Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS & IMPLEMENTASI BISNIS

6120903068

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

6

1 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.




Hafid Kholidi Hadi, S.M., M.SM




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-7

Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis model bisnis digital dan memahami dampaknya terhadap nilai bisnis dan keunggulan kompetitif dalam kegiatan program MBKM

PO - 2

Mahasiswa mampu merancang strategi dan pembimbingan bisnis digital yang inovatif berdasarkan analisis pasar, kebutuhan, dan potensi digital dalam kegiatan program MBKM

PO - 3

Mahasiswa mampu mengimplementasikan strategi bisnis digital di lokasi KKN dan memberikan solusi praktis yang dapat diadaptasi oleh komunitas lokal

PO - 4

Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas strategi bisnis digital yang diimplementasikan dalam kegiatan program MBKM

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-6PLO-7PLO-10PLO-11
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah "Analisis dan Implementasi Bisnis" pada program studi Bisnis Digital bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam menganalisis serta menerapkan strategi bisnis digital di dunia nyata. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) maka fokus dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dasar bisnis digital, analisis model bisnis dalam konteks program KKN MBKM, serta penerapan dan evaluasi strategi bisnis di lapangan. Mahasiswa akan diawali dengan mempelajari konsep dasar bisnis digital dan melakukan analisis terhadap model bisnis yang sesuai dengan kebutuhan di lokasi kegiatan. Selanjutnya, mereka akan terlibat dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) MKBM yang memberi kesempatan untuk mengimplementasikan strategi bisnis digital yang telah disusun, serta melakukan pemantauan dan evaluasi secara rutin guna memastikan strategi tersebut efektif dan memberikan dampak positif.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
  2. 2. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation & Practice. Pearson
  3. 3. Wibowo, Agus. (2021). Analisis Bisnis untuk Manajer. Yayasan Prima Agus Teknik.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami Konsep Dasar Bisnis Digital

  1. 1. Memahami tentang definisi dan karakteristik pemasaran digital.
  2. 2. Memahami strategi dan komunikasi dalam pemasaran digital
Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

Materi: Konsep Dasar Bisnis Digital
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

2

Minggu ke 2

  1. 1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis digital dalam berbagai konteks seperti teknologi, pasar, dan kompetisi.
  2. 2. Memahami teknik analisis bisnis menggunakan Business Model Canvas atau SWOT, untuk mengevaluasi model bisnis digital yang ada
Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik

Luring
3x50

Materi: melakukan analisis terhadap model bisnis digital dalam konteks kegiatan program KKN MBKM
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

3

Minggu ke 3

  1. 1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis digital dalam berbagai konteks seperti teknologi, pasar, dan kompetisi.
  2. 2. Memahami teknik analisis bisnis menggunakan Business Model Canvas atau SWOT, untuk mengevaluasi model bisnis digital yang ada
Kriteria:

Kriteria: Rubrik holistik

Luring
3x50

Materi: melakukan analisis terhadap model bisnis digital dalam konteks kegiatan program KKN MBKM
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

4

Minggu ke 4

Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM

Mampu untuk berinteraksi dengan pelaku usaha atau unit usaha, untuk menggali informasi yang diperlukan tentang kondisi bisnis saat ini

Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: berinteraksi dengan pelaku usaha
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mengidentifikasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) dari model bisnis digital yang ada di lapangan, serta peluang (opportunities) dan ancaman (threats) berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
  2. Menyusun laporan hasil analisis SWOT yang menggambarkan kondisi model bisnis digital secara menyeluruh
Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari model bisnis digital
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
10%

6

Minggu ke 6

  1. Mengidentifikasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) dari model bisnis digital yang ada di lapangan, serta peluang (opportunities) dan ancaman (threats) berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
  2. Menyusun laporan hasil analisis SWOT yang menggambarkan kondisi model bisnis digital secara menyeluruh
Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari model bisnis digital
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mengidentifikasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) dari model bisnis digital yang ada di lapangan, serta peluang (opportunities) dan ancaman (threats) berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
  2. Menyusun laporan hasil analisis SWOT yang menggambarkan kondisi model bisnis digital secara menyeluruh
Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari model bisnis digital
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

