Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bina Diri ABK

8620202446

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes; Devina Rahmadiani Kamaruddin Nur, M.Pd




Dr. Wiwik Widajati, M.Pd.




KHOFIDOTUR ROFIAH

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus

PLO-9

Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK

PLO-10

Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) sesuai prosedur

PO - 2

Menguasai secara mendalam dasar-dasar perancangan dan pengelolaan bina diri anak tunagrahita (ATG) meliputi identifikasi kemampuan bina diri ATG yang urgen untuk dikembangkan, memilih dan menerapkan strategi, pendekatan, metode, media dan teknik pembelajaran bina diri bagi ATG maupun sistem evaluasi pembelajaran bina diri bagi peserta didik tunagrahita dalam konteks pembelajaran dan layanan ATG

PO - 3

Mampu memberikan layanan kekhususan yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bina diri ATG untuk menyelesaikan permasalahan ATG, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ATG berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita, prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang), strategi/metode dan media (digital dan non digital) dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining, rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG, evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG

Pustaka

Utama :

  1. Astati. 2011. Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita . Bandung: Amanah Offset.
  2. Donald, Walters, I. 2004. Education for Life. Terj. Oleh: Widyastuti, A. Jakarta: PT: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Sudrajat, Rosida. 2013. Pendidikan Bina Diri ABK . Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
  4. Tim. 2014. Pedoman Pengembangan Diri Untuk Peserta Didik Tunagrahita . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Widajati, W., Mahmudah, S. 2018. Metode ABA (Applied Behavior Analysis) Terapi Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus . Surabaya: Unipres

Pendukung :

  1. Widajati, W., & Mahmudah, S. (2022). Promt scaffolding in learning life skills for self-development of intellectual disabilities students in inclusive primary school. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(1), 71-77.
  2. Widajati, W., & Mahmudah, S. (2023). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) and digital e-scaffolding for special school teachers. Studies in Learning and Teaching, 4(2), 296-305.
  3. Mahmudah, S., Widajati, W., & Wijiastuti, A. (2023). Vocational life skills students with disabilities through experiential learning. Studies in Learning and Teaching, 4(3), 499-507.
  4. Widajati, W., Mahmudah, S., Nur, D. R. K., Ekasari, D., Minarsih, N. M. M., Anggraeny, D., & Dwirisnanda, D. A. (2023). Blended Learning to Improve Vocational Life Skills in Making Batik for Disabilities. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(3), 465-472.

Dosen Pengampu

Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes.

Devina Rahmadiani Kamaruddin Nur, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita

·Menjelaskan pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG) Menganalisis kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita

Kriteria:

Kriteria : ketepatan dan kesesuaian Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Kolaborasi

Materi: Pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Memahami pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita

·Menjelaskan pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG) Menganalisis kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita

Kriteria:

Kriteria : ketepatan dan kesesuaian Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Kolaborasi

Materi: Pengertian, tujuan, prinsip, ruang lingkup bina diri anak tunagrahita (ATG), kaitan bina diri dengan kemandirian dan konteks nyata kehidupan sehari-hari anak tunagrahita
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang)

Menjelaskan prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang) Mengidentifikasi contoh materi bina diri bagi anak tunagrahita Menganalisis kaitan bina diri dengan pembelajaran ATG

Kriteria:

Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Kolaborasi
2 x 50

Materi: Prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang)
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Memahami prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang)

Menjelaskan prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang) Mengidentifikasi contoh materi bina diri bagi anak tunagrahita Menganalisis kaitan bina diri dengan pembelajaran ATG

Kriteria:

Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Strategi kolaboratif

Materi: Prosedur dan rambu-rambu pelaksanaan bina diri anak tunagrahita, kompetensi dan materi bina diri anak tunagrahita (merawat diri, mengurus diri, menolong dri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, menggunakan waktu luang)
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Memahami strategi, metode dalam pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining

Menjelaskan strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chainingMengidentifikasi strategi/metode yang sesuai untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG

