Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Listrik Magnet dan Optik Dasar

8420304295

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=1

ECTS=6.36

2

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim Dosen




Binar Kurnia Prahani




Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern

PLO-6

Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep dasar listrik dan magnet dalam pemecahan masalah praktis dan situasi nyata (C3)

PO - 2

Menganalisis rangkaian listrik dan magnet untuk memahami perilaku sistem dalam berbagai kondisi (C4)

PO - 3

Mengevaluasi hasil eksperimen optik dengan menggunakan prinsip-prinsip fisika dan standar ilmiah (C5)

PO - 4

Menciptakan desain eksperimental untuk menguji hipotesis dalam bidang listrik, magnet, dan optik (C6)

PO - 5

Menerapkan teori dan prinsip optik dalam pengembangan alat-alat optik inovatif (C3)

PO - 6

Menganalisis data dan fenomena dalam eksperimen listrik dan magnet untuk mengidentifikasi pola atau kesalahan konseptual (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas dan efisiensi perangkat optik yang ada dan mengusulkan perbaikan berdasarkan prinsip fisika (C5)

PO - 8

Menciptakan metode pengajaran yang inovatif untuk konsep-konsep dasar listrik, magnet, dan optik yang sesuai untuk berbagai tingkat pendidikan (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip-prinsip fisika dalam pengembangan solusi untuk masalah lingkungan yang terkait dengan listrik dan magnet (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengevaluasi penggunaan teknologi optik dalam konteks kehidupan sehari-hari dan industri (C4, C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8   
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Listrik Magnet Dan Optik Dasar pada program studi Pendidikan Fisika untuk jenjang S1 membahas konsep dasar tentang listrik, magnet, dan optik. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman yang kokoh mengenai prinsip-prinsip dasar dalam bidang listrik, magnet, dan optik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Ruang lingkup mata kuliah mencakup hukum-hukum dasar listrik dan magnet, sifat-sifat cahaya, pembiasan cahaya, pembentukan gambar, dan topik-topik terkait lainnya yang relevan dalam fisika listrik, magnet, dan optik.

Pustaka

Utama :

  1. Fitzpatrick, R. (2007). Electromagnetism and Optics: An Introductory Course. University of Texas
  2. Savelyev, I. V. (1979). Physics: A General Course, Vol. 2: Electricity and Magnetism, Waves, Optics. Mir Publishers

Pendukung :

  1. Electromagnetism and Optics: An Introductory Course. (2007)
  2. Gray, R. L. (1997). Physics Problems: Electricity, Magnetism & Optics (Self-Teaching Guides). Wiley

Dosen Pengampu

Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.

Dr. Dwikoranto, M.Pd.

Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc.

Woro Setyarsih, S.Pd., M.Si.

Abu Zainuddin, S.Pd., M.Pd.

Dr. Habibi, S.Si., M.Pd.

Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd.

Dr. Oka Saputra, M.Pd

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar listrik dan magnet dalam pemecahan masalah praktis dan situasi nyata.

  1. Ketepatan menjelaskan konsep dasar listrik dan magnet dalam pemecahan masalah praktis dan situasi nyata
  2. Ketepatan menjelaskan konsep dasar magnet dalam pemecahan masalah praktis dan situasi nyata
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Penugasan online memungkinkan. Mahasiswa diminta untuk membuat video eksperimen sederhana yang menunjukkan penerapan konsep listrik dan magnet dalam situasi nyata.
150 menit
Materi: Hukum Coulomb, Medan Listrik, Gaya Magnet, Induksi Magnetik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar listrik dan magnet dalam pemecahan masalah praktis dan situasi nyata dengan baik.

  1. Penerapan konsep listrik dan magnet dalam pemecahan masalah
  2. Kemampuan menganalisis situasi nyata yang melibatkan listrik dan magnet
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Diskusi daring tentang penerapan konsep listrik dan magnet dalam kehidupan sehari-hari
150 menit
Materi: Hukum Coulomb, Medan Magnet, Induksi Elektromagnetik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis rangkaian listrik dan magnet untuk memahami perilaku sistem dalam berbagai kondisi.

  1. Pemahaman konsep dasar listrik dan magnet
  2. Kemampuan menganalisis rangkaian listrik dan magnet
  3. Kemampuan memecahkan masalah terkait listrik dan magnet
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
diskusi daring dan penugasan
150 menit
Materi: Konsep Dasar Listrik dan Magnet, Hukum Ohm, Rangkaian Listrik Seri dan Paralel, Induksi Magnetik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis rangkaian listrik dan magnet untuk memahami perilaku sistem dalam berbagai kondisi.

  1. Analisis sistem rangkaian listrik dan magnet
  2. Pemahaman hubungan listrik dan magnet
  3. Kemampuan menganalisis perilaku sistem
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Diskusi daring tentang analisis rangkaian listrik dan magnet
150 menit
Materi: Prinsip dasar listrik dan magnet, Hukum Ohm, Hukum Faraday, Rangkaian listrik sederhana, Rangkaian magnet sederhana
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi hasil eksperimen optik dengan menggunakan prinsip-prinsip fisika dan standar ilmiah secara kritis dan akurat.

  1. Analisis data eksperimen
  2. Kemampuan mengidentifikasi kesalahan
  3. Kemampuan menyimpulkan hasil eksperimen
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Penugasan Analisis Data Eksperimen Optik
150 menit
Materi: Prinsip-prinsip fisika dalam optik, Pengolahan data eksperimen optik, Kesalahan umum dalam eksperimen optik, Penyimpulan hasil eksperimen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi hasil eksperimen optik dengan menggunakan prinsip-prinsip fisika dan standar ilmiah secara kritis dan akurat.

