|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini |
8620702258 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Achmad Sya‘dullah
|
Achmad Sya‘dullah
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-8 |
Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
menjelaskan konsep, karakteristik, tahapan, faktor permasalahan, strategi dan instrumen pengembangan nilai moral agama AUD
|
PO - 2 |
menemukan strategi dan perencanaan pengembangan moral dan agama AUD
|
PO - 3 |
melatih membuat instrumen atau assesmen pengembangan moral dan agama AUD dan menganalisis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Moral dan Agama Anak Usia Dini ini merupakan mata kuliah yang membahas mengenai pengembangan moral dan agama anak usia dini yaitu mempelajari konsep dasar perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini, hakikat dan karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini, pola orientasi tahapan perkembangan moral anak usia dini, latar belakang dan faktor penyebab permasalahan morak anak usia dinik pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini, strategi dan perencanaan pengembangan moral dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini, instrumen pengembangan moral pada anak usia dini, pola orientasi tahapan perkembangan agama anak usia dini, faktor dan kondisi yang mempengaruhi perkembangan agama pada anak usia dini, pendekatan penanaman nilai agama pada anak usia dini, strategi dan perencanaan pengembangan agama pada anak usia dini, instrumen penilaian pengembangan agama pada anak usia dini dan studi lapangan menganalisa mengenai proses pembelajaran pengembangan moral dan nilai agama anak usia dini pada lembaga PAUD |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.
- Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Jejak Pustaka.
- Zain, A. A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Penerbit Insania.
- Killen, M., & Smetana, J. G. (2013). Handbook of moral development. Psychology Press.
- Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182.
- Boyatzis, C. J. (2005). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 123-143.
- Goldman, R. (2022). Religious thinking from childhood to adolescence. Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Margaretha, L., & Haryono, M. (2024). Implementation of Moral and Religious Values in Early Childhood. Journal of Early Childhood Development and Education, 1(1), 23-29.
- Romadhoni, N. A., Yani, M. T., & Sya’dullah, A. (2024). Strategi Dan Media Pengembangan Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Journal of Student Research, 2(4), 112-118.
- Maromi, C., Yani, M. T., Sya’dullah, A., Jannah, M., & Malaikosa, Y. Y. M. L. (2024). The Impact of Violence, Bullying and Intolerance on Early Childhood. Journal of Islamic Education Students (JIES), 4(1), 177-185.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Achmad Sya'dullah, S.Psi., M.Pd Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- mahasiswa memahami konsep dasar perkembangan moral dan agama AUD
- mahasiswa mengetahui perkembangan moral dan agama AUD menurut tokoh pendidikan, psikologi, baik nasional ataupun luar negeri
- mahasiswa menyimpulkan konsep perkembangan moral dan agama AUD
- mahasiswa mampu membedakan konsep moral dan agama
|
- mahasiswa mampu menyampaikan konsep dasar perkembangan moral dan agama AUD
- mahasiswa menyampaikan perkembangan moral dan agama AUD menurut tokoh pendidikan, psikologi, baik nasional ataupun luar negeri minimal 10 tokoh
- mahasiswa menyimpulkan konsep perkembangan moral dan agama AUD
- mahasiswa mampu menyampaikan perbedaan konsep moral dan agama
|
Kriteria:
- menyampaikan konsep dasar perkembangan moral dan agama AUD dengan lancar, jelas, logis dan lengkap referensinya
- menyampaikan perkembangan moral dan agama AUD menurut tokoh pendidikan, psikologi, baik nasional ataupun luar negeri minimal 10 tokoh dengan lancar, jelas dan lengkap referensinya
- menyimpulkan konsep perkembangan moral dan agama AUD dengan lancar, jelas, logis dan lengkap referensinya
- mahasiswa mampu menyampaikan perbedaan konsep moral dan agama dengan karakter masing-masing
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, diskusi, dan membuat alur/peta pemahaman konsep 50x2 |
|
Materi: konsep dasar perkembangan moral dan agama AUD Pustaka: Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
- mahasiswa mampu memahami karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
- mahasiswa mampu memahami hakikat perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
- mahasiswa mampu mengaitkan hakekat dan karakter perkembangan moral anak usia dini dengan kenyataan disekolah
- mahasiswa mampu mengaitkan hakekat dan karakter perkembangan agama anak usia dini dengan kenyataan disekolah
|
- mahasiswa mampu menyebutkan karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
- mahasiswa mampu menyebutkan hakikat perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini
- mahasiswa mampu menceritakan hakekat dan karakter perkembangan moral anak usia dini dengan kenyataan disekolah
- mahasiswa mampu menceritakan hakekat dan karakter perkembangan agama anak usia dini dengan kenyataan disekolah
|
Kriteria:
- mahasiswa mampu menyebutkan karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini dengan lancar, jelas dan bereferensi
- mahasiswa mampu menyebutkan hakikat perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini dengan lancar, jelas dan bereferensi
- mahasiswa mampu menceritakan hakekat dan karakter perkembangan moral anak usia dini dengan kenyataan disekolah terstruktur dan logis
- mahasiswa mampu menceritakan hakekat dan karakter perkembangan agama anak usia dini dengan kenyataan disekolah terstruktur dan logis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi,diskusi, dan membuat cerita pengalaman anak yang berhubungan dengan perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini 50x2 |
|
Materi: karakteristik perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini Pustaka: Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher. Materi: hakikat perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini Pustaka: Killen, M., & Smetana, J. G. (2013). Handbook of moral development. Psychology Press. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
- mahasiswa menguraikan tahapan perkembangan moral anak usia dini
- mahasiswa menyimpulkan pola orientasi perkembangan moral anak usia dini
- mahasiswa merinci dan meramalkan tahapan perkembangan moral anak usia dini
|
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan tahapan perkembangan moral anak usia dini
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan pola orientasi perkembangan moral anak usia dini
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan tahapan perkembangan moral anak usia dini
|
Kriteria:
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan tahapan perkembangan moral anak usia dini dengan lengkap jelas dan bereferensi
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan pola orientasi perkembangan moral anak usia dini
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan tahapan perkembangan moral anak usia dini
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi,diskusi, dan menggambar kreatif tahapan perkembangan moral agama AUD 50x2 |
|
Materi: tahapan perkembangan moral anak usia dini Pustaka: Goldman, R. (2022). Religious thinking from childhood to adolescence. Routledge. Materi: pola orientasi perkembangan moral anak usia dini Pustaka: Killen, M., & Smetana, J. G. (2013). Handbook of moral development. Psychology Press. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
- mahasiswa menjelaskan latar belakang perkembangan moral anak usia dini
- mahasiswa menjelaskan faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini
- mahasiswa menganalisis latar belakang perkembangan moral anak usia dini
- mahasiswa menganalisis faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini
|
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan latar belakang perkembangan moral anak usia dini
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini
|
Kriteria:
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan latar belakang perkembangan moral anak usia dini dengan jelas, logis dan bereferensi
- mahasiswa menyampaikan atau menuliskan faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini dengan jelas, logis dan bereferensi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi,diskusi, dan berdongeng dengan tema moral dan agama AUD
|
|
Materi: latar belakang perkembangan moral anak usia dini Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. Materi: faktor penyebab permasalahan perkembangan moral anak usia dini Pustaka: Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
- mahasiswa mangkatagorikan macam-macam pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
- mahasiswa memahami pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
- mahasiswa memodivikasi pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
|
- mahasiswa menyebut atau menuliskan pemahaman tentang pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
- mahasiswa memilah macam-macam pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini
- mahasiswa menunjukkan perbedaan pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini dengan yang ada dicontoh
|
Kriteria:
- mahasiswa menyebut atau menuliskan pemahaman tentang pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini dengan lancar dan jelas sesuai materi
- mahasiswa menunjukkan perbedaan pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini dengan yang ada dicontoh
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi,diskus dan menyusun rencana pengajaran
|
|
Materi: pendekatan penanaman nilai moral pada anak usia dini Pustaka: Zain, A. A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Penerbit Insania. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: strategi pengembangan moral dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini Pustaka: Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Jejak Pustaka. Materi: perencanaan pengembangan moral dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: instrumen pengembangan moral pada anak usia dini Pustaka: Zain, A. A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Penerbit Insania. |
2% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
|
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
|
Kriteria:
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek
|
|
Materi: observasi perkembangan moral agama AUD Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
|
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
|
Kriteria:
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek
|
|
Materi: observasi perkembangan moral agama AUD Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
|
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
|
Kriteria:
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
|
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek
|
|
Materi: observasi perkembangan moral agama AUD Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
|
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
|
Kriteria:
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
|
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek
|
|
Materi: observasi perkembangan moral agama AUD Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
|
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
|
Kriteria:
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek
|
|
Materi: observasi perkembangan moral agama AUD Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
|
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
|
Kriteria:
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
|
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek
|
|
Materi: observasi perkembangan moral agama AUD Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan moral
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral
- mahasiswa mampu mengobsevasi perkembangan agama
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama
|
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi
|
Kriteria:
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan moral AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan moral AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu menceklis atau mencocokkan instrumen dengan perkembangan agama AUD sesuai dengan tahapan dan teori
- mahasiswa mampu analisis perkembangan agama AUD yang telah di obseervasi sesuai dengan tahapan dan teori
|
mengobsevasi perkembangan moral dan agama AUD sesuai dengan pembagian aspek
|
|
Materi: observasi perkembangan moral agama AUD Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
- mahasisiwa mampu menggunakan konsep dan teori perkembangan moral dan agama AUD dalam pembelajaran
- mahasiswa mampu mengassesmen perkembangan moral dan agama AUD dalam pembelajaran
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
Materi: perkembangan moral dan agama AUD Pustaka: Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher. Materi: perkembangan moral dan agama AUD Pustaka: Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Jejak Pustaka. Materi: perkembangan moral dan agama AUD Pustaka: Zain, A. A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Penerbit Insania. Materi: perkembangan moral dan agama AUD Pustaka: Killen, M., & Smetana, J. G. (2013). Handbook of moral development. Psychology Press. Materi: perkembangan moral dan agama AUD Pustaka: Richert, R. A., & Granqvist, P. (2013). Religious and spiritual development in childhood. Handbook of the psychology of religion and spirituality, 2, 165-182. |
15% |