perusahaan dan pelanggan 6. Penganggaran 7. Manajemen persediaan 8. Pengukuran kinerja 9. Balance scorecard 10. Lean manufacturing 11. Akuntansi manajemen lingkungan 12. Pelaporan keberlanjutan perusahaan

Pustaka

Utama :

  1. Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
  2. Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.
  3. Horngren, et. al., 2015, Cost Accounting: A Managerial Emphasis, Fifteenth Edition, Pearson Education, Inc.

Pendukung :

  1. The National and International Journal about Management Accounting topics

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Dian Anita Nuswantara, S.E., M.Si., Ak.

Susi Handayani, S.E., Ak., M.Ak., CA.

Dr. Dewi Prastiwi, S.E., Ak., M.Si.

Bayu Rama Laksono, M.Ak.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep biaya dan akuntansi manajemen Able to explain the concept of cost and management accounting

  1. Akurasi dalam menjelaskan kontrak belajar, RPS dan materi pembelajaran yang akan diberikan selama perkuliahan
  2. Akurasi dalam menjelaskan ruang lingkup akuntansi manajemen
  3. Akurasi dalam menjelaskan konsep biaya
  4. Akurasi dalam menjelaskan etika akuntan manajemen
Kriteria:
  1. Rubrik Deskriptif: Ketepatan dalam menjelaskan tentang konsep biaya dan akuntansi manajemen
  2. Bentuk Non tes: Menyelesaikan soal latihan tentang konsep biaya dan akuntansi manajemen

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
2 SKS (1x(2x170’)):

Diskusi
TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas
PT (1x(2x60’)): Tugas Individu menjelaskan tentang konsep biaya dan akuntansi manajemen

Belajar Mandiri
BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 X 50
Materi: Chapter 1
Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.
10%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan Biaya produksi konvensional untuk pengambilan keputusanAble to determine, analyze, and report conventional production costs for decision making

Akurasi dalam menjelaskan konsep biaya dan etika akuntan manajemen

Kriteria:
  1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan konsep biaya dan etika akuntan manajemen
  2. Bentuk Non Tes: Menyelesaikan soal latihan tentang konsep biaya dan etika akuntansi manajemen

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
2 SKS (1x(2x170’)):

Diskusi
TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas
PT (1x(2x60’)): Tugas Individu menjelaskan tentang konsep biaya dan etika akuntansi manajemen

Belajar Mandiri
BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 X 50
Materi: Chapter 2
Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.

Materi: Chapter 2
Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan pengelolaan biaya untuk pengambilan keputusan

Akurasi dalam menganalisis, menjelaskan, dan melaporkan biaya standar dan selisihnya dengan biaya aktual

Kriteria:
  1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis implementasi biaya standar
  2. Bentuk Non Tes: melakukan review implementasi biaya standar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
2 SKS (1x(2x170’)):

Diskusi
TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas
PT (1x(2x60’)): melakukan analisis implementasi biaya standar dan selisihnya di perusahaan

Belajar Mandiri
BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 X 50
Materi: Chapter 9
Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.

Materi: Chapter 10
Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan pengelolaan biaya untuk pengambilan keputusan

Akurasi dalam menganalisis, menjelaskan, dan melaporkan profitabilitas perusahaan dan pelanggan

Kriteria:
  1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis profitabilitas perusahaan dan pelanggan
  2. Bentuk Non Tes: melakukan review analisis profitabilitas perusahaan dan pelanggan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah
2 SKS (1x(2x170’)):

Diskusi
TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas
PT (1x(2x60’)): Tugas menganalisis implementasi analisis profitabilitas perusahaan dan pelanggan

Belajar Mandiri
BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 X 50
Materi: Chapter 11
Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.

