|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini |
8620702266 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
4 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan sosial emosional.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis hakikat, pengertian, karakteristik pengembangan sosial emosional AUD, faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak, Peran pematangan dan belajar pada pengembangan sosial emosi anak
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan , menganalisis dan melakukan inovasi pengembangan sosial emosi pada AUD
|
PO - 4 |
Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan sosial emosional AUD, faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak, Peran pematangan dan stimulasi belajar pada pengembangan sosial emosi anak, membuat program pengembangan sosial emosi anak dan Teknik evaluasi pengembangan sosial emosi anak serta mahasiswa mampu melakukan peer teaching pengembangan sosial emosi. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus
- Huang, J., Sherraden, M., Kim, Y., & Clancy, M. (2014). Effects of Child Development Accounts on early social-emotional development: An experimental test. JAMA pediatrics, 168(3), 265-271.
- Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.
|
Pendukung : |
|
- Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd
- EC Maulidiyah, M Reza. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Interaksionisme Simbolik Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian
- EC Maulidiyah. 2016. Theraplay Dalam Kajian Psikologi Sosial Anak. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
- ND Simatupang, S Widayati, KR Adhe, AN Shobah.2021. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengetahuan hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan seni AUD dan mengenal jenis seni AUD |
Mahasiswa dapat memahami hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan sosial emosional AUD dan mengenal jenis emosi positif dan emosi negatif |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: Pengetahuan hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan seni AUD dan mengenal jenis seni AUD Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman Permasalahan Sosial dan Emosi pada anak AUD dan faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan permasalahan Sosial dan Emosi pada anak AUD dan faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: Pemahaman Permasalahan Sosial dan Emosi pada anak AUD dan faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak Pustaka: Huang, J., Sherraden, M., Kim, Y., & Clancy, M. (2014). Effects of Child Development Accounts on early social-emotional development: An experimental test. JAMA pediatrics, 168(3), 265-271. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman pentingnya pengembangan sosial emosional pada AUD dan peran pematangan perkembangan dan stimulasi belajar pada pengembangan sosial emosi anak. |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan pentingnya pengembangan sosial emosional pada AUD dan peran pematangan perkembangan dan stimulasi belajar pada pengembangan sosial emosi anak. |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: definisi perkembangan sosial emosional anak Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus |
3% |
4
Minggu ke 4 |
program pengembangan sosial emosional anak usia dini |
Mahasiswa dapat memahami prinsip pengembangan sosial emosional berorintasi menyeluruh (holistik) |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: strategi pengembangan sosial emosional AUD Pustaka: Mashar Riana . 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan . Jakarta : Prenada Media |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Pemahaman sasaran pengembangan sosial dan emosi di TK dan kegiatan pengembangan sosial dan emosi di TK. |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan sasaran pengembangan sosial dan emosi di TK dan kegiatan pengembangan sosial dan emosi di TK. |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: Pemahaman sasaran pengembangan sosial dan emosi di TK dan kegiatan pengembangan sosial dan emosi di TK. Pustaka: Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Pemahaman keterampilan pengembangan sosial emosi anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan, dan keteladanan dan pelibatan orang tua dalam pemngembangan sosial emosi anak |
Mahasiswa dapat memahami keterampilan pengembangan sosial emosi anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan, dan keteladanan dan pelibatan orang tua dalam pengembanagan sosial emosi anak |
Kriteria:
nilai 10-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: permasalahan anak Pustaka: Mashar Riana . 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan . Jakarta : Prenada Media Materi: perkembangan sosial emosional anak usia dini Pustaka: Arbega Meley. 2011. Social-Emotional Development In Early Childhood, From Birth Through Age Five . Germany : Vdam Vevlag Materi: Pemahaman keterampilan pengembangan sosial emosi anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan, dan keteladanan dan pelibatan orang tua dalam pemngembangan sosial emosi anak Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Pemahaman keterampilan karakteristik evaluasi pengembangan sosial emosi dan teknik evaluasi pengembangan sosial emosi anak |
Mahasiswa dapat memahami keterampilan karakteristik evaluasi pengembangan sosial emosi dan teknik evaluasi pengembangan sosial emosi anak |
Kriteria:
Lembar Pengamatan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: strategi pembelajaran Pustaka: Mashar Riana . 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan . Jakarta : Prenada Media |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian tengah semester |
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Tes |
ujian tengah semester 2 X 50 |
ujian tengah semester 2 X 50 |
Materi: permasalahan anak Pustaka: Mashar Riana . 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan . Jakarta : Prenada Media Materi: perkembangan sosial emosional anal Pustaka: Santrock John W . 2009. Perkembangan Anak 2. Jakarta : Erlangga |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Keterampilan membuat program pengembangan sosial emosi anak AUD |
Mahasiswa dapat membuat instrument program pengembangan sosial emosi anak AUD |
Kriteria:
Diskusi kelompok Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan sosial emosi anak AUD Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Keterampilan membuat evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD |
Mahasiswa dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD |
Kriteria:
Diskusi kelompok Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan sosial emosi anak AUD Pustaka: Arbega Meley. 2011. Social-Emotional Development In Early Childhood, From Birth Through Age Five . Germany : Vdam Vevlag |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Keterampilan membuat pengembangan sosial emosi anak AUD dengan pelibatan orang tua |
Mahasiswa dapat membuat instrument program pengembangan sosial emosi anak AUD dengan pelibatan orang tua |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: Keterampilan membuat pengembangan sosial emosi anak AUD dengan pelibatan orang tua Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus |
3% |
12
Minggu ke 12 |
ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD dengan pelibatan orang tua |
dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD dengan pelibatan orang tua |
Kriteria:
kesesuaian instrument evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD dengan pelibatan orang tua Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD dengan pelibatan orang tua Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi |
Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan sosial emosi |
Kriteria:
kesesuaian kemampuan peer teaching pengembangan sosial emosi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Demonstrate Luring dan case 4 2 X 50 |
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi |
- Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan sosial emosi
|
Kriteria:
Penampilan mahasiswa mempraktekkan materi emosi sosial Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Materi: Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan sosial emosi Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi |
Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan sosial emosi |
Kriteria:
kesesuaian dengan indikator peer teaching pengembangan sosial emosi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 X 50 |
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi 2 x 50 |
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi Pustaka: Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
- Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
ketuntasan kriteria peer teaching pengembangan sosial emosi Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian akhir semester 2 X 50 |
2x50 |
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi Pustaka: Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd |
10% |