
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan instrumen dan pengukuran individu |
7310105002 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=3 |
ECTS=11.2 |
1 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mengevaluasi mengembangkan/ mengkonstruksikan dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk individu, kelompok, komunitas dan organisasi untuk keperluan penelitian. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis berbagai teori dan model pengukuran psikologi untuk memahami kelebihan dan keterbatasan masing-masing dalam konteks penelitian dan praktik (C4)
|
PO - 2 |
Mengevaluasi validitas dan reliabilitas instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian psikologi berdasarkan kriteria ilmiah yang berlaku (C5)
|
PO - 3 |
Menciptakan instrumen pengukuran baru yang inovatif untuk mengatasi masalah-masalah spesifik dalam penelitian psikologi (C6)
|
PO - 4 |
Menganalisis data yang diperoleh dari penggunaan instrumen pengukuran untuk mengidentifikasi pola-pola yang dapat informasikan intervensi psikologis (C4)
|
PO - 5 |
Mengevaluasi efektivitas instrumen pengukuran yang telah dikembangkan dalam studi kasus nyata dan simulasi (C5)
|
PO - 6 |
Menciptakan metode baru untuk mengadaptasi instrumen pengukuran psikologi dalam konteks budaya yang berbeda (C6)
|
PO - 7 |
Menganalisis kesesuaian antara instrumen pengukuran dengan kebutuhan spesifik penelitian atau praktik psikologi (C4)
|
PO - 8 |
Mengevaluasi pengaruh nilai-nilai budaya dan etika dalam pengembangan dan penerapan instrumen pengukuran (C5)
|
PO - 9 |
Menciptakan kerangka kerja untuk integrasi berbagai metode pengukuran dalam satu studi untuk meningkatkan keakuratan hasil (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | ✔ | | ✔ | PO-7 | | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | | | PO-9 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Instrumen dan Pengukuran Individu pada jenjang S2 membahas tentang teori dan praktik dalam pengembangan instrumen pengukuran untuk keperluan evaluasi individu. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar pengukuran, teknik pengembangan instrumen, validitas, reliabilitas, dan aspek etis dalam pengukuran individu. Mata kuliah ini juga menekankan pada penerapan instrumen pengukuran dalam konteks penelitian dan evaluasi di berbagai bidang, seperti pendidikan, psikologi, dan bisnis. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu mengembangkan instrumen pengukuran yang valid, reliabel, dan sesuai dengan kebutuhan evaluasi individu dalam berbagai konteks profesional. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Azwar, S. (2010). Tes Prestasi. Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar
- Dewi, D.K. (2022). Confirmatory Factor Analysis of the Perception of Academic Stress Scale. 10.37517/978-1-74286-697-0-06
- Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon
|
Pendukung : |
|
- Sumintono, B. & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rarsch untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Edisi Revisi. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si. Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam memahami teori dan model pengukuran psikologi serta menerapkannya dalam konteks penelitian dan praktik. |
- Analisis teori pengukuran psikologi
- Pemahaman kelebihan dan keterbatasan model pengukuran
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
|
Materi: Teori pengukuran psikologi, Model-model pengukuran psikologi, Kelebihan dan keterbatasan masing-masing model Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Konsep pengukuran Pustaka: |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis teori dan model pengukuran psikologi. |
- Pemahaman teori pengukuran psikologi
- Analisis kelebihan dan keterbatasan model pengukuran
- Kemampuan menyajikan argumen kritis
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang aplikasi teori pengukuran psikologi dalam kasus nyata
|
Materi: Teori pengukuran psikologi, Model-model pengukuran psikologi, Kelebihan dan keterbatasan masing-masing model Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Macam-macam pengukuran Pustaka: |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian. |
- Kemampuan mengevaluasi validitas instrumen pengukuran
- Kemampuan mengevaluasi reliabilitas instrumen pengukuran
- Kemampuan menerapkan kriteria ilmiah dalam penilaian instrumen
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah membuat analisis kritis terhadap validitas dan reliabilitas instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian psikologi.
|
Materi: 2 Pustaka: Materi: Konsep adaptasi, modifikasi Pustaka: |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian. |
- Validitas instrumen pengukuran dievaluasi dengan benar
- Reliabilitas instrumen pengukuran dievaluasi dengan benar
- Penerapan kriteria ilmiah dalam evaluasi instrumen pengukuran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan kriteria ilmiah dalam evaluasi instrumen pengukuran
|
Materi: Pengenalan konsep validitas instrumen pengukuran, Pengenalan konsep reliabilitas instrumen pengukuran, Kriteria ilmiah dalam evaluasi instrumen pengukuran Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Validitas, reliabilitas Pustaka: |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian. |
- Kemampuan mengembangkan instrumen pengukuran baru
- Kemampuan mengadaptasi instrumen pengukuran untuk keperluan penelitian
- Kemampuan mengevaluasi keefektifan instrumen pengukuran yang dikembangkan
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung dalam pengembangan instrumen pengukuran.
