
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Literasi Finansial |
8720302387 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dhiah Fitrayati, S.Pd., ME
|
Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si
|
RETNO MUSTIKA DEWI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-11 |
Menguasai konsep teoritis dan prinsip menajerial serta menerapkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi |
PLO-12 |
Mampu memecahkan permasalahan ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai pengetahuan faktual konsep dasar literasi keuangan
|
PO - 2 |
Mendeskripsikan teori perilaku ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi
|
PO - 3 |
Menyusun strategi penganggaran dan perencanaan keuangan pribadi.
|
PO - 4 |
Menentukan jenis investasi yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-11 | PLO-12 | | PO-1 | | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | ✔ | | | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Literasi Finansial merupakan mata kuliah wajib yang membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep dasar keuangan pribadi dan pengelolaan keuangan. Mata kuliah ini mencakup topik-topik seperti ruang lingkup literasi keuangan, teori perilaku ekonomi, nilai waktu dari uang, perencanaan keuangan pribadi, penganggaran, manajemen utang, dan manajemen investasi etis dan berkelanjutan. Pembelajaran menekankan pada project-based learning (PjBL) agar mahasiswa mampu mengelola keuangan dan membuat keputusan investasi yang cerdas, berbasis perspektif keilmuan ekonomi. Mata kuliah ini menekankan peran pendidik ekonomi dalam menumbuhkan kesadaran dan inklusi keuangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Sari, D. (2020). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa.
- Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
- Fahmi, I. (2015). Manajemen Investasi. Bandung: Alfabeta.
- Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish
- Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
- Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.
|
Pendukung : |
|
- Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston.
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2019). Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Jakarta: OJK.
- Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.
- Lewis A, ed. In: The Cambridge Handbook of Psychology and Economic Behaviour. Cambridge Handbooks in Psychology. Cambridge University Press; 2018:i-ii.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. Dr. Dhiah Fitrayati, S.Pd., M.E. Heni Purwa Pamungkas, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis manfaat literasi keuangan dalam kehidupan |
- menjelaskan definis literasi keuangan
- menganalisis urgensi literasi keuangan dalam kehidupan sehari-hari
- menganalisis manfaat literasi keuangan
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
case-based learning, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: definisi literasi keuangan Pustaka: Sari, D. (2020). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Materi: definisi dan urgensi literasi keuangan Pustaka: Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mendeskripsikan komponen literasi keuangan |
- Menyebutkan komponen literasi keuangan
- mendeskripsikan ruang lingkup setiap komponen literasi keuangan
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
- Rubrik penilaian tes tulis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
|
pembelajaran mandiri, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: definisi literasi keuangan Pustaka: Sari, D. (2020). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Materi: definisi dan urgensi literasi keuangan Pustaka: Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Membedakan perilaku rasional dan irasional |
- menjelaskan pengertian perilaku rasional
- mengidentifikasi indikator perilaku rasional
- memberikan contoh tindakan ekonomi yang mencerminkan perilaku rasional
- menjelaskan pengertian perilaku irasional
- mengidentifikasi perilaku irasional
- membedakan perilaku rasional dan irasional
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
case-based learning, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: Teori perilaku ekonomi rasional Pustaka: Lewis A, ed. In: The Cambridge Handbook of Psychology and Economic Behaviour. Cambridge Handbooks in Psychology. Cambridge University Press; 2018:i-ii. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
membedakan perilaku ekonomi hedonis dan impulsif buying |
- mendeskripsikan perilaku ekonomi hedonis
- menganalisis indikator perilaku hedonis
- mendeskripsikan perilaku ekonomi impulsif buying
- menganalisis indikator perilaku ekonomi impulsif buying
- membedakan perilaku ekonomi hedonis dan impulsif buying
- memberikan contoh perilaku hedonis dan impulsif buying
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
case-based learning, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: konsep perilaku hedonis dan implsif buying Pustaka: Lewis A, ed. In: The Cambridge Handbook of Psychology and Economic Behaviour. Cambridge Handbooks in Psychology. Cambridge University Press; 2018:i-ii. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Membedakan perilaku altruisme dan moralitas |
