|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Model Simulasi |
2010189126 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D
|
Unit Three , S.T., M.T., Ph.D
|
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep teoretis rekayasa (Engineering) secara mendalam pada bidang Teknik Elektro |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pemodelan dan simulasi dalam penyelesaian masalah teknik elektro yang nyata (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis hasil simulasi untuk memahami perilaku sistem dalam berbagai kondisi operasi (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas berbagai metode simulasi dalam konteks teknik elektro (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan model simulasi baru yang inovatif untuk memecahkan masalah yang belum terpecahkan dalam bidang teknik elektro (C6)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan prinsip etika dan keberlanjutan dalam merancang dan menganalisis simulasi teknik elektro (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin ilmu lain untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas model simulasi (C6)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi kinerja komponen atau sistem dalam simulasi berdasarkan kriteria teknis dan non-teknis (C4, C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menerapkan keterampilan kolaboratif dan inovatif dalam proyek simulasi kelompok (C3)
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran sepanjang hayat dalam konteks pemodelan dan simulasi (C3)
|
PO - 10 |
Mahasiswa dapat menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan teknik elektro melalui teknik pemodelan dan simulasi yang canggih (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PO-1 | | | | PO-2 | | | | PO-3 | | | | PO-4 | | | | PO-5 | | | | PO-6 | | | | PO-7 | | | | PO-8 | | | | PO-9 | | | | PO-10 | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah pemodelan dan simulasi ini membekali mahasiswa untuk mengetahui konsep, prinsip dan tahapan serta implementasi dalam melakukan pemodelan dan simulasi. Berbagai model dan metode juga akan dibahas yaitu antara lain metode Monte Carlo, Genetic Algorithm, Model antrian, model dalam men-generate bilangan random. Beberapa studi kasus yang diberikan dalam mata kuliah ini diharapkan memberikan gambaran yang lebih realistik dalam melakukan tahapan pemodelan dan simulasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Law, A.M. and W.D. Kelton, “Simulation Modeling and Analysis,” 5th ed., McGraw-Hill, Boston, 2020
- W. David Kelton, Randall Sadowski , “Simulation with Arena,” 6th Edition., McGraw-Hill, Boston, 2019
- Christopher A. Chung, “Simulation Modeling Handbook A Practical Approach,” CRC Press, 2010
|
Pendukung : |
|
- Bonett S., “Simulasi Teori dan Aplikasinya”, Penerbit Andi.
- Erma Suryani,” Pemodelan dan Simulasi”, Graha Ilmu
|
Dosen Pengampu
|
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- 1. Mampu menjelaskan pengertian/konsep dasar pemodelan
- 2. Mampu menjelaskan pengertian/konsep simulasi
|
- 1.Ketepatan penjelasan mengenai pemodelan yang disertai contoh aplikasi.
- 2.Ketepatan penjelasan mengenai pemodelan yang disertai contoh aplikasi.
|
Kriteria:
- Tugas :Bobot: 20-40% (tergantung mata kuliah) Jenis Tugas: Esai, laporan, makalah, proyek kelompok, atau tugas harian. Penilaian: Kesesuaian dengan instruksi, kualitas analisis, kreativitas, dan ketepatan waktu pengumpulan.
- Partisipasi Kelas :Bobot: 10-15% Aspek yang Dinilai: Kehadiran, keaktifan bertanya, berdiskusi, dan kontribusi dalam pembelajaran.
- Kuis :Bobot: 10-20% Fungsi: Mengukur pemahaman awal dan konsistensi belajar mahasiswa. Penilaian: Ketepatan jawaban dan kecepatan menyelesaikan soal.
- Etika dan Sikap :Bobot: 5-10% Aspek yang Dinilai: Disiplin, kejujuran, dan kolaborasi dalam kelas.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
luring 2 x 50 |
|
|
2% |
2
Minggu ke 2 |
- 1. Mampu menjelaskan pengertian/konsep dasar pemodelan
- 2. Mampu menjelaskan pengertian/konsep simulasi
|
- 1.Ketepatan penjelasan mengenai type dan proses pemodelan yang disertai contoh aplikasi.
