Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

STRATEGI PEMBELAJARAN EKONOMI

8720302378

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

3

17 November 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Eka Indah Nurlaili, S.Pd.,M.Pd.




Dhiah Fitrayati, S.Pd., ME.




Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu merancang dan menyusun perangkat pembelajaran ekonomi yang berbasis IPTEKS

PLO-9

Mampu menguasai konsep perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas secara efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri maupun kelompok

PO - 2

Menelaah berbagai pendekatan, model, dan metode pembelajaran yang relevan dengan pembelajaran ekonomi

PO - 3

Mampu merancang strategi pemnbelajaran ekonomi yang sesuai dengan perkembangan peserta didik

PO - 4

Mampu merancang inovasi pembelajaran ekonomi

PO - 5

Mampu mempraktikkan strategi pembelajaran ekonomi pada materi tertentu

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4  
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah ini mengkaji bagaimana strategi pembelajaran ekonomi, dengan mempelajari mengenai strategi belajar mengajar, hakekat belajar dan pembelajaran ekonomi dikelas, pendekatan pembelajaran ekonomi, model-model pembelajaran, metode pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Untuk mengetahui sejauhmana kemampuan mahasiswa mengaplikasikan model dan metode yang sudah dikenalkan, dilakukan simulasi setiap model dan metode yang dipelajari.

Pustaka

Utama :

  1. Nur, Mohmmad. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran
  2. Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar.
  3. Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran
  4. Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.

Pendukung :

  1. Nur, Mohmmad., dkk. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Unipres
  2. Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.

Dosen Pengampu

Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd.

Eka Indah Nurlaili, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan makna hakekat belajar dan pembelajaran ekonomi

  1. Mampu mendeskripsikan makna hakikat belajar
  2. Mampu mendeskripsikan hakikat pembelajaran ekonomi
  3. Mampu menyebutkan prinsip-prinsip pembelajaran ekonomi
  4. Mampu menganalisis karakteristik pembelajaran ekonomi
Kriteria:

Mengacu pada rubrik penilaian partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah, diskusi kelompok
100

Materi: Karakteristik pembelajaran ekonomi
Pustaka: Nur, Mohmmad., dkk. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Unipres
0%

2

Minggu ke 2

Menganalisis ragam strategi pembelajaran

  1. Mampu menjelaskan pengertian strategi belajar mengajar
  2. Mampu menyebutkan jenis-jenis strategi belajar mengajar
  3. Mampu mengklasifikasikan strategi belajar mengajar pada pembelajaran ekonomi
Kriteria:

Mengacu rubrik Penilaian partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran kooperatif, diskusi kelompok
100

Materi: strategi belajar
Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar.
0%

3

Minggu ke 3

Mendeskripsikan ragam pendekatan dalam pembelajaran ekonomi

  1. Mampu mendeskripsikan pengertian pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran
  2. Mampu mengindentifikasi karakteristik pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran
  3. Mampu menganalisis komponen pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran
Kriteria:

Rubrik penilaian tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran studi kasus: Pendekatan pembelajaran konstruktivis

Materi: Pendekatan konstruktivis
Pustaka: Nur, Mohmmad., dkk. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Unipres
0%

4

Minggu ke 4

Mendeskripsikan ragam pendekatan dalam pembelajaran ekonomi

  1. Mampu mendeskripsikan pengertian pendekatan kontekstual dalam pembelajaran
  2. Mampu mengindentifikasi karakteristik pendekatan kontekstual dalam pembelajaran
  3. Mampu menganalisis komponen pendekatan kontekstual dalam pembelajaran
Kriteria:

Rubrik penilaian tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran studi kasus: Pendekatan pembelajaran kontekstual

Materi: Pendekatan Kontekstual
Pustaka: Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.
0%

5

Minggu ke 5

Mendeskripsikan ragam pendekatan dalam pembelajaran ekonomi

  1. Mampu mendeskripsikan pengertian pendekatan saintifik dalam pembelajaran
  2. Mampu mengindentifikasi karakteristik pendekatan saintifik dalam pembelajaran
  3. Mampu menganalisis komponen pendekatan saintifik dalam pembelajaran
Kriteria:

