Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

GREEN BUSINESS

6120903061

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

15 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-7

Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif

Program Objectives (PO)

PO - 1

mampu memahami konsep dari green bisnis sebagai upaya perusahaan dalam membangun daya saing jangka panjang

PO - 2

Mengidentifikasi berbagai kegiatan perusahaan dalam mewujudkan green business

PO - 3

Mengidentifikasi perilaku sumber daya manusia diperusahaan dalam mendukung proses green business

PO - 4

Menganalisa strategi yang dilakukan perusahaan untuk selalu mengimplementasikan green bisnis

PO - 5

Menjelaskan strategi perusahaan untuk mewujudkan green business

PO - 6

Menyusun konseptualisasi model pengembangan green bisnis masa depan untuk mewujudkan sustainable competitive advantage

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Dampak negatif dari meningkatnya kegiatan bisnis bisa dirasakan diberbagai sendi kehidupan mulai dari pencemaran lingungan, proses produksi yang menyimpang dari aturan, distribusi dan cara pemasaran yang bebas sampai kepada terlupakannya etika sumber daya manusia yang tidak terkontrol. Green Business hadir sebagai landasan pokok dan prinsip dasar bisnis untuk kembali pada aturan penting bagi individu. Gren business juga merupakan respon untuk menjawab tantangan bahwa pada titik tertentu kegiatan bisnis harus dikembalikan pada aturan semula yang mengedepankan etika dan tanggung jawab terutama pada dampak lingkungan global yang telah ditimbulkan.

Pustaka

Utama :

  1. Fischer M, et al. 2022 Sustainable Business. Sustainable Business Managing the Challenges of the 21st Century. SpringerBriefs in Business ISBN 978-3-031-25396-6 ISBN 978-3-031-25397-3 (eBook) https://doi.org/10.1007/978-3-031-25397-3
  2. Naparin, Muhammad. 2023. Green Business Model, Megatren Masa Depan: Solusi Kelestarian Global Dengan Pendekatan Environmental-Based View (EBV). Deepublish digital
  3. Joseph Sarkis and Yijie. 2018. DouGREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT. Taylor & Francis

Pendukung :

  1. Wibowo, Agus. 2022. Model Bisnis Ramah Lingkungan (Green Business). Yayasan Prima Agus Teknik.
  2. Labetubun et al. 2022. CSR PERUSAHAAN “Teori Dan Praktis Untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawab”. ISBN 9786235811963, Penerbit Widina
  3. Amrita et al. 2024. Green Marketing (Dunia baru dalam Marketting). ISBN. 978-623-514-001-8. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
  4. Julina & Popy Rufaidah. 2015. Green Consumer Behavior: Concept, Dimension and Proposition. Global advanced research conference on management and business studies
  5. Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/10.1007/978-3-031-35795-4, under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland
  6. Hadad D. Muliaman dan Maftuchah. 2015. Sustainable Financing. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
  7. Siregar H. Zufri et al. 2021. Pengembangan dan Potensi Green Technology sebagai Energy Masa Depan di Masyarakat. Jurnal DEPUTI Vol.1 No.1 Universitas Al-Azhar Medan

Dosen Pengampu

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan konsep bisnis yang ramah lingkungan

  1. Mampu menjelaskan konsep green bisnis
  2. Mampu menjelaskan model bisnis eco-inovasi
  3. Mampu menjelaskan proses dan dampak jejak lingkungan
  4. Mampu menjelaskan model input-output lingkungan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi interaktif (case method)
3X50
zoom meeting dan google meet (case method)
3X50
Materi: Konsep dasar green business
Pustaka: Wibowo, Agus. 2022. Model Bisnis Ramah Lingkungan (Green Business). Yayasan Prima Agus Teknik.
5%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan tentang bagaimana menciptakan ekonomi ramah lingkungan

  1. Mampu menjelaskan Konsep ekonomi yang ramah lingkungan
  2. Mampu menjelaskan jenis investasi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab
  3. Mampu menjelaskan Obligasi keuangan yang ramah lingkungan
  4. Mampu menganalisis fenomena dan studi kasus dari artikel
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi interaktif (case method)
3X50
zoom meeting dan google meet (case method)
3X50
Materi: Konsep ekonomi ramah lingkungan dan bertanggung jawab
Pustaka: Wibowo, Agus. 2022. Model Bisnis Ramah Lingkungan (Green Business). Yayasan Prima Agus Teknik.
5%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan tentang sustainability dan peran pentingnya bagi perusahaan

