Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perilaku Ekonomi

8700303005

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

29 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof Jun Surjanti, Dr.Retno Mustika Dewi




Prof.Dr.Jun Surjanti




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

PLO-8

Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Apa Itu Perilaku Ekonomi Dan Apakah Ini Penting?

PO - 2

Ekonomi Perilaku Dalam Retrospeksi: Bagaimana Dan Mengapa Itu Dimulai

PO - 3

Econ : Homo Economicus, Human Homo Psychologicus

PO - 4

Kekuatan Faktor Sosial, Emosional, Dan Kepribadian

PO - 5

Dorongan Mengapa, Cara, Dan Keluaran / Aduan

PO - 6

Jual! Persuasi Komersial Dan Politik

PO - 7

Perilaku dan Psikologi Keuangan

PO - 8

Konsep Psikologis dan Bias Perilaku

PO - 9

Aspek Perilaku Penetapan Harga Aset dan Psikologi Layanan Keuangan

PO - 10

Penerapan Dan Masa Depan Perilaku Keuangan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1      
PO-2    
PO-3      
PO-4     
PO-5    
PO-6     
PO-7  
PO-8   
PO-9  
PO-10    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi mata kuliah ini membahas Keperilakuan ekonomi berisi tentang : Kajian Traditional Economics tentang proses pengambilan keputusan individu yang rasional sebagai homo economicus yang memaksimalkan keuntungan melalui pertimbangan pengambilan keputusan keputusan rasional dan irasional dengan asumsi Bounded Rationality berdasarkan Economic Ethic/economic morality menekankan pada kajian yang tidak hanya didorong oleh kepuasan (profit) tapi juga selain aspek sosial dan emosional. Selain itu dibahas tentang keperilakuan Keuangan yang berisi Konsep Keuangan Keperilakuan Keuangan keuangan keperilakuan sebagai aplikasi psikologi terhadap keuangan dan dampaknya terhadap pasar. mendefinisikan keuangan keperilakuan, integrasi ekonomi dan keuangan klasik dengan psikologi dan ilmu pembuatan keputusan berdasarkan literatur literatur keuangan, yang dilengkapi dengan perilaku. Peniaiannya berupa tes dan partisipasi.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis
  2. 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc
  3. 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science+Business Media (www.springer.com)

Pendukung :

  1. 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc
  2. 2. H. Kent Baker, Greg Filbeck and Victor Ricciardi. 2017. Financial Behavior: Players, Services, Products, and Market. New York: Oxford UniversityPresss
  3. Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.

Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.

Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami penerapan perilaku ekonomi dan pentingnya penerapan perilaku ekonomi

  1. Mampu menganalisis perilaku ekonomi di seluruh dunia
  2. Mampu Menyusun perbedaan Econ (Or Homo Economicus) Dan Human (Or Homo Psychologicus)
  3. Mampu Menyusun perilaku ekonomi yang salah
  4. Mampu menganalisis konsep menggantikan atau melengkapi dalam perilaku ekonomi
  5. Mampu menganlisis Produk Nasional Bruto Atau Kebahagiaan Nasional Bruto
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, cooperative learning, dna penugasan
120 Menit
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
120 Menit
Materi: Mampu memahami penerapan perilaku ekonomi dan pentingnya penerapan perilaku ekonomi
Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami ekonomi perilaku dalam retrospeksi, serta bagaimana dan mengapa itu dimulai

  1. Mampu menganalisis Tradisi Ekonomi Klasik
  2. Mampu memahami pendapat para ekonom
  3. Mampu menganalisis Opportunity Cost
  4. Mampu memahami aumsi moral dan politik
  5. Mampu memahami ekonomi neoklasik
  6. Mampu memahi pembeda ekonomi
  7. Mampu menganalisis pentingnya ilmu ekonomi perilaku
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu memahami ekonomi perilaku dalam retrospeksi, serta bagaimana dan mengapa itu dimulai
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc

Materi: Mampu memahami ekonomi perilaku dalam retrospeksi, serta bagaimana dan mengapa itu dimulai
Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami Homo Economicus (Econ)

  1. Mampu memahmi dasar-dasar ekonomi neoklasik
  2. Mampu menganalisis entitas ekonomi
  3. Mampu mendesain perilaku altruistic
  4. Mampu menganalisis teori marshall dan marginalisme
  5. Mampu Menyusun preferensi konsisten (antara hasil)
  6. Mampu mendesain perilaku rasional homo economicus
  7. Mampu Menyusun maksimalisasi utilitas
  8. Mampu menganalisis teori nilai yang diharapkan (utilitas)
  9. Mampu menganalisis pembalikan preferensi (allais paradox)
  10. Mampu menganalisis rasionalitas terbatas dan heterodoxy
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case Study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu memahami Homo Economicus (Econ)
Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian

  1. Mampu menganalisis keengganan kehilangan
  2. Mampu memahami efek hibah
  3. Mampu menganilis uang dalam akuntansi mental
  4. Mampu memahami heuristik dan bias
  5. Mampu Menyusun penyimpangan sistematis dari rasionalitas
  6. Mampu menganalisis efek framing
Kriteria:

pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu memahami Human Homo Psychologicus
Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis

Materi: Mampu memahami Human Homo Psychologicus
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian

