Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan instrumen dan pengukuran individu

7310105002

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=3

ECTS=11.2

1

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu mengevaluasi mengembangkan/ mengkonstruksikan dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk individu, kelompok, komunitas dan organisasi untuk keperluan penelitian.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis berbagai teori dan model pengukuran psikologi untuk memahami kelebihan dan keterbatasan masing-masing dalam konteks penelitian dan praktik (C4)

PO - 2

Mengevaluasi validitas dan reliabilitas instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian psikologi berdasarkan kriteria ilmiah yang berlaku (C5)

PO - 3

Menciptakan instrumen pengukuran baru yang inovatif untuk mengatasi masalah-masalah spesifik dalam penelitian psikologi (C6)

PO - 4

Menganalisis data yang diperoleh dari penggunaan instrumen pengukuran untuk mengidentifikasi pola-pola yang dapat informasikan intervensi psikologis (C4)

PO - 5

Mengevaluasi efektivitas instrumen pengukuran yang telah dikembangkan dalam studi kasus nyata dan simulasi (C5)

PO - 6

Menciptakan metode baru untuk mengadaptasi instrumen pengukuran psikologi dalam konteks budaya yang berbeda (C6)

PO - 7

Menganalisis kesesuaian antara instrumen pengukuran dengan kebutuhan spesifik penelitian atau praktik psikologi (C4)

PO - 8

Mengevaluasi pengaruh nilai-nilai budaya dan etika dalam pengembangan dan penerapan instrumen pengukuran (C5)

PO - 9

Menciptakan kerangka kerja untuk integrasi berbagai metode pengukuran dalam satu studi untuk meningkatkan keakuratan hasil (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6 
PO-7 
PO-8  
PO-9 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Instrumen dan Pengukuran Individu pada jenjang S2 membahas tentang teori dan praktik dalam pengembangan instrumen pengukuran untuk keperluan evaluasi individu. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar pengukuran, teknik pengembangan instrumen, validitas, reliabilitas, dan aspek etis dalam pengukuran individu. Mata kuliah ini juga menekankan pada penerapan instrumen pengukuran dalam konteks penelitian dan evaluasi di berbagai bidang, seperti pendidikan, psikologi, dan bisnis. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu mengembangkan instrumen pengukuran yang valid, reliabel, dan sesuai dengan kebutuhan evaluasi individu dalam berbagai konteks profesional.

Pustaka

Utama :

  1. Azwar, S. (2010). Tes Prestasi. Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar
  2. Dewi, D.K. (2022). Confirmatory Factor Analysis of the Perception of Academic Stress Scale. 10.37517/978-1-74286-697-0-06
  3. Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon

Pendukung :

  1. Sumintono, B. & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rarsch untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Edisi Revisi. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House

Dosen Pengampu

Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si.

Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam memahami teori dan model pengukuran psikologi serta menerapkannya dalam konteks penelitian dan praktik.

  1. Analisis teori pengukuran psikologi
  2. Pemahaman kelebihan dan keterbatasan model pengukuran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Materi: Teori pengukuran psikologi, Model-model pengukuran psikologi, Kelebihan dan keterbatasan masing-masing model
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Konsep pengukuran
Pustaka:
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis teori dan model pengukuran psikologi.

  1. Pemahaman teori pengukuran psikologi
  2. Analisis kelebihan dan keterbatasan model pengukuran
  3. Kemampuan menyajikan argumen kritis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang aplikasi teori pengukuran psikologi dalam kasus nyata
Materi: Teori pengukuran psikologi, Model-model pengukuran psikologi, Kelebihan dan keterbatasan masing-masing model
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Macam-macam pengukuran
Pustaka:
2%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian.

  1. Kemampuan mengevaluasi validitas instrumen pengukuran
  2. Kemampuan mengevaluasi reliabilitas instrumen pengukuran
  3. Kemampuan menerapkan kriteria ilmiah dalam penilaian instrumen

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah membuat analisis kritis terhadap validitas dan reliabilitas instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian psikologi.
Materi: 2
Pustaka:

Materi: Konsep adaptasi, modifikasi
Pustaka:
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian.

  1. Validitas instrumen pengukuran dievaluasi dengan benar
  2. Reliabilitas instrumen pengukuran dievaluasi dengan benar
  3. Penerapan kriteria ilmiah dalam evaluasi instrumen pengukuran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang penerapan kriteria ilmiah dalam evaluasi instrumen pengukuran
Materi: Pengenalan konsep validitas instrumen pengukuran, Pengenalan konsep reliabilitas instrumen pengukuran, Kriteria ilmiah dalam evaluasi instrumen pengukuran
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Validitas, reliabilitas
Pustaka:
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian.

  1. Kemampuan mengembangkan instrumen pengukuran baru
  2. Kemampuan mengadaptasi instrumen pengukuran untuk keperluan penelitian
  3. Kemampuan mengevaluasi keefektifan instrumen pengukuran yang dikembangkan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung dalam pengembangan instrumen pengukuran.
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan instrumen pengukuran baru berdasarkan studi kasus yang diberikan
Materi: Prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan instrumen pengukuran, Teknik-teknik inovatif dalam pembuatan instrumen pengukuran, Proses adaptasi instrumen pengukuran untuk penelitian spesifik
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Validitas, reliabilitas
Pustaka:
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis data pengukuran untuk keperluan intervensi psikologis.

