Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Modifikasi Perilaku

8620702268

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

PLO-8

Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian dalam mendasari layanan bimbingan dan konseling

PO - 2

Mahasiswa mampu memahami konsep, hakikat, fungsi, dan tujuan, modifikasi perilaku

PO - 3

Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keragaman sosial dan budaya.

PO - 4

Menguasai tahapan perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan analisis konseptual dan praktis mengenai modifikasi perilaku, prinsip-prinsip pembentukan perilaku, prosedur analisis perilaku, strategi mengajarkan perilaku baru, strategi mengembangkan perilaku positif, strategi mengurangi perilaku negatif, strategi mengelola perilaku, prosedur evaluasi analisis perilaku dan program perubahan. Pemahaman landasan teori diperdalam melalui kegiatan praktikum dengan mengaplikasikan kajian-kajian yang telah dipelajari sehingga mahasiswa mampu mendiagnosa dan menggunakan hasil analisis masalah dalam proses konseling selanjutnya. (metode bahan kajian). Mata kuliah Modifikasi Perilaku berfokus pada pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip analisis perilaku untuk menghasilkan perubahan perilaku. Para siswa akan memahami konsep-konsep kunci dan terminologi yang berkaitan dengan modifikasi perilaku dan analisis perilaku. Mereka akan mengembangkan keterampilan dalam menilai perilaku, merancang strategi intervensi, dan mengevaluasi keefektifannya serta meningkatkan kemampuan mereka untuk menganalisis masalah perilaku dan menerapkan teknik modifikasi yang tepat. Secara keseluruhan, program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan teoritis dan keterampilan praktis untuk memodifikasi perilaku secara efektif dalam berbagai pengaturan.

Pustaka

Utama :

  1. Johnson, L. M. (2023). Behavior Modification in Early Childhood: Strategies for Positive Change. Early Learning Publications.
  2. Carter, S. R. (2024). Effective Behavior Management: Techniques for Early Childhood Educators. Positive Development Press.
  3. Thompson, A. J. (2023). Understanding Behavior: A Comprehensive Guide to Behavior Modification in Early Childhood Education. Child Behavior Books.
  4. Martinez, R. E. (2024). Promoting Positive Behavior in Early Childhood: A Practical Approach to Behavior Modification. Learning and Development Press.
  5. Robinson, K. A. (2023). Foundations of Behavior Modification: Theory and Practice in Early Childhood Settings. Early Childhood Research Publications. Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.
  6. Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications.

Pendukung :

  1. Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London: Sage
  2. Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, CengageLearning
  3. Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice ofapplied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.
  4. Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances inAutism, 4(1), 19-29.
  5. Horner, R. H., & Sugai, G. (2015). School-wide PBIS: An example of applied behavior analysis implemented at a scale of socialimportance. Behavior analysis in practice, 8, 80-85.
  6. Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pengantar modifikasi perilaku

Mahasiswa mampu memahami dan menguraikan pengantar modifikasi perilaku


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

2

Minggu ke 2

  1. Menguasai sejarah dan penerapan modifikasi perilaku dalam beragam seting
  2. Memahami sejarah modifikasi perilaku
  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan sejarah modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan metode penelitian modifikasi perilaku yang meliputi teknik pengumpulan data dan desain penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

3

Minggu ke 3

Menguasai teknik behavioral asessment

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan behavioral
  2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prosedur asessmen behavioral baik secara langsung (melalui observasi dan pencatatan perilaku) serta cara tidak langsung (kuisioner, role playin, informasi dari konsultan serta selfmonitoring klien)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa menguasai konsep dasar reinforcement

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep reinforcement dalam modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep punishment dalam modifikasi periaku

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

5

Minggu ke 5

Menguasai konsep-konsep dasar extinction

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep extinction dalam modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep stimulus control (generelization discrimination) dalam modifikasi perilaku

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

6

Minggu ke 6

Menguasai konsep Operan Conditioning

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep shaping dalam modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep token economy dalam modifikasi perilaku

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

7

Minggu ke 7

Menguasai konsep Classical Conditioning

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep relaksasi dalam modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu menjelaska dan menganalisa konsep flooding dalam modifikasi perilaku
  3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep desensitasi sistematis dalam modifikasi perilaku
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep desensitisasi in vivo dalam modifikasi perilaku

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tulis
2 X 50
Ujian Tulis
2 X 50
10%

9

Minggu ke 9

Menguasai konsep Classical Conditioning

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep relaksasi dalam modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep flooding dalam modifikasi perilaku
  3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep desensitisasi sistematis dalam modifikasi perilaku
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep desensitisasi in vivo dalam modifikasi perilaku

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

10

Minggu ke 10

Menguasai konsep Cognitive Behavior Therapy (CBT)

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep cogntive behavior dan non cognitive behavior dalam modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa prosedur pelaksanaan CBT dalam modifikasi perilaku

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

11

Minggu ke 11

Menguasai konsep Self-Management

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep self-management dalam modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang desai dan strategi self management, serta penerepannya dalam kehidupan sehari-hari

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
2%

12

Minggu ke 12

Menguasai Konsep Self-Control

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep self control dalam modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang desain dan strategi self-control, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
2 X 50
Project Based Learning
2 X 50
10%

13

Minggu ke 13

Menguasai konsep pelatihan ketrampilan sosial dan menerapkannya

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian ketrampilan sosial dan menerapkanny dalam modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan cara assertive training untuk membentuk perilaku asertif

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project based learning
2 X 50
Project based learning
2 X 50
10%

14

Minggu ke 14

Menguasai teknik pengumpulan data sebagai bahan pembuatan rancangan dan realisasi modifikasi

  1. Mahasiswa mampu mengumpulkan data sebagai bahan pembuatan rancanga modifikasi perilaku
  2. Mahasiswa mampu merealisasikan rancangan modifikasi perilaku

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
2 X 50
Project based learning
2 X 50
30%

15

Minggu ke 15

Mampu menjelaskan proses pengamblan data hingga hasil modifikasi

Setiap kelompok mempresentasikan laporan hasil modifikasi perilaku


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning
2 X 50
Project based learning
2 X 50
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjkan soal dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Uji Tulis
2 X 50
Uji Tulis
2 X 50
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Praktik / Unjuk Kerja 50%
4. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.