Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar Tari Jawa Timur

8820902599

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

27 April 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M. Hum




Dr. Setyo yanuartuti, M.Si




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran seni drama, tari, dan musik terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

PLO-10

Mampu mengembangkan dan menciptakan karya bidang seni dan pendidikan seni berbasis teknologi, seni drama, tari dan musik Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur dan bidang seni budaya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menguasai pengetahuan sejarah singkat, sinopsis, konsep, gerak tari Remo gaya Surabayan atau gaya tari Remo etnis Arek yang lain dan tari etnis Arek yang lain dalam bentuk tari tunggal, dan tari tradisional Jawa Timur etnis Kulonan/Mataraman dalam bentuk tari tunggal, dan berpasangan

PO - 2

Mampu mendemonstrasikan ketrampilan gerak tari Turonggo Yaksa dalam bentuk tari tunggal, atau tari Salipuk dalam bentuk tari berpasangan.

PO - 3

Mampu mendemonstrasikan ketrampilan gerak tari Turonggo Yaksa dalam bentuk tari tunggal, atau tari Salipuk dalam bentuk tari berpasangan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-7PLO-10
PO-1   
PO-2  
PO-3    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman pengetahuan dan penguasaan ketrampilan tari tradisional Jawa Timur meliputi bentuk-bentuk Tari Remo Putra dan Tari Remo Putri gaya Arek atau etnis Arek yang lain, dan ketrampilan tari tradisional Jawa Timur gaya Jawa Timur Kulonan /Mataraman dalam bentuk tari tunggal, dan berpasangan. Mata Kuliah Dasar Tari Jawa Timur bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada dasar-dasar gerak, teknik, dan ekspresi tari tradisional Jawa Timur. Melalui model pembelajaran Project-Based Learning (PBL), mahasiswa tidak hanya diajak untuk menguasai keterampilan praktis sebagai penari, tetapi juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan wawasan kewirausahaan di bidang seni pertunjukan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari elemen-elemen penting tari Jawa Timur seperti gerakan khas, filosofi budaya, serta peran musik pengiring. Proyek-proyek yang dirancang dalam PBL mencakup pementasan tarian dalam skala kecil hingga kolaborasi dalam produksi tari skala besar, di mana mahasiswa berperan aktif dalam berbagai aspek, mulai dari koreografi hingga manajemen pertunjukan. Dengan pendekatan holistik ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi penari yang terampil, tetapi juga mampu memanfaatkan keterampilan mereka dalam konteks profesional dan wirausaha, membuka jalan bagi karier yang beragam di bidang seni pertunjukan dan manajemen seni.

Pustaka

Utama :

  1. Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media.
  2. Supriyanto, Henricus. 2018. Ludruk Jawa Timur Dalam Pusaran Jaman . Malang: Beranda
  3. Nurcahyo, Henri. 2011. Munali Patah Pahlawan Seni dari Sidoarjo . Sidoarjo: Dewan Kesenian Sidoarjo
  4. Wibisono, 2015. Tari Ngremo Catatan Dari Panggung Ke Panggung. Surabaya: Dewan Kesenian Jawa Timur
  5. Wahyudianto.2008. Kepahlawanan Tari Ngremo Surabayan . Surakarta: ISI Press.
  6. Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Bambang Sugito, M.Sn.

Dr. Sn. Retnayu Prasetyanti Sekti, M.Si.

Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum.

Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendiskripsikan materi tari Jawa Timur Etnis Arek dan Mataraman & dapat menjelaskan ruang lingkupnya

1. Mendiskripsikan Dan menjelaskan latar belakang tari Jawa Timur Mataraman secara umum ( Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri) 2. Mendiskripsikan Dan menjelaskan ruang lingkup tari Jawa Timur Mataraman secara umum ( Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri) 3. Mendiskripsikan Dan menjelaskan materi tari Jawa Timur Mataraman ( Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri)

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Lecture Course
2 X 50

Materi: Seni Tari Tradisional Jawa Timur
Pustaka:
2%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi & menjelaskan keragaman wilayah etnik kantong seni tari Jawa Timur Mataraman

1. Mengidentifikasi keragaman wilayah etnik kantong seni tari Jawa Timur Mataraman Menjelaskan keragaman wilayah etnik kantong seni tari Jawa Timur Mataraman

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Lecture Course
2 X 50

Materi: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan), Penguasaan hasil produce Budaya dari wilayah etnik dari Jawa Timuran dan Mataraman.
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mendemonstrasikan gerak tari ngremo ragam gersk kelompok A.

Mampu mendemonstrasikan ragam gerak tari Ngremo monali kelompok A sesuai dengan ketentuan Wiraga, Wirama, Wirasa dan Harmoni.

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Lecture Course
2 X 50

Materi: Penguasaan keragaman tari etnik di wilayah Jawatimuran dan Mataraman.
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
3%

4

Minggu ke 4

Mampu mendemonstrasikan ragam gerak sesuai dengan iringan yang digunakan dalam ragam gerak kelompok A.

Menguasai ragam gerak sesuai dengan wiraga, wirama, wirasa dan harmoni pada tari ngremo Munali.

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Lecture Course
2 X 50

Materi: Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari etnik (rias, busana & musik)
Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media.