  1. Mampu memahami dunia sosial ekonomi
  2. Mampu memahami teori sains dasar
  3. Mampu Menyusun kepentingan sendiri dan kepercayaan yang bijak
  4. Mampu mendesain perilaku game eksperimental
  5. Mampu menganalisis barang publik dan perilaku tidak egois
  6. Mampu Menyusun Nash equilibrium dan Prisoners dilemma
  7. Mampu menganalisis keadaan sementara dan ciri-ciri kepribadian
  8. Mampu menganalisis kesenjangan empati
  9. Mampu menganalisis kepribadian dan pekerjaan
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: ampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian
Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis

Materi: ampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian
Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis dorongan mengapa (alasan), cara, dan keluaran / aduan

  1. Mampu memahami ekonomi standar dan ilmu perilaku
  2. Mampu memahami dorongan dan kebijakan ekonomi standar
  3. Mampu menganalisis pelestarian kebebasan
  4. Mampu menganalisis MINDSPACE
  5. Mampu memahami Model COM- B
  6. Mampu memahami pemurnian preferensi
  7. Mampu menganalisis penalaran objektif dan preferensi subyektif
  8. Mampu memahami paternalisme
  9. Mampu menganalisis perbandingan sosial dan kesejahteraan subyektif
  10. Mampu memahami peramalan affektif
Kriteria:

pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis dorongan mengapa (alasan), cara, dan keluaran / aduan
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis persuasi komersial dan politik

  1. Mampu memahami pengaruh tersembunyi
  2. Mampu memahami the butterfly effect
  3. Mampu Menyusun preferensi komersial
  4. Mampu menganalisis kepribadian dan belanja online
  5. Mampu menganalisis nilai psikologis ekonomi
  6. Mampu memahami teknik persuasi, & metode evaluasi
  7. Mampu menganalisis fakta psikologi dalam pembuatan keputusan
  8. Mampu memahami penyesalan pembeli, teori reaktansi, efek penahan, keengganan kerugian, harga umpan, efek kompromi
  9. Mampu memahami treadmill hedonis konsumen & kekuatan media sosial
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis persuasi komersial dan politik
Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)

Materi: Mampu menganalisis persuasi komersial dan politik
Pustaka: 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
120 Menit
UTS
120 Menit
Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami perilaku dan psikologi keuangan

  1. Mampu memahami gambaran umum perilaku keuangan
  2. Mampu menganalisis psikologi keuangan pemain
  3. Mampu menyusun layanan, dan produk
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu memahami perilaku dan psikologi keuangan
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc

Materi: Mampu memahami perilaku dan psikologi keuangan
Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku

  1. Mampu memahami efek disposisi
  2. Mampu memahami teori prospek dan keuangan perilaku
  3. Mampu memahami teori prospek kumulatif
  4. Mampu menyusun pengujian menggunakan pendekatan dominasi stokastik
  5. Mampu memahami konsep terlalu percaya diri
  6. Mampu memahami heuristik keterwakilan
  7. Mampu menganalisis bias keakraban perhatian yang terbatas & bias perilaku lainnya
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku
Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis

Materi: Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc

Materi: Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku
Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset

  1. Mampu menganalisis inefisiensi pasar
  2. Mampu menyusun model berbasis keyakinan dan preferensi
Kriteria:

pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc

Materi: Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset
Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)

Materi: Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset
Pustaka: 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami perilaku Keuangan Perusahaan

  1. Mampu menganalisis pengambilan keputusan perusahaan
  2. Mampu menganalisis keputusan pendanaan; penganggaran modal dan keputusan investasi lainnya
  3. Mampu menganalisis keputusan kebijakan dividen; loyalitas, konflik keagenan, dan tata kelola perusahaan; penawaran saham perdana
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu memahami perilaku Keuangan Perusahaan
Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis

Materi: Mampu memahami perilaku Keuangan Perusahaan
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis perilaku investor

  1. Mampu menganalisis perilaku kepercayaan: landasan penting
  2. Mampu memahami pasar keuangan
  3. Mampu menganalisis perdagangan investor peroranga
  4. Mampu menganalisis portofolio investor perorangan
  5. Mampu menganalisis kemampuan kognitif dan keputusan keuangan;
  6. Mampu menganalisis perilaku peserta pensiun
  7. Mampu memahami investor institusional
  8. Mampu memahami pasar derivatif
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis perilaku investor
Pustaka: 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc

Materi: Mampu menganalisis perilaku investor
Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami psikologi Layanan Keuangan

  1. Mampu menganalisis aspek psikologis dalam perencanaan keuangan
  2. Mampu memahami jasa penasihat keuangan
  3. Mampu menganalisis asuransi dan manajemen risiko
  4. Mampu menganalisis faktor psikologis dalam perencanaan warisan
  5. Mampu memahami bias individu dalam perencanaan pensiun dan manajemen kekayaan
Kriteria:

pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
Materi: Mampu memahami psikologi Layanan Keuangan
Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis

Materi: Mampu memahami psikologi Layanan Keuangan
Pustaka: 2. H. Kent Baker, Greg Filbeck and Victor Ricciardi. 2017. Financial Behavior: Players, Services, Products, and Market. New York: Oxford UniversityPresss
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan

  1. Mampu menganalisis penerapan perilaku klien
  2. Mampu memahami perspektif praktisi
  3. Mampu memahami tantangan praktis dalam menerapkan keuangan perilaku
  4. Mampu Menyusun refleksi dari lapangan
Kriteria:

pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Case study, Cooperative learning dan penugasan
120 Menit
Materi: Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan
Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis

Materi: Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc

Materi: Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan
Pustaka: 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
120 Menit
UAS
120 Menit
Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 67.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.