Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sosiologi Sastra

8820802102

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

24 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Miftachul Amri, M.Pd., M.Ed., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah:Pengkajian hakikat sosiologi sastra, pendekatan sosiologi sastra dan penerapannya dalam menyusun rancangan penelitian karya sastra Tiongkok dengan menggunakan pendekatan sosiolosi sastra melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya prodi.

Pustaka

Utama :

  1. Referensi: Faruk. 2012. Pengantar Sosiologi Sastra: Dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme . Edisi revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Kurniawan, Heru. 2011. Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi Sastra . Jakarta: Graha Ilmu.
  3. Damono, Sapardi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd.

Mamik Tri Wedawati, S.S., M.Pd.

GALIH WIBISONO

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai hakikat sosiologi sastra, ruang lingkup kajiannya, fungsi, dan kedudukannya dalam Ilmu Susastra.

Memahami hakikat sosiologi sastra, ruang lingkup kajiannya, fungsi, dan kedudukannya dalam Ilmu Susastra.

Kriteria:
  1. Kata kunci:
  2. hakikat sosiologi sastra: cabang ilmu sastra, interdusiplinerruang lingkup kajiannya: hakikat, fungsi, relasinya dengan ilmu lain, jenis, dan terapannya dalam apresiasi dan kritik sastrafungsi: menggali nilai-nilai sosial, masyarakat dalam karya sastra
  3. kedudukannya dalam Ilmu Susastra: subdisiplin Ilmu Susastra.
Diskusi, tanya jawab, dan ceramah
4 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menguasai hakikat sosiologi sastra, ruang lingkup kajiannya, fungsi, dan kedudukannya dalam Ilmu Susastra.

Memahami hakikat sosiologi sastra, ruang lingkup kajiannya, fungsi, dan kedudukannya dalam Ilmu Susastra.

Kriteria:
  1. Kata kunci:
  2. hakikat sosiologi sastra: cabang ilmu sastra, interdusiplinerruang lingkup kajiannya: hakikat, fungsi, relasinya dengan ilmu lain, jenis, dan terapannya dalam apresiasi dan kritik sastrafungsi: menggali nilai-nilai sosial, masyarakat dalam karya sastra
  3. kedudukannya dalam Ilmu Susastra: subdisiplin Ilmu Susastra.
Diskusi, tanya jawab, dan ceramah
4 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menguasai jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca

  1. Memahami jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
  2. Mencari contoh analisis karya sastra berdasarkan jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
Kriteria:
  1. kata kunci:
  2. Jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembacakesesuaian pemilihan karya sastra dan pendekatan analisis, ketepatan hasil analisis dalam contoh yang disajikan
diskusi, tanya jawab, dan presentasi
6 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Menguasai jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca

  1. Memahami jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
  2. Mencari contoh analisis karya sastra berdasarkan jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
Kriteria:
  1. kata kunci:
  2. Jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembacakesesuaian pemilihan karya sastra dan pendekatan analisis, ketepatan hasil analisis dalam contoh yang disajikan
diskusi, tanya jawab, dan presentasi
6 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Menguasai jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca

  1. Memahami jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
  2. Mencari contoh analisis karya sastra berdasarkan jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
Kriteria:
  1. kata kunci:
  2. Jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembacakesesuaian pemilihan karya sastra dan pendekatan analisis, ketepatan hasil analisis dalam contoh yang disajikan
diskusi, tanya jawab, dan presentasi
6 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Menguasai teori dalam penelitian sosiologi sastra

Memahami teori dalam penelitian sosiologi sastra

Kriteria:

kata kunci: jenis dan isi karya sastra tepat, pilihan dan terapan teori dalam menganalisis karya sastra, hasil analisis

diskusi dan presentasi
5 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Menguasai teori dalam penelitian sosiologi sastra

Memahami teori dalam penelitian sosiologi sastra

Kriteria:

kata kunci: jenis dan isi karya sastra tepat, pilihan dan terapan teori dalam menganalisis karya sastra, hasil analisis

diskusi dan presentasi
5 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Menguasai materi USS

Menjawab dengan benar soal USS atau mengerjakan tugas pengganti USS

Kriteria:

Kata kunci: subdisiplin ilmu susastra, memelajari hubungan sastra dan masayarakat; sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, dan sosiologi pembacakriteria: ringkasan tepat dan penilaian tepat disertai argumen dan bukti kutipan yang tepat

Ujian
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

menganalisis karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

  1. memilih karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
  2. menyajikan hasil analisis karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
Kriteria:

pilihan karya sastra dan pendekatan analisis tepatunsur ektrinsik dan hasil analisis benar disertai bukti kutipan

metode tugas dan presentasi
8 X 50

0%

10

Minggu ke 10

menganalisis karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

  1. memilih karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
  2. menyajikan hasil analisis karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
Kriteria:

pilihan karya sastra dan pendekatan analisis tepatunsur ektrinsik dan hasil analisis benar disertai bukti kutipan

metode tugas dan presentasi
8 X 50

0%

11

Minggu ke 11

menganalisis karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

  1. memilih karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
  2. menyajikan hasil analisis karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
Kriteria:

pilihan karya sastra dan pendekatan analisis tepatunsur ektrinsik dan hasil analisis benar disertai bukti kutipan

metode tugas dan presentasi
8 X 50

0%

12

Minggu ke 12

menganalisis karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

  1. memilih karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
  2. menyajikan hasil analisis karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
Kriteria:

pilihan karya sastra dan pendekatan analisis tepatunsur ektrinsik dan hasil analisis benar disertai bukti kutipan

metode tugas dan presentasi
8 X 50

0%

13

Minggu ke 13

menyajikan hasil kritik terhadap karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

mengkritik karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

Kriteria:

kata kunci: pilihan karya sastra tepatkata kunci: pendekatan tepat, unsur yang dikritik, hasil kritik, argumentasi dan bukti-bukti data logis dan representatif

diskusi dan presentasi
6 X 50

0%

14

Minggu ke 14

menyajikan hasil kritik terhadap karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

mengkritik karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

Kriteria:

kata kunci: pilihan karya sastra tepatkata kunci: pendekatan tepat, unsur yang dikritik, hasil kritik, argumentasi dan bukti-bukti data logis dan representatif

diskusi dan presentasi
6 X 50

0%

15

Minggu ke 15

menyajikan hasil kritik terhadap karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

mengkritik karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra

Kriteria:

kata kunci: pilihan karya sastra tepatkata kunci: pendekatan tepat, unsur yang dikritik, hasil kritik, argumentasi dan bukti-bukti data logis dan representatif

diskusi dan presentasi
6 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mengerjakan tugas US

mengapresiasi atau mengkritik karya sastra Tiongkok berdasarkan pendekatan sosiologi sastra

Kriteria:

kriteria: karya sastra memiliki kandungan masalah sosialkriteria: judul (singkat, jelas, sesuai dengan isi makalah); pendahuluan (argumentatif, logis, dan sistematis); pembahasan (teori singkat, metode pembahasan, hasil apresiasi atau kritik tepat disertai data pendukung), simpulan sejalan dengan masalah yang dibahas; daftar rujukan (tepat, mutakhir)

Ujian
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.