  1. Analisis data yang sistematis
  2. Identifikasi pola-pola yang relevan
  3. Kemampuan menghubungkan data dengan intervensi psikologis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang analisis data yang diperoleh, Pengumpulan data dan analisis individu secara daring
Materi: Pengenalan analisis data, Teknik identifikasi pola-pola, Hubungan data dengan intervensi psikologis
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Validitas, reliabilitas
Pustaka:
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengembangkan instrumen pengukuran psikologi dalam konteks studi kasus nyata dan simulasi.

  1. Kemampuan menganalisis efektivitas instrumen pengukuran
  2. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan instrumen pengukuran
  3. Kemampuan mengusulkan perbaikan instrumen pengukuran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi online tentang studi kasus penggunaan instrumen pengukuran, Analisis kasus nyata pengembangan instrumen pengukuran
Materi: Konsep evaluasi instrumen pengukuran, Studi kasus penggunaan instrumen pengukuran dalam penelitian, Simulasi evaluasi instrumen pengukuran
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Analisis butir
Pustaka:
4%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio


Materi: Penulisan aitem
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam menciptakan metode adaptasi instrumen pengukuran psikologi yang sensitif terhadap konteks budaya yang berbeda.

  1. Sensitivitas terhadap nilai-nilai budaya
  2. Kemampuan mengidentifikasi perbedaan budaya yang mempengaruhi instrumen pengukuran
  3. Kreativitas dalam menciptakan metode adaptasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang studi kasus adaptasi instrumen dalam konteks budaya yang berbeda
Materi: Teori adaptasi instrumen pengukuran, Faktor budaya dalam pengukuran psikologi, Teknik adaptasi instrumen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

10

Minggu ke 10

Mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian.

  1. Kemampuan mengevaluasi instrumen pengukuran psikologi
  2. Kemampuan mengembangkan instrumen pengukuran psikologi
  3. Kemampuan mengadaptasikan instrumen pengukuran psikologi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang studi kasus adaptasi instrumen dalam konteks budaya yang berbeda
Materi: Teori Adaptasi Instrumen Pengukuran Psikologi, Teknik Konstruksi Instrumen Pengukuran Psikologi, Studi Kasus Adaptasi Instrumen dalam Konteks Budaya yang Berbeda
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan analisis kritis dan logis dalam memilih instrumen pengukuran yang sesuai dengan kebutuhan spesifik penelitian atau praktik psikologi.

  1. Kemampuan menganalisis kebutuhan spesifik penelitian atau praktik psikologi
  2. Kemampuan memilih instrumen pengukuran yang tepat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi, studi kasus, dan tanya jawab.
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan instrumen pengukuran
Materi: Pentingnya analisis kesesuaian instrumen pengukuran, Kriteria pemilihan instrumen pengukuran yang tepat, Studi kasus pemilihan instrumen pengukuran
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Legenda alat ukur
Pustaka:
4%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis kesesuaian antara instrumen pengukuran dengan kebutuhan spesifik penelitian atau praktik psikologi.

  1. Kemampuan menganalisis instrumen pengukuran
  2. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan penelitian
  3. Kemampuan mengadaptasi instrumen pengukuran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Tugas Individu.
Diskusi daring tentang analisis instrumen pengukuran yang relevan dengan penelitian psikologi
Materi: Konsep dasar instrumen pengukuran, Taksonomi Bloom dalam pengembangan instrumen, Proses analisis kesesuaian instrumen
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Format alat ukur
Pustaka:
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi pengaruh nilai-nilai budaya dan etika dalam pengembangan dan penerapan instrumen pengukuran.

  1. Pengidentifikasikan nilai-nilai budaya yang memengaruhi pengukuran
  2. Menganalisis implikasi etika dalam pengembangan instrumen pengukuran
  3. Menilai relevansi nilai-nilai budaya dalam konteks pengukuran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Penugasan tulis tentang analisis pengaruh nilai-nilai budaya dalam pengukuran
Materi: Pengaruh nilai-nilai budaya dalam pengukuran, Etika dalam pengembangan instrumen pengukuran, Relevansi nilai-nilai budaya dalam pengukuran
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Format alat ukur
Pustaka:
4%

14

Minggu ke 14

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.

  1. Integrasi metode pengukuran
  2. Kerangka kerja pengukuran
  3. Keakuratan hasil

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Penugasan Individu.
Diskusi Online, Penugasan Individu Online
Materi: Pengenalan Integrasi Metode Pengukuran, Pembelajaran Kerangka Kerja Pengukuran, Penerapan dalam Studi Kasus
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Format alat ukur
Pustaka:
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi, mengembangkan, mengkonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk keperluan penelitian individu, kelompok, komunitas, dan organisasi.

  1. Kemampuan mengevaluasi instrumen pengukuran
  2. Kemampuan mengembangkan instrumen pengukuran yang valid dan reliabel
  3. Kemampuan mengadaptasikan instrumen pengukuran untuk berbagai populasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Penugasan Proyek
Materi: Teori Pengukuran Psikologi, Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengukuran, Adaptasi Instrumen Pengukuran
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Format alat ukur
Pustaka:

Materi: Format alat ukur
Pustaka:
4%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Materi: Presentasi alat ukur
Pustaka:
40%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 6%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 48%
3. Penilaian Portofolio 46%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.