Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Literasi Finansial

8720302387

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

7 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dhiah Fitrayati, S.Pd., ME




Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si




RETNO MUSTIKA DEWI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-11

Menguasai konsep teoritis dan prinsip menajerial serta menerapkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi

PLO-12

Mampu memecahkan permasalahan ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai pengetahuan faktual konsep dasar literasi keuangan

PO - 2

Mendeskripsikan teori perilaku ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi

PO - 3

Menyusun strategi penganggaran dan perencanaan keuangan pribadi.

PO - 4

Menentukan jenis investasi yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-11PLO-12
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Literasi Finansial merupakan mata kuliah wajib yang membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep dasar keuangan pribadi dan pengelolaan keuangan. Mata kuliah ini mencakup topik-topik seperti ruang lingkup literasi keuangan, teori perilaku ekonomi, nilai waktu dari uang, perencanaan keuangan pribadi, penganggaran, manajemen utang, dan manajemen investasi etis dan berkelanjutan. Pembelajaran menekankan pada project-based learning (PjBL) agar mahasiswa mampu mengelola keuangan dan membuat keputusan investasi yang cerdas, berbasis perspektif keilmuan ekonomi. Mata kuliah ini menekankan peran pendidik ekonomi dalam menumbuhkan kesadaran dan inklusi keuangan.

Pustaka

Utama :

  1. Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  2. Sari, D. (2020). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa.
  3. Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  4. Fahmi, I. (2015). Manajemen Investasi. Bandung: Alfabeta.
  5. Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish
  6. Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
  7. Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.

Pendukung :

  1. Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston.
  2. Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2019). Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Jakarta: OJK.
  3. Corrado, Charles J., dan Jordan, Bradford D. 2005. Fundamental of Investment, Valuation and Management, 3rd Edition, McGraw Hill.
  4. Lewis A, ed. In: The Cambridge Handbook of Psychology and Economic Behaviour. Cambridge Handbooks in Psychology. Cambridge University Press; 2018:i-ii.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.

Dr. Dhiah Fitrayati, S.Pd., M.E.

Heni Purwa Pamungkas, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis manfaat literasi keuangan dalam kehidupan

  1. menjelaskan definis literasi keuangan
  2. menganalisis urgensi literasi keuangan dalam kehidupan sehari-hari
  3. menganalisis manfaat literasi keuangan
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

case-based learning, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: definisi literasi keuangan
Pustaka: Sari, D. (2020). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa.

Materi: definisi dan urgensi literasi keuangan
Pustaka: Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish
5%

2

Minggu ke 2

Mendeskripsikan komponen literasi keuangan

  1. Menyebutkan komponen literasi keuangan
  2. mendeskripsikan ruang lingkup setiap komponen literasi keuangan
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
  3. Rubrik penilaian tes tulis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes

pembelajaran mandiri, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: definisi literasi keuangan
Pustaka: Sari, D. (2020). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa.

Materi: definisi dan urgensi literasi keuangan
Pustaka: Supriyanto, A. (2020). Ekonomi Digital dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish
10%

3

Minggu ke 3

Membedakan perilaku rasional dan irasional

  1. menjelaskan pengertian perilaku rasional
  2. mengidentifikasi indikator perilaku rasional
  3. memberikan contoh tindakan ekonomi yang mencerminkan perilaku rasional
  4. menjelaskan pengertian perilaku irasional
  5. mengidentifikasi perilaku irasional
  6. membedakan perilaku rasional dan irasional
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

case-based learning, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: Teori perilaku ekonomi rasional
Pustaka: Lewis A, ed. In: The Cambridge Handbook of Psychology and Economic Behaviour. Cambridge Handbooks in Psychology. Cambridge University Press; 2018:i-ii.
5%

4

Minggu ke 4

membedakan perilaku ekonomi hedonis dan impulsif buying

  1. mendeskripsikan perilaku ekonomi hedonis
  2. menganalisis indikator perilaku hedonis
  3. mendeskripsikan perilaku ekonomi impulsif buying
  4. menganalisis indikator perilaku ekonomi impulsif buying
  5. membedakan perilaku ekonomi hedonis dan impulsif buying
  6. memberikan contoh perilaku hedonis dan impulsif buying
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

case-based learning, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: konsep perilaku hedonis dan implsif buying
Pustaka: Lewis A, ed. In: The Cambridge Handbook of Psychology and Economic Behaviour. Cambridge Handbooks in Psychology. Cambridge University Press; 2018:i-ii.
5%

