|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perilaku Ekonomi |
8700303005 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
29 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof Jun Surjanti, Dr.Retno Mustika Dewi
|
Prof.Dr.Jun Surjanti
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Apa Itu Perilaku Ekonomi Dan Apakah Ini Penting?
|
PO - 2 |
Ekonomi Perilaku Dalam Retrospeksi: Bagaimana Dan Mengapa Itu Dimulai
|
PO - 3 |
Econ : Homo Economicus
|
PO - 4 |
Human Homo Psychologicus
|
PO - 5 |
Kekuatan Faktor Sosial, Emosional, Dan Kepribadian
|
PO - 6 |
Dorongan Mengapa, Cara, Dan Keluaran / Aduan
|
PO - 7 |
Persuasi Komersial Dan Politik
|
PO - 8 |
Perilaku dan Psikologi Keuangan
|
PO - 9 |
Konsep Psikologis dan Bias Perilaku
|
PO - 10 |
Aspek Perilaku Penetapan Harga Aset
|
PO - 11 |
Psikologi Layanan Keuangan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ | PO-5 | | ✔ | ✔ | PO-6 | | ✔ | ✔ | PO-7 | | ✔ | ✔ | PO-8 | | ✔ | ✔ | PO-9 | | | | PO-10 | | | | PO-11 | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Keperilakuan ekonomi berisi tentang : Kajian Traditional Economics tentang proses pengambilan keputusan individu yang rasional sebagai homo economicus yang memaksimalkan keuntungan melalui pertimbangan pengambilan keputusan keputusan rasional dan irasional dengan asumsi Bounded Rationality berdasarkan Economic Ethic/economic morality menekankan pada kajian yang tidak hanya didorong oleh kepuasan (profit) tapi juga selain aspek sosial dan emosional. Selain itu dibahas tentang keperilakuan Keuangan yang berisi Konsep Keuangan Keperilakuan Keuangan keuangan keperilakuan sebagai aplikasi psikologi terhadap keuangan dan dampaknya terhadap pasar. mendefinisikan keuangan keperilakuan, integrasi ekonomi dan keuangan klasik dengan psikologi dan ilmu pembuatan keputusan berdasarkan literatur literatur keuangan, yang dilengkapi dengan perilaku |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis
- 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc
- 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science+Business Media (www.springer.com)
|
Pendukung : |
|
- 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc
- 2. H. Kent Baker, Greg Filbeck and Victor Ricciardi. 2017. Financial Behavior: Players, Services, Products, and Market. New York: Oxford UniversityPresss
- Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125
- 4. Surjanti, J., Aji, T. S., Rahman, Z., & Musfidah, H. (2019). Gender and educational background: Influence on entrepreneurial intention (EI) in economics learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 604–609. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20337
- 5. Surjanti, J., Musdholifah, & Budiono. (2017). Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter (1st ed.). Depublish.
- 6. Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125
- 7. Surjanti, J., Seno, D. N., Hadi, H. K., Maroah, S., Maroah, S., Siswanti, Y., Muafi, & Isfianadewi, D. (2018). The role of M-learning on effective alearning media in higher education. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(4), 77–85.
- 8. Surjanti, J., Soejoto, A., Seno, D. N., & Waspodo. (2020). Mangrove forest ecotourism: Participatory ecological learning and sustainability of students’ behavior through self-efficacy and self-concept. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 100009. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100009
- 3. Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125 4. Surjanti, J., Aji, T. S., Rahman, Z., & Musfidah, H. (2019). Gender and educational background: Influence on entrepreneurial intention (EI) in economics learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 604–609. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20337 5. Surjanti, J., Musdholifah, & Budiono. (2017). Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter (1st ed.). Depublish. 6. Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125 7. Surjanti, J., Seno, D. N., Hadi, H. K., Maroah, S., Maroah, S., Siswanti, Y., Muafi, & Isfianadewi, D. (2018). The role of M-learning on effective alearning media in higher education. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(4), 77–85. 8. Surjanti, J., Soejoto, A., Seno, D. N., & Waspodo. (2020). Mangrove forest ecotourism: Participatory ecological learning and sustainability of students’ behavior through self-efficacy and self-concept. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 100009. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100009 9. Surjanti, J., Wijayati, D. T., Hadi, H. K., & Muafi. (2018). The Relationship Pattern of Social Support, Work Stress, and Work Satisfaction ; a Context of Non-Certified Primary Education Teacher in Indonesia. 31st IBIMA International Conference, 1–7.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si. Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami penerapan perilaku ekonomi dan pentingnya penerapan perilaku ekonomi |