- mendeskripsikan perilaku altruisme
- menganalisis indikator perilaku altruisme
- mendeskripsikan perilaku ekonomi moralitas
- memberikan contoh tindakan ekonomi yang mencerminkan perilaku altruisme dan moralitas
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
case-based learning, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
|
10% |
6
Minggu ke 6 |
membedakan perilaku rasional, irasional, altruisme dan moralitas |
membedakan perilaku rasional, irasional, altruisme dan moralitas |
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
- rubrik penilaian tes tulis
Bentuk Penilaian : Tes |
|
case-based learning, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: nilai waktu dari uang Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripsikan konsep nilai waktu dari uang |
- menganalisis faktor penyebab menurunnya nilai waktu dari uang
- membedakan konsep nilai waktu dari uang dalam perspektif ekonomi konvensional dan ekonomi syariah
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian partisipasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: nilai waktu dari uang Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menentukan nilai waktu dari uang |
- menghitung future value of money
- menghitung present value of money
- menghitung net future value of money
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian tugas
- Rubrik penilaian partisipasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
|
diskusi dan penugasan 2 x 50‘ |
Materi: nilai waktu dari uang Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mendeskripsikan konsep penganggaran |
- menjelaskan pengertian penganggaran
- menganalisis pentingnya penganggaran
- mengidentifikasi komponen penganggaran
|
Kriteria:
Rubrik penilaian diskusi dan presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
project based learning, diskusi dan presentasi 2x50‘ |
Materi: Perencanaan keuangan Pustaka: Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Materi: perencanaan keuangan Pustaka: Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
menyusun perencanaan keuangan pribadi (jangka pendek, menengah, panjang) dengan menetapkan tujuan keuangan yang realistis. |
- Mendesain Perencanaan keuangan jangka pendek, menengah, panjang
- Menganalisis financial goals dan strategi pencapaian
- Menjelaskan pentingnya disiplin keuangan
|
Kriteria:
Rubrik penilaian diskusi dan presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
project based learning, diskusi dan presentasi 2x50‘ |
Materi: Perencanaan keuangan Pustaka: Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Materi: perencanaan keuangan Pustaka: Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
menyusun perencanaan keuangan pribadi (jangka pendek, menengah, panjang) dengan menetapkan tujuan keuangan yang realistis. |
menyusun rencana keuangan pribadi |
Kriteria:
Rubrik penilaian proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
project based learning, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: manajemen keuangan Pustaka: Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
mendeskripsikan ragam instrumen investasi keuangan |
- menjelaskan pengertian investasi
- mengidentifikasi instrumen investasi keuangan jangka pendek dan jangka panjang
- memilih instrumen investasi keuangan berdasarkan tujuan keuangan
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
case-based learning, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: manajemen keuangan Pustaka: Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
mendeskripsikan ragam instrumen investasi non keuangan |
- mengidentifikasi instrumen investasi keuangan non keuangan
- memilih instrumen investasi non keuangan berdasarkan tujuan keuangan
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
case-based learning, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: manajemen keuangan Pustaka: Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
menganalisis resiko investasi |
- mendeskripsikan konsep resiko dalam investasi
- menganalisis resiko investasi
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
- Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
case-based learning, diskusi dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: manajemen keuangan Pustaka: Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun rencana investasi |
- menentukan tujuan keuangan individu
- memilih instrumen investasi yang tepat sesuai tujuan keuangan
- menyusun rencana investasi
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Project based learning dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: instrumen investasi Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menyusun rencana investasi |
- menentukan tujuan keuangan individu
- memilih instrumen investasi yang tepat sesuai tujuan keuangan
- menyusun rencana investasi
|
Kriteria:
Rubrik penilaian proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project based learning dan presentasi 2 x 50‘ |
Materi: instrumen investasi Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta |
10% |