|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Introduction To Linguistics |
8820702299 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
tim Linguistik
|
.......................................
|
Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab sesuai etika akademik dan etika profesi. |
PLO-9 |
Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman. Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman |
PLO-12 |
Bekerjasama dan berpikir logis untuk menyelesaikan permasalahan, mengambil keputusan, serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Pemahaman secara global mengenai konsep linguistik
|
PO - 2 |
Pemahaman secara global mengenai hakekat bahasa
|
PO - 3 |
Pemahaman mengenai objek kajian linguistik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-9 | PLO-12 | PO-1 | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemberian kemampuan awal tentang linguistik. Dalam perkuliahan akan diberikan materi inti sebagai berikut : (a) konsep dasar linguistik sebagai ilmu , (b) konsep lunguistik umum, (c) bahasa dan hakikat bahasa, (d) jenis bahasa, (e) objek kajian linguistik, dan (f) pembidangan linguistik. Keberhasilan mahasiswa akan dinilai berdasarkan partisipasi aktif dalam PBM, tugas-tugas terstruktur, nilai tes tengah semester dan nilai tes akhir semester. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hentschel, Elke dan Theo Harden. 2014. Einführung in die germanistische Linguistik.
- Meibauer, Jörg. 2008. Einführung in die Linguistik. Stuttgart: Metzler Verlag.
- Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München.
- Werner, Abraham. 1998. Linguistik der uneigentlichen Rede. Tübimgen : Stauffenburg.
- Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink
- Ramers, Karl-Heinz. 1998. Einführung in die Phonologie. München : Fink.
- Eroms, Hans Werner. 2000. Syntax der deutschen Sprache. Berlin/ de Gruyter.
|
Pendukung : |
|
- sumber lain internet
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman secara global mengenai konsep linguistik |
Penguasaan konsep linguistik |
Kriteria:
- 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
- 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
diskusi, ceramah 3 X 50 |
ceramah 2x50 |
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 1 Pustaka: Hentschel, Elke dan Theo Harden. 2014. Einführung in die germanistische Linguistik. |
100% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman secara global mengenai hakekat bahasa |
Penguasaan hakekat bahasa |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 2 Pustaka: Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München. |
100% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman mengenai objek kajian linguistik |
Penguasaan objek kajian linguistik |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 3 Pustaka: Ramers, Karl-Heinz. 1998. Einführung in die Phonologie. München : Fink. |
100% |
4
Minggu ke 4 |
Pemahaman mengenai fonetik |
Penguasaan fonetik |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 4 Pustaka: Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München. |
100% |
5
Minggu ke 5 |
Pemahaman mengenai fonetik |
Penguasaan fonetik |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 5 Pustaka: Meibauer, Jörg. 2008. Einführung in die Linguistik. Stuttgart: Metzler Verlag. |
100% |
6
Minggu ke 6 |
Pemahaman mengenai fonologi |
Penguasaan fonologi |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 6 Pustaka: Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Pemahaman mengenai fonologi |
Penguasaan fonologi |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 7 Pustaka: Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München. |
100% |
8
Minggu ke 8 |
Pemahaman mengenai morfofonologi |
Penguasaan morfofonologi |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 8 Pustaka: Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink |
100% |
9
Minggu ke 9 |
UTS |
Penguasaan konsep linguistik, hakekat bahasa beserta objek kajiannya (fonetik, fonologi dan morfofonologi) |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 9 Pustaka: Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink |
100% |
10
Minggu ke 10 |
Pemahaman mengenai morfologi |
Penguasaan morfologi |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 10 Pustaka: Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink |
100% |
11
Minggu ke 11 |
Pemahaman mengenai morfologi |
Penguasaan morfologi |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 11 Pustaka: Ramers, Karl-Heinz. 1998. Einführung in die Phonologie. München : Fink. |
100% |
12
Minggu ke 12 |
Pemahaman mengenai sintaksis |
Penguasaan sintaksis |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 12 Pustaka: Eroms, Hans Werner. 2000. Syntax der deutschen Sprache. Berlin/ de Gruyter. |
100% |
13
Minggu ke 13 |
Pemahaman mengenai sintaksis |
Penguasaan sintaksis |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Vortragen Situation 13 Pustaka: Meibauer, Jörg. 2008. Einführung in die Linguistik. Stuttgart: Metzler Verlag. |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Pemahaman mengenai semantik |
Penguasaan semantik |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 14 Pustaka: Werner, Abraham. 1998. Linguistik der uneigentlichen Rede. Tübimgen : Stauffenburg. |
100% |
15
Minggu ke 15 |
Pemahaman mengenai semantik |
Penguasaan semantik |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 15 Pustaka: Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink |
100% |
16
Minggu ke 16 |
Pemahaman mengenai semantik |
Penguasaan semantik |
Kriteria:
4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Diskusi, ceramah 2 X 50 |
0
|
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 16 Pustaka: Werner, Abraham. 1998. Linguistik der uneigentlichen Rede. Tübimgen : Stauffenburg. |
100% |