Materi: Chapter 5
Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan pengelolaan biaya untuk pengambilan keputusan

Akurasi dalam menganalisis, menjelaskan, dan melaporkan profitabilitas perusahaan dan pelanggan

Kriteria:
  1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis profitabilitas perusahaan dan pelanggan
  2. Bentuk Non Tes: melakukan review analisis profitabilitas perusahaan dan pelanggan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah
2 SKS (1x(2x170’)):

Diskusi
TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas
PT (1x(2x60’)): Tugas menganalisis implementasi analisis profitabilitas perusahaan dan pelanggan

Belajar Mandiri
BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 X 50
Materi: Chapter 14
Pustaka: Horngren, et. al., 2015, Cost Accounting: A Managerial Emphasis, Fifteenth Edition, Pearson Education, Inc.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan pengelolaan biaya untuk pengambilan keputusan

Akurasi dalam menganalisis, menjelaskan, dan melaporkan biaya relevan

Kriteria:
  1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis implementasi biaya relevan
  2. Bentuk Non Tes: melakukan review implementasi biaya relevan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah
2 SKS (1x(2x170’)):

Diskusi
TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas
PT (1x(2x60’)): Tugas mereview implementasi biaya relevan pada perusahaan

Belajar Mandiri
BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 X 50
Materi: Chapter 12
Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.

Materi: Chaoter 11
Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan anggaran perusahaan untuk pengambilan keputusan

  1. Akurasi dalam menentukan master budget berbasis statis dan fleksibel
  2. Akurasi dalam menganalisis dan melaporkan anggaran perusahaan berbasis kinerja dan berbasis aktivitas
  3. Akurasi dalam mengevaluasi kinerja berdasarkan anggaran perusahaan
Kriteria:
  1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis implementasi pengelolaan anggaran
  2. Bentuk Non Tes: melakukan review implementasi pengelolaan anggaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah
2 SKS (1x(2x170’)):

Diskusi
TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas
PT (1x(2x60’)): Tugas mereview implementasi budgeting pada perusahaan

Belajar Mandiri
BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
2 X 50
ViLearning: SIDIA
2 X 50
Materi: Chapter 8
Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.

Materi: Chapter 8
Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.

Materi: Chapter 9
Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    2 SKS
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 X 50
    Materi: 1. Konsep biaya dan akuntansi manajemen 2. Analisis biaya standar 3. Analisis hubungan CVP 4. Analisis profitabilitas pelanggan 5. Analisis biaya relevan 6. Anggaran perusahaan
    Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
    10%

    9

    Minggu ke 9

    Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan pengelolaan persediaan untuk pengambilan keputusan

    1. Akurasi dalam menjelaskan manajemen persediaan tradisional
    2. Akurasi dalam menjelaskan manajemen persediaan just in time
    Kriteria:
    1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis implementasi pengelolaan persediaan perusahaan
    2. Bentuk Non Tes: melakukan review implementasi pengelolaan persediaan perusahaan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah
    2 SKS (1x(2x170’)):

    Diskusi
    TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

    Tugas
    PT (1x(2x60’)): Tugas menganalisis implementasi manajemen persediaan pada perusahaan

    Belajar Mandiri
    BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    3 X 50
    Materi: Chapter 14
    Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan evaluasi kinerja secara tradisional dan komprehensif

    Akurasi dalam menjelaskan konsep teoritis dan praktis tentang akuntansi pertanggungjawaban

    Kriteria:
    1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis implementasi akuntansi pertanggungjawaban perusahaan
    2. Bentuk Non Tes: melakukan review implementasi akuntansi pertanggungjawaban perusahaan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah
    2 SKS (1x(2x170’)):

    Diskusi
    TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

    Tugas
    PT (1x(2x60’)): Tugas menganalisis implementasi akuntansi pertanggungjawaban pada perusahaan

    Belajar Mandiri
    BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    3 X 50
    Materi: Chapter 10
    Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.

