Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini

8620702258

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

30 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Achmad Sya‘dullah




Achmad Sya‘dullah




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-8

Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini

Program Objectives (PO)

PO - 1

menjelaskan konsep, karakteristik, tahapan, faktor permasalahan, strategi dan instrumen pengembangan nilai moral agama AUD

PO - 2

menemukan strategi dan perencanaan pengembangan moral dan agama AUD

PO - 3

melatih membuat instrumen atau assesmen pengembangan moral dan agama AUD dan menganalisis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-5PLO-8
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Moral dan Agama Anak Usia Dini ini merupakan mata kuliah yang membahas mengenai pengembangan moral dan agama anak usia dini yaitu mempelajari konsep dasar perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini, hakikat dan karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini, pola orientasi tahapan perkembangan moral anak usia dini, latar belakang dan faktor penyebab permasalahan morak anak usia dinik pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini, strategi dan perencanaan pengembangan moral dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini, instrumen pengembangan moral pada anak usia dini, pola orientasi tahapan perkembangan agama anak usia dini, faktor dan kondisi yang mempengaruhi perkembangan agama pada anak usia dini, pendekatan penanaman nilai agama pada anak usia dini, strategi dan perencanaan pengembangan agama pada anak usia dini, instrumen penilaian pengembangan agama pada anak usia dini dan studi lapangan menganalisa mengenai proses pembelajaran pengembangan moral dan nilai agama anak usia dini pada lembaga PAUD

Pustaka

Utama :

  1. Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.
  2. Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Jejak Pustaka.
  3. Zain, A. A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Penerbit Insania.
  4. Killen, M., & Smetana, J. G. (2013). Handbook of moral development. Psychology Press.
  5. Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
  6. Boyatzis, C. J. (2005). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 123-143.
  7. Goldman, R. (2022). Religious thinking from childhood to adolescence. Routledge.

Pendukung :

  1. Margaretha, L., & Haryono, M. (2024). Implementation of Moral and Religious Values in Early Childhood. Journal of Early Childhood Development and Education, 1(1), 23-29.
  2. Romadhoni, N. A., Yani, M. T., & Sya’dullah, A. (2024). Strategi Dan Media Pengembangan Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Journal of Student Research, 2(4), 112-118.
  3. Maromi, C., Yani, M. T., Sya’dullah, A., Jannah, M., & Malaikosa, Y. Y. M. L. (2024). The Impact of Violence, Bullying and Intolerance on Early Childhood. Journal of Islamic Education Students (JIES), 4(1), 177-185.

Dosen Pengampu

Dr. Achmad Sya'dullah, S.Psi., M.Pd

Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. mahasiswa memahami konsep dasar perkembangan moral dan agama AUD
  2. mahasiswa mengetahui perkembangan moral dan agama AUD menurut tokoh pendidikan, psikologi, baik nasional ataupun luar negeri
  3. mahasiswa menyimpulkan konsep perkembangan moral dan agama AUD
  4. mahasiswa mampu membedakan konsep moral dan agama
  1. mahasiswa mampu menyampaikan konsep dasar perkembangan moral dan agama AUD
  2. mahasiswa menyampaikan perkembangan moral dan agama AUD menurut tokoh pendidikan, psikologi, baik nasional ataupun luar negeri minimal 10 tokoh
  3. mahasiswa menyimpulkan konsep perkembangan moral dan agama AUD
  4. mahasiswa mampu menyampaikan perbedaan konsep moral dan agama
Kriteria:
  1. menyampaikan konsep dasar perkembangan moral dan agama AUD dengan lancar, jelas, logis dan lengkap referensinya
  2. menyampaikan perkembangan moral dan agama AUD menurut tokoh pendidikan, psikologi, baik nasional ataupun luar negeri minimal 10 tokoh dengan lancar, jelas dan lengkap referensinya
  3. menyimpulkan konsep perkembangan moral dan agama AUD dengan lancar, jelas, logis dan lengkap referensinya
  4. mahasiswa mampu menyampaikan perbedaan konsep moral dan agama dengan karakter masing-masing

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
presentasi, diskusi, dan membuat alur/peta pemahaman konsep
50x2

Materi: konsep dasar perkembangan moral dan agama AUD
Pustaka: Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.
3%

2

Minggu ke 2

  1. mahasiswa mampu memahami karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
  2. mahasiswa mampu memahami hakikat perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
  3. mahasiswa mampu mengaitkan hakekat dan karakter perkembangan moral anak usia dini dengan kenyataan disekolah
  4. mahasiswa mampu mengaitkan hakekat dan karakter perkembangan agama anak usia dini dengan kenyataan disekolah
  1. mahasiswa mampu menyebutkan karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
  2. mahasiswa mampu menyebutkan hakikat perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
  3. mahasiswa mampu menceritakan hakekat dan karakter perkembangan moral anak usia dini dengan kenyataan disekolah
  4. mahasiswa mampu menceritakan hakekat dan karakter perkembangan agama anak usia dini dengan kenyataan disekolah
Kriteria:
  1. mahasiswa mampu menyebutkan karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini dengan lancar, jelas dan bereferensi
  2. mahasiswa mampu menyebutkan hakikat perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini dengan lancar, jelas dan bereferensi
  3. mahasiswa mampu menceritakan hakekat dan karakter perkembangan moral anak usia dini dengan kenyataan disekolah terstruktur dan logis
  4. mahasiswa mampu menceritakan hakekat dan karakter perkembangan agama anak usia dini dengan kenyataan disekolah terstruktur dan logis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
presentasi,diskusi, dan membuat cerita pengalaman anak yang berhubungan dengan perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
50x2

Materi: karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
Pustaka: Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.