  1. Analisis data eksperimen optik
  2. Kemampuan mengidentifikasi kesalahan
  3. Kemampuan menyimpulkan hasil eksperimen
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Diskusi Online
150 menit
Materi: Prinsip-prinsip fisika dalam optik, Metode eksperimen optik, Analisis data eksperimen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan desain eksperimental yang valid dan dapat menguji hipotesis dalam bidang listrik, magnet, dan optik.

  1. Kemampuan merancang eksperimen
  2. Kemampuan menguji hipotesis
  3. Kemampuan menganalisis hasil eksperimen
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Penugasan
150 menit
Materi: Pengenalan Desain Eksperimental, Langkah-langkah Membuat Hipotesis, Penerapan Desain Eksperimental dalam Listrik, Magnet, dan Optik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

Indikator Pertemuan 1 sampai 7

Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sesuai rubrik tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis
Tes tulis
Materi: Materi pertemuan 1 - 7
Pustaka: Fitzpatrick, R. (2007). Electromagnetism and Optics: An Introductory Course. University of Texas
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan desain eksperimental yang valid untuk menguji hipotesis dalam bidang listrik, magnet, dan optik.

  1. Desain eksperimental yang tepat
  2. Kemampuan menguji hipotesis dengan benar
  3. Analisis hasil eksperimen yang akurat
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Penugasan online
150 menit
Materi: Prinsip dasar desain eksperimental, Pengujian hipotesis, Analisis data eksperimen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip optik dalam pengembangan alat-alat optik inovatif.

  1. Penerapan teori optik dalam pengembangan alat optik
  2. Inovasi dalam pengembangan alat optik
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Diskusi daring tentang ide pengembangan alat optik inovatif
150 menit
Materi: Teori optik, Prinsip optik, Pengembangan alat-alat optik inovatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data eksperimen listrik dan magnet dengan baik untuk mengidentifikasi pola atau kesalahan konseptual yang mungkin terjadi.

  1. Analisis data eksperimen listrik dan magnet
  2. Identifikasi pola dalam data eksperimen
  3. Mengidentifikasi kesalahan konseptual
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Diskusi daring tentang analisis data eksperimen listrik dan magnet, Pengumpulan portofolio analisis data eksperimen
150 menit
Materi: Metode analisis data eksperimen listrik dan magnet, Pola dalam data eksperimen, Kesalahan konseptual dalam eksperimen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas dan efisiensi perangkat optik yang ada serta mengusulkan perbaikan berdasarkan prinsip fisika.

  1. Kemampuan menganalisis kinerja perangkat optik
  2. Kemampuan mengidentifikasi area perbaikan perangkat optik
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Diskusi daring tentang evaluasi perangkat optik yang ada dan perbaikan yang dapat dilakukan
150 menit
Materi: Prinsip Fisika dalam Perangkat Optik, Evaluasi Efektivitas Perangkat Optik, Mengidentifikasi Area Perbaikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menciptakan metode pengajaran inovatif untuk konsep dasar listrik, magnet, dan optik yang dapat diterapkan pada berbagai tingkat pendidikan.

  1. Kreativitas dalam merancang metode pengajaran
  2. Relevansi metode pengajaran dengan konsep dasar listrik, magnet, dan optik
  3. Kemampuan menjelaskan keunggulan metode pengajaran yang diciptakan
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Diskusi daring tentang penerapan metode pengajaran inovatif untuk konsep dasar listrik, magnet, dan optik
150 menit
Materi: Konsep Dasar Listrik, Konsep Dasar Magnet, Konsep Dasar Optik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip fisika dalam mengidentifikasi dan mengembangkan solusi untuk masalah lingkungan yang berkaitan dengan listrik dan magnet.

  1. Penerapan prinsip fisika dalam solusi lingkungan
  2. Kreativitas dalam mengembangkan solusi
  3. Kemampuan analisis dalam konteks listrik dan magnet
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Diskusi daring tentang penerapan prinsip fisika dalam solusi lingkungan, Penugasan proyek online mengembangkan solusi listrik dan magnet
150 menit
Materi: Konsep fisika terkait listrik dan magnet, Penerapan fisika dalam solusi lingkungan, Studi kasus masalah lingkungan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi penggunaan teknologi optik dalam kehidupan sehari-hari dan industri.

  1. Mampu menganalisis aplikasi teknologi optik dalam kehidupan sehari-hari
  2. Mampu mengevaluasi penggunaan teknologi optik dalam industri
Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab: sangat tepat (90-100), tepat (75-89), kurang (61-74), Salah/Tidak aktif (<60)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, dan studi kasus.
150 menit
Diskusi daring tentang aplikasi teknologi optik dalam kehidupan sehari-hari dan industri
150 menit
Materi: Pengenalan teknologi optik, Aplikasi teknologi optik dalam kehidupan sehari-hari, Penggunaan teknologi optik dalam industri
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

16

Minggu ke 16

Ketepatan dalam menyelesaikan studi kasus dalam listrik magnet dan optik

Ketepatan menyelesaikan kasus aplikasi listrik magnet dan optik

Kriteria:

Ketepatan dalam menjawab soal UTS: Kriteria penilaian sesuai rubrik


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis
Tes tulis
Materi: Aplikasi optik dalam kehidupan sehari-hari, Teknologi optik dalam industri, Analisis penggunaan teknologi optik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 47%
2. Penilaian Praktikum 3%
3. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.