Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Pengembangan

8810903850

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Warih Handayaningrum, M.Pd




Prof. Warih Handayaningrum, M.Pd




Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

PLO-2 (S-2) Memiliki moral dan menunjukkan sikap jujur sebagai akademisi.

PLO-9

3 (KU-3) Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

PLO-10

PLO-2 (KK-2) Mampu menghasilkan produk-produk inovasi pembelajaran seni (model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan pedoman evaluasi).

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-9PLO-10

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji tentang hakikat penelitian, jenis-jenis penelitian, kriteri pemilihan masalah penelitian pengembangan rumusan masalah hipotesis/asumsi, variabel, definisi operasional variabel, rancangan penelitian pengembangan , teori-teori pendidikan , teori seni budaya, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, penulisan proposal penelitian pengembangan, penulisan laporan penelitian pengembangan , Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk teori, penugasan, seminar (qolokium) dan workshop. Produk akhir mata kuliah ini adalah proposal penelitian pengembangan

Pustaka

Utama :

  1. 1. Denzin, Norman K ad Yvonna S. Lincoln (ed.), Handbook of Qualitative Research, New Delhi London: Sage Publications. 2. Ratna, Nyoman Kutha, 2010. , Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 3. Sugiono, 2005. , Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV 4. Kaelan, 2012. , Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama, dan Humaniora. Yogyakarta: Paradigma 5. Levitt, Paul M., 1971. , A Structural Approach to the Analysis of Drama. Paris: Mouton De Gruyter 6. Marinis, Marco De, 1993. , The Semiotic of Performance, terj. Aine O 19Healy 7. Soedarsono, 2001. , Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: MSPI 8. Spradley, James P., 2007. , Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana

Pendukung :

  1. 1. Research Methods for Business: A Skill Building Approach" oleh Uma Sekaran dan Roger J. Bougie 2. "The Research Methods Knowledge Base" oleh William M.K. Trochim 3. "Qualitative Research Methods for the Social Sciences" oleh Bruce L. Berg 4. "Quantitative Research Methods for the Social Sciences" oleh William E. Wagner III 5. "Designing and Conducting Research: A Comprehensive Guide" oleh Raymond L. Horton

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A.

Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak kuliah, dan hakekat penelitian pengembangan pendidikan seni budaya

membedakan pendekatan peneitian kualitatif, kuantitatif dan penelitian dan pengembangan

Kriteria:

Menjawab pertanyaan seputar pendekatan peneitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x 50 "

Materi: Pengertian penelitian, pengembangan- ruang lingkup penelitian pengembangan pendidikan seni budaya - paradigma, pendekatan, dan metodologi
Pustaka:
7%

2

Minggu ke 2

Mampu membedakan jenis-jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif, dan penelitian pengembangan

mampu menemukan karakteritik masing masing pendekatan penelitian

Kriteria:

Menuliskan dalam tugas karakteritik masing masing pendekatan penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
3x50

Materi: Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif, penelitian pengembangan
Pustaka:
8%

3

Minggu ke 3

Mampu menemukan kebutuhan suatu fenomena dalam penelitian pengembagan

bentuk bentuk permasalahan hasil penelitian awal penelitian pengembangan

Kriteria:

Menuliskan karaektristik permasalahan sesuai kebutuhan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Daring
3x50

Materi: Bentuk luaran penelitian dan penembagan
Pustaka:
7%

4

Minggu ke 4

Mampu menemukan solusi berupa luaran untuk mengatasi permasalahan

Bentuk solusi dan luaran untuk penelitian pengembagna

Kriteria:

Menuliskan permasalahan dan solusinya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Daring
3x50

Materi: bentuk-bentuk solusi dan luaran yang akan dihasilkan
Pustaka:
8%

5

Minggu ke 5

membedakan Macam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE

Karakterisik dan penggunaan masing-masing desain pengembangan

Kriteria:
  1. Menentukan fungsi masing masing desain penembagan
  2. acam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

8%

6

Minggu ke 6

membedakan Macam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE

Karakterisik dan penggunaan masing-masing desain pengembangan

Kriteria:
  1. Menentukan fungsi masing masing desain penembagan
  2. acam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

8%

7

Minggu ke 7

membedakan Macam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE

Karakterisik dan penggunaan masing-masing desain pengembangan

Kriteria:
  1. Menentukan fungsi masing masing desain penembagan
  2. acam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

8%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester, membuat pendahuluan

pendahuluan berisi Penjelasan Umum tentang Topik yang akan dikembangkan, hasil observasi/analisi kebutuhanMerumuskan permasalahan dan tujuan serta spesifikasi produk

Kriteria:

memenuhi kriteria pendahuluan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 x 50

Materi: Menuliskan Pendahuluan
Pustaka:
8%

9

Minggu ke 9

Meneukan pustak yang relevan untuk memperkuat berbagai teori Pendidikan seni

Menyususun bab II Kajian Pustaka

Kriteria:

Kesesuian pustaka yang mendukung Topik penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Daring
3x50

Materi: Pemilihan pdan pencarian pustaka yang relevan
Pustaka:
7%

10

Minggu ke 10

Membuat metode penelitian sesuai dengan desaian pengembangan yang dipilih

Keruntutan dalam menuliskan metode penetian pengembangan

Kriteria:

Kesesuaian dengan desaian pengembangan yang dipilih


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
3x50

Materi: menuliskan Metode penelitian Pengembagan
Pustaka:
7%

11

Minggu ke 11

Menyususn hasil penelitian awal/analisis kebutuhan

Luring
3x50

Materi: Menuliskan hasil penelitian awal
Pustaka:
4%

12

Minggu ke 12

Menyusun Rancangan penelitian pengembagan

menunjukan rancangan pengembagan yang dilakukan berbeda dengan hal pokok yang dikembangakan

Kriteria:

Membuaat bagan tentang rancangan pengembagan, serta teori-teori pendukung


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
3x50
Materi: Rancangan /desain pengembagan
Pustaka:
6%

13

Minggu ke 13

Merencanakan validasi produk untuk luaran yang dihasilkan

membuat instrumen untuk Validasi ahli

Kriteria:

Instrumen untuk validasi ahli, untuk pengguna


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50

4%

14

Minggu ke 14

merencanakan metode peeeenelitian untuk tahapan validasi pengguna

instrumen untuk pengguna

Kriteria:

membuat instrumen untuk pengguna


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
3x50

Materi: Instrumen pengguna
Pustaka:
4%

15

Minggu ke 15

merencanakan uji keefektifan produk

Keefektifan produk

Kriteria:

menyusun langkah dan rumus untuk keefektifan produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
3x50

Materi: Instrumen keefektifan produk
Pustaka:
3%

16

Minggu ke 16

UAS, merevisi merencanakan uji keefektifan produk

Keefektifan produk

Kriteria:

menyusun langkah dan rumus untuk keefektifan produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring
3x50

Materi: Instrumen keefektifan produk
Pustaka:

Materi: Proposal Penelitian dan pengembagan
Pustaka:
4%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 74.16%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 9.66%
3. Praktik / Unjuk Kerja 9.66%
4. Tes 3.5%
96.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.