- 2.Ketepatan mengevaluasi mengenai pemodelan yang disertai contoh aplikasi.
|
Kriteria:
- Tugas :Bobot: 20-40% Jenis Tugas: Esai, laporan, makalah, proyek kelompok, atau tugas harian. Penilaian: Kesesuaian dengan instruksi, kualitas analisis, kreativitas, dan ketepatan waktu pengumpulan.
- Partisipasi Kelas :Bobot: 10-15% Aspek yang Dinilai: Kehadiran, keaktifan bertanya, berdiskusi, dan kontribusi dalam pembelajaran.
- Kuis :Bobot: 10-20% Fungsi: Mengukur pemahaman awal dan konsistensi belajar mahasiswa. Penilaian: Ketepatan jawaban dan kecepatan menyelesaikan soal.
- Etika dan Sikap :Bobot: 5-10% Aspek yang Dinilai: Disiplin, kejujuran, dan kolaborasi dalam kelas.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
luring 2 x 50 |
|
|
2% |
3
Minggu ke 3 |
- 1. Mampu menyelesaikan masalah dengan pemodelan dan implementasi software
- 2. Mengimplementasikan pemodelan dan simulasi terutama untuk bidang teknik elektro
|
- 1.Ketepatan penjelasan mengenai type dan proses pemodelan yang disertai contoh aplikasi.
- 2.Ketepatan mengevaluasi mengenai pemodelan yang disertai contoh aplikasi.
|
Kriteria:
- Tugas :Bobot: 20-40% Jenis Tugas: Esai, laporan, makalah, proyek kelompok, atau tugas harian. Penilaian: Kesesuaian dengan instruksi, kualitas analisis, kreativitas, dan ketepatan waktu pengumpulan.
- Partisipasi Kelas :Bobot: 10-15% Aspek yang Dinilai: Kehadiran, keaktifan bertanya, berdiskusi, dan kontribusi dalam pembelajaran.
- Kuis :Bobot: 10-20% Fungsi: Mengukur pemahaman awal dan konsistensi belajar mahasiswa. Penilaian: Ketepatan jawaban dan kecepatan menyelesaikan soal.
- Etika dan Sikap :Bobot: 5-10% Aspek yang Dinilai: Disiplin, kejujuran, dan kolaborasi dalam kelas.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
luring 2 x 50 |
|
|
2% |
4
Minggu ke 4 |
- 1. Mampu menyelesaikan data input
- 2. Menganalisis terhadap kumpulan data input
|
- 1.Ketepatan menyelesaikan untuk input variable
- 2.Ketepatan dalam menganalisis input variabel
|
Kriteria:
- Tugas :Bobot: 20-40% Jenis Tugas: Esai, laporan, makalah, proyek kelompok, atau tugas harian. Penilaian: Kesesuaian dengan instruksi, kualitas analisis, kreativitas, dan ketepatan waktu pengumpulan.
- Partisipasi Kelas :Bobot: 10-15% Aspek yang Dinilai: Kehadiran, keaktifan bertanya, berdiskusi, dan kontribusi dalam pembelajaran.
- Kuis :Bobot: 10-20% Fungsi: Mengukur pemahaman awal dan konsistensi belajar mahasiswa. Penilaian: Ketepatan jawaban dan kecepatan menyelesaikan soal.
- Etika dan Sikap :Bobot: 5-10% Aspek yang Dinilai: Disiplin, kejujuran, dan kolaborasi dalam kelas.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
luring 2 x 50 |
|
|
2% |
5
Minggu ke 5 |
- 1. Mampu menjelaskan mengenai Linear Congruential generator dan jenis lain dari generator
- 2. Mampu melakukan testing random number generator
- 3. Mampu mengevaluasi mengenai implementasi generator
|
- 1. Ketepatan dalam menjelaskan masalah linear congruential generator
- 2. Ketepatan dalam menjelaskan masalah jenis lain dari generator
|
Kriteria:
Tugas :Bobot: 20-40% (tergantung mata kuliah) Jenis Tugas: Esai, laporan, makalah, proyek kelompok, atau tugas harian. Penilaian: Kesesuaian dengan instruksi, kualitas analisis, kreativitas, dan ketepatan waktu pengumpulan. |
Luring 2 x 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
- Mampu menjelaskan generator random variabel
- Mampu mengevaluasi generator random generator
|
Ketepatan pemodelan generating random variabel (generating random variable, continuous random variable, discrete random variable, random proses dan arrival proses) |
Kriteria:
- Tugas Bobot: 20-40% (tergantung mata kuliah) Jenis Tugas: Esai, laporan, makalah, proyek kelompok, atau tugas harian. Penilaian: Kesesuaian dengan instruksi, kualitas analisis, kreativitas, dan ketepatan waktu pengumpulan
- Kuis Bobot: 10-20% Fungsi: Mengukur pemahaman awal dan konsistensi belajar mahasiswa. Penilaian: Ketepatan jawaban dan kecepatan menyelesaikan soal.
