Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan model latihan Kebugaran Olahraga

8520602071

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-7

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program latihan fisik sesuai cabang olahraga, latihan kebugaran, dan latihan fisik bagi disabilitas

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengidentifikasi dan memahami prinsip dasar, sejarah, dan perkembangan cabang olahraga yang dipelajari.

PO - 2

Menjelaskan peraturan, teknik, dan taktik yang berlaku dalam cabang olahraga tertentu.

PO - 3

Menganalisis strategi permainan dalam cabang olahraga yang dipilih dan menerapkannya dalam situasi nyata.

PO - 4

Mengembangkan kemampuan pelatihan untuk cabang olahraga tertentu, termasuk evaluasi keterampilan dan perbaikan teknik.

PO - 5

Merancang program latihan yang sesuai dengan kebutuhan cabang olahraga yang dipilih dan memperhitungkan level atlet.

PO - 6

Melaksanakan pengelolaan kompetisi olahraga, termasuk persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-7
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Umum: Mata kuliah Cabang Olahraga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai teori, teknik, serta implementasi dalam pelaksanaan berbagai cabang olahraga. Mahasiswa akan mempelajari sejarah, perkembangan, peraturan, strategi, teknik, dan taktik yang digunakan dalam cabang olahraga tertentu. Selain itu, mata kuliah ini juga mengajarkan bagaimana cara melatih dan mengembangkan keterampilan olahraga untuk atlet di berbagai tingkat kemampuan, serta pengelolaan kompetisi olahraga. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks praktis, baik dalam kompetisi maupun pelatihan.

Pustaka

Utama :

  1. Magill, R. A. (2011). Motor Learning and Control: Concepts and Applications (9th ed.). McGraw-Hill Education.
  2. Wuest, D. A., & Fisette, J. L. (2012). Introduction to Teaching Physical Education (2nd ed.). McGraw-Hill.
  3. Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
  4. Zatsiorsky, V. M., & Kraemer, W. J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Rubrik Penilaian
  2. Rubrik Penilaian
Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 1: Pengantar Cabang Olahraga
Materi:
Definisi dan tujuan mata kuliah.
Pengantar cabang olahraga secara umum.
Pembahasan sejarah dan perkembangan cabang olahraga utama (sepak bola, basket, voli, dll.).
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 2: Prinsip Dasar Cabang Olahraga
Materi:
Prinsip dasar dalam pengajaran cabang olahraga: keterampilan, teknik, dan taktik dasar.
Pengaruh faktor fisik, teknis, dan taktis dalam cabang olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Wuest, D. A., & Fisette, J. L. (2012). Introduction to Teaching Physical Education (2nd ed.). McGraw-Hill.

Materi: ...
Pustaka: Magill, R. A. (2011). Motor Learning and Control: Concepts and Applications (9th ed.). McGraw-Hill Education.
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 3: Aturan Dasar dalam Cabang Olahraga
Materi:
Peraturan internasional yang berlaku dalam cabang olahraga.
Peraturan dan etika dalam pertandingan dan pelatihan.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 4: Teknik Dasar Cabang Olahraga (Bagian I)
Materi:
Teknik dasar dalam cabang olahraga yang dipilih (misalnya, sepak bola, bola basket, atau atletik).
Pembelajaran teknik dasar seperti passing, shooting, dribbling, dll.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 5: Teknik Dasar Cabang Olahraga (Bagian II)
Materi:
Teknik lanjut yang lebih kompleks dalam cabang olahraga tertentu.
Penjelasan perbedaan teknik dasar dan teknik lanjutan.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V. M., & Kraemer, W. J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
6%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 6: Taktik dan Strategi dalam Cabang Olahraga
Materi:
Pengenalan tentang taktik dan strategi dalam olahraga.
Pembahasan berbagai strategi untuk cabang olahraga tertentu seperti sepak bola, basket, atau tenis meja.

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 7: Psikologi Olahraga dalam Cabang Olahraga
Materi:
Prinsip psikologi dalam olahraga: motivasi, konsentrasi, dan mentalitas atlet.
Pengaruh psikologi olahraga terhadap performa atlet.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 8: Pengelolaan Kompetisi Olahraga
Materi:
Perencanaan dan pengelolaan kompetisi olahraga: dari tingkat lokal hingga internasional.
Pembahasan aspek teknis dan administratif dalam penyelenggaraan kompetisi olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Magill, R. A. (2011). Motor Learning and Control: Concepts and Applications (9th ed.). McGraw-Hill Education.
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

memenuhi kriteria penilaian rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 9: Ujian Tengah Semester (UTS)
Materi:
Ujian tertulis yang mencakup materi tentang teori dasar cabang olahraga, peraturan, teknik, taktik, dan psikologi olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Pengembangan Program Latihan Cabang Olahraga
Materi:
Mengembangkan program latihan yang efektif untuk atlet.
Penyesuaian program latihan untuk atlet di berbagai level.
1 x 50

6%

11

Minggu ke 11

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 11: Latihan Fisik untuk Atlet Cabang Olahraga
Materi:
Latihan fisik yang mendukung keterampilan dan strategi dalam cabang olahraga.
Teknik dan metode latihan untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, kelincahan, dan koordinasi.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 12: Latihan Teknik dan Taktik dalam Sesi Latihan
Materi:
Pengintegrasian latihan teknik dan taktik dalam program latihan.
Simulasi latihan taktik dalam permainan nyata.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 13: Evaluasi Kinerja Atlet
Materi:
Teknik evaluasi kinerja atlet: tes fisik, evaluasi teknik, dan analisis pertandingan.
Penggunaan data untuk peningkatan kinerja atlet.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 14: Manajemen Kesehatan dan Cidera dalam Cabang Olahraga
Materi:
Pencegahan dan penanganan cidera dalam cabang olahraga.
Pemulihan dan rehabilitasi cedera olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Zatsiorsky, V. M., & Kraemer, W. J. (2006). Science and Practice of Strength Training. Human Kinetics.
6%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 15: Persiapan Ujian Akhir Semester (UAS)
Materi:
Review materi-materi yang telah dipelajari.
Diskusi tentang kasus nyata dalam cabang olahraga yang dipilih.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bunker, D., & Thorpe, R. (1982). The Teaching Games for Understanding Approach. Physical Education Review.
6%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)
Materi:
Ujian akhir semester, mencakup teori dan aplikasi dalam cabang olahraga yang dipelajari (misalnya, simulasi teknik, taktik, dan latihan).
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Magill, R. A. (2011). Motor Learning and Control: Concepts and Applications (9th ed.). McGraw-Hill Education.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 84%
2. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.