
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar Tari Jawa Timur |
8820902599 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
27 April 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M. Hum
|
Dr. Setyo yanuartuti, M.Si
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran seni drama, tari, dan musik terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan dan menciptakan karya bidang seni dan pendidikan seni berbasis teknologi, seni drama, tari dan musik Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur dan bidang seni budaya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menguasai pengetahuan sejarah singkat, sinopsis, konsep, gerak tari Remo gaya Surabayan atau gaya tari Remo etnis Arek yang lain dan tari etnis Arek yang lain dalam bentuk tari tunggal, dan tari tradisional Jawa Timur etnis Kulonan/Mataraman dalam bentuk tari tunggal, dan berpasangan
|
PO - 2 |
Mampu mendemonstrasikan ketrampilan gerak tari Turonggo Yaksa dalam bentuk tari tunggal, atau tari Salipuk dalam bentuk tari berpasangan.
|
PO - 3 |
Mampu mendemonstrasikan ketrampilan gerak tari Turonggo Yaksa dalam bentuk tari tunggal, atau tari Salipuk dalam bentuk tari berpasangan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | ✔ | | ✔ | PO-3 | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman pengetahuan dan penguasaan ketrampilan tari tradisional Jawa Timur meliputi bentuk-bentuk Tari Remo Putra dan Tari Remo Putri gaya Arek atau etnis Arek yang lain, dan ketrampilan tari tradisional Jawa Timur gaya Jawa Timur Kulonan /Mataraman dalam bentuk tari tunggal, dan berpasangan. Mata Kuliah Dasar Tari Jawa Timur bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada dasar-dasar gerak, teknik, dan ekspresi tari tradisional Jawa Timur. Melalui model pembelajaran Project-Based Learning (PBL), mahasiswa tidak hanya diajak untuk menguasai keterampilan praktis sebagai penari, tetapi juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan wawasan kewirausahaan di bidang seni pertunjukan.
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari elemen-elemen penting tari Jawa Timur seperti gerakan khas, filosofi budaya, serta peran musik pengiring. Proyek-proyek yang dirancang dalam PBL mencakup pementasan tarian dalam skala kecil hingga kolaborasi dalam produksi tari skala besar, di mana mahasiswa berperan aktif dalam berbagai aspek, mulai dari koreografi hingga manajemen pertunjukan.
Dengan pendekatan holistik ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi penari yang terampil, tetapi juga mampu memanfaatkan keterampilan mereka dalam konteks profesional dan wirausaha, membuka jalan bagi karier yang beragam di bidang seni pertunjukan dan manajemen seni. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media.
- Supriyanto, Henricus. 2018. Ludruk Jawa Timur Dalam Pusaran Jaman . Malang: Beranda
- Nurcahyo, Henri. 2011. Munali Patah Pahlawan Seni dari Sidoarjo . Sidoarjo: Dewan Kesenian Sidoarjo
- Wibisono, 2015. Tari Ngremo Catatan Dari Panggung Ke Panggung. Surabaya: Dewan Kesenian Jawa Timur
- Wahyudianto.2008. Kepahlawanan Tari Ngremo Surabayan . Surakarta: ISI Press.
- Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Bambang Sugito, M.Sn. Dr. Sn. Retnayu Prasetyanti Sekti, M.Si. Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum. Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendiskripsikan materi tari Jawa Timur Etnis Arek dan Mataraman & dapat menjelaskan ruang lingkupnya |
1. Mendiskripsikan Dan menjelaskan latar belakang tari Jawa Timur Mataraman secara umum ( Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri) 2. Mendiskripsikan Dan menjelaskan ruang lingkup tari Jawa Timur Mataraman secara umum ( Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri) 3. Mendiskripsikan Dan menjelaskan materi tari Jawa Timur Mataraman ( Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri) |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Seni Tari Tradisional Jawa Timur Pustaka: |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi & menjelaskan keragaman wilayah etnik kantong seni tari Jawa Timur Mataraman |
1. Mengidentifikasi keragaman wilayah etnik kantong seni tari Jawa Timur Mataraman Menjelaskan keragaman wilayah etnik kantong seni tari Jawa Timur Mataraman |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan), Penguasaan hasil produce Budaya dari wilayah etnik dari Jawa Timuran dan Mataraman. Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan gerak tari ngremo ragam gersk kelompok A. |
Mampu mendemonstrasikan ragam gerak tari Ngremo monali kelompok A sesuai dengan ketentuan Wiraga, Wirama, Wirasa dan Harmoni. |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Penguasaan keragaman tari etnik di wilayah Jawatimuran dan Mataraman. Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mendemonstrasikan ragam gerak sesuai dengan iringan yang digunakan dalam ragam gerak kelompok A. |
Menguasai ragam gerak sesuai dengan wiraga, wirama, wirasa dan harmoni pada tari ngremo Munali. |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari etnik (rias, busana & musik) Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media. Materi: "Tari Remo: Keindahan dan Kekuatan Gerak" oleh R.M. Sunarsih. Ragam gerak sesuai dengan wiraga, wirama, wirasa dan harmoni pada tari ngremo Munali. Pustaka: |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mendemonstrasikan ragam gerak tari Ngremo Munali sesuai dengan wiraga, wirama, wiroso dan harmoni kelompok ragam gerak kelompok B. |
