Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PENDIDIKAN INKLUSI

8620302156

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang konsep dasar pendidikan inklusif, landasan penyelenggraaan,pelaksanaan pembelajaran, kurikulum, penilaian dan pelaporan, serta ketenagaan dan sarana-prasarana dalam pendidikan inklusif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, pemberian informasi, telaah kritis jurnal dan melakukan refleksi bersama.

Pustaka

Utama :

  1. Carrington. Suzanne, and Macarthur, Jude, Ed. 2012. Teaching In Inclusive School . John Wilay & Sons Australia, Ltd.
  2. Choate. Joyce S. 2004. Pengajaran Inclusive Yang Sukses: Cara Handal untuk mendeteksi dan memperbaiki kebutuhan khusus. Hellen Keller International, Pearson Education Inc.
  3. Salend. Spencer J. 2011. Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practice, Seven Edition. Boston: Pearson Education Inc.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd.

Khofidotur Rofiah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ruang lingkup dan mekanisme perkuliahan

Menjelaskan ruang lingkup dan mekanisme

Kriteria:
  1. 1. Bisa menceriterakan sekolah inklusif
  2. 2. Belum bisa menceriterakan Sekolah inklusif.
ceramah, diskusi, dan tanya jawab.
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep Pendidikan Inklusif.

1. Menjelaskan konsep PI 2. Menjelaskan Filosofi PI 3. Menjelaskan Jenis layanan di sekolah inklusi

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah tentang Konsep PI dan mempresentasikan di dalam kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah tentang konsep PI dan belum mempresentasikan di dlam kelas.
  3. 3. Belum menyusun makalah tentang konsep PI dan menghadiri presntasi di dalam kelas.
  4. 4. Tidak menyusun makalah dan tidak menghadiri presentasi dalam kelas.
Ceramah, tugas, dan diskusi kelas.
4 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami pinsip dan landasan pendidikan inklusif

1. Menjelaskan landasan (emperis, filosofi, paedagogik) PI 2. menjelaskan prinsip pelaksanaan PI.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah sederhana tentang Landasan dan prinsip Implementasi PI dan menghadiri presentasi di dalam kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah sederhana tentang Landasan dan prinsip Implementasi PI dan belum menghadiri presentasi di dalam kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah sederhana tentang Landasan dan prinsip Implementasi PI dan menghadiri presentasi di dalam kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun makalah sederhana tentang Landasan dan prinsip Implementasi PI dan belum menghadiri presentasi di dalam kelas.
Ceramah, diskusi dan penugasan.
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami peserta didik berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah Inklusif.

1. Menjelaskan konsep ABK (pengertian, prevalensi, jenis, klasifikasi, karakteristik masing2 jenis ABK)

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah tentang ABK dan menghadiri presentasi dalam kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah tentang ABK dan belum menghadiri presentasi dalam kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah tentang ABK dan menghadiri presentasi dalam kelas.
  4. 4. Belum menyusun makalah tentang ABK dan belum menghadiri presentasi dalam kelas.
Ceramah, diskusi, dan tugas.
4 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami identifikasi dan asesmen peserta didik berkebutuhan khusus

1. Menjelaskan konsep identifikasi ABK. 2. Menjelaskan konsep asesmen ABK.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah tentang identifikasi dan Asesmen ABK dan menghadiri presentasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah tentang identifikasi dan Asesmen ABK dan belum menghadiri presentasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah tentang identifikasi dan Asesmen ABK dan menghadiri presentasi kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun makalah tentang identifikasi dan Asesmen ABK dan belum menghadiri presentasi kelas.
Ceramah, diskusi, dan tugas.
4 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami konsep identifikasi Identifikasi dan Asesmen ABK di Sekolah Inklusif.

1. menjelaskan identifikasi ABK di Sekolah Inklusif 2. menjelaskan asesmen ABK di Sekolah Inklusif.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah identifikasi dan asesmen ABK, dan menghadiri presentasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah identifikasi dan asesmen ABK, dan tidak menghadiri presentasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah identifikasi dan asesmen ABK, dan menghadiri presentasi kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun makalah identifikasi dan asesmen ABK, dan tidak menghadiri presentasi kelas.
Ceramah, diskusi, dan tugas.
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami kurikulum Sekolah Inklusi

1. menjelaskan pengertian kurikulum SI. 2. menjelaskan adaptasi kurikulum SI.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah tentang Kurikulum SI, dan menghadiri presentasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah tentang Kurikulum SI, dan tidak menghadiri presentasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah tentang Kurikulum SI, dan menghadiri presentasi kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun makalah tentang Kurikulum SI, dan tidak menghadiri presentasi kelas.
Ceramah, diskusi, dan tugas.
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Menyelesaikan UTS.

Mengerjakan tugas UTS tentang kompetensi : konsep PI, Landasan dan prinsip PI, Anak berkebutuhan khusus, identifikasi dan asesmen ABK, dan kurikuluum SI.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah dengan mencakup 5 kompetensi diatas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah dengan mencakup 4 kompentensi diatas.
  3. 3. Berhasil menyusun makalah dengan mencakup 3 kompentensi diatas.
  4. 4. Berhasil menyusun makalah dengan mencakup 2 kompentensi diatas.
Ceramah, tugas, dan diskusi.
4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Memahami pengelolaan pembelajaran di sekolah inklusi.

