Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Publik

6320103652

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




1. Dra. Meirinawati, M.AP., 2. Trenda Aktiva Oktariyanda, S.AP., M.AP., 3. Deby Febriyan Eprilainto, S.Sos., MPA.




Dra. Meirinawati, M.AP.




Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai konsep dasar manajemen publik, teori organisasi, manajemen sumber daya manusia (SDM) sektor publik, keuangan publik, serta kepemimpinan dan pengambilan keputusan.

PLO-12

Mampu memimpin dan mengelola organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah.

PLO-13

Mampu mengorganisasikan kegiatan pelayanan publik dan pembangunan, baik organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah yang memenuhi kepentingan publik yang berintegritas.

Program Objectives (PO)

PO - 1

ahasiswa mampu menjelaskan tentang makna kepublikan dalam manajemen publik (Latar belakang manajemen publik)

PO - 2

Mahasiswa mampu menjelaskan (C2) definisi dan konsep manajemen publik (M1)

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis (C4) keterkaitan manajemen publik dan administrasi publik (M1) (Old Public Management)

PO - 4

Mahasiswa mampu menganalisis (C4) perbedaan manajemen pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah (M2) (New public Services)

PO - 5

Mahasiswa publik (M4) mampu menjelaskan (C2) karakteristik model-model manajemen publik (M2) (New Public Management)

PO - 6

Mahasiswa mampu menjelaskan (C2) etika dan nilai-nilai dalam manajemen publik (M2)

PO - 7

Mahasiswa mampu menjelaskan (C2) tentang fungsi manajemen publik (M3)

PO - 8

Mahasiswa mampu menjelaskan (C2) keterkaitan pelayanan publik dan manajemen publik (M3)

PO - 9

Mahasiswa mampu menjelaskan (C2) tentang public sector marketing (M3)

PO - 10

Menciptakan model pengembangan pembangunan yang berkelanjutan dan berorientasi pada kepentingan publik (C6)

PO - 11

Mahasiswa mampu menganalisis (C4) penerapan manajemen risiko di sektor publik (M4)

PO - 12

Mahasiswa mampu menganalisis (C4) penerapan manajemen pengaduan di sektor publik (M4)

PO - 13

Mahasiswa mampu menganalisis (C4) penerapan manajemen kinerja di sektor publik (M4)

PO - 14

Mahasiswa mampu menganalisis (C4) penerapan prinsip dan model collaborative Public Network di sektor

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-12PLO-13
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  
PO-11  
PO-12  
PO-13 
PO-14 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Manajemen Publik pada jenjang S1 program studi Ilmu Administrasi Negara membahas tentang konsep, teori, dan praktik dalam mengelola organisasi sektor publik. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam mengenai manajemen publik, termasuk perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengawasan, dan evaluasi dalam konteks pemerintahan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis kebijakan publik, manajemen sumber daya manusia, keuangan publik, serta isu-isu terkini dalam manajemen publik. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan manajerial yang dibutuhkan untuk bekerja di sektor publik dan berkontribusi dalam meningkatkan kinerja organisasi pemerintah.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Bovaird, Tony and Elke Lofler, 2005. Public Management and Governance, London, Routledge,
  2. 2. Ferlie, E., dkk. 2002. The New Public Management, Current trends and future prospects. London: Roudledge.
  3. 3. Hughes, E.O. 1994. Public Management and Administration. New York, St. Martin’s Press.
  4. 4. Pollitt. C. and Geert, B. 1997. Public Management Reform. New York. Oxford University Press, Inc.
  5. 5. Clarke, M. 1996. Renewing Public Management : An Agenda for Local Governance. London. Pitman Publishing.
  6. 6. David Osborne & Ted Gaebler, 1992. Reinventing Government: How the Entrepreneurial Spirit Is Transforming the Public Sector. Reading MA: Addison-Wesley.
  7. 7. Stephen P. Osborne. 2010. The New Public Governance?. New York: Routledge
  8. 8. Pesch, Udo, 2008. Publicness in Public Administration, Administration & Society Volume 40 Number 2 April 2008, 170-193.
  9. 9. Owen Hughes, 2008. Public Management and Administration, Mac Millan Press, London.
  10. 10. Ewan Ferlie Laurence E. Lynn, Jr. and Christopher Pollitt, 2005. Handbook of Public Manajemen, Oxford
  11. 11. Laurence J. O’Toole, Jr., and Kenneth J. Meier, 2011. Public management: organizations, governance, and performance, Cambridge University Press, New York

