|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
GREEN BUSINESS |
6120903061 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
15 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mampu memahami konsep dari green bisnis sebagai upaya perusahaan dalam membangun daya saing jangka panjang
|
PO - 2 |
Mengidentifikasi berbagai kegiatan perusahaan dalam mewujudkan green business
|
PO - 3 |
Mengidentifikasi perilaku sumber daya manusia diperusahaan dalam mendukung proses green business
|
PO - 4 |
Menganalisa strategi yang dilakukan perusahaan untuk selalu mengimplementasikan green bisnis
|
PO - 5 |
Menjelaskan strategi perusahaan untuk mewujudkan green business
|
PO - 6 |
Menyusun konseptualisasi model pengembangan green bisnis masa depan untuk mewujudkan sustainable competitive advantage
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Dampak negatif dari meningkatnya kegiatan bisnis bisa dirasakan diberbagai sendi kehidupan mulai dari pencemaran lingungan, proses produksi yang menyimpang dari aturan, distribusi dan cara pemasaran yang bebas sampai kepada terlupakannya etika sumber daya manusia yang tidak terkontrol. Green Business hadir sebagai landasan pokok dan prinsip dasar bisnis untuk kembali pada aturan penting bagi individu. Gren business juga merupakan respon untuk menjawab tantangan bahwa pada titik tertentu kegiatan bisnis harus dikembalikan pada aturan semula yang mengedepankan etika dan tanggung jawab terutama pada dampak lingkungan global yang telah ditimbulkan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fischer M, et al. 2022 Sustainable Business. Sustainable Business Managing the Challenges of the 21st Century. SpringerBriefs in Business ISBN 978-3-031-25396-6 ISBN 978-3-031-25397-3 (eBook) https://doi.org/10.1007/978-3-031-25397-3
- Naparin, Muhammad. 2023. Green Business Model, Megatren Masa Depan: Solusi Kelestarian Global Dengan Pendekatan Environmental-Based View (EBV). Deepublish digital
- Joseph Sarkis and Yijie. 2018. DouGREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT. Taylor & Francis
|
Pendukung : |
|
- Wibowo, Agus. 2022. Model Bisnis Ramah Lingkungan (Green Business). Yayasan Prima Agus Teknik.
- Labetubun et al. 2022. CSR PERUSAHAAN “Teori Dan Praktis Untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawab”. ISBN 9786235811963, Penerbit Widina
- Amrita et al. 2024. Green Marketing (Dunia baru dalam Marketting). ISBN. 978-623-514-001-8. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
- Julina & Popy Rufaidah. 2015. Green Consumer Behavior: Concept, Dimension and Proposition. Global advanced research conference on management and business studies
- Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/10.1007/978-3-031-35795-4, under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland
- Hadad D. Muliaman dan Maftuchah. 2015. Sustainable Financing. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
- Siregar H. Zufri et al. 2021. Pengembangan dan Potensi Green Technology sebagai Energy Masa Depan di Masyarakat. Jurnal DEPUTI Vol.1 No.1 Universitas Al-Azhar Medan
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M. Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan konsep bisnis yang ramah lingkungan |
- Mampu menjelaskan konsep green bisnis
- Mampu menjelaskan model bisnis eco-inovasi
- Mampu menjelaskan proses dan dampak jejak lingkungan
- Mampu menjelaskan model input-output lingkungan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi interaktif (case method) 3X50 |
zoom meeting dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Konsep dasar green business Pustaka: Wibowo, Agus. 2022. Model Bisnis Ramah Lingkungan (Green Business). Yayasan Prima Agus Teknik. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan tentang bagaimana menciptakan ekonomi ramah lingkungan |
- Mampu menjelaskan Konsep ekonomi yang ramah lingkungan
- Mampu menjelaskan jenis investasi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab
- Mampu menjelaskan Obligasi keuangan yang ramah lingkungan
- Mampu menganalisis fenomena dan studi kasus dari artikel
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi interaktif (case method) 3X50 |