5

Minggu ke 5

Membedakan perilaku altruisme dan moralitas

  1. mendeskripsikan perilaku altruisme
  2. menganalisis indikator perilaku altruisme
  3. mendeskripsikan perilaku ekonomi moralitas
  4. memberikan contoh tindakan ekonomi yang mencerminkan perilaku altruisme dan moralitas
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

case-based learning, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
10%

6

Minggu ke 6

membedakan perilaku rasional, irasional, altruisme dan moralitas

membedakan perilaku rasional, irasional, altruisme dan moralitas

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus
  3. rubrik penilaian tes tulis

Bentuk Penilaian :
Tes

case-based learning, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: nilai waktu dari uang
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
10%

7

Minggu ke 7

Mendeskripsikan konsep nilai waktu dari uang

  1. menganalisis faktor penyebab menurunnya nilai waktu dari uang
  2. membedakan konsep nilai waktu dari uang dalam perspektif ekonomi konvensional dan ekonomi syariah
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian partisipasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: nilai waktu dari uang
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
5%

8

Minggu ke 8

Menentukan nilai waktu dari uang

  1. menghitung future value of money
  2. menghitung present value of money
  3. menghitung net future value of money
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian tugas
  2. Rubrik penilaian partisipasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes

diskusi dan penugasan
2 x 50‘
Materi: nilai waktu dari uang
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
5%

9

Minggu ke 9

Mendeskripsikan konsep penganggaran

  1. menjelaskan pengertian penganggaran
  2. menganalisis pentingnya penganggaran
  3. mengidentifikasi komponen penganggaran
Kriteria:

Rubrik penilaian diskusi dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

project based learning, diskusi dan presentasi
2x50‘
Materi: Perencanaan keuangan
Pustaka: Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Materi: perencanaan keuangan
Pustaka: Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
5%

10

Minggu ke 10

menyusun perencanaan keuangan pribadi (jangka pendek, menengah, panjang) dengan menetapkan tujuan keuangan yang realistis.

  1. Mendesain Perencanaan keuangan jangka pendek, menengah, panjang
  2. Menganalisis financial goals dan strategi pencapaian
  3. Menjelaskan pentingnya disiplin keuangan
Kriteria:

Rubrik penilaian diskusi dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

project based learning, diskusi dan presentasi
2x50‘
Materi: Perencanaan keuangan
Pustaka: Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Materi: perencanaan keuangan
Pustaka: Halim, A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
5%

11

Minggu ke 11

menyusun perencanaan keuangan pribadi (jangka pendek, menengah, panjang) dengan menetapkan tujuan keuangan yang realistis.

menyusun rencana keuangan pribadi

Kriteria:

Rubrik penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

project based learning, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: manajemen keuangan
Pustaka: Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston.
10%

12

Minggu ke 12

mendeskripsikan ragam instrumen investasi keuangan

  1. menjelaskan pengertian investasi
  2. mengidentifikasi instrumen investasi keuangan jangka pendek dan jangka panjang
  3. memilih instrumen investasi keuangan berdasarkan tujuan keuangan
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

case-based learning, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: manajemen keuangan
Pustaka: Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston.
5%

13

Minggu ke 13

mendeskripsikan ragam instrumen investasi non keuangan

  1. mengidentifikasi instrumen investasi keuangan non keuangan
  2. memilih instrumen investasi non keuangan berdasarkan tujuan keuangan
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

case-based learning, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: manajemen keuangan
Pustaka: Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston.
5%

14

Minggu ke 14

menganalisis resiko investasi

  1. mendeskripsikan konsep resiko dalam investasi
  2. menganalisis resiko investasi
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian diskusi dan presentasi
  2. Rubrik penilaian hasil diskusi studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

case-based learning, diskusi dan presentasi
2 x 50‘
Materi: manajemen keuangan
Pustaka: Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of financial management (Fifteenth edition). Cengage: Boston.
5%

15

Minggu ke 15

Menyusun rencana investasi

  1. menentukan tujuan keuangan individu
  2. memilih instrumen investasi yang tepat sesuai tujuan keuangan
  3. menyusun rencana investasi
Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Project based learning dan presentasi
2 x 50‘
Materi: instrumen investasi
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
5%

16

Minggu ke 16

Menyusun rencana investasi

  1. menentukan tujuan keuangan individu
  2. memilih instrumen investasi yang tepat sesuai tujuan keuangan
  3. menyusun rencana investasi
Kriteria:

Rubrik penilaian proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project based learning dan presentasi
2 x 50‘
Materi: instrumen investasi
Pustaka: Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 47.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15%
3. Praktik / Unjuk Kerja 27.5%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.