    Materi: Chapter 11
    Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan evaluasi kinerja secara tradisional dan komprehensif

    Akurasi dalam menganalisis dan melaporkan evaluasi kinerja segmen bisnis berbasis kinerja keuangan

    Kriteria:
    1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis evaluasi kinerja perusahaan
    2. Bentuk Non Tes: melakukan review hasil evaluasi kinerja perusahaan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Kuliah
    2 SKS (1x(2x170’)):

    Diskusi
    TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

    Tugas
    PT (1x(2x60’)): Tugas menganalisis implementasi evaluasi kinerja perusahaan

    Belajar Mandiri
    BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    3 X 50
    Materi: Chapter 10
    Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.

    Materi: Chapter 11
    Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan evaluasi kinerja secara tradisional dan komprehensif

    mampu menganalisis dan melaporkan evaluasi kinerja segmen bisnis berbasis Balance scorecard

    Kriteria:
    1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil evaluasi kinerja perusahaan
    2. Bentuk Non Tes: melakukan review hasil evaluasi kinerja perusahaan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
    Kuliah
    2 SKS (1x(2x170’)):

    Diskusi
    TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

    Tugas
    PT (1x(2x60’)): Tugas menganalisis evaluasi kinerja perusahaan

    Belajar Mandiri
    BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    3 X 50
    Materi: Chapter 16
    Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.

    Materi: Chapter 11
    Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan isu akuntansi manajemen kontemporer

    Akurasi dalam menganalisis implementasi Lean Accounting & Lean manufacturing

    Kriteria:
    1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis implementasi lean accounting & manufacturing perusahaan
    2. Bentuk Non Tes: melakukan review implementasi lean accounting & manufacturing

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
    Kuliah
    2 SKS (1x(2x170’)):

    Diskusi
    TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

    Tugas
    PT (1x(2x60’)): Tugas menganalisis implementasi lean accounting & manufacturing

    Belajar Mandiri
    BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    3 X 50
    Materi: Chapter 16
    Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.

    Materi: Chapter 11
    Pustaka: Garrison,et. al. 2018. Managerial Accounting. Sixteenth Edition. South-Western Cengage learning.
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan isu akuntansi manajemen kontemporer

    Akurasi dalam menganalisis dan melaporkan biaya kualitas akuntansi manajemen lingkungan

    Kriteria:
    1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis implementasi biaya kualitas manajemen lingkungan
    2. Bentuk Non Tes: melakukan review implementasi biaya kualitas manajemen lingkungan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
    Kuliah
    2 SKS (1x(2x170’)):

    Diskusi
    TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

    Tugas
    PT (1x(2x60’)): Tugas menganalisis biaya kualitas manajemen lingkungan

    Belajar Mandiri
    BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
    2 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 X 50
    Materi: Chapter 17
    Pustaka: Hansen, et al. 2007. Managerial Accounting. Eight Edition. South-Western Cengage learning.
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Mahasiswa mampu menentukan, menganalisis, dan melaporkan isu akuntansi manajemen kontemporer

    Akurasi dalam menganalisis Pelaporan keberlanjutan perusahaan

    Kriteria:
    1. Rubrik Deskriptif: ketepatan menjelaskan hasil analisis pelaporan keberlanjutan perusahaan
    2. Bentuk Non Tes: melakukan analisis pelaporan keberlanjutan perusahaan

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
    Kuliah
    2 SKS (1x(2x170’)):

    Diskusi
    TM (1x(2x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

    Tugas
    PT (1x(2x60’)): Tugas menganalisis implementasi pelaporan keberlanjutan perusahaan

    Belajar Mandiri
    BM (1x(2x60’)): Pemahaman materi
    3 X 50
    ViLearning: SIDIA
    2 X 50
    Materi: Pelaporan keberlanjutan
    Pustaka: The National and International Journal about Management Accounting topics
    5%

    16

    Minggu ke 16

    Ujian Akhir Semester


      Bentuk Penilaian :
      Tes
      2 SKS
      2 X 50
      ViLearning: SIDIA
      2 X 50
      20%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 50%
      2. Penilaian Portofolio 20%
      3. Tes 30%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.