Materi: hakikat perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
Pustaka: Killen, M., & Smetana, J. G. (2013). Handbook of moral development. Psychology Press.
3%

3

Minggu ke 3

  1. mahasiswa menguraikan tahapan perkembangan moral anak usia dini
  2. mahasiswa menyimpulkan pola orientasi perkembangan moral anak usia dini
  3. mahasiswa merinci dan meramalkan tahapan perkembangan moral anak usia dini
  1. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan tahapan perkembangan moral anak usia dini
  2. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan pola orientasi perkembangan moral anak usia dini
  3. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan tahapan perkembangan moral anak usia dini
Kriteria:
  1. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan tahapan perkembangan moral anak usia dini dengan lengkap jelas dan bereferensi
  2. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan pola orientasi perkembangan moral anak usia dini
  3. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan tahapan perkembangan moral anak usia dini

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi,diskusi, dan menggambar kreatif tahapan perkembangan moral agama AUD
50x2

Materi: tahapan perkembangan moral anak usia dini
Pustaka: Goldman, R. (2022). Religious thinking from childhood to adolescence. Routledge.

Materi: pola orientasi perkembangan moral anak usia dini
Pustaka: Killen, M., & Smetana, J. G. (2013). Handbook of moral development. Psychology Press.
3%

4

Minggu ke 4

  1. mahasiswa menjelaskan latar belakang perkembangan moral anak usia dini
  2. mahasiswa menjelaskan faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini
  3. mahasiswa menganalisis latar belakang perkembangan moral anak usia dini
  4. mahasiswa menganalisis faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini
  1. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan latar belakang perkembangan moral anak usia dini
  2. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini
Kriteria:
  1. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan latar belakang perkembangan moral anak usia dini dengan jelas, logis dan bereferensi
  2. mahasiswa menyampaikan atau menuliskan faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini dengan jelas, logis dan bereferensi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
presentasi,diskusi, dan berdongeng dengan tema moral dan agama AUD

Materi: latar belakang perkembangan moral anak usia dini
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.

Materi: faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini
Pustaka: Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.
3%

5

Minggu ke 5

  1. mahasiswa mangkatagorikan macam-macam pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
  2. mahasiswa memahami pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
  3. mahasiswa memodivikasi pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
  1. mahasiswa menyebut atau menuliskan pemahaman tentang pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
  2. mahasiswa memilah macam-macam pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
  3. mahasiswa menunjukkan perbedaan pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini dengan yang ada dicontoh
Kriteria:
  1. mahasiswa menyebut atau menuliskan pemahaman tentang pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini dengan lancar dan jelas sesuai materi
  2. mahasiswa menunjukkan perbedaan pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini dengan yang ada dicontoh

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
presentasi,diskus dan menyusun rencana pengajaran

Materi: pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
Pustaka: Zain, A. A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Penerbit Insania.
3%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio


Materi: strategi pengembangan moral dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini
Pustaka: Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Jejak Pustaka.

Materi: perencanaan pengembangan moral dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
3%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio


Materi: instrumen pengembangan moral pada anak usia dini
Pustaka: Zain, A. A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Penerbit Insania.
3%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes


17%

9

Minggu ke 9

  1. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
  3. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
Kriteria:
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek

Materi: observasi perkembangan moral agama AUD
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
6%

10

Minggu ke 10

  1. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
  3. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
Kriteria:
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek

Materi: observasi perkembangan moral agama AUD
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
6%

11

Minggu ke 11

  1. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
  3. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
Kriteria:
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek

Materi: observasi perkembangan moral agama AUD
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
6%

12

Minggu ke 12

  1. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
  3. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
Kriteria:
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek

Materi: observasi perkembangan moral agama AUD
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
6%

13

Minggu ke 13

  1. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
  3. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
Kriteria:
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek

Materi: observasi perkembangan moral agama AUD
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
6%

14

Minggu ke 14

  1. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
  3. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
Kriteria:
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek

Materi: observasi perkembangan moral agama AUD
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
6%

15

Minggu ke 15

  1. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
  3. mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
Kriteria:
  1. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  2. mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
  3. mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
  4. mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek

Materi: observasi perkembangan moral agama AUD
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
6%

16

Minggu ke 16

  1. mahasisiwa mampu menggunakan konsep dan teori perkembangan moral dan agama AUD dalam pembelajaran
  2. mahasiswa mampu mengassesmen perkembangan moral dan agama AUD dalam pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: perkembangan moral dan agama AUD
Pustaka: Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.

Materi: perkembangan moral dan agama AUD
Pustaka: Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Jejak Pustaka.

Materi: perkembangan moral dan agama AUD
Pustaka: Zain, A. A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Penerbit Insania.

Materi: perkembangan moral dan agama AUD
Pustaka: Killen, M., & Smetana, J. G. (2013). Handbook of moral development. Psychology Press.

Materi: perkembangan moral dan agama AUD
Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 54%
2. Penilaian Portofolio 9%
3. Tes 37%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.