  1. Mampu menjelaskan konsep utama dari sustainability
  2. Mampu menjelaskan tentang green platform bisnis yang sustainability
  3. Mampu menjelaskan proses dan mekanisme perusahaan menuju sustainability competitive advantage
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif (case method)
3X50
zoom meeting dan google meet (case method)
3X50
Materi: The concept of sustainable development
Pustaka: Fischer M, et al. 2022 Sustainable Business. Sustainable Business Managing the Challenges of the 21st Century. SpringerBriefs in Business ISBN 978-3-031-25396-6 ISBN 978-3-031-25397-3 (eBook) https://doi.org/...
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan peran penting CSR dalam konsep bisnis ramah lingkungan (green business)

  1. Mampu menjelaskan CSR berbasis ramah lingkungan
  2. Mampu menjelaskan contoh penerapan CSR ramah lingkungan di perusahaan
  3. Mampu menjelaskan manfaat CSR bagi perusahaan dan masyarakat
  4. Mampu menjelaskan keberlangssungan strategi CSR untuk stabilisasi bisnis yang ramah lingkungan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom meeting dan google meet (case method)
3X50
Materi: Tanggung jawab sosial perusahaan
Pustaka: Labetubun et al. 2022. CSR PERUSAHAAN “Teori Dan Praktis Untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawab”. ISBN 9786235811963, Penerbit Widina
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu menjelaskan komponen dari green marketing
  2. Mampu menjelaskan alat-alat dari green marketing
  3. Mampu menjelaskan segmentasi pasar dai green marketing
  4. Mampu menjelaskan beberapa indikator dari green marketing
  5. Mampu enjelaskan strategi improvisasi peningkatan market share melalui green marketing
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: Manfaat green marketing bagi bisnis dan lingkungan
Pustaka: Amrita et al. 2024. Green Marketing (Dunia baru dalam Marketting). ISBN. 978-623-514-001-8. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
10%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan konsep green consumer behaviour

  1. Mampu menjelaskan konsep green consumer behaviour
  2. Mampu menjelaskan konsep green purchase behavior
  3. Mampu menjelaskan tentang proses recycle behavior
  4. Mampu menjelaskan tentang sikap dan pengetahuan konsumen terhadap lingkungan
  5. Mampu menjelaskan tentang politic action dalam memerangi dampak negatif dari bisnis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: Green Consumer Behavior: Concept, Dimension and Proposition
Pustaka: Julina & Popy Rufaidah. 2015. Green Consumer Behavior: Concept, Dimension and Proposition. Global advanced research conference on management and business studies
5%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan konsep green production dalam proses bisnis management

  1. Mampu menjelaskan pergeseran paradigma konsumsi masyarakat
  2. Mampu menjelaskan perolehan bahan baku
  3. Mampu menjelaskan proses transformasi
  4. Mampu menjelaskan komunikasi produk
  5. Mampu menjelaskan penyampaian produk
  6. Mampu menjelaskan penggunaan produk
  7. Mampu menjelaskan pasca penggunaan produk
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: Green product
Pustaka: Naparin, Muhammad. 2023. Green Business Model, Megatren Masa Depan: Solusi Kelestarian Global Dengan Pendekatan Environmental-Based View (EBV). Deepublish digital
10%

8

Minggu ke 8

Ujian tengah semester

Ujian tengah semester

Kriteria:

Mengerjakan soal ujian tengah semester


Bentuk Penilaian :
Tes
mengerjakan soal ujian tengah semester
2X50
mengerjakan soal ujian tengah semester
2X50
Materi: Pertemuan 1 - 7
Pustaka: Fischer M, et al. 2022 Sustainable Business. Sustainable Business Managing the Challenges of the 21st Century. SpringerBriefs in Business ISBN 978-3-031-25396-6 ISBN 978-3-031-25397-3 (eBook) https://doi.org/...
10%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan tentang green suplay chain management

