Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Media Pembelajaran

8720302161

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menginternalisasi jiwa kewirausahaan yaitu mandiri, kreativitas serta inovatif dalam pembelajaran ekonomi digital

PO - 2

Mampu menganalisis konsep pedagogi dalam pembelajaran ekonomi berbasis digital

PO - 3

Mampu melakukan pengembangan pada pembelajaran ekonomi dengan pemanfaatan perkembangan informasi dan teknologi

PO - 4

Mampu merancang & menyusun perangkat pembelajaran ekonomi yang berbasis IPTEK

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Melalui matakuliah ini mahasiswa dapat mengembangkan pembelajaran dengan memasukkan unsur IPTEK dengan kajian antara lain : 1. Konsep Ekonomi Digital, 2. Teknologi Informasi dan Teknologi, 3. Konvergensi Teknologi dan Layanan, 4. Ekosistem Ekonomi Digital, 5. Evolusi Pasar Digital, 6. Barang dan Layanan Digital, 7. Standar, 8. Ekor Panjang, 9. Pasar Digital, 10. Pemodelan Pasar Digital, 11. Model Bisnis Digital, 12. Ekonomi Big Data, 13. Regulasi Digital

Pustaka

Utama :

  1. Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer

Pendukung :

  1. 1. Fitria, Yanti & Widya Indra. 2020. PBL Berbasis Digital . Padang : UNP Press
  2. 2. Jack Koumi. 2006. Designing Video and Multimedia for Open and Flexible Learning. New York : Routledge
  3. 3. Marilee Sprenger. 2010. Brain-based teaching in the digital age. Alexandria : Springer

Dosen Pengampu

Muhammad Abdul Ghofur, S.E., M.Pd.

Riza Yonisa Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Eka Hendi Andriansyah, S.Pd., M.Pd.

Albrian Fiky Prakoso, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu Mendeskripsikan dan Menganalisis Konsep Ekonomi Digital secara individu/berkelompok

  1. Ketepatan menjelaskan Konsep Ekonomi Digital
  2. Ketepatan mendeskripsikan Konsep Ekonomi Digital
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Kuliah
2. Penyampaian Kontrak Belajar
3. Mahasiswa memecahkan studi kasus yang disampaikan dosen tentang Konsep Ekonomi Digital
Tugas 1 :
Membuat Presentasi / video Interaktif terkait materi yang akan dibahas berikutnya.
3 X 50
-
Materi: • The Digital Economy
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
4%

2

Minggu ke 2

Mampu Mendeskripsikan dan Menganalisis Konsep Ekonomi Digital secara individu/berkelompok

  1. Ketepatan menjelaskan Konsep Ekonomi Digital
  2. Ketepatan mendeskripsikan Konsep Ekonomi Digital
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Konsep Ekonomi digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah
3 X 50
-
Materi: • The Digital Economy
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
4%

3

Minggu ke 3

Mampu Menganalisis konsep Informasi dan Teknologi komunikasi secara individu/berkelompok

Ketepatan Menguraikan konsep Informasi dan Teknologi komunikasi

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi,
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Konsep Informasi dan Teknologi komunikasi dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah Kuliah
3 X 50
-
Materi: • Information and Communication Technologies
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
3%

4

Minggu ke 4

Mampu Mendeskripsikan Konvergensi Teknologi dan Layanan secara individu/berkelompok

Ketepatan menguraikan Ekosistem Ekonomi Digital

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi,
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Ekosistem Ekonomi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah Kuliah
3 X 50
-
Materi: • Convergence of Technologies and Services
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
4%

5

Minggu ke 5

Mampu Menganalisis Ekosistem Ekonomi Digital secara individu/berkelompok

Ketepatan Menguraikan Ekosistem Ekonomi Digital

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Ekosistem Ekonomi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah
3 X 50

Materi: • Digital Economy Ecosystem
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
3%

6

Minggu ke 6

Mampu Menunjukkan dan menganalisis Evolusi Pasar Digital secara individu/berkelompok

Ketepatan menjelaskan Kompetensi Evolusi Pasar Digital

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi,
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Evolusi Pasar Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah Kuliah
3 X 50
-
Materi: • Digital Economy Ecosystem
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
4%

7

Minggu ke 7

Mampu Menunjukkan dan menganalisis Evolusi Pasar Digital secara individu/berkelompok

Ketepatan menjelaskan Kompetensi Evolusi Pasar Digital

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi,
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Evolusi Pasar Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah Kuliah
3 X 50
-
Materi: • Digital Economy Ecosystem
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
4%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

-

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
3 X 50
-
Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mampu mendeskripsikan dan menganalisis Standar dan strategi The long tail dalam ekonomi digital secara individu/berkelompok

Ketapatan menjelaskan dan membedakan Standar dan strategi The long tail

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Kuliah
2. Penyampaian Kontrak Belajar
3. Mahasiswa memecahkan studi kasus yang disampaikan dosen tentang Standar dan strategi The long tail

Tugas 2 :
Membuat Presentasi / video Interaktif terkait materi yang akan dibahas berikutnya.
3 X 50

Materi: • Standards & The Long Tail
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
4%

10

Minggu ke 10

Mampu mendeskripsikan dan menganalisis Standar dan strategi The long tail dalam ekonomi digital secara individu/berkelompok

Ketapatan menjelaskan dan membedakan Standar dan strategi The long tail

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang Ekosistem Ekonomi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah
3 X 50

Materi: • Standards & The Long Tail
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
3%

11

Minggu ke 11

Mampu membedakan model bisnis digital secara individu/berkelompok

Ketepatan membedakan model bisnis digital

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang model bisnis digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah
3 X 50

Materi: • Digital Business Models
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
4%

12

Minggu ke 12

Mampu Menganalisis dan membedakan Ekonomi Big data secara individu/berkelompok

Ketepatan menjelaskan Ekonomi Big

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang membedakan Ekonomi Big data dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah
3 X 50
-
Materi: Big Data Economics
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
3%

13

Minggu ke 13

Mampu Menganalisis dan membedakan Ekonomi Big data secara individu/berkelompok

Ketepatan membedakan Ekonomi Big data dengan strategi lain

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang membedakan Ekonomi Big data dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah
3 X 50
-
Materi: Big Data Economics
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
3%

14

Minggu ke 14

Mampu Menjelaskan Menganalisis Regulasi Digital secara individu/berkelompok

Ketepatan Menganalisis Regulasi Ekonomi Digital

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang membedakan Regulasi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah
3 X 50
-
Materi: Digital Regulation
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
3%

15

Minggu ke 15

Mampu Menjelaskan Menganalisis Regulasi Digital secara individu/berkelompok

Ketepatan Menjelaskan Regulasi Ekonomi Digital

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Presentasi
2. Discovery Learning, Diskusi individu/kelompok tentang membedakan Regulasi Digital dan pemecahan studi kasus yang disampaikan kelompok penyaji
3. Kuliah
3 X 50
-
Materi: Digital Regulation
Pustaka: Harald Øverby & Jan Arild Audestad. 2021. Introduction to Digital Economics. Scotts Valley : Springer
4%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

-

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Tes
tes tulis
3 X 50
-
Materi: -
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.