Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Asistensi Mengajar Penyusunan Laporan

8620704295

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menyusun sistematika laporan asistensi mengajar sesuai panduan yang berlaku bagi asistensi mengajar dan bidang ilmunya

Mengidentifikasi sistematika penulisan laporan asistensi mengajar b. Menentukan sistematika laporan asistensi mengajar yang sesuai dengan pedoman dan bidang ilmunya

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Project

0%

2

Minggu ke 2

2 Menyusun sistematika laporan asistensi mengajar sesuai panduan yang berlaku bagi asistensi mengajar dan bidang ilmunya

Mengidentifikasi sistematika penulisan laporan asistensi mengajar b. Menentukan sistematika laporan asistensi mengajar yang sesuai dengan pedoman dan bidang ilmunya

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Project

0%

3

Minggu ke 3

menyusun bagian pembuka laporan asistensi mengajar yaitu : halaman judul, halaman pengesahan, prakata, daftar isi, daftar tabel, daftar istilah

Mahasiswa mampu menyusun halaman pembuka dalam laporan asistensi mengajar

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Proyek

0%

4

Minggu ke 4

menyusun bagian pembuka laporan asistensi mengajar yaitu : halaman judul, halaman pengesahan, prakata, daftar isi, daftar tabel, daftar istilah

Mahasiswa mampu menyusun halaman pembuka dalam laporan asistensi mengajar

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Proyek

0%

5

Minggu ke 5

Mengembangkan bagian isi laporan asistensi mengajar, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode/Teknik/rancangan asistensi mengajar, hasil dan pelaksanaan asistensi mengajar, dan simpulan dan saran

Mengembangkan bagian isi dalam laporan asistensi

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

6

Minggu ke 6

Mengembangkan bagian isi laporan asistensi mengajar, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode/Teknik/rancangan asistensi mengajar, hasil dan pelaksanaan asistensi mengajar, dan simpulan dan saran

Mengembangkan bagian isi dalam laporan asistensi

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

7

Minggu ke 7

Mengembangkan bagian isi laporan asistensi mengajar, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode/Teknik/rancangan asistensi mengajar, hasil dan pelaksanaan asistensi mengajar, dan simpulan dan saran

Mengembangkan bagian isi dalam laporan asistensi

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

8

Minggu ke 8

UTS



0%

9

Minggu ke 9

Menyusun bagian penutup laporan asistensi mengajar, yaitu daftar rujukan dan lampiran

menyusun bagian penutup dalam laporan asistensi mengajar

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

10

Minggu ke 10

Menyusun bagian penutup laporan asistensi mengajar, yaitu daftar rujukan dan lampiran

menyusun bagian penutup dalam laporan asistensi mengajar

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

11

Minggu ke 11

Melakukan penyuntingan laporan asistensi mengajar

Mahasiswa mampu menghasilkan laporan yang telah disunting

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

12

Minggu ke 12

Melakukan penyuntingan laporan asistensi mengajar

Mahasiswa mampu menghasilkan laporan yang telah disunting

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

13

Minggu ke 13

Membuat ringkasan laporan asistensi mengajar

Mahasiswa mampu membuat ringkasan berdasarkan laporan asistensi mengajar

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalamana nalisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

14

Minggu ke 14

Melakukan presenrasi laporan asistensi mengajar

Mahasiswa mampu melakukan presentasi laporan asistensi mengajar

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

15

Minggu ke 15

Melakukan presenrasi laporan asistensi mengajar

Mahasiswa mampu melakukan presentasi laporan asistensi mengajar

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
proyek

0%

16

Minggu ke 16

UAS



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.