- Partisipasi Kelas Bobot: 10-15% Aspek yang Dinilai: Kehadiran, keaktifan bertanya, berdiskusi, dan kontribusi dalam pembelajaran.
- Portofolio Bobot: 10-20% (jika relevan) Isi: Rekap hasil kerja mahasiswa selama semester. Penilaian: Konsistensi, perkembangan kompetensi, dan dokumentasi yang baik
|
luring 2 x 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
- Mampu menjelaskan generator random variabel
- Mampu mengevaluasi generator random generator
|
Ketepatan pemodelan generating random variabel (generating random variable, continuous random variable, discrete random variable, random proses dan arrival proses) |
Kriteria:
- Tugas Bobot: 20-40% (tergantung mata kuliah) Jenis Tugas: Esai, laporan, makalah, proyek kelompok, atau tugas harian. Penilaian: Kesesuaian dengan instruksi, kualitas analisis, kreativitas, dan ketepatan waktu pengumpulan
- Kuis Bobot: 10-20% Fungsi: Mengukur pemahaman awal dan konsistensi belajar mahasiswa. Penilaian: Ketepatan jawaban dan kecepatan menyelesaikan soal.
- Partisipasi Kelas Bobot: 10-15% Aspek yang Dinilai: Kehadiran, keaktifan bertanya, berdiskusi, dan kontribusi dalam pembelajaran.
- Portofolio Bobot: 10-20% (jika relevan) Isi: Rekap hasil kerja mahasiswa selama semester. Penilaian: Konsistensi, perkembangan kompetensi, dan dokumentasi yang baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
luring 2 x 50 |
|
Materi: Prinsip Etika dalam Simulasi, Prinsip Keberlanjutan dalam Simulasi, Analisis Simulasi Teknik Elektro Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
8
Minggu ke 8 |
- Mampu menjelaskan generator random variabel
- Mampu mengevaluasi generator random generator
|
Ketepatan pemodelan generating random variabel (generating random variable, continuous random variable, discrete random variable, random proses dan arrival proses) |
Kriteria:
- Tugas Bobot: 20-40% (tergantung mata kuliah) Jenis Tugas: Esai, laporan, makalah, proyek kelompok, atau tugas harian. Penilaian: Kesesuaian dengan instruksi, kualitas analisis, kreativitas, dan ketepatan waktu pengumpulan
- Kuis Bobot: 10-20% Fungsi: Mengukur pemahaman awal dan konsistensi belajar mahasiswa. Penilaian: Ketepatan jawaban dan kecepatan menyelesaikan soal.
- Partisipasi Kelas Bobot: 10-15% Aspek yang Dinilai: Kehadiran, keaktifan bertanya, berdiskusi, dan kontribusi dalam pembelajaran.
