|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sosiologi Sastra |
8820802102 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
24 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Miftachul Amri, M.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi Mata Kuliah:Pengkajian hakikat sosiologi sastra, pendekatan sosiologi sastra dan penerapannya dalam menyusun rancangan penelitian karya sastra Tiongkok dengan menggunakan pendekatan sosiolosi sastra melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya prodi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Referensi: Faruk. 2012. Pengantar Sosiologi Sastra: Dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme . Edisi revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kurniawan, Heru. 2011. Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi Sastra . Jakarta: Graha Ilmu.
- Damono, Sapardi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd. Mamik Tri Wedawati, S.S., M.Pd. GALIH WIBISONO |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai hakikat sosiologi sastra, ruang lingkup kajiannya, fungsi, dan kedudukannya dalam Ilmu Susastra. |
Memahami hakikat sosiologi sastra, ruang lingkup kajiannya, fungsi, dan kedudukannya dalam Ilmu Susastra. |
Kriteria:
- Kata kunci:
- hakikat sosiologi sastra: cabang ilmu sastra, interdusiplinerruang lingkup kajiannya: hakikat, fungsi, relasinya dengan ilmu lain, jenis, dan terapannya dalam apresiasi dan kritik sastrafungsi: menggali nilai-nilai sosial, masyarakat dalam karya sastra
- kedudukannya dalam Ilmu Susastra: subdisiplin Ilmu Susastra.
|
Diskusi, tanya jawab, dan ceramah 4 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai hakikat sosiologi sastra, ruang lingkup kajiannya, fungsi, dan kedudukannya dalam Ilmu Susastra. |
Memahami hakikat sosiologi sastra, ruang lingkup kajiannya, fungsi, dan kedudukannya dalam Ilmu Susastra. |
Kriteria:
- Kata kunci:
- hakikat sosiologi sastra: cabang ilmu sastra, interdusiplinerruang lingkup kajiannya: hakikat, fungsi, relasinya dengan ilmu lain, jenis, dan terapannya dalam apresiasi dan kritik sastrafungsi: menggali nilai-nilai sosial, masyarakat dalam karya sastra
- kedudukannya dalam Ilmu Susastra: subdisiplin Ilmu Susastra.
|
Diskusi, tanya jawab, dan ceramah 4 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca |
- Memahami jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
- Mencari contoh analisis karya sastra berdasarkan jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
|
Kriteria:
- kata kunci:
- Jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembacakesesuaian pemilihan karya sastra dan pendekatan analisis, ketepatan hasil analisis dalam contoh yang disajikan
|
diskusi, tanya jawab, dan presentasi 6 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca |
- Memahami jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
- Mencari contoh analisis karya sastra berdasarkan jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
|
Kriteria:
- kata kunci:
- Jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembacakesesuaian pemilihan karya sastra dan pendekatan analisis, ketepatan hasil analisis dalam contoh yang disajikan
|
diskusi, tanya jawab, dan presentasi 6 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca |
- Memahami jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
- Mencari contoh analisis karya sastra berdasarkan jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembaca
|
Kriteria:
- kata kunci:
- Jenis-jenis sosiologi sastra: sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, sosiologi pembacakesesuaian pemilihan karya sastra dan pendekatan analisis, ketepatan hasil analisis dalam contoh yang disajikan
|
diskusi, tanya jawab, dan presentasi 6 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai teori dalam penelitian sosiologi sastra |
Memahami teori dalam penelitian sosiologi sastra |
Kriteria:
kata kunci: jenis dan isi karya sastra tepat, pilihan dan terapan teori dalam menganalisis karya sastra, hasil analisis |
diskusi dan presentasi 5 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai teori dalam penelitian sosiologi sastra |
Memahami teori dalam penelitian sosiologi sastra |
Kriteria:
kata kunci: jenis dan isi karya sastra tepat, pilihan dan terapan teori dalam menganalisis karya sastra, hasil analisis |
diskusi dan presentasi 5 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai materi USS |
Menjawab dengan benar soal USS atau mengerjakan tugas pengganti USS |
Kriteria:
Kata kunci: subdisiplin ilmu susastra, memelajari hubungan sastra dan masayarakat; sosiologi pengarang, sosiologi karya sastra, dan sosiologi pembacakriteria: ringkasan tepat dan penilaian tepat disertai argumen dan bukti kutipan yang tepat |
Ujian 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
menganalisis karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
- memilih karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
- menyajikan hasil analisis karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
|
Kriteria:
pilihan karya sastra dan pendekatan analisis tepatunsur ektrinsik dan hasil analisis benar disertai bukti kutipan |
metode tugas dan presentasi 8 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
menganalisis karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
- memilih karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
- menyajikan hasil analisis karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
|
Kriteria:
pilihan karya sastra dan pendekatan analisis tepatunsur ektrinsik dan hasil analisis benar disertai bukti kutipan |
metode tugas dan presentasi 8 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
menganalisis karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
- memilih karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
- menyajikan hasil analisis karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
|
Kriteria:
pilihan karya sastra dan pendekatan analisis tepatunsur ektrinsik dan hasil analisis benar disertai bukti kutipan |
metode tugas dan presentasi 8 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
menganalisis karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
- memilih karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
- menyajikan hasil analisis karya sastra Tiongkok yang tepat dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra
|
Kriteria:
pilihan karya sastra dan pendekatan analisis tepatunsur ektrinsik dan hasil analisis benar disertai bukti kutipan |
metode tugas dan presentasi 8 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
menyajikan hasil kritik terhadap karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
mengkritik karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
Kriteria:
kata kunci: pilihan karya sastra tepatkata kunci: pendekatan tepat, unsur yang dikritik, hasil kritik, argumentasi dan bukti-bukti data logis dan representatif |
diskusi dan presentasi 6 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
menyajikan hasil kritik terhadap karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
mengkritik karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
Kriteria:
kata kunci: pilihan karya sastra tepatkata kunci: pendekatan tepat, unsur yang dikritik, hasil kritik, argumentasi dan bukti-bukti data logis dan representatif |
diskusi dan presentasi 6 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
menyajikan hasil kritik terhadap karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
mengkritik karya sastra Tiongkok dengan pendekatan sosiologi sastra |
Kriteria:
kata kunci: pilihan karya sastra tepatkata kunci: pendekatan tepat, unsur yang dikritik, hasil kritik, argumentasi dan bukti-bukti data logis dan representatif |
diskusi dan presentasi 6 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mengerjakan tugas US |
mengapresiasi atau mengkritik karya sastra Tiongkok berdasarkan pendekatan sosiologi sastra |
Kriteria:
kriteria: karya sastra memiliki kandungan masalah sosialkriteria: judul (singkat, jelas, sesuai dengan isi makalah); pendahuluan (argumentatif, logis, dan sistematis); pembahasan (teori singkat, metode pembahasan, hasil apresiasi atau kritik tepat disertai data pendukung), simpulan sejalan dengan masalah yang dibahas; daftar rujukan (tepat, mutakhir) |
Ujian 2 X 50 |
|
|
0% |