Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

BM Komprehensif Mahir

8820806025

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=6

P=0

ECTS=9.54

4

5 Januari 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Farhan Masrur, S.Pd., M.TCFL.




Cicik Arista, S.Pd., M.TCSOL.




Miftachul Amri, M.Pd., M.Ed., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Mampu berbicara dan menulis (produktif) dalam bahasa Mandarin dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara HSK 4 dan HSKK Menengah

Program Objectives (PO)

PO - 1

"Bahasa Mandarin Komprehensif Mahir" mencakup penguasaan dan penggunaan materi kosakata serta tata bahasa bahasa Mandarin dalam berbagai tema dan topik yang relevan. Selain itu, mahasiswa dilatih untuk memiliki ketrampilan berbahasa Mandarin yang aplikatif, termasuk kemampuan menulis, membaca, mengungkapkan ide, dan berinteraksi secara efektif sesuai dengan kebutuhan praktis dalam situasi komunikasi sehari-hari. Melalui kegiatan pertemuan kelas dan presentasi, mahasiswa akan memperdalam pemahaman mengenai tata fonem, tata bentuk, dan tata kalimat bahasa Mandarin pada tingkat mahir. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat mengaplikasikan keterampilan bahasa Mandarin dengan lancar dan percaya diri dalam berbagai konteks kehidupan nyata serta mampu berkomunikasi dengan efektif dalam bahasa Mandarin untuk berbagai keperluan praktis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8
PO-1 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah "Bahasa Mandarin Komprehensif Mahir" fokus pada penguasaan dan penggunaan materi kosakata dan tata bahasa bahasa Mandarin dengan berbagai tema dan topik yang telah ditentukan. Selain itu, memberikan latihan tambahan dalam berbagai ketrampilan berbahasa seperti menulis, membaca, mengungkapkan ide, dan berinteraksi sesuai denganbahasa Mandarin pada tingkat mahir. Mahasiswa akan mempelajari tata fonem, tata bentuk, dan tata kalimat bahasa Mandarin pada tingkat mahir melalui kegiatan pertemuan kelas dan presentasi untuk melatih kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Mandarin serta berpartisipasi dalam diskusi kelas. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat mencapai penguasaan yang lebih mendalam dalam berbahasa Mandarin, mampu berinteraksi dengan mahir dalam berbagai situasi komunikasi, serta memiliki keterampilan bahasa yang lebih baik dalam menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Mandarin.

Pustaka

Utama :

  1. 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
  2. 2. CD朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.

Pendukung :

  1. Jiang Liping, Yumiao, Li Lin. 2014. Standart Course HSK4. Beijing Language and Culture University Press

Dosen Pengampu

Miftachul Amri, M.Pd., M.Ed., Ph.D.

Muhammad Farhan Masrur, S.Pd., M.TCFL

HANS YOSEF TANDRA DASION

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han

  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 1《我来给你们介绍一下》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

2

Minggu ke 2

· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han

  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 2 《你汉语说得真地道》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

3

Minggu ke 3

· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han

  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 3《给记者的材料复印好了吗?》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

4

Minggu ke 4

· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han

  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 4 《我的电脑怎么又出问题了?》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

5

Minggu ke 5

· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han

  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 5 《下星期我们一起吃顿便饭,怎么样?》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

6

Minggu ke 6

· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han

  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 6 《为我们的合作干杯》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mengerjakan soal Ujian Tengah Semester dengan baik

Mampu mengerjakan soal UTS dengan baik

Kriteria:

Mampu mengerjakan soal UTS dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ujian Tengah Semester
3 X 50

Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.

Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka: Jiang Liping, Yumiao, Li Lin. 2014. Standart Course HSK4. Beijing Language and Culture University Press
15%

8

Minggu ke 8

· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han

  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 7《你来以前再打电话确认一下》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

9

Minggu ke 9

  1. Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
  2. Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
  3. Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
  4. Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 8《请告诉我你那儿的具体位置》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
  2. Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
  3. Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
  4. Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 9《我想咨询一下办签证延期的事》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
  2. Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
  3. Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
  4. Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 10《代表团的房间安排好了吗?》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
  2. Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
  3. Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
  4. Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 11《请你们尽快把材料送来吧》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
  2. Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
  3. Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
  4. Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 12《要求与任务》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
  2. Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
  3. Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
  4. Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 13《约定与变化》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
  2. Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
  3. Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
  4. Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
  1. Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
  2. Menganalisis makna dialog dengan tepat.
  3. Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
  4. Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
Kriteria:
  1. - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
  2. - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
  3. - Berdasarkan jawaban yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal
3 X 50

Materi: Bab 14《咨询与会谈》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu mengerjakan soal Ujian Akhir Semester dengan baik

Mampu mengerjakan soal Ujian Akhir Semester dengan baik

Kriteria:

Mampu mengerjakan soal UAS dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ujian Akhir Semester
3 X 50

Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.

Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka: Jiang Liping, Yumiao, Li Lin. 2014. Standart Course HSK4. Beijing Language and Culture University Press
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 16.62%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 16.62%
3. Penilaian Portofolio 16.62%
4. Penilaian Praktikum 16.62%
5. Praktik / Unjuk Kerja 16.62%
6. Tes 16.62%
99.72%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.