|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
BM Komprehensif Mahir |
8820806025 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=6 |
P=0 |
ECTS=9.54 |
4 |
5 Januari 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Farhan Masrur, S.Pd., M.TCFL.
|
Cicik Arista, S.Pd., M.TCSOL.
|
Miftachul Amri, M.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu berbicara dan menulis (produktif) dalam bahasa Mandarin dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara HSK 4 dan HSKK Menengah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
"Bahasa Mandarin Komprehensif Mahir" mencakup penguasaan dan penggunaan materi kosakata serta tata bahasa bahasa Mandarin dalam berbagai tema dan topik yang relevan. Selain itu, mahasiswa dilatih untuk memiliki ketrampilan berbahasa Mandarin yang aplikatif, termasuk kemampuan menulis, membaca, mengungkapkan ide, dan berinteraksi secara efektif sesuai dengan kebutuhan praktis dalam situasi komunikasi sehari-hari. Melalui kegiatan pertemuan kelas dan presentasi, mahasiswa akan memperdalam pemahaman mengenai tata fonem, tata bentuk, dan tata kalimat bahasa Mandarin pada tingkat mahir. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat mengaplikasikan keterampilan bahasa Mandarin dengan lancar dan percaya diri dalam berbagai konteks kehidupan nyata serta mampu berkomunikasi dengan efektif dalam bahasa Mandarin untuk berbagai keperluan praktis.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah "Bahasa Mandarin Komprehensif Mahir" fokus pada penguasaan dan penggunaan materi kosakata dan tata bahasa bahasa Mandarin dengan berbagai tema dan topik yang telah ditentukan. Selain itu, memberikan latihan tambahan dalam berbagai ketrampilan berbahasa seperti menulis, membaca, mengungkapkan ide, dan berinteraksi sesuai denganbahasa Mandarin pada tingkat mahir. Mahasiswa akan mempelajari tata fonem, tata bentuk, dan tata kalimat bahasa Mandarin pada tingkat mahir melalui kegiatan pertemuan kelas dan presentasi untuk melatih kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Mandarin serta berpartisipasi dalam diskusi kelas. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat mencapai penguasaan yang lebih mendalam dalam berbahasa Mandarin, mampu berinteraksi dengan mahir dalam berbagai situasi komunikasi, serta memiliki keterampilan bahasa yang lebih baik dalam menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Mandarin. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
- 2. CD朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008.
|
Pendukung : |
|
- Jiang Liping, Yumiao, Li Lin. 2014. Standart Course HSK4. Beijing Language and Culture University Press
|
Dosen Pengampu
|
Miftachul Amri, M.Pd., M.Ed., Ph.D. Muhammad Farhan Masrur, S.Pd., M.TCFL HANS YOSEF TANDRA DASION |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han |
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 1《我来给你们介绍一下》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han |
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 2 《你汉语说得真地道》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han |
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 3《给记者的材料复印好了吗?》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han |
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 4 《我的电脑怎么又出问题了?》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han |
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 5 《下星期我们一起吃顿便饭,怎么样?》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han |
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 6 《为我们的合作干杯》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengerjakan soal Ujian Tengah Semester dengan baik |
Mampu mengerjakan soal UTS dengan baik |
Kriteria:
Mampu mengerjakan soal UTS dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ujian Tengah Semester 3 X 50 |
|
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: Jiang Liping, Yumiao, Li Lin. 2014. Standart Course HSK4. Beijing Language and Culture University Press |
15% |
8
Minggu ke 8 |
· Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan · Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han |
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 7《你来以前再打电话确认一下》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
- Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
- Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
- Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
- Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
|
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 8《请告诉我你那儿的具体位置》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
- Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
- Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
- Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
|
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 9《我想咨询一下办签证延期的事》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
- Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
- Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
- Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
|
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 10《代表团的房间安排好了吗?》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
- Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
- Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
- Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
|
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 11《请你们尽快把材料送来吧》•Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
- Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
- Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
- Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
|
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 12《要求与任务》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
- Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
- Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
- Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
|
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 13《约定与变化》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Menganalisis kosakata, tata bahasa dan dialog percakapan
- Menerapkan hasil kajian dalam bentuk latihan lisan dan percakapan
- Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu penyelesaian masalah yang terkait dengan tata bahasa Mandarin
- Menerapkan tata bahasa yang baku, aturan penulisan aksara Han
|
- Melafalkan kosakata dan dialog percakapan dengan tepat.
- Menganalisis makna dialog dengan tepat.
- Mengerjakan latihan soal menulis dalam bentuk karangan pada latihan soal.
- Pembuatan dialog sederhana sesuai dengan tema bab yang ada dan mempraktikkannya
|
Kriteria:
- - Berdasarkan pelafalan yang benar (konsonan, vokal, nada)
- - Berdasarkan tata bahasa Mandarin yang baku
- - Berdasarkan jawaban yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Ceramah, Latihan lisan dan tulis Penyusunan dialog, Penulisan aksara Han dan Latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: Bab 14《咨询与会谈》 •Kosakata; •Tata Bahasa; •Dialog percakapan; •Penulisan aksara Han; •Latihan soal Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu mengerjakan soal Ujian Akhir Semester dengan baik |
Mampu mengerjakan soal Ujian Akhir Semester dengan baik |
Kriteria:
Mampu mengerjakan soal UAS dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ujian Akhir Semester 3 X 50 |
|
Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: 1. 朱晓星.邱建玲.《体验汉语:公务篇》高等教育出版社,北京,2008. Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: Jiang Liping, Yumiao, Li Lin. 2014. Standart Course HSK4. Beijing Language and Culture University Press |
15% |