Rubrik penilaian tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran studi kasus: Pendekatan saintifik

Materi: Pendekatan saintifik
Pustaka: Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.
20%

6

Minggu ke 6

Mendeskripsikan ragam model pembelajaran pada pembelajaran ekonomi

  1. Mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran kooperatif
  2. Menganalisis sintaks model pembelajaran kooperatif
  3. mengidentifikasi materi ekonomi yang relevan dengan model pembelajaran kooperatif
  4. Mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran direct instruction
  5. Menganalisis sintaks model pembelajaran direct instruction
  6. mengidentifikasi materi ekonomi yang relevan dengan model pembelajaran direct instruction

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran studi kasus: Pembelajaran kooperatif dan direct instruction

Materi: Model pembelajaran kooperatif
Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar.

Materi: Model pembelajaran direct instruction
Pustaka: Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran
0%

7

Minggu ke 7

Mendeskripsikan ragam model pembelajaran pada pembelajaran ekonomi

  1. Mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran berbasis masalah
  2. Menganalisis sintaks model pembelajaran berbasis masalah
  3. mengidentifikasi materi ekonomi yang relevan dengan model pembelajaran berbasis masalah
  4. Mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran berbasis project
  5. Menganalisis sintaks model pembelajaran berbasis project
  6. mengidentifikasi materi ekonomi yang relevan dengan model pembelajaran berbasis project
Kriteria:

Mengacu pada rubrik penilaian tes tulis dan partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran studi kasus: Pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis project
100

Materi: Model pembelajaran kooperatif
Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar.

Materi: Model pembelajaran direct instruction
Pustaka: Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran
0%

8

Minggu ke 8

  1. Menganalisis pendekatan pembelajaran
  2. Menganalisis model pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Ujian Tengah Semester
100
Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran

Materi: Pendekatan pembelajaran
Pustaka: Nur, Mohmmad. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran

Materi: Model pembelajaran
Pustaka: Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.
30%

9

Minggu ke 9

Mendeskripsikan jenis – jenis metode pembelajaran ekonomi.

  1. Mampu mendeskripsikan pengertian metode pembelajaran
  2. Mampu mengklasifikasi-kan jenis-jenis metode pembelajaran ekonomi
Luring
Diskusi ,tanya jawab, ceramah
0%

10

Minggu ke 10

Mendeskripsikan jenis – jenis metode pembelajaran ekonomi.

  1. Mampu mendeskripsikan pengertian metode pembelajaran
  2. Mampu mengklasifikasi-kan jenis-jenis metode pembelajaran ekonomi
Luring
Diskusi ,tanya jawab, ceramah
0%

11

Minggu ke 11

  1. Mampu menjelaskan proses pengelolaan kelas
  2. Membedakan pengelolaan kelas menurut dimensinya
  3. Mendiskusikan upaya penanganan pelangggaran kelas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi

Materi: pengelolaan kelas
Pustaka: Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran
0%

12

Minggu ke 12

Merancang strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa .


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tanya jawab, ceramah, project

0%

13

Minggu ke 13

Merancang strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa .

  1. Mampu menentukan strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa
  2. Mampu menyusun pendekatan, model, dan metode pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi, tanya jawab, ceramah, project

Materi: implementasi strategi pembelajaran
Pustaka: Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.
20%

14

Minggu ke 14

Mensimulasikan strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa

  1. Mampu mengaplikasikan pemilihan pendekatan. Model dan metode pembelajaran ekonomi dikelas
  2. Mampu mempraktekkan melalui simulasi strategi pembelajaran ekonomi dikelas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi,tanya jawab, project

Materi: implementasi strategi pembelajaran
Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar.
0%

15

Minggu ke 15

Mensimulasikan strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa

  1. Mampu mengaplikasikan pemilihan pendekatan. Model dan metode pembelajaran ekonomi dikelas
  2. Mampu mempraktekkan melalui simulasi strategi pembelajaran ekonomi dikelas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi,tanya jawab, project

Materi: implementasi strategi pembelajaran
Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar.
0%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 65%
3. Praktik / Unjuk Kerja 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.