|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Media Pembelajaran |
8720302161 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menginternalisasi jiwa kewirausahaan yaitu mandiri, kreativitas serta inovatif dalam pembelajaran ekonomi digital
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis konsep pedagogi dalam pembelajaran ekonomi berbasis digital
|
PO - 3 |
Mampu melakukan pengembangan pada pembelajaran ekonomi dengan pemanfaatan perkembangan informasi dan teknologi
|
PO - 4 |
Mampu merancang & menyusun perangkat pembelajaran ekonomi yang berbasis IPTEK
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Melalui matakuliah ini mahasiswa dapat mengembangkan pembelajaran dengan memasukkan unsur IPTEK dengan kajian antara lain : 1. Konsep Ekonomi Digital, 2. Teknologi Informasi dan Teknologi, 3. Konvergensi Teknologi dan Layanan, 4. Ekosistem Ekonomi Digital, 5. Evolusi Pasar Digital, 6. Barang dan Layanan Digital, 7. Standar, 8. Ekor Panjang, 9. Pasar Digital, 10. Pemodelan Pasar Digital, 11. Model Bisnis Digital, 12. Ekonomi Big Data, 13. Regulasi Digital |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
|
Pendukung : |
|
- 1. Fitria, Yanti & Widya Indra. 2020. PBL Berbasis Digital . Padang : UNP Press
- 2. Jack Koumi. 2006. Designing Video and Multimedia for Open and Flexible Learning. New York : Routledge
- 3. Marilee Sprenger. 2010. Brain-based teaching in the digital age. Alexandria : Springer
|
Dosen Pengampu
|
Muhammad Abdul Ghofur, S.E., M.Pd. Riza Yonisa Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Eka Hendi Andriansyah, S.Pd., M.Pd. Albrian Fiky Prakoso, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu Mendeskripsikan dan Menganalisis Konsep Ekonomi Digital secara individu/berkelompok |
- Ketepatan menjelaskan Konsep Ekonomi Digital
- Ketepatan mendeskripsikan Konsep Ekonomi Digital
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Kuliah
2. Penyampaian Kontrak Belajar
3. Mahasiswa memecahkan studi kasus yang disampaikan dosen tentang Konsep Ekonomi Digital
Tugas 1 :
Membuat Presentasi / video Interaktif terkait materi yang akan dibahas berikutnya. 3 X 50 |
-
|
Materi: • The Digital Economy Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu Mendeskripsikan dan Menganalisis Konsep Ekonomi Digital secara individu/berkelompok |
- Ketepatan menjelaskan Konsep Ekonomi Digital
- Ketepatan mendeskripsikan Konsep Ekonomi Digital
|
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Konsep Ekonomi digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah 3 X 50 |
-
|
Materi: • The Digital Economy Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu Menganalisis konsep Informasi dan Teknologi komunikasi secara individu/berkelompok |
Ketepatan Menguraikan konsep Informasi dan Teknologi komunikasi |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi,
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Konsep Informasi dan Teknologi komunikasi dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah Kuliah 3 X 50 |
-
|
Materi: • Information and Communication Technologies Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu Mendeskripsikan Konvergensi Teknologi dan Layanan secara individu/berkelompok |
Ketepatan menguraikan Ekosistem Ekonomi Digital |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi,
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Ekosistem Ekonomi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah Kuliah 3 X 50 |
-
|
Materi: • Convergence of Technologies and Services Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu Menganalisis Ekosistem Ekonomi Digital secara individu/berkelompok |
Ketepatan Menguraikan Ekosistem Ekonomi Digital |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Ekosistem Ekonomi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah 3 X 50 |
|
Materi: • Digital Economy Ecosystem Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu Menunjukkan dan menganalisis Evolusi Pasar Digital secara individu/berkelompok |
Ketepatan menjelaskan Kompetensi Evolusi Pasar Digital |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi,
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Evolusi Pasar Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah Kuliah 3 X 50 |
-
|
Materi: • Digital Economy Ecosystem Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu Menunjukkan dan menganalisis Evolusi Pasar Digital secara individu/berkelompok |
Ketepatan menjelaskan Kompetensi Evolusi Pasar Digital |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi,
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Evolusi Pasar Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah Kuliah 3 X 50 |
-
|
Materi: • Digital Economy Ecosystem Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) |
- |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 3 X 50 |
-
|
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mendeskripsikan dan menganalisis Standar dan strategi The long tail dalam ekonomi digital secara individu/berkelompok |
Ketapatan menjelaskan dan membedakan Standar dan strategi The long tail |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Kuliah
2. Penyampaian Kontrak Belajar
3. Mahasiswa memecahkan studi kasus yang disampaikan dosen tentang Standar dan strategi The long tail
Tugas 2 :
Membuat Presentasi / video Interaktif terkait materi yang akan dibahas berikutnya. 3 X 50 |
|
Materi: • Standards & The Long Tail Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mendeskripsikan dan menganalisis Standar dan strategi The long tail dalam ekonomi digital secara individu/berkelompok |
Ketapatan menjelaskan dan membedakan Standar dan strategi The long tail |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Ekosistem Ekonomi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah 3 X 50 |
|
Materi: • Standards & The Long Tail Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu membedakan model bisnis digital secara individu/berkelompok |
Ketepatan membedakan model bisnis digital |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang model bisnis digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah 3 X 50 |
|
Materi: • Digital Business Models Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu Menganalisis dan membedakan Ekonomi Big data secara individu/berkelompok |
Ketepatan menjelaskan Ekonomi Big |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang membedakan Ekonomi Big data dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah 3 X 50 |
-
|
Materi: Big Data Economics Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu Menganalisis dan membedakan Ekonomi Big data secara individu/berkelompok |
Ketepatan membedakan Ekonomi Big data dengan strategi lain |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang membedakan Ekonomi Big data dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah 3 X 50 |
-
|
Materi: Big Data Economics Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu Menjelaskan Menganalisis Regulasi Digital secara individu/berkelompok |
Ketepatan Menganalisis Regulasi Ekonomi Digital |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang membedakan Regulasi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah 3 X 50 |
-
|
Materi: Digital Regulation Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu Menjelaskan Menganalisis Regulasi Digital secara individu/berkelompok |
Ketepatan Menjelaskan Regulasi Ekonomi Digital |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang membedakan Regulasi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah 3 X 50 |
-
|
Materi: Digital Regulation Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
- |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Tes |
tes tulis 3 X 50 |
-
|
Materi: - Pustaka: |
30% |