- Portofolio Bobot: 10-20% (jika relevan) Isi: Rekap hasil kerja mahasiswa selama semester. Penilaian: Konsistensi, perkembangan kompetensi, dan dokumentasi yang baik
Bentuk Penilaian : Tes |
luring 2 x 50 |
|
Materi: Pengenalan Metode Simulasi, Kelebihan dan Kekurangan Metode Simulasi, Studi Kasus Penerapan Metode Simulasi dalam Teknik Elektro Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
9
Minggu ke 9 |
- 1. Mampu menjelaskan simulasi menggunakan monte carlo
- 2. Mampu melakukan evaluasi markov chain monte carlo
|
- Penerapan prinsip etika dalam simulasi
- Penerapan prinsip keberlanjutan dalam simulasi
- Kualitas analisis simulasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang penerapan prinsip etika dalam simulasi, Membuat portofolio analisis simulasi teknik elektro
|
Materi: Materi Pembelajaran : Metode Monte Carlo Pustaka: Law, A.M. and W.D. Kelton, “Simulation Modeling and Analysis,” 5th ed., McGraw-Hill, Boston, 2020 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- 1. Mampu menjelaskan simulasi menggunakan monte carlo
- 2. Mampu melakukan evaluasi markov chain monte carlo
|
- Kemampuan mengidentifikasi pengetahuan dari disiplin ilmu lain yang dapat diintegrasikan
- Kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dari disiplin ilmu lain dalam model simulasi
- Kemampuan menganalisis peningkatan kualitas dan efektivitas model simulasi setelah integrasi pengetahuan
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
Diskusi Online Kolaboratif, Pengembangan Model Simulasi Berbasis Integrasi Pengetahuan
|
Materi: Materi Pembelajaran : Metode Monte Carlo Pustaka: Law, A.M. and W.D. Kelton, “Simulation Modeling and Analysis,” 5th ed., McGraw-Hill, Boston, 2020 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kinerja komponen atau sistem dalam simulasi dengan menggunakan kriteria teknis dan non-teknis serta mampu mengevaluasi hasil analisis tersebut. |
- Kemampuan menganalisis kinerja komponen dalam simulasi
- Kemampuan mengevaluasi kinerja sistem berdasarkan kriteria teknis dan non-teknis
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus analisis kinerja komponen, Penugasan membuat laporan evaluasi kinerja sistem
|
Materi: Materi Pembelajaran : Algoritma Genetic Pustaka: Law, A.M. and W.D. Kelton, “Simulation Modeling and Analysis,” 5th ed., McGraw-Hill, Boston, 2020 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kinerja komponen atau sistem dalam simulasi dengan menggunakan kriteria teknis dan non-teknis, serta mampu mengevaluasi hasil analisis tersebut. |
- Analisis kinerja komponen berdasarkan kriteria teknis
- Evaluasi kinerja sistem berdasarkan kriteria non-teknis
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan online memungkinkan, Penugasan online: Membuat laporan analisis kinerja komponen berdasarkan kriteria teknis dan evaluasi kinerja sistem berdasarkan kriteria non-teknis
|
Materi: Materi Pembelajaran : Algoritma Genetic Pustaka: Law, A.M. and W.D. Kelton, “Simulation Modeling and Analysis,” 5th ed., McGraw-Hill, Boston, 2020 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan keterampilan kolaboratif dan inovatif dalam proyek simulasi kelompok. |
- kolaborasi tim
- inovasi dalam simulasi
- kontribusi individu
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
PBL (Problem-Based Learning).
|
Diskusi daring tentang strategi kolaboratif, Penugasan membuat proposal inovatif
|
Materi: Materi Pembelajaran : sistem data Pustaka: Law, A.M. and W.D. Kelton, “Simulation Modeling and Analysis,” 5th ed., McGraw-Hill, Boston, 2020 |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran sepanjang hayat dalam konteks pemodelan dan simulasi. |
- Pengembangan strategi pembelajaran
- Penerapan strategi pembelajaran
- Kreativitas dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang penerapan strategi pembelajaran, Membuat portofolio pembelajaran sepanjang hayat
|
Materi: Materi Pembelajaran : Struktur model antrian Pustaka: Law, A.M. and W.D. Kelton, “Simulation Modeling and Analysis,” 5th ed., McGraw-Hill, Boston, 2020 |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran sepanjang hayat dalam konteks pemodelan dan simulasi. |
- Pengembangan strategi pembelajaran
- Penerapan strategi pembelajaran
- Kreativitas dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang penerapan strategi pembelajaran, Membuat portofolio pembelajaran sepanjang hayat
|
Materi: Materi Pembelajaran : Struktur model antrian Pustaka: Law, A.M. and W.D. Kelton, “Simulation Modeling and Analysis,” 5th ed., McGraw-Hill, Boston, 2020 |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran sepanjang hayat dalam konteks pemodelan dan simulasi. |
- Pengembangan strategi pembelajaran
- Penerapan strategi pembelajaran
- Kreativitas dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang penerapan strategi pembelajaran, Membuat portofolio pembelajaran sepanjang hayat
|
Materi: Materi Pembelajaran : Struktur model antrian Pustaka: Law, A.M. and W.D. Kelton, “Simulation Modeling and Analysis,” 5th ed., McGraw-Hill, Boston, 2020 |
10% |