
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perilaku Ekonomi |
8700303005 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
29 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof Jun Surjanti, Dr.Retno Mustika Dewi
|
Prof.Dr.Jun Surjanti
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
PLO-6 |
Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS. |
PLO-7 |
Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah. |
PLO-8 |
Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Apa Itu Perilaku Ekonomi Dan Apakah Ini Penting?
|
PO - 2 |
Ekonomi Perilaku Dalam Retrospeksi: Bagaimana Dan Mengapa Itu Dimulai
|
PO - 3 |
Econ : Homo Economicus, Human Homo Psychologicus
|
PO - 4 |
Kekuatan Faktor Sosial, Emosional, Dan Kepribadian
|
PO - 5 |
Dorongan Mengapa, Cara, Dan Keluaran / Aduan
|
PO - 6 |
Jual! Persuasi Komersial Dan Politik
|
PO - 7 |
Perilaku dan Psikologi Keuangan
|
PO - 8 |
Konsep Psikologis dan Bias Perilaku
|
PO - 9 |
Aspek Perilaku Penetapan Harga Aset dan Psikologi Layanan Keuangan
|
PO - 10 |
Penerapan Dan Masa Depan Perilaku Keuangan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | ✔ | | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | | | | PO-4 | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | PO-5 | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | PO-6 | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | PO-9 | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-10 | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi mata kuliah ini membahas Keperilakuan ekonomi berisi tentang : Kajian Traditional Economics tentang proses pengambilan keputusan individu yang rasional sebagai homo economicus yang memaksimalkan keuntungan melalui pertimbangan pengambilan keputusan keputusan rasional dan irasional dengan asumsi Bounded Rationality berdasarkan Economic Ethic/economic morality menekankan pada kajian yang tidak hanya didorong oleh kepuasan (profit) tapi juga selain aspek sosial dan emosional. Selain itu dibahas tentang keperilakuan Keuangan yang berisi Konsep Keuangan Keperilakuan Keuangan keuangan keperilakuan sebagai aplikasi psikologi terhadap keuangan dan dampaknya terhadap pasar. mendefinisikan keuangan keperilakuan, integrasi ekonomi dan keuangan klasik dengan psikologi dan ilmu pembuatan keputusan berdasarkan literatur literatur keuangan, yang dilengkapi dengan perilaku. Peniaiannya berupa tes dan partisipasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis
- 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc
- 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science+Business Media (www.springer.com)
|
Pendukung : |
|
- 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc
- 2. H. Kent Baker, Greg Filbeck and Victor Ricciardi. 2017. Financial Behavior: Players, Services, Products, and Market. New York: Oxford UniversityPresss
- Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si. Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami penerapan perilaku ekonomi dan pentingnya penerapan perilaku ekonomi |
- Mampu menganalisis perilaku ekonomi di seluruh dunia
- Mampu Menyusun perbedaan Econ (Or Homo Economicus) Dan Human (Or Homo Psychologicus)
- Mampu Menyusun perilaku ekonomi yang salah
- Mampu menganalisis konsep menggantikan atau melengkapi dalam perilaku ekonomi
- Mampu menganlisis Produk Nasional Bruto Atau Kebahagiaan Nasional Bruto
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, cooperative learning, dna penugasan 120 Menit |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi 120 Menit |
Materi: Mampu memahami penerapan perilaku ekonomi dan pentingnya penerapan perilaku ekonomi Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami ekonomi perilaku dalam retrospeksi, serta bagaimana dan mengapa itu dimulai |
- Mampu menganalisis Tradisi Ekonomi Klasik
- Mampu memahami pendapat para ekonom
- Mampu menganalisis Opportunity Cost
- Mampu memahami aumsi moral dan politik
- Mampu memahami ekonomi neoklasik
- Mampu memahi pembeda ekonomi
- Mampu menganalisis pentingnya ilmu ekonomi perilaku
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu memahami ekonomi perilaku dalam retrospeksi, serta bagaimana dan mengapa itu dimulai Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc Materi: Mampu memahami ekonomi perilaku dalam retrospeksi, serta bagaimana dan mengapa itu dimulai Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami Homo Economicus (Econ) |
- Mampu memahmi dasar-dasar ekonomi neoklasik
- Mampu menganalisis entitas ekonomi
- Mampu mendesain perilaku altruistic
- Mampu menganalisis teori marshall dan marginalisme
- Mampu Menyusun preferensi konsisten (antara hasil)
- Mampu mendesain perilaku rasional homo economicus
- Mampu Menyusun maksimalisasi utilitas
- Mampu menganalisis teori nilai yang diharapkan (utilitas)
- Mampu menganalisis pembalikan preferensi (allais paradox)
- Mampu menganalisis rasionalitas terbatas dan heterodoxy
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case Study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu memahami Homo Economicus (Econ) Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian |
- Mampu menganalisis keengganan kehilangan
- Mampu memahami efek hibah
- Mampu menganilis uang dalam akuntansi mental
- Mampu memahami heuristik dan bias
- Mampu Menyusun penyimpangan sistematis dari rasionalitas
- Mampu menganalisis efek framing
|
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu memahami Human Homo Psychologicus Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis Materi: Mampu memahami Human Homo Psychologicus Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian |
- Mampu memahami dunia sosial ekonomi
- Mampu memahami teori sains dasar
- Mampu Menyusun kepentingan sendiri dan kepercayaan yang bijak
- Mampu mendesain perilaku game eksperimental
- Mampu menganalisis barang publik dan perilaku tidak egois