|
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan instrumen pengukuran baru berdasarkan studi kasus yang diberikan
|
Materi: Prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan instrumen pengukuran, Teknik-teknik inovatif dalam pembuatan instrumen pengukuran, Proses adaptasi instrumen pengukuran untuk penelitian spesifik Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Validitas, reliabilitas Pustaka: |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis data pengukuran untuk keperluan intervensi psikologis. |
- Analisis data yang sistematis
- Identifikasi pola-pola yang relevan
- Kemampuan menghubungkan data dengan intervensi psikologis
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis data yang diperoleh, Pengumpulan data dan analisis individu secara daring
|
Materi: Pengenalan analisis data, Teknik identifikasi pola-pola, Hubungan data dengan intervensi psikologis Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Validitas, reliabilitas Pustaka: |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengembangkan instrumen pengukuran psikologi dalam konteks studi kasus nyata dan simulasi. |
- Kemampuan menganalisis efektivitas instrumen pengukuran
- Kemampuan mengidentifikasi kelemahan instrumen pengukuran
- Kemampuan mengusulkan perbaikan instrumen pengukuran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Diskusi online tentang studi kasus penggunaan instrumen pengukuran, Analisis kasus nyata pengembangan instrumen pengukuran
|
Materi: Konsep evaluasi instrumen pengukuran, Studi kasus penggunaan instrumen pengukuran dalam penelitian, Simulasi evaluasi instrumen pengukuran Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Analisis butir Pustaka: |
4% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
|
|
Materi: Penulisan aitem Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam menciptakan metode adaptasi instrumen pengukuran psikologi yang sensitif terhadap konteks budaya yang berbeda. |
- Sensitivitas terhadap nilai-nilai budaya
- Kemampuan mengidentifikasi perbedaan budaya yang mempengaruhi instrumen pengukuran
- Kreativitas dalam menciptakan metode adaptasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang studi kasus adaptasi instrumen dalam konteks budaya yang berbeda
|
Materi: Teori adaptasi instrumen pengukuran, Faktor budaya dalam pengukuran psikologi, Teknik adaptasi instrumen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian. |
- Kemampuan mengevaluasi instrumen pengukuran psikologi
- Kemampuan mengembangkan instrumen pengukuran psikologi
- Kemampuan mengadaptasikan instrumen pengukuran psikologi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi daring tentang studi kasus adaptasi instrumen dalam konteks budaya yang berbeda
|
Materi: Teori Adaptasi Instrumen Pengukuran Psikologi, Teknik Konstruksi Instrumen Pengukuran Psikologi, Studi Kasus Adaptasi Instrumen dalam Konteks Budaya yang Berbeda Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan analisis kritis dan logis dalam memilih instrumen pengukuran yang sesuai dengan kebutuhan spesifik penelitian atau praktik psikologi. |
- Kemampuan menganalisis kebutuhan spesifik penelitian atau praktik psikologi
- Kemampuan memilih instrumen pengukuran yang tepat
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, studi kasus, dan tanya jawab.
|
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan instrumen pengukuran
|
Materi: Pentingnya analisis kesesuaian instrumen pengukuran, Kriteria pemilihan instrumen pengukuran yang tepat, Studi kasus pemilihan instrumen pengukuran Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Legenda alat ukur Pustaka: |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menganalisis kesesuaian antara instrumen pengukuran dengan kebutuhan spesifik penelitian atau praktik psikologi. |
- Kemampuan menganalisis instrumen pengukuran
- Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan penelitian
- Kemampuan mengadaptasi instrumen pengukuran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Tugas Individu.
|
Diskusi daring tentang analisis instrumen pengukuran yang relevan dengan penelitian psikologi
|
Materi: Konsep dasar instrumen pengukuran, Taksonomi Bloom dalam pengembangan instrumen, Proses analisis kesesuaian instrumen Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Format alat ukur Pustaka: |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi pengaruh nilai-nilai budaya dan etika dalam pengembangan dan penerapan instrumen pengukuran. |
- Pengidentifikasikan nilai-nilai budaya yang memengaruhi pengukuran
- Menganalisis implikasi etika dalam pengembangan instrumen pengukuran
- Menilai relevansi nilai-nilai budaya dalam konteks pengukuran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Penugasan tulis tentang analisis pengaruh nilai-nilai budaya dalam pengukuran
|
Materi: Pengaruh nilai-nilai budaya dalam pengukuran, Etika dalam pengembangan instrumen pengukuran, Relevansi nilai-nilai budaya dalam pengukuran Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Format alat ukur Pustaka: |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. |
- Integrasi metode pengukuran
- Kerangka kerja pengukuran
- Keakuratan hasil
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Penugasan Individu.
|
Diskusi Online, Penugasan Individu Online
|
Materi: Pengenalan Integrasi Metode Pengukuran, Pembelajaran Kerangka Kerja Pengukuran, Penerapan dalam Studi Kasus Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Format alat ukur Pustaka: |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian individu, kelompok, komunitas, dan organisasi. |
- Kemampuan mengevaluasi instrumen pengukuran
- Kemampuan mengembangkan instrumen pengukuran yang valid dan reliabel
- Kemampuan mengadaptasikan instrumen pengukuran untuk berbagai populasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Penugasan Proyek
|
Materi: Teori Pengukuran Psikologi, Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengukuran, Adaptasi Instrumen Pengukuran Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Format alat ukur Pustaka: Materi: Format alat ukur Pustaka: |
4% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
Materi: Presentasi alat ukur Pustaka: |
40% |