Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Telaah Kurikulum IPS (pilihan IPS)

8720102193

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Agus Suprijono,M.Si.




Dr. Agus Suprijono,M.Si.




Dr. Wisnu, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Telaah Kurikulum IPS merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori dan konsep inovasi pendidikan IPS, proses inovasi pendidikan IPS, strategi inovasi pendidikan IPS, inovasi kurikulum IPS, inovasi pembelajaran IPS, dan inovasi pembelajaran IPS melalui riset. Epistimologi pembelajaran dikembangkan melalui pendekatan ekspositori, eksplanatori, dan eksploratori

Pustaka

Utama :

  1. Karen Goodnough, 2013, Inspiration and Innovation in Teaching and Teacher Education, Lexington Book Larisa V. Shavinina, 2013, The Routledge International Handbook of Innovation Education , Boston: Tylor and Francis Taufiq Amir, 2009, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Prenada Media Udin Syaefudin, 2012, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alphabeta

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.

Dr. Agus Suprijono, M.Si.

Riyadi, S.Pd., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai konsep kurikulum pendidikan

dapat menjelaskan kurikulum pendidikan IPS

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan, laporan
2 X 50

5%

2

Minggu ke 2

menguasai konsep kurikulum

menjelaskan konsep kurikulum IPS

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
3 X 50

5%

3

Minggu ke 3

menganalisa kurikulum dalam perspektif Ibnu Khaldun dan John Dewey

menganalisa kurikulum dalam perspektif Ibnu Khaldun dan John Dewey

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, portofolio
2 X 50

5%

4

Minggu ke 4

menganalisa model-model pengembangan kurikulum

menganalisa model-model pengembangan kurikulum

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

5

Minggu ke 5

menganalisa model-model pengembangan kurikulum

menganalisa model-model pengembangan kurikulum

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

6

Minggu ke 6

menganalisa model-model pengembangan kurikulum

menganalisa model-model pengembangan kurikulum

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

7

Minggu ke 7

menganalisa pengembangan kurikulum

menganalisa pengembangan kurikulum

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

8

Minggu ke 8

mengevaluasi kurikulum

mengevaluasi kurikulum

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
tes (UTS)
2 X 50

15%

9

Minggu ke 9

menganalisa pengembangan kurikulum

menganalisa pengembnangan kurikulum

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

10

Minggu ke 10

menganalisa model kurikulum terpadu

menganalisa model kurikulum terpadu

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

11

Minggu ke 11

menganalisa model kurikulum terpadu

menganalisa model kurikulum terpadu

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

12

Minggu ke 12

menganalisis model kurikulum terpadu

menganalisis model kurikulum terpadu

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

13

Minggu ke 13

menjelaskan kurikulum berparadigma pendidikan kritis

menjelskan kurikulum berperadigma pendidikan kritis

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

14

Minggu ke 14

menjelaskan kurikulum berparadigma pendidikan kritis

menjelaskan kurikulum berparadigma pendidikan kritis

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

15

Minggu ke 15

menganalisis hidden kurikulum

menganalisis hidden kurikulum

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

5%

16

Minggu ke 16

menganalisis hidden kurikulum

menganalisis hidden kurikulum

Kriteria:

individu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
2. Praktik / Unjuk Kerja 70%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.