|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS & IMPLEMENTASI BISNIS |
6120903068 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
6 |
1 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.
|
Hafid Kholidi Hadi, S.M., M.SM
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif |
PLO-10 |
Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis model bisnis digital dan memahami dampaknya terhadap nilai bisnis dan keunggulan kompetitif dalam kegiatan program MBKM
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu merancang strategi dan pembimbingan bisnis digital yang inovatif berdasarkan analisis pasar, kebutuhan, dan potensi digital dalam kegiatan program MBKM
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan strategi bisnis digital di lokasi KKN dan memberikan solusi praktis yang dapat diadaptasi oleh komunitas lokal
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas strategi bisnis digital yang diimplementasikan dalam kegiatan program MBKM
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah "Analisis dan Implementasi Bisnis" pada program studi Bisnis Digital bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam menganalisis serta menerapkan strategi bisnis digital di dunia nyata. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) maka fokus dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dasar bisnis digital, analisis model bisnis dalam konteks program KKN MBKM, serta penerapan dan evaluasi strategi bisnis di lapangan. Mahasiswa akan diawali dengan mempelajari konsep dasar bisnis digital dan melakukan analisis terhadap model bisnis yang sesuai dengan kebutuhan di lokasi kegiatan. Selanjutnya, mereka akan terlibat dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) MKBM yang memberi kesempatan untuk mengimplementasikan strategi bisnis digital yang telah disusun, serta melakukan pemantauan dan evaluasi secara rutin guna memastikan strategi tersebut efektif dan memberikan dampak positif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley
- 2. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation & Practice. Pearson
- 3. Wibowo, Agus. (2021). Analisis Bisnis untuk Manajer. Yayasan Prima Agus Teknik.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami Konsep Dasar Bisnis Digital |
- 1. Memahami tentang definisi dan karakteristik pemasaran digital.
- 2. Memahami strategi dan komunikasi dalam pemasaran digital
|
Kriteria:
Kriteria: Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
Materi: Konsep Dasar Bisnis Digital Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
2
Minggu ke 2 |
|
- 1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis digital dalam berbagai konteks seperti teknologi, pasar, dan kompetisi.
- 2. Memahami teknik analisis bisnis menggunakan Business Model Canvas atau SWOT, untuk mengevaluasi model bisnis digital yang ada
|
Kriteria:
Kriteria: Rubrik holistik |
Luring 3x50 |
|
Materi: melakukan analisis terhadap model bisnis digital dalam konteks kegiatan program KKN MBKM Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
3
Minggu ke 3 |
|
- 1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis digital dalam berbagai konteks seperti teknologi, pasar, dan kompetisi.
- 2. Memahami teknik analisis bisnis menggunakan Business Model Canvas atau SWOT, untuk mengevaluasi model bisnis digital yang ada
|
Kriteria:
Kriteria: Rubrik holistik |
Luring 3x50 |
|
Materi: melakukan analisis terhadap model bisnis digital dalam konteks kegiatan program KKN MBKM Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM |
Mampu untuk berinteraksi dengan pelaku usaha atau unit usaha, untuk menggali informasi yang diperlukan tentang kondisi bisnis saat ini |
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: berinteraksi dengan pelaku usaha Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
5
Minggu ke 5 |
|
- Mengidentifikasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) dari model bisnis digital yang ada di lapangan, serta peluang (opportunities) dan ancaman (threats) berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
- Menyusun laporan hasil analisis SWOT yang menggambarkan kondisi model bisnis digital secara menyeluruh
|
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari model bisnis digital Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
10% |
6
Minggu ke 6 |
|
- Mengidentifikasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) dari model bisnis digital yang ada di lapangan, serta peluang (opportunities) dan ancaman (threats) berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
- Menyusun laporan hasil analisis SWOT yang menggambarkan kondisi model bisnis digital secara menyeluruh
|
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari model bisnis digital Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
7
Minggu ke 7 |
|
- Mengidentifikasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) dari model bisnis digital yang ada di lapangan, serta peluang (opportunities) dan ancaman (threats) berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
- Menyusun laporan hasil analisis SWOT yang menggambarkan kondisi model bisnis digital secara menyeluruh
|
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari model bisnis digital Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Monitoring dan Evaluasi Awal |
Mahasiswa mampu menjelaskan laporan rencana kegiatan (LRK) yang sudah final dan memaparkan bagaimana hasil analisis bisnis terhadap salah satu unit usaha (BUMDES, UMKM Desa, dll) |
Kriteria:
- Kriteria: 1.Penilaian dokumen LRK 2.Penilaian seminar
- Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 3x50 |
|
Materi: menjelaskan laporan rencana kegiatan Pustaka: 2. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation & Practice. Pearson |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM |
Mahasiswa mampu menyusun rekomendasi perbaikan atau pengembangan model bisnis digital yang sesuai dengan hasil analisis dan konteks lokal |
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: menyusun rekomendasi perbaikan atau pengembangan model bisnis Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM |
- Melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan, termasuk pengaplikasian teknologi digital dalam aktivitas pemasaran, atau operasional lainnya yang relevan.