1. menyusun program pembelajaran di kelas Inklusif. 2. Melaksanakan program pembelajaran di kelas inklusif. 3. Penilaian hasil belajar di kelas inklusif.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun program pembelajaran di Kelas inklusif dan hadir presentasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun program pembelajaran di Kelas inklusif dan tidak hadir presentasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun program pembelajaran di Kelas inklusif dan hadir presentasi kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun program pembelajaran di Kelas inklusif dan tidak hadir presentasi kelas.
Ceramah, tugas, dan diskusi.
4 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Memahami sarana dan prasarana pembelajaran di kelas Inklusif.

1. Mengidentifikasi sarana pembelajaran setiap mata pelajaran di kelas inklusif. 2. Mengenal karakteristik prasarana pembelajaran di kelas inklusif.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah sarana dan prasarana SI, hadir pada presentasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah sarana dan prasarana SI, tidak hadir pada presentasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah sarana dan prasarana SI, hadir pada presentasi kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun makalah sarana dan prasarana SI, tidak hadir pada presentasi kelas.
Ceramah, diskusi, dan tugas.
4 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Memahami ketenagaan di Sekolah Inklusif.

1. Menjelaskan tenaga guru di SI 2. Menjelaskan tenaga kependidikan di SI 3. Menjelaskan tenaga profesional yang ada di SI

Kriteria:
  1. 1. Belum berhasil menyusun makalah Tenaga Kependidikan di SI, dan hadir presentasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah Tenaga Kependidikan di SI, dan tidak hadir presentasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah Tenaga Kependidikan di SI, dan hadir presentasi kelas.
  4. 4. Berhasil menyusun makalah Tenaga Kependidikan di SI, dan tidak hadir presentasi kelas.
Ceramah, tugas, dan diskusi kelas.
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Memahami pendekatan saintifik untuk Pembelajaran di kelas inklusif.

1. Menjelaskan kegiatan mengamati dalam konteks pembelajaran. 2. Menjelaskan kegiatan bertanya dalam konteks pembelajaran. 3. Menjelaskan kegiatan menalar dalam konteks pembelajaran. 4. Menjelaskan kegiatan mencoba dalam konteks pembelajaran. 5. Menjelaskan kegiatan mengkomunikasikan dalam konteks pembelajaran.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun maklah tentang saintifik kelas dan hadir pada presentasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun maklah tentang saintifik kelas dan tidak hadir pada presentasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun maklah tentang saintifik kelas dan hadir pada presentasi kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun maklah tentang saintifik kelas dan tidak hadir pada presentasi kelas.
Ceramah, tugas, dan diskusi kelas.
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Memahami penilaian, pelaporan, dan kenaikan kelas SBK di kelas Inklusif.

1. Menjelaskan penilaian hasil belajar di kelas inklusif. 2. Menjelaskan penulisan rapor bagi ABK. 3. Menjelaskan kenaikan kelas ABK di Sekolah inklusif.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah penilaian hasil belajar, penulisan rapor, kenaikan kelas, dan hadir presentasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah penilaian hasil belajar, penulisan rapor, kenaikan kelas, dan tidak hadir presentasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah penilaian hasil belajar, penulisan rapor, kenaikan kelas, dan hadir presentasi kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun makalah penilaian hasil belajar, penulisan rapor, kenaikan kelas, dan tidak hadir presentasi kelas.
Ceramah, tugas, dan diskusi kelas.
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Memahami sejarah implementasi pendidikan inklusif di Indonesia

1. Menjelaskan pelaksanaan pendidikan inklusi pada awal kemerdekaan RI sampai dengan tahun 1975. 2. Menjelaskan pelaksanaan pendidikan inklusi tahun 1976- tahun 2009. 3. Menjelaskan pelaksanaan pendidikan inklusi tahun 2009 sampai sekarang.

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah tentang sejarah pendidikan inklusif di Indonesia, dan hadir pada presntasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah tentang sejarah pendidikan inklusif di Indonesia, dan tidak hadir pada presntasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah tentang sejarah pendidikan inklusif di Indonesia, dan hadir pada presntasi kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun makalah tentang sejarah pendidikan inklusif di Indonesia, dan tidak hadir pada presntasi kelas.
Ceramah, diskusi dan tugas.
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Memahami sejarah Implementasi pendidikan Inklusif di negera tetangga.

1. menjelaskan implementasi Pendidikan Inklusif di negara asia tenggara (Singapura, Malaysia, dan Philipina) 2. menjelaskan implementasi Pendidikan Inklusif di negara Eropa (Finlandia, jerman, dan Amerika serikat)

Kriteria:
  1. 1. Berhasil menyusun makalah dan hadir presentasi kelas.
  2. 2. Berhasil menyusun makalah dan tidak hadir presentasi kelas.
  3. 3. Belum berhasil menyusun makalah dan hadir presentasi kelas.
  4. 4. Belum berhasil menyusun makalah dan tidak hadir presentasi kelas.
Ceramah, diskusi, dan tugas.
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

UAS


    2 X 50

    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.