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
Materi: Penerapan perilaku ekonomi Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis |
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Tradisi Ekonomi Klasik 2. Pendapat para ekonom 3. Opportunity Cost 4. Asumsi Moral Dan Politik 5. Ekonomi Neoklasik 6. Pembeda Ekonomi 7. Pentingnya Ilmu Ekonomi Perilaku Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Dasar-dasar ekonomi neoklasik, 2. Entitas ekonomi 3. Perilaku altruistic 4. Marshall dan marginalisme 5. Preferensi konsisten (antara hasil) 6. Perilaku rasional homo economicus 7. Maksimalisasi utilitas 8. Teori nilai yang diharapkan (utilitas) 9. Pembalikan preferensi (allais paradox) 10. Rasionalitas terbatas dan Heterodoxy Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
Kriteria:
penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Keengganan kehilangan 2. Efek hibah 3. Uang: akuntansi mental 4. Heuristik dan bias 5. Penyimpangan sistematis dari rasionalitas 6. Efek framing Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Dunia sosial ekonomi 2. Teori sains dasar 3. Kepentingan sendiri dan kepercayaan yang bijak 4. Perilaku game eksperimental 5. Barang publik dan perilaku tidak egois 6. Nash equilibrium dan Prisoners dilemma 7. Keadaan sementara dan ciri-ciri kepribadian 8. Kesenjangan empati 9. Kepribadian dan pekerjaan Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
15% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis dorongan mengapa (alasan), cara, dan keluaran / aduan |
|
Kriteria:
penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Ekonomi standar dan ilmu perilaku 2. Dorongan dan kebijakan ekonomi standar 3. Pelestarian kebebasan 4. MINDSPACE 5. Model COM- B 6. Pemurnian preferensi 7. Penalaran objektif dan preferensi subyektif 8. Paternalisme 9. Perbandingan sosial dan kesejahteraan subyektif 10. Ketimpangan Pendapatan 11. Peramalan affektif Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis persuasi komersial dan politik |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Pengaruh tersembunyi 2. The butterfly effect 3. Preferensi komersial 4. Kepribadian dan belanja online 5. Nilai psikologis ekonomi 6. Teknik persuasi, & metode evaluasi 7. Fakta psikologi dalam Pembuatan keputusan 8. Penyesalan pembeli, teori reaktansi, efek penahan, keengganan kerugian, harga umpan, efek kompromi 9. Treadmill hedonis konsumen & kekuatan media sosial 10. Transformasi Digital Ekonomi untuk Gen Z in Society 5.0 Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
penilaian hasil diskusi |
Kriteria:
penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan Bentuk Penilaian : Tes |
Essai
|
|
Materi: UTS Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami perilaku dan psikologi keuangan |
penilaian hasil diskusi |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Gambaran Umum Perilaku Keuangan 2. Psikologi Keuangan Pemain 3. Layanan, dan Produk Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Efek disposisi 2. Teori prospek dan keuangan perilaku 3. Teori prospek kumulatif 4. Pengujian menggunakan pendekatan dominasi stokastik 5. Terlalu percaya diri Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset |
|
Kriteria:
penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Inefisiensi pasar; 2. Model berbasis keyakinan dan preferensi Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami perilaku Keuangan Perusahaan |
|
Kriteria:
penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Pengambilan keputusan perusahaan 2. Keputusan pendanaan; penganggaran modal dan keputusan investasi lainnya; 3. Keputusan kebijakan dividen; loyalitas, konflik keagenan, dan Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis perilaku investor |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Perilaku kepercayaan: landasan penting dari 2. Pasar keuangan; 3. Perdagangan investor peroranga 4. Portofolio investor perorangan; 5. Kemampuan kognitif dan keputusan keuangan; 6. Perilaku peserta pensiun; 7. Investor institusional; 8. Pasar derivatif Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami psikologi Layanan Keuangan |
|
Kriteria:
penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Aspek psikologis dalam perencanaan keuangan 2. Jasa penasihat keuangan 3. Asuransi dan manajemen risiko 4. Faktor psikologis dalam perencanaan warisan 5. Bias individu dalam perencanaan pensiun dan manajemen kekayaan Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan |
|
Kriteria:
penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan
● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
|
|
Materi: 1. Penerapan perilaku klien 2. Perspektif praktisi 3. Tantangan praktis dalam menerapkan keuangan perilaku 4. Refleksi dari lapangan Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com) |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tes Tulis
|
|
|
10% |