Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Introduction To Linguistics

8820702299

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




tim Linguistik




.......................................




Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Menunjukkan sikap bertanggung jawab sesuai etika akademik dan etika profesi.

PLO-9

Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman. Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman

PLO-12

Bekerjasama dan berpikir logis untuk menyelesaikan permasalahan, mengambil keputusan, serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Pemahaman secara global mengenai konsep linguistik

PO - 2

Pemahaman secara global mengenai hakekat bahasa

PO - 3

Pemahaman mengenai objek kajian linguistik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-9PLO-12
PO-1   
PO-2
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemberian kemampuan awal tentang linguistik. Dalam perkuliahan akan diberikan materi inti sebagai berikut : (a) konsep dasar linguistik sebagai ilmu , (b) konsep lunguistik umum, (c) bahasa dan hakikat bahasa, (d) jenis bahasa, (e) objek kajian linguistik, dan (f) pembidangan linguistik. Keberhasilan mahasiswa akan dinilai berdasarkan partisipasi aktif dalam PBM, tugas-tugas terstruktur, nilai tes tengah semester dan nilai tes akhir semester.

Pustaka

Utama :

  1. Hentschel, Elke dan Theo Harden. 2014. Einführung in die germanistische Linguistik.
  2. Meibauer, Jörg. 2008. Einführung in die Linguistik. Stuttgart: Metzler Verlag.
  3. Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München.
  4. Werner, Abraham. 1998. Linguistik der uneigentlichen Rede. Tübimgen : Stauffenburg.
  5. Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink
  6. Ramers, Karl-Heinz. 1998. Einführung in die Phonologie. München : Fink.
  7. Eroms, Hans Werner. 2000. Syntax der deutschen Sprache. Berlin/ de Gruyter.

Pendukung :

  1. sumber lain internet

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman secara global mengenai konsep linguistik

Penguasaan konsep linguistik

Kriteria:
  1. 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  2. 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  3. 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
  4. 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
diskusi, ceramah
3 X 50
ceramah
2x50
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 1
Pustaka: Hentschel, Elke dan Theo Harden. 2014. Einführung in die germanistische Linguistik.
100%

2

Minggu ke 2

Pemahaman secara global mengenai hakekat bahasa

Penguasaan hakekat bahasa

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 2
Pustaka: Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München.
100%

3

Minggu ke 3

Pemahaman mengenai objek kajian linguistik

Penguasaan objek kajian linguistik

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 3
Pustaka: Ramers, Karl-Heinz. 1998. Einführung in die Phonologie. München : Fink.
100%

4

Minggu ke 4

Pemahaman mengenai fonetik

Penguasaan fonetik

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 4
Pustaka: Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München.
100%

5

Minggu ke 5

Pemahaman mengenai fonetik

Penguasaan fonetik

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 5
Pustaka: Meibauer, Jörg. 2008. Einführung in die Linguistik. Stuttgart: Metzler Verlag.
100%

6

Minggu ke 6

Pemahaman mengenai fonologi

Penguasaan fonologi

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 6
Pustaka: Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München.
0%

7

Minggu ke 7

Pemahaman mengenai fonologi

Penguasaan fonologi

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 7
Pustaka: Schuster, Jörg. 2003. Einführung in die Linguistik. Modul der Uni München.
100%

8

Minggu ke 8

Pemahaman mengenai morfofonologi

Penguasaan morfofonologi

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 8
Pustaka: Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink
100%

9

Minggu ke 9

UTS

Penguasaan konsep linguistik, hakekat bahasa beserta objek kajiannya (fonetik, fonologi dan morfofonologi)

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan
2 X 50

Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 9
Pustaka: Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink
100%

10

Minggu ke 10

Pemahaman mengenai morfologi

Penguasaan morfologi

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, ceramah
2 X 50

Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 10
Pustaka: Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink
100%

11

Minggu ke 11

Pemahaman mengenai morfologi

Penguasaan morfologi

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 11
Pustaka: Ramers, Karl-Heinz. 1998. Einführung in die Phonologie. München : Fink.
100%

12

Minggu ke 12

Pemahaman mengenai sintaksis

Penguasaan sintaksis

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 12
Pustaka: Eroms, Hans Werner. 2000. Syntax der deutschen Sprache. Berlin/ de Gruyter.
100%

13

Minggu ke 13

Pemahaman mengenai sintaksis

Penguasaan sintaksis

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Vortragen Situation 13
Pustaka: Meibauer, Jörg. 2008. Einführung in die Linguistik. Stuttgart: Metzler Verlag.
0%

14

Minggu ke 14

Pemahaman mengenai semantik

Penguasaan semantik

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 14
Pustaka: Werner, Abraham. 1998. Linguistik der uneigentlichen Rede. Tübimgen : Stauffenburg.
100%

15

Minggu ke 15

Pemahaman mengenai semantik

Penguasaan semantik

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 15
Pustaka: Vater, Heinz. 1992. Einführung in die Textlinguistik. München : Fink
100%

16

Minggu ke 16

Pemahaman mengenai semantik

Penguasaan semantik

Kriteria:

4 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.3 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan, tetapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan.2 Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.1 Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan dan pengembangan sesuai dengan tema serta tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Diskusi, ceramah
2 X 50
0
Materi: Einfuehrung in die Linguistik - Thema 16
Pustaka: Werner, Abraham. 1998. Linguistik der uneigentlichen Rede. Tübimgen : Stauffenburg.
100%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 549.98%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 199.99%
3. Penilaian Portofolio 116.66%
4. Praktik / Unjuk Kerja 383.32%
5. Tes 149.99%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.