Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Karya Ilmiah Mutakhir

8610303036

T=3

P=0

ECTS=6.72

0

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dr. Fajar Arianto, M.Pd.




Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila dan keanekaragaman dalam menjalankan tugas

PLO-7

Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

PLO-10

Mampu melakukan pendalaman dan perluasan program pendidikan, pembelajaran dan pelatihan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan multidisipliner

PLO-11

Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan kawasan atau paradigma teknologi pendidikan/pembelajaran

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMKnya

PO - 2

Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-10PLO-11
PO-1    
PO-2    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji tentang karakteristik artikel ilmiah ditinjau dari struktur, tamplate, isi dan keilmuan teknologi pendidikan. Analisis konten dan metodologi penelitian dan pembahasan suatu artkel ilmiah.

Pustaka

Utama :

  1. American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association
  2. Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
  3. Modern Language Association. 2009. MLA Handbook For Writers of Research Papers (Seventh Edition). New York: Modern Language Association
  4. Chris A. Mack. 2018. How to write a good scientific paper. Bellingham: SPIE

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampumenganalisis Struktur Artikel Ilmiah

1. Mampu mengidentifikasi struktur artikel ilmiah2. Mampu mendeskripsikan tiap bagian artikel ilmiah

Kriteria:

Mampu menemukan struktur artikel ilmiah berdasrkan APA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project based learning
3 X 50

Materi: Struktur artikel
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Malang; CV. Madza Media

Materi: Struktur artikel
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association
5%

2

Minggu ke 2

Memahami struktur artikel ilmiah

  1. Mengidentifikasi struktur artikel
  2. Mendiskripsikan bagian artikel ilmiah
Kriteria:

kesesuaian dengan struktur dari APA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project based learning
3 X 50

Materi: Struktur artikel
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
5%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi analisis kritis makalah

  1. Mendiskripsikan poin-poin analisis
  2. Menuliskan analisis kritis berdasarkan artikel
Kriteria:

Mampu menemukan tema dalam artikel dan metode serta hasil


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Inquiry
3 X 50

Materi: Analisis Kritis
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media

Materi: Analisis Kritis
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association
5%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi analisis kritis makalah

  1. Mendiskripsikan poin-poin analisis
  2. Menuliskan analisis kritis berdasarkan artikel
Kriteria:

Mampu menemukan tema dalam artikel dan metode serta hasil


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Inquiry
3 X 50

Materi: Analisis Kritis
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media

Materi: Analisis Kritis
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association
5%

5

Minggu ke 5

Mendiskrispikan secara kritis analisis artikel ilmiah

  1. Mengidentifikasi bagian-bagian artikel ilmiah
  2. Menganalisis kritis tiap bagian artikel ilmiah
Kriteria:

kedalaman dalam mengkritisi artikel ilmiah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project based learning
3 X 50

Materi: bagian artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association

Materi: bagian artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
5%

6

Minggu ke 6

Mendiskrispikan secara kritis analisis artikel ilmiah

  1. Mengidentifikasi bagian-bagian artikel ilmiah
  2. Menganalisis kritis tiap bagian artikel ilmiah
Kriteria:

kedalaman dalam mengkritisi artikel ilmiah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project based learning
3 X 50

Materi: bagian artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association

Materi: bagian artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
5%

7

Minggu ke 7

Mendiskrispikan secara kritis analisis artikel ilmiah

  1. Mengidentifikasi bagian-bagian artikel ilmiah
  2. Menganalisis kritis tiap bagian artikel ilmiah
Kriteria:

kedalaman dalam mengkritisi artikel ilmiah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project based learning
3 X 50

Materi: bagian artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association

Materi: bagian artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
5%

8

Minggu ke 8

Mengidentifikasi format penulisan artikel ilmiah

·Mengidentifikasi bagian artikel Menulis reviuw artikel sesuai format

Kriteria:

kedalaman dan kesesuaian mereviuw artikel sesai dengan bidang garapan teknologi pendidikan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mengidentifikasi format penulisan artikel ilmiah

·Mengidentifikasi bagian artikel Menulis reviuw artikel sesuai format

Kriteria:

kedalaman dan kesesuaian mereviuw artikel sesai dengan bidang garapan teknologi pendidikan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
project based learning
3 X 50

Materi: analsis artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association
5%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi format penulisan artikel ilmiah

·Mengidentifikasi bagian artikel Menulis reviuw artikel sesuai format

Kriteria:

kedalaman dan kesesuaian mereviuw artikel sesai dengan bidang garapan teknologi pendidikan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
project based learning
3 X 50

Materi: analsis artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association
0%

11

Minggu ke 11

Mereviuw secara kritis artikel ilmiah

  1. ·Menganalisis artikel ilmiah
  2. Mengidentifikasi secara kritis bagian-bagian artikel ilmiah
  3. Mereviuw artikel ilmiah
Kriteria:

Kedalaman dan kesesuaian format


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Project Based Learning
3 X 50

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
0%

12

Minggu ke 12

Mereviuw secara kritis artikel ilmiah

  1. ·Menganalisis artikel ilmiah
  2. Mengidentifikasi secara kritis bagian-bagian artikel ilmiah
  3. Mereviuw artikel ilmiah
Kriteria:

Kedalaman dan kesesuaian format


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
3 X 50

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
15%

13

Minggu ke 13

Mereviuw secara kritis artikel ilmiah

  1. ·Menganalisis artikel ilmiah
  2. Mengidentifikasi secara kritis bagian-bagian artikel ilmiah
  3. Mereviuw artikel ilmiah
Kriteria:

Kedalaman dan kesesuaian format


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
3 X 50

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
15%

14

Minggu ke 14

Mereviuw secara kritis artikel ilmiah

  1. ·Menganalisis artikel ilmiah
  2. Mengidentifikasi secara kritis bagian-bagian artikel ilmiah
  3. Mereviuw artikel ilmiah
Kriteria:

Kedalaman dan kesesuaian format


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
3 X 50

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
15%

15

Minggu ke 15

Mereviuw secara kritis artikel ilmiah

  1. ·Menganalisis artikel ilmiah
  2. Mengidentifikasi secara kritis bagian-bagian artikel ilmiah
  3. Mereviuw artikel ilmiah
Kriteria:

Kedalaman dan kesesuaian format


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
3 X 50

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.). Washington: American Psychological Association

Materi: analisis artikel ilmiah
Pustaka: Fajar Arianto, Irena Yolanita Maureen. 2022. Analisis artikel ilmiah. Malang; CV. Madza Media
15%

16

Minggu ke 16

UAS

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Penilaian Portofolio 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.