Materi: "Tari Remo: Keindahan dan Kekuatan Gerak" oleh R.M. Sunarsih. Ragam gerak sesuai dengan wiraga, wirama, wirasa dan harmoni pada tari ngremo Munali.
Pustaka:
3%

5

Minggu ke 5

Mendemonstrasikan ragam gerak tari Ngremo Munali sesuai dengan wiraga, wirama, wiroso dan harmoni kelompok ragam gerak kelompok B.

Penguasaan materi sesuai dengan wiraga, wirama wirasa dan harmoni sesuai irngan yang digunakan dalam ragam gerak kelompok B.

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Ceramah, Tanya Jawab, Kooperatif
2 X 50

Materi: Penguasaan ragam gerak Ngremo Munali ragam gerak kelompok A.
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
3%

6

Minggu ke 6

Mendemonstrasikan ragam gerak tari ngremo Munali sesuai dengan ketentuan Wiraga, Wirama, Wiroso dan Harmoni sesuai dengan iringan yang digunakan dalam ragam gerak kelompok B.

Menguasai ragam gerak Ngremo Munali sesuai dengan ketentuan Wiraga, Wirama, Wirasa dan Harmoni sesuai iringan yang digunakan dalam ragam gerak kelompok B.

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
  4. 5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Lecture Course
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa
Pustaka: Wahyudianto. 2021. Tari Ngrema, Sejarah, Teknik, Kinestetik dan Bentuk Estetik . Surabaya Revka Prima Media.
3%

7

Minggu ke 7

Mendemonstrasikan rias busana Ngremo Munali sesuai dengan ketentuan dalam rias busana tari ngremo Munali,

Mampu menguasai materi tari Remo Munali Patah

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Lecture Course
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa
Pustaka: Supriyanto, Henricus. 2018. Ludruk Jawa Timur Dalam Pusaran Jaman . Malang: Beranda
3%

8

Minggu ke 8

Demonstrasi tari Ngremo Munali mulai ragam gerak A sampai C sesua dengan iringan yang digunakan sesuai dengan irama yang digunakan.

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam masuk sampai ragam Junjungan, Singget Sembah. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Entrakan sampai ragam Lampah tiga maju mundur. 3. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Singget Junjungan sampai ragam lampah ½ putar gejug

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Lecture Course
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa
Pustaka: Nurcahyo, Henri. 2011. Munali Patah Pahlawan Seni dari Sidoarjo . Sidoarjo: Dewan Kesenian Sidoarjo

Materi: Kesenian Daerah Jawa Timur" oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam masuk sampai ragam Junjungan, Singget Sembah. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Entrakan sampai ragam Lampah tiga maju mundur. 3. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Singget Junjungan sampai ragam lampah ½ putar gejug
Pustaka:
3%

9

Minggu ke 9

Ujian Tengah Semester

Pencapaian penyerapan Materi yang telah diberikan

Kriteria:

5 = Sangat Baik, 4 = Baik, 3 = Cukup Baik, 2 = Kurang Baik, 1 = Tidak baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Lecture Course
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) pada ranah UTS
Pustaka: Wibisono, 2015. Tari Ngremo Catatan Dari Panggung Ke Panggung. Surabaya: Dewan Kesenian Jawa Timur

Materi: Kesenian Daerah Jawa Timur" oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Ujian materi yang telah diberikan.
Pustaka:
20%

10

Minggu ke 10

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Ogek Lambung sampai gareng kencikan. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Lembehan lompat tranjal sampai Singget Junjungan. 3. Mempraktekkan Tari Jawa Timur Mataraman (Wiraga, Wirama, Wirasa) Lumaksana putar sampai lembehan asta

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Lecture Course
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)
Pustaka: Wahyudianto.2008. Kepahlawanan Tari Ngremo Surabayan . Surakarta: ISI Press.
4%

11

Minggu ke 11

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Ogek Lambung sampai gareng kencikan. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Lembehan lompat tranjal sampai Singget Junjungan. 3. Mempraktekkan Tari Jawa Timur Mataraman (Wiraga, Wirama, Wirasa) Lumaksana putar sampai lembehan asta

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Lecture Course
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
3%

12

Minggu ke 12

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan, kooperatif dan dril.
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)
Pustaka: Wibisono, 2015. Tari Ngremo Catatan Dari Panggung Ke Panggung. Surabaya: Dewan Kesenian Jawa Timur
3%

13

Minggu ke 13

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Lecture Course
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)
Pustaka: Supriyanto, Henricus. 2018. Ludruk Jawa Timur Dalam Pusaran Jaman . Malang: Beranda
3%

14

Minggu ke 14

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Lecture Course
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)
Pustaka: Wahyudianto.2008. Kepahlawanan Tari Ngremo Surabayan . Surakarta: ISI Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Lecture Course
2 X 50

Materi: Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
9%

16

Minggu ke 16

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Lecture Course
2 X 50

Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka: Wibisono, Tri Broto. 1981. “Ngremo”. Surabaya: Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Timur (tidak diterbitkan)
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 51.25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 14.25%
3. Penilaian Portofolio 7.25%
4. Penilaian Praktikum 1.75%
5. Praktik / Unjuk Kerja 23.75%
6. Tes 1.75%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.