|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Modifikasi Perilaku |
8620702268 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
PLO-8 |
Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian dalam mendasari layanan bimbingan dan konseling
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami konsep, hakikat, fungsi, dan tujuan, modifikasi perilaku
|
PO - 3 |
Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keragaman sosial dan budaya.
|
PO - 4 |
Menguasai tahapan perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini merupakan analisis konseptual dan praktis mengenai modifikasi perilaku, prinsip-prinsip pembentukan perilaku, prosedur analisis perilaku, strategi mengajarkan perilaku baru, strategi mengembangkan perilaku positif, strategi mengurangi perilaku negatif, strategi mengelola perilaku, prosedur evaluasi analisis perilaku dan program perubahan. Pemahaman landasan teori diperdalam melalui kegiatan praktikum dengan mengaplikasikan kajian-kajian yang telah dipelajari sehingga mahasiswa mampu mendiagnosa dan menggunakan hasil analisis masalah dalam proses konseling selanjutnya. (metode bahan kajian).
Mata kuliah Modifikasi Perilaku berfokus pada pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip analisis perilaku untuk menghasilkan perubahan perilaku. Para siswa akan memahami konsep-konsep kunci dan terminologi yang berkaitan dengan modifikasi perilaku dan analisis perilaku. Mereka akan mengembangkan keterampilan dalam menilai perilaku, merancang strategi intervensi, dan mengevaluasi keefektifannya serta meningkatkan kemampuan mereka untuk menganalisis masalah perilaku dan menerapkan teknik modifikasi yang tepat. Secara keseluruhan, program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan teoritis dan keterampilan praktis untuk memodifikasi perilaku secara efektif dalam berbagai pengaturan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Johnson, L. M. (2023). Behavior Modification in Early Childhood: Strategies for Positive Change. Early Learning Publications.
- Carter, S. R. (2024). Effective Behavior Management: Techniques for Early Childhood Educators. Positive Development Press.
- Thompson, A. J. (2023). Understanding Behavior: A Comprehensive Guide to Behavior Modification in Early Childhood Education. Child Behavior Books.
- Martinez, R. E. (2024). Promoting Positive Behavior in Early Childhood: A Practical Approach to Behavior Modification. Learning and Development Press.
- Robinson, K. A. (2023). Foundations of Behavior Modification: Theory and Practice in Early Childhood Settings. Early Childhood Research Publications. Alberto, P., & Troutman, A. C. (2013). Applied behavior analysis for teachers.
- Fisher, W. W., Piazza, C. C., & Roane, H. S. (Eds.). (2021). Handbook of applied behavior analysis. Guilford Publications.
|
Pendukung : |
|
- Ivey and Ivey. 2015. Theories of Counseling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective. London: Sage
- Whiston, Susan C.2007. Principles and Applications of Assessment in Counseling. Belmont, CA USA: Brooks/Cole, CengageLearning
- Slocum, T. A., Detrich, R., Wilczynski, S. M., Spencer, T. D., Lewis, T., & Wolfe, K. (2014). The evidence-based practice ofapplied behavior analysis. The Behavior Analyst, 37, 41-56.
- Kupferstein, H. (2018). Evidence of increased PTSD symptoms in autistics exposed to applied behavior analysis. Advances inAutism, 4(1), 19-29.
- Horner, R. H., & Sugai, G. (2015). School-wide PBIS: An example of applied behavior analysis implemented at a scale of socialimportance. Behavior analysis in practice, 8, 80-85.
- Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2017). Behavior analysis and learning: A biobehavioral approach. Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami pengantar modifikasi perilaku |
Mahasiswa mampu memahami dan menguraikan pengantar modifikasi perilaku |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 x 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
2
Minggu ke 2 |
- Menguasai sejarah dan penerapan modifikasi perilaku dalam beragam seting
- Memahami sejarah modifikasi perilaku
|
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan sejarah modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan metode penelitian modifikasi perilaku yang meliputi teknik pengumpulan data dan desain penelitian
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai teknik behavioral asessment |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan behavioral
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prosedur asessmen behavioral baik secara langsung (melalui observasi dan pencatatan perilaku) serta cara tidak langsung (kuisioner, role playin, informasi dari konsultan serta selfmonitoring klien)
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa menguasai konsep dasar reinforcement |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep reinforcement dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep punishment dalam modifikasi periaku
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai konsep-konsep dasar extinction |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep extinction dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep stimulus control (generelization discrimination) dalam modifikasi perilaku
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai konsep Operan Conditioning |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep shaping dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep token economy dalam modifikasi perilaku
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai konsep Classical Conditioning |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep relaksasi dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaska dan menganalisa konsep flooding dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep desensitasi sistematis dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep desensitisasi in vivo dalam modifikasi perilaku
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
8
Minggu ke 8 |
|
Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat |
Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tulis 2 X 50 |
Ujian Tulis 2 X 50 |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai konsep Classical Conditioning |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep relaksasi dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep flooding dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep desensitisasi sistematis dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep desensitisasi in vivo dalam modifikasi perilaku
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai konsep Cognitive Behavior Therapy (CBT) |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep cogntive behavior dan non cognitive behavior dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa prosedur pelaksanaan CBT dalam modifikasi perilaku
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai konsep Self-Management |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep self-management dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang desai dan strategi self management, serta penerepannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
2% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai Konsep Self-Control |
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep self control dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang desain dan strategi self-control, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project Based Learning 2 X 50 |
|
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai konsep pelatihan ketrampilan sosial dan menerapkannya |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian ketrampilan sosial dan menerapkanny dalam modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan cara assertive training untuk membentuk perilaku asertif
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project based learning 2 X 50 |
Project based learning 2 X 50 |
|
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai teknik pengumpulan data sebagai bahan pembuatan rancangan dan realisasi modifikasi |
- Mahasiswa mampu mengumpulkan data sebagai bahan pembuatan rancanga modifikasi perilaku
- Mahasiswa mampu merealisasikan rancangan modifikasi perilaku
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 2 X 50 |
Project based learning 2 X 50 |
|
30% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menjelaskan proses pengamblan data hingga hasil modifikasi |
Setiap kelompok mempresentasikan laporan hasil modifikasi perilaku |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning 2 X 50 |
Project based learning 2 X 50 |
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa mampu mengerjkan soal dengan tepat |
Bentuk Penilaian : Tes |
Uji Tulis 2 X 50 |
Uji Tulis 2 X 50 |
|
10% |