8

Minggu ke 8

Monitoring dan Evaluasi Awal

Mahasiswa mampu menjelaskan laporan rencana kegiatan (LRK) yang sudah final dan memaparkan bagaimana hasil analisis bisnis terhadap salah satu unit usaha (BUMDES, UMKM Desa, dll)

Kriteria:
  1. Kriteria: 1.Penilaian dokumen LRK 2.Penilaian seminar
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
3x50

Materi: menjelaskan laporan rencana kegiatan
Pustaka: 2. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation & Practice. Pearson
15%

9

Minggu ke 9

Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM

Mahasiswa mampu menyusun rekomendasi perbaikan atau pengembangan model bisnis digital yang sesuai dengan hasil analisis dan konteks lokal

Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: menyusun rekomendasi perbaikan atau pengembangan model bisnis
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

10

Minggu ke 10

Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM

  1. Melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan, termasuk pengaplikasian teknologi digital dalam aktivitas pemasaran, atau operasional lainnya yang relevan.
  2. Melakukan monitoring terhadap implementasi strategi dan melakukan penyesuaian jika diperlukan
Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

11

Minggu ke 11

Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM

  1. Melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan, termasuk pengaplikasian teknologi digital dalam aktivitas pemasaran, atau operasional lainnya yang relevan.
  2. Melakukan monitoring terhadap implementasi strategi dan melakukan penyesuaian jika diperlukan
Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

12

Minggu ke 12

Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM

  1. Melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan, termasuk pengaplikasian teknologi digital dalam aktivitas pemasaran, atau operasional lainnya yang relevan.
  2. Melakukan monitoring terhadap implementasi strategi dan melakukan penyesuaian jika diperlukan
Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

13

Minggu ke 13

Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM

  1. Mengumpulkan data dan umpan balik untuk mengevaluasi efektivitas strategi bisnis digital yang telah diimplementasikan.
  2. Melakukan analisis mendalam untuk mengevaluasi dampak dari strategi bisnis digital yang diimplementasikan terhadap kinerja unit usaha, diantaranya peningkatan pendapatan, maupun dari aspek kepuasan pelanggan
  3. Memberikan rekomendasi perbaikan atau pengembangan strategi bisnis digital berdasarkan hasil evaluasi
Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: mengumpulkan data dan umpan balik untuk evaluasi efektivitas strategi bisnis digital
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

14

Minggu ke 14

Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM

  1. Mengumpulkan data dan umpan balik untuk mengevaluasi efektivitas strategi bisnis digital yang telah diimplementasikan.
  2. Melakukan analisis mendalam untuk mengevaluasi dampak dari strategi bisnis digital yang diimplementasikan terhadap kinerja unit usaha, diantaranya peningkatan pendapatan, maupun dari aspek kepuasan pelanggan
  3. Memberikan rekomendasi perbaikan atau pengembangan strategi bisnis digital berdasarkan hasil evaluasi
Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: mengumpulkan data dan umpan balik untuk evaluasi efektivitas strategi bisnis digital
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

15

Minggu ke 15

Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM

  1. Mengumpulkan data dan umpan balik untuk mengevaluasi efektivitas strategi bisnis digital yang telah diimplementasikan.
  2. Melakukan analisis mendalam untuk mengevaluasi dampak dari strategi bisnis digital yang diimplementasikan terhadap kinerja unit usaha, diantaranya peningkatan pendapatan, maupun dari aspek kepuasan pelanggan
  3. Memberikan rekomendasi perbaikan atau pengembangan strategi bisnis digital berdasarkan hasil evaluasi
Kriteria:

KKN – MBKM di unit usaha satu semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
5 hari x 8 jam kerja

Materi: mengumpulkan data dan umpan balik untuk evaluasi efektivitas strategi bisnis digital
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
5%

16

Minggu ke 16

Monitoring dan Evaluasi Akhir

  1. 1. Mahasiswa menyusun laporan akhir kegiatan hasil analisis dan implementasi bisnis khususnya pada unit usaha seperti BUMDES, UMKM, dan lain-lain.
  2. 2. Mahasiswa mempresentasikan laporan akhir kegiatan analisis dan implementasi bisnis khususnya pada unit usaha seperti BUMDES, UMKM, dan lain-lain.
Kriteria:
  1. Kriteria: 1.Penilaian dokumen LAK 2.Penilaian seminar
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring
3x50

Materi: menyusun laporan akhir kegiatan
Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 80%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.