Kriteria:

Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio)


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Strategi kolaboratif

Materi: Materi: • strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining
Pustaka:

Materi: strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining
Pustaka:
6%

6

Minggu ke 6

Memahami strategi, metode dalam pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining

Menjelaskan strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chainingMengidentifikasi strategi/metode yang sesuai untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG

Kriteria:

Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio)


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Strategi kolaboratif
2 x 50

Materi: Materi: • strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining
Pustaka:

Materi: strategi/metode dalam pembelajaran bina diri ATG, analisis tugas (task analysis), modeling, assertivitas, applied behavior analysis (tugas/instruksi, promt, reward), shaping, chaining
Pustaka:
7%

7

Minggu ke 7

Memahami media (digital atau non digital) untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG

  1. Menjelaskan media (digital atau non digital) untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
  2. Mengidentifikasi media (digital atau non digital) yang sesuai untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
Kriteria:

Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. Bentuk: non-tes, presentasi, kinerja (hasil analisis/portopolio)


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
· Presentasi · Diskusi · Tanya jawab · Penugasan · Strategi kolaboratif

Materi: Media (digital atau non digital) untuk pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
Pustaka:
7%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

Mengerjakan UJIAN TENGAH SEMESTER

Kriteria:

Skor 4 bila sangat baik, Skor 3 jika baik, Skor 2 jika cukup, Skor 1 jika kurang


Bentuk Penilaian :
Tes
tes
2 x 50

Materi: Materi Soal UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Memahami rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesua

· Membuat rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG · Mendiskusikan rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (hasil rancangan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkonsultasikan rancangan yang dibuat mahasiswa
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif
2 x 50

Materi: Rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Memahami rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesua

· Membuat rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG · Mendiskusikan rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (hasil rancangan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkonsultasikan rancangan yang dibuat mahasiswa
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif
2 x 50

Materi: Rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Memahami rancangan pembelajaran dan program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesua

· Membuat rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG · Mendiskusikan rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (hasil rancangan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkonsultasikan rancangan yang dibuat mahasiswa
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif
2 x 50

Materi: Rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina diri ATG dengan strategi/metode dan media yang sesuai
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Memahami pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai

Membuat video praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai ·Mendiskusikan tentang video praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (video praktik)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkonsultasikan rancangan yang dibuat mahasiswa
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif
2 x 50

Materi: Pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Memahami pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai

Membuat video praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai ·Mendiskusikan tentang video praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai

Kriteria:

ketepatan dan kesesuaian Bentuk non-tes, kinerja (video praktik)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengkonsultasikan video yang dibuat mahasiswa
Praktik/simulasi (yang dikumpulkan dalam bentuk video)
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif
2 x 50

Materi: Pelaksanaan/ praktik/simulasi pembelajaran bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG dengan strategi, metode, media, rancangan pembelajaran, program yang sesuai
Pustaka:
7%

14

Minggu ke 14

Memahami evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG

Menjelaskan evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG Menganalisis artikel atau video yang berkaitan dengan pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG

Kriteria:

Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. dalam penilaian kinerja (hasil proyek)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif

Materi: Menyusun evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Memahami evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG

Menjelaskan evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG Menganalisis artikel atau video yang berkaitan dengan pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG

Kriteria:

Kriteria : ketepatan dan kesesuaian. dalam penilaian kinerja (hasil proyek)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan
Strategi kolaboratif
2 x 50

Materi: Menyusun evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG
Pustaka:
8%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER

Mengerjakan US tentang Memahami evaluasi dan analisis pelaksanaan rancangan pembelajaran dan program bina diri ATG maupun penanganan masalah yang menghambat bina diri ATG

Kriteria:

Skor 4 bila sangat baik, Skor 3 jika baik, Skor 2 jika cukup, Skor 1 jika kurang


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Materi: Soal UAS
Pustaka:
8%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Praktik / Unjuk Kerja 20%
4. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.