
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bina Diri ABK |
8620202446 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes; Devina Rahmadiani Kamaruddin Nur, M.Pd
|
Dr. Wiwik Widajati, M.Pd.
|
KHOFIDOTUR ROFIAH |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus |
PLO-9 |
Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK |
PLO-10 |
Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) sesuai prosedur
|
PO - 2 |
Menguasai secara mendalam dasar-dasar perancangan dan pengelolaan bina diri anak tunagrahita (ATG) meliputi identifikasi kemampuan bina diri ATG yang urgen untuk dikembangkan, memilih dan menerapkan strategi, pendekatan, metode, media dan teknik pembelajaran bina diri bagi ATG maupun sistem evaluasi pembelajaran bina diri bagi peserta didik tunagrahita dalam konteks pembelajaran dan layanan ATG
|
PO - 3 |
Mampu memberikan layanan kekhususan yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bina diri ATG untuk menyelesaikan permasalahan ATG, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ATG berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita, prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang), strategi/metode dan media (digital dan non digital) dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining, rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG, evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Astati. 2011. Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita . Bandung: Amanah Offset.
- Donald, Walters, I. 2004. Education for Life. Terj. Oleh: Widyastuti, A. Jakarta: PT: Gramedia Pustaka Utama.
- Sudrajat, Rosida. 2013. Pendidikan Bina Diri ABK . Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
- Tim. 2014. Pedoman Pengembangan Diri Untuk Peserta Didik Tunagrahita . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Widajati, W., Mahmudah, S. 2018. Metode ABA (Applied Behavior Analysis) Terapi Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus . Surabaya: Unipres
|
Pendukung : |
|
- Widajati, W., & Mahmudah, S. (2022). Promt scaffolding in learning life skills for self-development of intellectual disabilities students in inclusive primary school. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(1), 71-77.
- Widajati, W., & Mahmudah, S. (2023). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) and digital e-scaffolding for special school teachers. Studies in Learning and Teaching, 4(2), 296-305.
- Mahmudah, S., Widajati, W., & Wijiastuti, A. (2023). Vocational life skills students with disabilities through experiential learning. Studies in Learning and Teaching, 4(3), 499-507.
- Widajati, W., Mahmudah, S., Nur, D. R. K., Ekasari, D., Minarsih, N. M. M., Anggraeny, D., & Dwirisnanda, D. A. (2023). Blended Learning to Improve Vocational Life Skills in Making Batik for Disabilities. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(3), 465-472.
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes. Devina Rahmadiani Kamaruddin Nur, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita |
·Menjelaskan pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG) Menganalisis kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita |
Kriteria:
Kriteria : ketepatan dan kesesuaian Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Kolaborasi
|
|
Materi: Pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita |
·Menjelaskan pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG) Menganalisis kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita |
Kriteria:
Kriteria : ketepatan dan kesesuaian Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Kolaborasi
|
|
Materi: Pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang) |
Menjelaskan prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang) Mengidentifikasi contoh materi bina diri bagi anak tunagrahita Menganalisis kaitan bina diri dengan pembelajaran ATG |
Kriteria:
Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Kolaborasi 2 x 50 |
|
Materi: Prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang) Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang) |
Menjelaskan prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang) Mengidentifikasi contoh materi bina diri bagi anak tunagrahita Menganalisis kaitan bina diri dengan pembelajaran ATG |
Kriteria:
Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Strategi kolaboratif
|
|
Materi: Prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang) Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami strategi, metode dalam pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining |
Menjelaskan strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chainingMengidentifikasi strategi/metode yang sesuai untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG |
Kriteria:
Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio) Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Strategi kolaboratif
|
|
Materi: Materi: • strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining Pustaka: Materi: strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining Pustaka: |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami strategi, metode dalam pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining |
Menjelaskan strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chainingMengidentifikasi strategi/metode yang sesuai untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG |
Kriteria:
Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio) Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Strategi kolaboratif 2 x 50 |
|
Materi: Materi: • strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining Pustaka: Materi: strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining Pustaka: |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami media (digital atau non digital) untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG |
- Menjelaskan media (digital atau non digital) untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
- Mengidentifikasi media (digital atau non digital) yang sesuai untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
|
Kriteria:
Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio) Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Strategi kolaboratif
|
|
Materi: Media (digital atau non digital) untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG Pustaka: |
7% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
Mengerjakan UJIAN TENGAH SEMESTER |
Kriteria:
Skor 4 bila sangat baik, Skor 3 jika baik, Skor 2 jika cukup, Skor 1 jika kurang Bentuk Penilaian : Tes |
tes 2 x 50 |
|
Materi: Materi Soal UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesua |
· Membuat rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG · Mendiskusikan rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai |
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (hasil rancangan) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkonsultasikan rancangan yang dibuat mahasiswa
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif 2 x 50 |
|
Materi: Rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesua |
· Membuat rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG · Mendiskusikan rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai |
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (hasil rancangan) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkonsultasikan rancangan yang dibuat mahasiswa
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif 2 x 50 |
|
Materi: Rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesua |
· Membuat rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG · Mendiskusikan rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai |
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (hasil rancangan) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkonsultasikan rancangan yang dibuat mahasiswa
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif 2 x 50 |
|
Materi: Rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai |
Membuat video praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai ·Mendiskusikan tentang video praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai |
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (video praktik) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkonsultasikan rancangan yang dibuat mahasiswa
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif 2 x 50 |
|
Materi: Pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai |
Membuat video praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai ·Mendiskusikan tentang video praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai |
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (video praktik) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengkonsultasikan video yang dibuat mahasiswa
Praktik/simulasi (yang dikumpulkan dalam bentuk video)
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif 2 x 50 |
|
Materi: Pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai Pustaka: |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG |
Menjelaskan evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG Menganalisis artikel atau video yang berkaitan dengan pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG |
Kriteria:
Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. dalam penilaian kinerja (hasil proyek) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif
|
|
Materi: Menyusun evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG Pustaka: |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG |
Menjelaskan evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG Menganalisis artikel atau video yang berkaitan dengan pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG |
Kriteria:
Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. dalam penilaian kinerja (hasil proyek) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif 2 x 50 |
|
Materi: Menyusun evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG Pustaka: |
8% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
Mengerjakan US tentang Memahami evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG |
Kriteria:
Skor 4 bila sangat baik, Skor 3 jika baik, Skor 2 jika cukup, Skor 1 jika kurang Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
Materi: Soal UAS Pustaka: |
8% |