- Melakukan monitoring terhadap implementasi strategi dan melakukan penyesuaian jika diperlukan
|
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM |
- Melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan, termasuk pengaplikasian teknologi digital dalam aktivitas pemasaran, atau operasional lainnya yang relevan.
- Melakukan monitoring terhadap implementasi strategi dan melakukan penyesuaian jika diperlukan
|
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM |
- Melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan, termasuk pengaplikasian teknologi digital dalam aktivitas pemasaran, atau operasional lainnya yang relevan.
- Melakukan monitoring terhadap implementasi strategi dan melakukan penyesuaian jika diperlukan
|
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM |
- Mengumpulkan data dan umpan balik untuk mengevaluasi efektivitas strategi bisnis digital yang telah diimplementasikan.
- Melakukan analisis mendalam untuk mengevaluasi dampak dari strategi bisnis digital yang diimplementasikan terhadap kinerja unit usaha, diantaranya peningkatan pendapatan, maupun dari aspek kepuasan pelanggan
- Memberikan rekomendasi perbaikan atau pengembangan strategi bisnis digital berdasarkan hasil evaluasi
|
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: mengumpulkan data dan umpan balik untuk evaluasi efektivitas strategi bisnis digital Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM |
- Mengumpulkan data dan umpan balik untuk mengevaluasi efektivitas strategi bisnis digital yang telah diimplementasikan.
- Melakukan analisis mendalam untuk mengevaluasi dampak dari strategi bisnis digital yang diimplementasikan terhadap kinerja unit usaha, diantaranya peningkatan pendapatan, maupun dari aspek kepuasan pelanggan
- Memberikan rekomendasi perbaikan atau pengembangan strategi bisnis digital berdasarkan hasil evaluasi
|
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: mengumpulkan data dan umpan balik untuk evaluasi efektivitas strategi bisnis digital Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) - MBKM |
- Mengumpulkan data dan umpan balik untuk mengevaluasi efektivitas strategi bisnis digital yang telah diimplementasikan.
- Melakukan analisis mendalam untuk mengevaluasi dampak dari strategi bisnis digital yang diimplementasikan terhadap kinerja unit usaha, diantaranya peningkatan pendapatan, maupun dari aspek kepuasan pelanggan
- Memberikan rekomendasi perbaikan atau pengembangan strategi bisnis digital berdasarkan hasil evaluasi
|
Kriteria:
KKN – MBKM di unit usaha satu semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 5 hari x 8 jam kerja |
|
Materi: mengumpulkan data dan umpan balik untuk evaluasi efektivitas strategi bisnis digital Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Monitoring dan Evaluasi Akhir |
- 1. Mahasiswa menyusun laporan akhir kegiatan hasil analisis dan implementasi bisnis khususnya pada unit usaha seperti BUMDES, UMKM, dan lain-lain.
- 2. Mahasiswa mempresentasikan laporan akhir kegiatan analisis dan implementasi bisnis khususnya pada unit usaha seperti BUMDES, UMKM, dan lain-lain.
|
Kriteria:
- Kriteria: 1.Penilaian dokumen LAK 2.Penilaian seminar
- Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
luring 3x50 |
|
Materi: menyusun laporan akhir kegiatan Pustaka: 1. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley |
20% |