|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
STRATEGI PEMBELAJARAN EKONOMI |
8720302378 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
17 November 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Eka Indah Nurlaili, S.Pd.,M.Pd.
|
Dhiah Fitrayati, S.Pd., ME.
|
Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu merancang dan menyusun perangkat pembelajaran ekonomi yang berbasis IPTEKS |
PLO-9 |
Mampu menguasai konsep perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas secara efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri maupun kelompok
|
PO - 2 |
Menelaah berbagai pendekatan, model, dan metode pembelajaran yang relevan dengan pembelajaran ekonomi
|
PO - 3 |
Mampu merancang strategi pemnbelajaran ekonomi yang sesuai dengan perkembangan peserta didik
|
PO - 4 |
Mampu merancang inovasi pembelajaran ekonomi
|
PO - 5 |
Mampu mempraktikkan strategi pembelajaran ekonomi pada materi tertentu
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-9 | PO-1 | | ✔ | ✔ | PO-2 | | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah ini mengkaji bagaimana strategi pembelajaran ekonomi, dengan mempelajari mengenai strategi belajar mengajar, hakekat belajar dan pembelajaran ekonomi dikelas, pendekatan pembelajaran ekonomi, model-model pembelajaran, metode pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Untuk mengetahui sejauhmana kemampuan mahasiswa mengaplikasikan model dan metode yang sudah dikenalkan, dilakukan simulasi setiap model dan metode yang dipelajari.
|
Pustaka
|
Utama : |
|
- Nur, Mohmmad. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran
- Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar.
- Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran
- Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.
|
Pendukung : |
|
- Nur, Mohmmad., dkk. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Unipres
- Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd. Eka Indah Nurlaili, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan makna hakekat belajar dan pembelajaran ekonomi |
- Mampu mendeskripsikan makna hakikat belajar
- Mampu mendeskripsikan hakikat pembelajaran ekonomi
- Mampu menyebutkan prinsip-prinsip pembelajaran ekonomi
- Mampu menganalisis karakteristik pembelajaran ekonomi
|
Kriteria:
Mengacu pada rubrik penilaian partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah, diskusi kelompok 100 |
|
Materi: Karakteristik pembelajaran ekonomi Pustaka: Nur, Mohmmad., dkk. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Unipres |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis ragam strategi pembelajaran |
- Mampu menjelaskan pengertian strategi belajar mengajar
- Mampu menyebutkan jenis-jenis strategi belajar mengajar
- Mampu mengklasifikasikan strategi belajar mengajar pada pembelajaran ekonomi
|
Kriteria:
Mengacu rubrik Penilaian partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran kooperatif, diskusi kelompok 100 |
|
Materi: strategi belajar Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar. |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mendeskripsikan ragam pendekatan dalam pembelajaran ekonomi |
- Mampu mendeskripsikan pengertian pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran
- Mampu mengindentifikasi karakteristik pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran
- Mampu menganalisis komponen pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran
|
Kriteria:
Rubrik penilaian tes Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran studi kasus: Pendekatan pembelajaran konstruktivis
|
|
Materi: Pendekatan konstruktivis Pustaka: Nur, Mohmmad., dkk. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Unipres |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mendeskripsikan ragam pendekatan dalam pembelajaran ekonomi |
- Mampu mendeskripsikan pengertian pendekatan kontekstual dalam pembelajaran
- Mampu mengindentifikasi karakteristik pendekatan kontekstual dalam pembelajaran
- Mampu menganalisis komponen pendekatan kontekstual dalam pembelajaran
|
Kriteria:
Rubrik penilaian tes Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran studi kasus: Pendekatan pembelajaran kontekstual
|
|
Materi: Pendekatan Kontekstual Pustaka: Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mendeskripsikan ragam pendekatan dalam pembelajaran ekonomi |
- Mampu mendeskripsikan pengertian pendekatan saintifik dalam pembelajaran
- Mampu mengindentifikasi karakteristik pendekatan saintifik dalam pembelajaran
- Mampu menganalisis komponen pendekatan saintifik dalam pembelajaran
|
Kriteria:
Rubrik penilaian tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran studi kasus: Pendekatan saintifik
|
|