  1. Mampu menjelaskan konsep dasar tentang green suplay chain management
  2. Mampu menjelasakan tentang green supplier development and collaboration
  3. Mampu menjelaskan tentang green logistic dan transportations
  4. Menjelaskan tentang eco-design dan supplier relationship
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: Basic concepts of green suplay chain management
Pustaka: 3. Joseph Sarkis and Yijie. 2018. DouGREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT. Taylor & Francis

Materi: Basic concepts of green suplay chain management
Pustaka: Joseph Sarkis and Yijie. 2018. DouGREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT. Taylor & Francis
5%

10

Minggu ke 10

Menjelaskan konsep perencanaan dan pengembangan green human resource management (GHRM)

  1. Mampu menjelaskan green job design and analysis
  2. Mampu menjelaskan green human resource planning
  3. Mampu menjelaskan green recruitmen and selection
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: Green Human Resource Management : An Introduction
Pustaka: Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/..., under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland
10%

11

Minggu ke 11

Menjelaskan konsep pemeliharaan green human resource management (GHRM)

  1. Mampu menjelaskan green training and development
  2. Mampu menjelaskan green employee relations
  3. Mampu menjelaskan green perfomance management
  4. Mampu menjelaskan green rewards and compensation management
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: Green Human Resource Management : An Introduction
Pustaka: Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/..., under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland
5%

12

Minggu ke 12

Menjelaskan tentang sustainable financing dari sudut pandang perbankan

  1. Mampu menjelaskan kontribusi perbankan untuk keberlanjutan sosial
  2. Mampu menjelaskan manajemen resiko perbankan
  3. Mampu menjelaskan solusi terhadap beberapa kajian seputar sustainable banking
  4. Mampu menjelaskan tinjauan studi terdahulu tentang sustainable banking
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: Sustainable Financing
Pustaka: 6. Hadad D. Muliaman dan Maftuchah. 2015. Sustainable Financing. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Materi: Sustainable Financing
Pustaka: Hadad D. Muliaman dan Maftuchah. 2015. Sustainable Financing. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
5%

13

Minggu ke 13

Menjelaskan kriteria dan indikator untuk sustainable financing

  1. Mampu menjelaskan keberlanjutan ekonomi
  2. Mampu menjelaskan keberlanjutan lingkungan hidup
  3. Mampu menjelaskan keberlanjutan sosial budaya
  4. Mampu menjelaskan keberlanjutan politik
  5. Mampu menjelaskan keberlanjutan pertahanan dan keamanan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: indikator sustainable financing
Pustaka: Hadad D. Muliaman dan Maftuchah. 2015. Sustainable Financing. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
5%

14

Minggu ke 14

Menjelaskan tentang konsep pengembangan dan potensi green technology

  1. Mampu menjelaskan the green environtment with mechanical seal
  2. Mampu menjelaskan green technology sebagai penggerak utama bangsa
  3. Mampu menjelaskan tentang inovasi dan kreatifitas terhadap green technology
  4. Mampu menjelaskan contoh fenomena terhadap green technology
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: Pengembangan green technology
Pustaka: Siregar H. Zufri et al. 2021. Pengembangan dan Potensi Green Technology sebagai Energy Masa Depan di Masyarakat. Jurnal DEPUTI Vol.1 No.1 Universitas Al-Azhar Medan
10%

15

Minggu ke 15

Menganalisis pengembangan penelitian terkait dengan green technology berbasis studi kasus

  1. Mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada di contoh artikel
  2. Mampu menganalisis proses penelitia yang ada di contoh artikel
  3. Mampu menganalisis hasil penelitian yang ada di contoh artikel
  4. Mampu menyusun kerangka konseptual untuk pengembangan penelitian lebih lanjut
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan presentasi (case method)
3X50
zoom dan google meet (case method)
3X50
Materi: Approaches to Studying GHRM
Pustaka: Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/..., under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland
5%

16

Minggu ke 16

Ujian akhir semester

Mengerjakan soal ujian akhir semester

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan

Mengerjakan soal ujian akhir semester
2X50
Mengerjakan soal ujian akhir semester
2X50
Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka: Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/..., under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 62.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 27.5%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.