
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Pengembangan |
8810903850 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Warih Handayaningrum, M.Pd
|
Prof. Warih Handayaningrum, M.Pd
|
Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
PLO-2 (S-2) Memiliki moral dan menunjukkan sikap jujur sebagai akademisi. |
PLO-9 |
3 (KU-3) Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional. |
PLO-10 |
PLO-2 (KK-2) Mampu menghasilkan produk-produk inovasi pembelajaran seni (model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan pedoman evaluasi). |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji tentang hakikat penelitian, jenis-jenis penelitian, kriteri pemilihan masalah penelitian pengembangan rumusan masalah hipotesis/asumsi, variabel, definisi operasional variabel, rancangan penelitian pengembangan , teori-teori pendidikan , teori seni budaya, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, penulisan proposal penelitian pengembangan, penulisan laporan penelitian pengembangan , Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk teori, penugasan, seminar (qolokium) dan workshop. Produk akhir mata kuliah ini adalah proposal penelitian pengembangan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Denzin, Norman K ad Yvonna S. Lincoln (ed.), Handbook of Qualitative Research, New Delhi London: Sage Publications. 2. Ratna, Nyoman Kutha, 2010. , Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 3. Sugiono, 2005. , Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV 4. Kaelan, 2012. , Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama, dan Humaniora. Yogyakarta: Paradigma 5. Levitt, Paul M., 1971. , A Structural Approach to the Analysis of Drama. Paris: Mouton De Gruyter 6. Marinis, Marco De, 1993. , The Semiotic of Performance, terj. Aine O 19Healy 7. Soedarsono, 2001. , Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: MSPI 8. Spradley, James P., 2007. , Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
Pendukung : |
|
- 1. Research Methods for Business: A Skill Building Approach" oleh Uma Sekaran dan Roger J. Bougie 2. "The Research Methods Knowledge Base" oleh William M.K. Trochim 3. "Qualitative Research Methods for the Social Sciences" oleh Bruce L. Berg 4. "Quantitative Research Methods for the Social Sciences" oleh William E. Wagner III 5. "Designing and Conducting Research: A Comprehensive Guide" oleh Raymond L. Horton
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A. Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Kontrak kuliah, dan hakekat penelitian pengembangan pendidikan seni budaya |
membedakan pendekatan peneitian kualitatif, kuantitatif dan penelitian dan pengembangan |
Kriteria:
Menjawab pertanyaan seputar pendekatan peneitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 3x 50 " |
|
Materi: Pengertian penelitian, pengembangan- ruang lingkup penelitian pengembangan pendidikan seni budaya - paradigma, pendekatan, dan metodologi Pustaka: |
7% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu membedakan jenis-jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif, dan penelitian pengembangan |
mampu menemukan karakteritik masing masing pendekatan penelitian |
Kriteria:
Menuliskan dalam tugas karakteritik masing masing pendekatan penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
luring 3x50 |
|
Materi: Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif, penelitian pengembangan Pustaka: |
8% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menemukan kebutuhan suatu fenomena dalam penelitian pengembagan |
bentuk bentuk permasalahan hasil penelitian awal penelitian pengembangan |
Kriteria:
Menuliskan karaektristik permasalahan sesuai kebutuhan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Daring 3x50 |
|
Materi: Bentuk luaran penelitian dan penembagan Pustaka: |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menemukan solusi berupa luaran untuk mengatasi permasalahan |
Bentuk solusi dan luaran untuk penelitian pengembagna |
Kriteria:
Menuliskan permasalahan dan solusinya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Daring 3x50 |
|
Materi: bentuk-bentuk solusi dan luaran yang akan dihasilkan Pustaka: |
8% |
5
Minggu ke 5 |
membedakan Macam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE |
Karakterisik dan penggunaan masing-masing desain pengembangan |
Kriteria:
- Menentukan fungsi masing masing desain penembagan
- acam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
|
8% |
6
Minggu ke 6 |
membedakan Macam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE |
Karakterisik dan penggunaan masing-masing desain pengembangan |
Kriteria:
- Menentukan fungsi masing masing desain penembagan
- acam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
|
8% |
7
Minggu ke 7 |
membedakan Macam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE |
Karakterisik dan penggunaan masing-masing desain pengembangan |
Kriteria:
- Menentukan fungsi masing masing desain penembagan
- acam-macam desain pengembangan : Borg & Gall, Dick and Carry, 4D Tiagrajan, ADDIE
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
|
8% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester, membuat pendahuluan |
pendahuluan berisi Penjelasan Umum tentang Topik yang akan dikembangkan, hasil observasi/analisi kebutuhanMerumuskan permasalahan dan tujuan serta spesifikasi produk |
Kriteria:
memenuhi kriteria pendahuluan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 x 50 |
|
Materi: Menuliskan Pendahuluan Pustaka: |
8% |
9
Minggu ke 9 |
Meneukan pustak yang relevan untuk memperkuat berbagai teori Pendidikan seni |
Menyususun bab II Kajian Pustaka |
Kriteria:
Kesesuian pustaka yang mendukung Topik penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Daring 3x50 |
|
Materi: Pemilihan pdan pencarian pustaka yang relevan Pustaka: |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Membuat metode penelitian sesuai dengan desaian pengembangan yang dipilih |
Keruntutan dalam menuliskan metode penetian pengembangan |
Kriteria:
Kesesuaian dengan desaian pengembangan yang dipilih Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 3x50 |
|
Materi: menuliskan Metode penelitian Pengembagan Pustaka: |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Menyususn hasil penelitian awal/analisis kebutuhan |
|
|
Luring 3x50 |
|
Materi: Menuliskan hasil penelitian awal Pustaka: |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun Rancangan penelitian pengembagan |
menunjukan rancangan pengembagan yang dilakukan berbeda dengan hal pokok yang dikembangakan |
Kriteria:
Membuaat bagan tentang rancangan pengembagan, serta teori-teori pendukung Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 3x50 |
Materi: Rancangan /desain pengembagan Pustaka: |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Merencanakan validasi produk untuk luaran yang dihasilkan |
membuat instrumen untuk Validasi ahli |
Kriteria:
Instrumen untuk validasi ahli, untuk pengguna Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
|
|
4% |
14
Minggu ke 14 |
merencanakan metode peeeenelitian untuk tahapan validasi pengguna |
instrumen untuk pengguna |
Kriteria:
membuat instrumen untuk pengguna Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 3x50 |
|
Materi: Instrumen pengguna Pustaka: |
4% |
15
Minggu ke 15 |
merencanakan uji keefektifan produk |
Keefektifan produk |
Kriteria:
menyusun langkah dan rumus untuk keefektifan produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
luring 3x50 |
|
Materi: Instrumen keefektifan produk Pustaka: |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS, merevisi merencanakan uji keefektifan produk |
Keefektifan produk |
Kriteria:
menyusun langkah dan rumus untuk keefektifan produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
luring 3x50 |
|
Materi: Instrumen keefektifan produk Pustaka: Materi: Proposal Penelitian dan pengembagan Pustaka: |
4% |