Pendukung :

  1. 1. Stoker, Gerry & V. Chhotray. 2009. Governance Theory and Practice A Cross-Disciplinary Approach. Palgrave Macmillan.
  2. 2. Keban, Jeremias T. 2006. Enam Dimensi Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media

Dosen Pengampu

Dra. Meirinawati, M.AP.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Trenda Aktiva Oktariyanda, S.AP., M.AP.

Deby Febriyan Eprilianto, S.Sos., MPA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa diharapkan mampu Menguasai konsep dasar dan latar belakang manajemen publik dalam sektor publik
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang makna kepublikan dalam manajemen publik

Ketepatan penjelasan makna kepublikan dalam manajemen publik

Kriteria:

Keaktifan diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis diskusi
3 X 50
Diskusi daring
3 X 50
Materi: Konsep dasar manajemen publik
Pustaka: 1. Bovaird, Tony and Elke Lofler, 2005. Public Management and Governance, London, Routledge,

Materi: Latar belakang manajemen publik
Pustaka: 2. Ferlie, E., dkk. 2002. The New Public Management, Current trends and future prospects. London: Roudledge.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa diharapkan mampu Menganalisis dan mengidentifikasi peran penting dan perkembangan teori dan konsep manajemen publik
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan konsep manajemen publik

Ketepatan penjelasan definisi dan konsep manajemen publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis diskusi
3 X 50
Diskusi daring
3 X 50
Materi: Peran penting manajemen publik, tujuan dan manfaat manajemen opublik
Pustaka: 3. Hughes, E.O. 1994. Public Management and Administration. New York, St. Martin’s Press.

Materi: Perkembangan teori dan konsep manajemen publik
Pustaka: 6. David Osborne & Ted Gaebler, 1992. Reinventing Government: How the Entrepreneurial Spirit Is Transforming the Public Sector. Reading MA: Addison-Wesley.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu Memahami dan menganalisis teori dan konsep old public management
  2. Mahasiswa mampu menganalisis keterkaitan manajemen publik dan administrasi publik
  1. Ketepatan analisis keterkaitan manajemen publik dan administrasi publik
  2. Ketepatan analisis konsep OPM
Kriteria:

Keaktifan diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 X 50
Diskusi daring
3 X 50
Materi: Teori dan konsep OPM
Pustaka: 5. Clarke, M. 1996. Renewing Public Management : An Agenda for Local Governance. London. Pitman Publishing.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu menganalisis perbedaan manajemen pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah
  2. Konsep New Public Services
  1. Ketepatan analisis perbedaan manajemen pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah
  2. Ketepatan analisis konsep NPS
Kriteria:

Keaktifan diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 X 50
Diskusi daring
3 X 50
Materi: Teori dan konsep NPS
Pustaka: 7. Stephen P. Osborne. 2010. The New Public Governance?. New York: Routledge
5%

5

Minggu ke 5

  1. mahasiswa mampu Memahami dan menganalisis teori dan konsep new public management
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik model-model manajemen publik

Ketepatan penjelasan karakteristik model-model manajemen publik

Kriteria:

Keaktifan diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 X 50
Diskusi daring
3 X 50
Materi: Teori dan konsep NPM
Pustaka: 6. David Osborne & Ted Gaebler, 1992. Reinventing Government: How the Entrepreneurial Spirit Is Transforming the Public Sector. Reading MA: Addison-Wesley.
5%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22.5%
2. Tes 2.5%
25%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.