Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perilaku Ekonomi

8700303005

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

29 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof Jun Surjanti, Dr.Retno Mustika Dewi




Prof.Dr.Jun Surjanti




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Apa Itu Perilaku Ekonomi Dan Apakah Ini Penting?

PO - 2

Ekonomi Perilaku Dalam Retrospeksi: Bagaimana Dan Mengapa Itu Dimulai

PO - 3

Econ : Homo Economicus

PO - 4

Human Homo Psychologicus

PO - 5

Kekuatan Faktor Sosial, Emosional, Dan Kepribadian

PO - 6

Dorongan Mengapa, Cara, Dan Keluaran / Aduan

PO - 7

Persuasi Komersial Dan Politik

PO - 8

Perilaku dan Psikologi Keuangan

PO - 9

Konsep Psikologis dan Bias Perilaku

PO - 10

Aspek Perilaku Penetapan Harga Aset

PO - 11

Psikologi Layanan Keuangan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4
PO-1  
PO-2 
PO-3  
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9   
PO-10   
PO-11   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Keperilakuan ekonomi berisi tentang : Kajian Traditional Economics tentang proses pengambilan keputusan individu yang rasional sebagai homo economicus yang memaksimalkan keuntungan melalui pertimbangan pengambilan keputusan keputusan rasional dan irasional dengan asumsi Bounded Rationality berdasarkan Economic Ethic/economic morality menekankan pada kajian yang tidak hanya didorong oleh kepuasan (profit) tapi juga selain aspek sosial dan emosional. Selain itu dibahas tentang keperilakuan Keuangan yang berisi Konsep Keuangan Keperilakuan Keuangan keuangan keperilakuan sebagai aplikasi psikologi terhadap keuangan dan dampaknya terhadap pasar. mendefinisikan keuangan keperilakuan, integrasi ekonomi dan keuangan klasik dengan psikologi dan ilmu pembuatan keputusan berdasarkan literatur literatur keuangan, yang dilengkapi dengan perilaku

Pustaka

Utama :

  1. 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis
  2. 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc
  3. 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science+Business Media (www.springer.com)

Pendukung :

  1. 1. H. Kent Baker and John R. Nofsinger. 2010. Behavioral Finance: Investors, Corporations, and Markets. Canada: JohnWiley & Sons, Inc
  2. 2. H. Kent Baker, Greg Filbeck and Victor Ricciardi. 2017. Financial Behavior: Players, Services, Products, and Market. New York: Oxford UniversityPresss
  3. Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125
  4. 4. Surjanti, J., Aji, T. S., Rahman, Z., & Musfidah, H. (2019). Gender and educational background: Influence on entrepreneurial intention (EI) in economics learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 604–609. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20337
  5. 5. Surjanti, J., Musdholifah, & Budiono. (2017). Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter (1st ed.). Depublish.
  6. 6. Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125
  7. 7. Surjanti, J., Seno, D. N., Hadi, H. K., Maroah, S., Maroah, S., Siswanti, Y., Muafi, & Isfianadewi, D. (2018). The role of M-learning on effective alearning media in higher education. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(4), 77–85.
  8. 8. Surjanti, J., Soejoto, A., Seno, D. N., & Waspodo. (2020). Mangrove forest ecotourism: Participatory ecological learning and sustainability of students’ behavior through self-efficacy and self-concept. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 100009. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100009
  9. 3. Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125 4. Surjanti, J., Aji, T. S., Rahman, Z., & Musfidah, H. (2019). Gender and educational background: Influence on entrepreneurial intention (EI) in economics learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 604–609. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20337 5. Surjanti, J., Musdholifah, & Budiono. (2017). Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter (1st ed.). Depublish. 6. Surjanti, J., Prakoso, A. F., Kurniawan, R. Y., Sakti, N. C., & Nurlaili, E. I. (2022). Development of High Order Thinking Skills in Indonesian Teachers. Obrazovanie i Nauka, 24(3), 104–125. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2022-3-104-125 7. Surjanti, J., Seno, D. N., Hadi, H. K., Maroah, S., Maroah, S., Siswanti, Y., Muafi, & Isfianadewi, D. (2018). The role of M-learning on effective alearning media in higher education. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(4), 77–85. 8. Surjanti, J., Soejoto, A., Seno, D. N., & Waspodo. (2020). Mangrove forest ecotourism: Participatory ecological learning and sustainability of students’ behavior through self-efficacy and self-concept. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 100009. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100009 9. Surjanti, J., Wijayati, D. T., Hadi, H. K., & Muafi. (2018). The Relationship Pattern of Social Support, Work Stress, and Work Satisfaction ; a Context of Non-Certified Primary Education Teacher in Indonesia. 31st IBIMA International Conference, 1–7.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.

Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.

Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami penerapan perilaku ekonomi dan pentingnya penerapan perilaku ekonomi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi
Materi: Penerapan perilaku ekonomi
Pustaka: 1. Corr, Philip dan Plagnol, Anke. 2023. Behavioral Economics The Basics Second Edition. New York: Taylor Francis
0%

2

Minggu ke 2

Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Tradisi Ekonomi Klasik 2. Pendapat para ekonom 3. Opportunity Cost 4. Asumsi Moral Dan Politik 5. Ekonomi Neoklasik 6. Pembeda Ekonomi 7. Pentingnya Ilmu Ekonomi Perilaku
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
0%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Dasar-dasar ekonomi neoklasik, 2. Entitas ekonomi 3. Perilaku altruistic 4. Marshall dan marginalisme 5. Preferensi konsisten (antara hasil) 6. Perilaku rasional homo economicus 7. Maksimalisasi utilitas 8. Teori nilai yang diharapkan (utilitas) 9. Pembalikan preferensi (allais paradox) 10. Rasionalitas terbatas dan Heterodoxy
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
0%

4

Minggu ke 4

Kriteria:

penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan

Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Keengganan kehilangan 2. Efek hibah 3. Uang: akuntansi mental 4. Heuristik dan bias 5. Penyimpangan sistematis dari rasionalitas 6. Efek framing
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
10%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis kekuatan faktor sosial, emosional, dan kepribadian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Dunia sosial ekonomi 2. Teori sains dasar 3. Kepentingan sendiri dan kepercayaan yang bijak 4. Perilaku game eksperimental 5. Barang publik dan perilaku tidak egois 6. Nash equilibrium dan Prisoners dilemma 7. Keadaan sementara dan ciri-ciri kepribadian 8. Kesenjangan empati 9. Kepribadian dan pekerjaan
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
15%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis dorongan mengapa (alasan), cara, dan keluaran / aduan

Kriteria:

penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Ekonomi standar dan ilmu perilaku 2. Dorongan dan kebijakan ekonomi standar 3. Pelestarian kebebasan 4. MINDSPACE 5. Model COM- B 6. Pemurnian preferensi 7. Penalaran objektif dan preferensi subyektif 8. Paternalisme 9. Perbandingan sosial dan kesejahteraan subyektif 10. Ketimpangan Pendapatan 11. Peramalan affektif
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
10%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis persuasi komersial dan politik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Pengaruh tersembunyi 2. The butterfly effect 3. Preferensi komersial 4. Kepribadian dan belanja online 5. Nilai psikologis ekonomi 6. Teknik persuasi, & metode evaluasi 7. Fakta psikologi dalam Pembuatan keputusan 8. Penyesalan pembeli, teori reaktansi, efek penahan, keengganan kerugian, harga umpan, efek kompromi 9. Treadmill hedonis konsumen & kekuatan media sosial 10. Transformasi Digital Ekonomi untuk Gen Z in Society 5.0
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
10%

8

Minggu ke 8

UTS

penilaian hasil diskusi

Kriteria:

penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan


Bentuk Penilaian :
Tes
Essai

Materi: UTS
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
10%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami perilaku dan psikologi keuangan

penilaian hasil diskusi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Gambaran Umum Perilaku Keuangan 2. Psikologi Keuangan Pemain 3. Layanan, dan Produk
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc
0%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami konsep psikologis dan bias perilaku


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Efek disposisi 2. Teori prospek dan keuangan perilaku 3. Teori prospek kumulatif 4. Pengujian menggunakan pendekatan dominasi stokastik 5. Terlalu percaya diri
Pustaka: 2. Hancock, Gregory.R dan Muller, Ralph.O. 2006. Structural Equation Modeling. IAP-Information Age Publishing.Inc
0%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis aspek perilaku penetapan harga aset

Kriteria:

penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Inefisiensi pasar; 2. Model berbasis keyakinan dan preferensi
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
10%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami perilaku Keuangan Perusahaan

Kriteria:

penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Pengambilan keputusan perusahaan 2. Keputusan pendanaan; penganggaran modal dan keputusan investasi lainnya; 3. Keputusan kebijakan dividen; loyalitas, konflik keagenan, dan
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
0%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis perilaku investor


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Perilaku kepercayaan: landasan penting dari 2. Pasar keuangan; 3. Perdagangan investor peroranga 4. Portofolio investor perorangan; 5. Kemampuan kognitif dan keputusan keuangan; 6. Perilaku peserta pensiun; 7. Investor institusional; 8. Pasar derivatif
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
0%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami psikologi Layanan Keuangan

Kriteria:

penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Aspek psikologis dalam perencanaan keuangan 2. Jasa penasihat keuangan 3. Asuransi dan manajemen risiko 4. Faktor psikologis dalam perencanaan warisan 5. Bias individu dalam perencanaan pensiun dan manajemen kekayaan
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis penerapan dan masa depan perilaku keuangan

Kriteria:

penilaian hasil diskusi meliputi keaktifan bertanya, menanggapi, memberikan saran dan masukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Cooperative learning dan penugasan

● Mereview handbook dan Jurnal
● Menyiapkan PPT materi

Materi: 1. Penerapan perilaku klien 2. Perspektif praktisi 3. Tantangan praktis dalam menerapkan keuangan perilaku 4. Refleksi dari lapangan
Pustaka: 3. 4. Juliane A. Lischka dan Zürich, Switzerland. 2014. Springer VS is a brand of Springer Fachmedien Wiesbaden, Springer Fachmedien Wiesbaden is part of Springer Science Business Media (www.springer.com)
5%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tes Tulis

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 32.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 25%
3. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
4. Tes 10%
75%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.