zoom meeting dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Konsep ekonomi ramah lingkungan dan bertanggung jawab Pustaka: Wibowo, Agus. 2022. Model Bisnis Ramah Lingkungan (Green Business). Yayasan Prima Agus Teknik. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan tentang sustainability dan peran pentingnya bagi perusahaan |
- Mampu menjelaskan konsep utama dari sustainability
- Mampu menjelaskan tentang green platform bisnis yang sustainability
- Mampu menjelaskan proses dan mekanisme perusahaan menuju sustainability competitive advantage
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif (case method) 3X50 |
zoom meeting dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: The concept of sustainable development Pustaka: Fischer M, et al. 2022 Sustainable Business. Sustainable Business Managing the Challenges of the 21st Century. SpringerBriefs in Business ISBN 978-3-031-25396-6 ISBN 978-3-031-25397-3 (eBook) https://doi.org/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan peran penting CSR dalam konsep bisnis ramah lingkungan (green business) |
- Mampu menjelaskan CSR berbasis ramah lingkungan
- Mampu menjelaskan contoh penerapan CSR ramah lingkungan di perusahaan
- Mampu menjelaskan manfaat CSR bagi perusahaan dan masyarakat
- Mampu menjelaskan keberlangssungan strategi CSR untuk stabilisasi bisnis yang ramah lingkungan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom meeting dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Tanggung jawab sosial perusahaan Pustaka: Labetubun et al. 2022. CSR PERUSAHAAN “Teori Dan Praktis Untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawab”. ISBN 9786235811963, Penerbit Widina |
5% |
5
Minggu ke 5 |
|
- Mampu menjelaskan komponen dari green marketing
- Mampu menjelaskan alat-alat dari green marketing
- Mampu menjelaskan segmentasi pasar dai green marketing
- Mampu menjelaskan beberapa indikator dari green marketing
- Mampu enjelaskan strategi improvisasi peningkatan market share melalui green marketing
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Manfaat green marketing bagi bisnis dan lingkungan Pustaka: Amrita et al. 2024. Green Marketing (Dunia baru dalam Marketting). ISBN. 978-623-514-001-8. PT. Sonpedia Publishing Indonesia |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan konsep green consumer behaviour |
- Mampu menjelaskan konsep green consumer behaviour
- Mampu menjelaskan konsep green purchase behavior
- Mampu menjelaskan tentang proses recycle behavior
- Mampu menjelaskan tentang sikap dan pengetahuan konsumen terhadap lingkungan
- Mampu menjelaskan tentang politic action dalam memerangi dampak negatif dari bisnis
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Green Consumer Behavior: Concept, Dimension and Proposition Pustaka: Julina & Popy Rufaidah. 2015. Green Consumer Behavior: Concept, Dimension and Proposition. Global advanced research conference on management and business studies |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan konsep green production dalam proses bisnis management |
- Mampu menjelaskan pergeseran paradigma konsumsi masyarakat
- Mampu menjelaskan perolehan bahan baku
- Mampu menjelaskan proses transformasi
- Mampu menjelaskan komunikasi produk
- Mampu menjelaskan penyampaian produk
- Mampu menjelaskan penggunaan produk
- Mampu menjelaskan pasca penggunaan produk
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Green product Pustaka: Naparin, Muhammad. 2023. Green Business Model, Megatren Masa Depan: Solusi Kelestarian Global Dengan Pendekatan Environmental-Based View (EBV). Deepublish digital |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian tengah semester |
Ujian tengah semester |
Kriteria:
Mengerjakan soal ujian tengah semester Bentuk Penilaian : Tes |
mengerjakan soal ujian tengah semester 2X50 |
mengerjakan soal ujian tengah semester 2X50 |
Materi: Pertemuan 1 - 7 Pustaka: Fischer M, et al. 2022 Sustainable Business. Sustainable Business Managing the Challenges of the 21st Century. SpringerBriefs in Business ISBN 978-3-031-25396-6 ISBN 978-3-031-25397-3 (eBook) https://doi.org/... |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan tentang green suplay chain management |
- Mampu menjelaskan konsep dasar tentang green suplay chain management
- Mampu menjelasakan tentang green supplier development and collaboration
- Mampu menjelaskan tentang green logistic dan transportations
- Menjelaskan tentang eco-design dan supplier relationship