- Mampu Menyusun Nash equilibrium dan Prisoners dilemma
- Mampu menganalisis keadaan sementara dan ciri-ciri kepribadian
- Mampu menganalisis kesenjangan empati
- Mampu menganalisis kepribadian dan pekerjaan
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: ampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis Materi: ampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis dorongan mengapa (alasan), cara, dan keluaran / aduan |
- Mampu memahami ekonomi standar dan ilmu perilaku
- Mampu memahami dorongan dan kebijakan ekonomi standar
- Mampu menganalisis pelestarian kebebasan
- Mampu menganalisis MINDSPACE
- Mampu memahami Model COM- B
- Mampu memahami pemurnian preferensi
- Mampu menganalisis penalaran objektif dan preferensi subyektif
- Mampu memahami paternalisme
- Mampu menganalisis perbandingan sosial dan kesejahteraan subyektif
- Mampu memahami peramalan affektif
|
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis dorongan mengapa (alasan), cara, dan keluaran / aduan Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis persuasi komersial dan politik |
- Mampu memahami pengaruh tersembunyi
- Mampu memahami the butterfly effect
- Mampu Menyusun preferensi komersial
- Mampu menganalisis kepribadian dan belanja online
- Mampu menganalisis nilai psikologis ekonomi
- Mampu memahami teknik persuasi, & metode evaluasi
- Mampu menganalisis fakta psikologi dalam pembuatan keputusan
- Mampu memahami penyesalan pembeli, teori reaktansi, efek penahan, keengganan kerugian, harga umpan, efek kompromi
- Mampu memahami treadmill hedonis konsumen & kekuatan media sosial
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis persuasi komersial dan politik Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) Materi: Mampu menganalisis persuasi komersial dan politik Pustaka: 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 120 Menit |
UTS 120 Menit |
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami perilaku dan psikologi keuangan |
- Mampu memahami gambaran umum perilaku keuangan
- Mampu menganalisis psikologi keuangan pemain
- Mampu menyusun layanan, dan produk
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu memahami perilaku dan psikologi keuangan Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc Materi: Mampu memahami perilaku dan psikologi keuangan Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku |
- Mampu memahami efek disposisi
- Mampu memahami teori prospek dan keuangan perilaku
- Mampu memahami teori prospek kumulatif
- Mampu menyusun pengujian menggunakan pendekatan dominasi stokastik
- Mampu memahami konsep terlalu percaya diri
- Mampu memahami heuristik keterwakilan
- Mampu menganalisis bias keakraban perhatian yang terbatas & bias perilaku lainnya
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis Materi: Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc Materi: Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset |
- Mampu menganalisis inefisiensi pasar
- Mampu menyusun model berbasis keyakinan dan preferensi
|
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc Materi: Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) Materi: Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset Pustaka: 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami perilaku Keuangan Perusahaan |
- Mampu menganalisis pengambilan keputusan perusahaan
- Mampu menganalisis keputusan pendanaan; penganggaran modal dan keputusan investasi lainnya
- Mampu menganalisis keputusan kebijakan dividen; loyalitas, konflik keagenan, dan tata kelola perusahaan; penawaran saham perdana
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu memahami perilaku Keuangan Perusahaan Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis Materi: Mampu memahami perilaku Keuangan Perusahaan Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis perilaku investor |
- Mampu menganalisis perilaku kepercayaan: landasan penting
- Mampu memahami pasar keuangan
- Mampu menganalisis perdagangan investor peroranga
- Mampu menganalisis portofolio investor perorangan
- Mampu menganalisis kemampuan kognitif dan keputusan keuangan;
- Mampu menganalisis perilaku peserta pensiun
- Mampu memahami investor institusional
- Mampu memahami pasar derivatif
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis perilaku investor Pustaka: 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc Materi: Mampu menganalisis perilaku investor Pustaka: 3. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami psikologi Layanan Keuangan |
- Mampu menganalisis aspek psikologis dalam perencanaan keuangan
- Mampu memahami jasa penasihat keuangan
- Mampu menganalisis asuransi dan manajemen risiko
- Mampu menganalisis faktor psikologis dalam perencanaan warisan
- Mampu memahami bias individu dalam perencanaan pensiun dan manajemen kekayaan
|
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan
|
Materi: Mampu memahami psikologi Layanan Keuangan Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis Materi: Mampu memahami psikologi Layanan Keuangan Pustaka: 2. H. Kent Baker, Greg Filbeck and Victor Ricciardi. 2017. Financial Behavior: Players, Services, Products, and Market. New York: Oxford UniversityPresss |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan |
- Mampu menganalisis penerapan perilaku klien
- Mampu memahami perspektif praktisi
- Mampu memahami tantangan praktis dalam menerapkan keuangan perilaku
- Mampu Menyusun refleksi dari lapangan
|
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Case study, Cooperative learning dan penugasan 120 Menit |
Materi: Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis Materi: Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc Materi: Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan Pustaka: 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 120 Menit |
UAS 120 Menit |
Materi: UAS Pustaka: |
20% |