Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Penelitian Pendidikan

8610503007

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang tiga pendekatan, yaitu: kuantitatif, kualitatif dan metode campuran ( mixed method ). Cakupan materi tentang makna penelitian dan konteks yang menjadi latar belakang berkembangnya pendekatan-pendekatan penelitian di bidang pendidikan. Kemudian akan didiskusikan dasar-dasar masing-masing metode penelitian sebagai upaya untuk menyusun perencanaan penelitian pendidikan. Diskusi dilanjutkan dengan membahas tahapan pelaksanaan penelitian di lapangan yaitu teknik pengambilan sampel atau pemilihan subyek penelitian, strategi pengambilan data, instrument dan teknik analisisnya. Diskusi juga mencakup mengenai validitas dan reliabilitas penelitian. Setelah jeda ujian tengah semester, dilanjutkan dengan diskusi hasil reviu berbagai jenis penelitian baik yang menggunakan metode kuantitatif, kualitatif maupun campuran. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa berlatih menyusun perencanaan penelitian dan mempresentasikannya.

Pustaka

Utama :

  1. Bogdan, Robert C dan Knopp, Biklen, S. 1982. Qualitative Research for Education: An Intoduction Theory and Method. Boston: Allyn Bacon, Inc.
  2. Milles, Mathew, dan Michel Huberman. 1992. Analysis data of Quantitative Research. Philadelphia: Open University Press.
  3. Moleong, Lexy. 2004. Metde Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Mudrajad Kuncoro. 2004. Metode Kuantitatif. Edisi Kedua. Yogyakarta: AMP YKPN.
  5. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif serta R&D.. Bandung : Alfabeta.
  6. Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA Press
  7. Algifari. 2000. Analisis Regresi. Yogyakarta: YKPN

Pendukung :

Dosen Pengampu

MARIA VERONIKA ROESMININGSIH

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu Mengerti silabus, strategi dan penilaian perkuliahan. Menjelaskan makna penelitian pendidikan

Sylabus Makna penelitian pendidikan, mengapa melakukan penelitian

Ekspositori (ceramah&diskusi kelas)
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan konteks dan perbedaan pendekatan dalam penelitian pendidikan

mahasiswa memahami terkait Paradigma penelitian pendidikan: positivism/ metode ilmiah, naturalistik/pendekatan intepretatif, critical theory dan metode campuran. Pendekatan penelitian pendidikan: kuantitatif, kualitatif, campuran

Ekspositori (ceramah&diskusi kelas)
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan penyusunan perencanaan penelitian pendidikan

mahasiswa memahami Kerangka perencanaan penelitian: latar belakang masalah, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup kajian pustaka, pencarian pustaka, penulisan kajian pustaka dan plagiarisme mahasiswa memahami Mengoperasionalkan penelitian, mendesain penelitian dan pemilihan metodologi, menyusun matrik perencanaan penelitian dan bagaimana mengelola perencanaan penelitian

Diskusi Kelompok
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan penyusunan perencanaan penelitian pendidikan

mahasiswa memahami Kerangka perencanaan penelitian: latar belakang masalah, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup kajian pustaka, pencarian pustaka, penulisan kajian pustaka dan plagiarisme mahasiswa memahami Mengoperasionalkan penelitian, mendesain penelitian dan pemilihan metodologi, menyusun matrik perencanaan penelitian dan bagaimana mengelola perencanaan penelitian

Diskusi Kelompok
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan teknik pengambilan sampel

Menjelaskan teknik pengambilan sampel

Diskusi kelompok
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.