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Basic concepts of green suplay chain management Pustaka: 3. Joseph Sarkis and Yijie. 2018. DouGREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT. Taylor & Francis Materi: Basic concepts of green suplay chain management Pustaka: Joseph Sarkis and Yijie. 2018. DouGREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT. Taylor & Francis |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan konsep perencanaan dan pengembangan green human resource management (GHRM) |
- Mampu menjelaskan green job design and analysis
- Mampu menjelaskan green human resource planning
- Mampu menjelaskan green recruitmen and selection
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Green Human Resource Management : An Introduction Pustaka: Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/..., under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan konsep pemeliharaan green human resource management (GHRM) |
- Mampu menjelaskan green training and development
- Mampu menjelaskan green employee relations
- Mampu menjelaskan green perfomance management
- Mampu menjelaskan green rewards and compensation management
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Green Human Resource Management : An Introduction Pustaka: Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/..., under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan tentang sustainable financing dari sudut pandang perbankan |
- Mampu menjelaskan kontribusi perbankan untuk keberlanjutan sosial
- Mampu menjelaskan manajemen resiko perbankan
- Mampu menjelaskan solusi terhadap beberapa kajian seputar sustainable banking
- Mampu menjelaskan tinjauan studi terdahulu tentang sustainable banking
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Sustainable Financing Pustaka: 6. Hadad D. Muliaman dan Maftuchah. 2015. Sustainable Financing. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta Materi: Sustainable Financing Pustaka: Hadad D. Muliaman dan Maftuchah. 2015. Sustainable Financing. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan kriteria dan indikator untuk sustainable financing |
- Mampu menjelaskan keberlanjutan ekonomi
- Mampu menjelaskan keberlanjutan lingkungan hidup
- Mampu menjelaskan keberlanjutan sosial budaya
- Mampu menjelaskan keberlanjutan politik
- Mampu menjelaskan keberlanjutan pertahanan dan keamanan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: indikator sustainable financing Pustaka: Hadad D. Muliaman dan Maftuchah. 2015. Sustainable Financing. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menjelaskan tentang konsep pengembangan dan potensi green technology |
- Mampu menjelaskan the green environtment with mechanical seal
- Mampu menjelaskan green technology sebagai penggerak utama bangsa
- Mampu menjelaskan tentang inovasi dan kreatifitas terhadap green technology
- Mampu menjelaskan contoh fenomena terhadap green technology
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Pengembangan green technology Pustaka: Siregar H. Zufri et al. 2021. Pengembangan dan Potensi Green Technology sebagai Energy Masa Depan di Masyarakat. Jurnal DEPUTI Vol.1 No.1 Universitas Al-Azhar Medan |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis pengembangan penelitian terkait dengan green technology berbasis studi kasus |
- Mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada di contoh artikel
- Mampu menganalisis proses penelitia yang ada di contoh artikel
- Mampu menganalisis hasil penelitian yang ada di contoh artikel
- Mampu menyusun kerangka konseptual untuk pengembangan penelitian lebih lanjut
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dan presentasi (case method) 3X50 |
zoom dan google meet (case method) 3X50 |
Materi: Approaches to Studying GHRM Pustaka: Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/..., under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian akhir semester |
Mengerjakan soal ujian akhir semester |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan |
Mengerjakan soal ujian akhir semester 2X50 |
Mengerjakan soal ujian akhir semester 2X50 |
Materi: Pertemuan 9-15 Pustaka: Adeyoka David Olantuji, et al. 2023. Global Perspectives on Green HRM. Highlighting Practices Across the World. ISBN 978-3-031-35794-7. http://doi.org/..., under exclusive licenseto Springer Nature Switzerland |
20% |