Materi: Pendekatan saintifik Pustaka: Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. |
20% |
6
Minggu ke 6 |
Mendeskripsikan ragam model pembelajaran pada pembelajaran ekonomi |
- Mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran kooperatif
- Menganalisis sintaks model pembelajaran kooperatif
- mengidentifikasi materi ekonomi yang relevan dengan model pembelajaran kooperatif
- Mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran direct instruction
- Menganalisis sintaks model pembelajaran direct instruction
- mengidentifikasi materi ekonomi yang relevan dengan model pembelajaran direct instruction
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran studi kasus: Pembelajaran kooperatif dan direct instruction
|
|
Materi: Model pembelajaran kooperatif Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Materi: Model pembelajaran direct instruction Pustaka: Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripsikan ragam model pembelajaran pada pembelajaran ekonomi |
- Mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran berbasis masalah
- Menganalisis sintaks model pembelajaran berbasis masalah
- mengidentifikasi materi ekonomi yang relevan dengan model pembelajaran berbasis masalah
- Mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran berbasis project
- Menganalisis sintaks model pembelajaran berbasis project
- mengidentifikasi materi ekonomi yang relevan dengan model pembelajaran berbasis project
|
Kriteria:
Mengacu pada rubrik penilaian tes tulis dan partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran studi kasus: Pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis project 100 |
|
Materi: Model pembelajaran kooperatif Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Materi: Model pembelajaran direct instruction Pustaka: Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran |
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
- Menganalisis pendekatan pembelajaran
- Menganalisis model pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Ujian Tengah Semester 100 |
Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran Materi: Pendekatan pembelajaran Pustaka: Nur, Mohmmad. 2000. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran Materi: Model pembelajaran Pustaka: Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. |
30% |
9
Minggu ke 9 |
Mendeskripsikan jenis – jenis metode pembelajaran ekonomi. |
- Mampu mendeskripsikan pengertian metode pembelajaran
- Mampu mengklasifikasi-kan jenis-jenis metode pembelajaran ekonomi
|
|
Luring
|
Diskusi ,tanya jawab, ceramah
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mendeskripsikan jenis – jenis metode pembelajaran ekonomi. |
- Mampu mendeskripsikan pengertian metode pembelajaran
- Mampu mengklasifikasi-kan jenis-jenis metode pembelajaran ekonomi
|
|
Luring
|
Diskusi ,tanya jawab, ceramah
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
- Mampu menjelaskan proses pengelolaan kelas
- Membedakan pengelolaan kelas menurut dimensinya
- Mendiskusikan upaya penanganan pelangggaran kelas
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi
|
|
Materi: pengelolaan kelas Pustaka: Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Merancang strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa . |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, tanya jawab, ceramah, project
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa . |
- Mampu menentukan strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa
- Mampu menyusun pendekatan, model, dan metode pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, tanya jawab, ceramah, project
|
|
Materi: implementasi strategi pembelajaran Pustaka: Nasution. 2017. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. |
20% |
14
Minggu ke 14 |
Mensimulasikan strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa |
- Mampu mengaplikasikan pemilihan pendekatan. Model dan metode pembelajaran ekonomi dikelas
- Mampu mempraktekkan melalui simulasi strategi pembelajaran ekonomi dikelas
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi,tanya jawab, project
|
|
Materi: implementasi strategi pembelajaran Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar. |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mensimulasikan strategi pembelajaran ekonomi pada kompetensi dasar siswa |
- Mampu mengaplikasikan pemilihan pendekatan. Model dan metode pembelajaran ekonomi dikelas
- Mampu mempraktekkan melalui simulasi strategi pembelajaran ekonomi dikelas
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi,tanya jawab, project
|
|
Materi: implementasi strategi pembelajaran Pustaka: Nur, Mohammad. 2000. Strategi Belajar Mengajar. |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi
|
|
|
30% |