Penguasaan materi sesuai dengan wiraga, wirama wirasa dan harmoni sesuai irngan yang digunakan dalam ragam gerak kelompok B. |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Ceramah, Tanya Jawab, Kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Penguasaan ragam gerak Ngremo Munali ragam gerak kelompok A. Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mendemonstrasikan ragam gerak tari ngremo Munali sesuai dengan ketentuan Wiraga, Wirama, Wiroso dan Harmoni sesuai dengan iringan yang digunakan dalam ragam gerak kelompok B. |
Menguasai ragam gerak Ngremo Munali sesuai dengan ketentuan Wiraga, Wirama, Wirasa dan Harmoni sesuai iringan yang digunakan dalam ragam gerak kelompok B. |
Kriteria:
- 1. Wiraga
- 2. Wirama
- 3. Wirasa
- 5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mendemonstrasikan rias busana Ngremo Munali sesuai dengan ketentuan dalam rias busana tari ngremo Munali, |
Mampu menguasai materi tari Remo Munali Patah |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa Pustaka: Supriyanto, Henricus. 2018. Ludruk Jawa Timur Dalam Pusaran Jaman . Malang: Beranda |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Demonstrasi tari Ngremo Munali mulai ragam gerak A sampai C sesua dengan iringan yang digunakan sesuai dengan irama yang digunakan. |
1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam masuk sampai ragam Junjungan, Singget Sembah. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Entrakan sampai ragam Lampah tiga maju mundur. 3. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Singget Junjungan sampai ragam lampah ½ putar gejug |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa Pustaka: Nurcahyo, Henri. 2011. Munali Patah Pahlawan Seni dari Sidoarjo . Sidoarjo: Dewan Kesenian Sidoarjo Materi: Kesenian Daerah Jawa Timur" oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam masuk sampai ragam Junjungan, Singget Sembah. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Entrakan sampai ragam Lampah tiga maju mundur. 3. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Singget Junjungan sampai ragam lampah ½ putar gejug Pustaka: |
3% |
9
Minggu ke 9 |
Ujian Tengah Semester |
Pencapaian penyerapan Materi yang telah diberikan |
Kriteria:
5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) pada ranah UTS Pustaka: Wibisono, 2015. Tari Ngremo Catatan Dari Panggung Ke Panggung. Surabaya: Dewan Kesenian Jawa Timur Materi: Kesenian Daerah Jawa Timur" oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Ujian materi yang telah diberikan. Pustaka: |
20% |
10
Minggu ke 10 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) |
1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Ogek Lambung sampai gareng kencikan. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Lembehan lompat tranjal sampai Singget Junjungan. 3. Mempraktekkan Tari Jawa Timur Mataraman (Wiraga, Wirama, Wirasa) Lumaksana putar sampai lembehan asta |
Kriteria:
- 1. Wiraga
- 2. Wirama
- 3. Wirasa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Pustaka: Wahyudianto.2008. Kepahlawanan Tari Ngremo Surabayan . Surakarta: ISI Press. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) |
1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Ogek Lambung sampai gareng kencikan. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Lembehan lompat tranjal sampai Singget Junjungan. 3. Mempraktekkan Tari Jawa Timur Mataraman (Wiraga, Wirama, Wirasa) Lumaksana putar sampai lembehan asta |
Kriteria:
- 1. Wiraga
- 2. Wirama
- 3. Wirasa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) |
1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk |
Kriteria:
- 1. Wiraga
- 2. Wirama
- 3. Wirasa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan, kooperatif dan dril. 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Pustaka: Wibisono, 2015. Tari Ngremo Catatan Dari Panggung Ke Panggung. Surabaya: Dewan Kesenian Jawa Timur |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) |
1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk |
Kriteria:
- 1. Wiraga
- 2. Wirama
- 3. Wirasa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Pustaka: Supriyanto, Henricus. 2018. Ludruk Jawa Timur Dalam Pusaran Jaman . Malang: Beranda |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) |
1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk |
Kriteria:
- 1. Wiraga
- 2. Wirama
- 3. Wirasa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Pustaka: Wahyudianto.2008. Kepahlawanan Tari Ngremo Surabayan . Surakarta: ISI Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) |
1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk |
Kriteria:
- 1. Wiraga
- 2. Wirama
- 3. Wirasa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
9% |
16
Minggu ke 16 |
Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) |
1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk |
Kriteria:
- 1. Wiraga
- 2. Wirama
- 3. Wirasa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Lecture Course 2 X 50 |
|
Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan) |
30% |