Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

8620702266

T=1

P=1

ECTS=3.18

4

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan sosial emosional.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis hakikat, pengertian, karakteristik pengembangan sosial emosional AUD, faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak, Peran pematangan dan belajar pada pengembangan sosial emosi anak

PO - 3

Mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan , menganalisis dan melakukan inovasi pengembangan sosial emosi pada AUD

PO - 4

Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan sosial emosional AUD, faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak, Peran pematangan dan stimulasi belajar pada pengembangan sosial emosi anak, membuat program pengembangan sosial emosi anak dan Teknik evaluasi pengembangan sosial emosi anak serta mahasiswa mampu melakukan peer teaching pengembangan sosial emosi. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi.

Pustaka

Utama :

  1. Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus
  2. Huang, J., Sherraden, M., Kim, Y., & Clancy, M. (2014). Effects of Child Development Accounts on early social-emotional development: An experimental test. JAMA pediatrics, 168(3), 265-271.
  3. Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.

Pendukung :

  1. Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd
  2. EC Maulidiyah, M Reza. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Interaksionisme Simbolik Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian
  3. EC Maulidiyah. 2016. Theraplay Dalam Kajian Psikologi Sosial Anak. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
  4. ND Simatupang, S Widayati, KR Adhe, AN Shobah.2021. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI

Dosen Pengampu

Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengetahuan hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan seni AUD dan mengenal jenis seni AUD

Mahasiswa dapat memahami hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan sosial emosional AUD dan mengenal jenis emosi positif dan emosi negatif

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: Pengetahuan hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan seni AUD dan mengenal jenis seni AUD
Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus
3%

2

Minggu ke 2

Pemahaman Permasalahan Sosial dan Emosi pada anak AUD dan faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak

Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan permasalahan Sosial dan Emosi pada anak AUD dan faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: Pemahaman Permasalahan Sosial dan Emosi pada anak AUD dan faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak
Pustaka: Huang, J., Sherraden, M., Kim, Y., & Clancy, M. (2014). Effects of Child Development Accounts on early social-emotional development: An experimental test. JAMA pediatrics, 168(3), 265-271.
3%

3

Minggu ke 3

Pemahaman pentingnya pengembangan sosial emosional pada AUD dan peran pematangan perkembangan dan stimulasi belajar pada pengembangan sosial emosi anak.

Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan pentingnya pengembangan sosial emosional pada AUD dan peran pematangan perkembangan dan stimulasi belajar pada pengembangan sosial emosi anak.

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: definisi perkembangan sosial emosional anak
Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus
3%

4

Minggu ke 4

program pengembangan sosial emosional anak usia dini

Mahasiswa dapat memahami prinsip pengembangan sosial emosional berorintasi menyeluruh (holistik)

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: strategi pengembangan sosial emosional AUD
Pustaka: Mashar Riana . 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan . Jakarta : Prenada Media
3%

5

Minggu ke 5

Pemahaman sasaran pengembangan sosial dan emosi di TK dan kegiatan pengembangan sosial dan emosi di TK.

Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan sasaran pengembangan sosial dan emosi di TK dan kegiatan pengembangan sosial dan emosi di TK.

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: Pemahaman sasaran pengembangan sosial dan emosi di TK dan kegiatan pengembangan sosial dan emosi di TK.
Pustaka: Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.
3%

6

Minggu ke 6

Pemahaman keterampilan pengembangan sosial emosi anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan, dan keteladanan dan pelibatan orang tua dalam pemngembangan sosial emosi anak

Mahasiswa dapat memahami keterampilan pengembangan sosial emosi anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan, dan keteladanan dan pelibatan orang tua dalam pengembanagan sosial emosi anak

Kriteria:

nilai 10-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: permasalahan anak
Pustaka: Mashar Riana . 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan . Jakarta : Prenada Media

Materi: perkembangan sosial emosional anak usia dini
Pustaka: Arbega Meley. 2011. Social-Emotional Development In Early Childhood, From Birth Through Age Five . Germany : Vdam Vevlag

Materi: Pemahaman keterampilan pengembangan sosial emosi anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan, dan keteladanan dan pelibatan orang tua dalam pemngembangan sosial emosi anak
Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd
10%

7

Minggu ke 7

Pemahaman keterampilan karakteristik evaluasi pengembangan sosial emosi dan teknik evaluasi pengembangan sosial emosi anak

Mahasiswa dapat memahami keterampilan karakteristik evaluasi pengembangan sosial emosi dan teknik evaluasi pengembangan sosial emosi anak

Kriteria:

Lembar Pengamatan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: strategi pembelajaran
Pustaka: Mashar Riana . 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan . Jakarta : Prenada Media
10%

8

Minggu ke 8

Ujian tengah semester

Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Tes
ujian tengah semester
2 X 50
ujian tengah semester
2 X 50
Materi: permasalahan anak
Pustaka: Mashar Riana . 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan . Jakarta : Prenada Media

Materi: perkembangan sosial emosional anal
Pustaka: Santrock John W . 2009. Perkembangan Anak 2. Jakarta : Erlangga
10%

9

Minggu ke 9

Keterampilan membuat program pengembangan sosial emosi anak AUD

Mahasiswa dapat membuat instrument program pengembangan sosial emosi anak AUD

Kriteria:

Diskusi kelompok


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan sosial emosi anak AUD
Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus
3%

10

Minggu ke 10

Keterampilan membuat evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD

Mahasiswa dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD

Kriteria:

Diskusi kelompok


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan sosial emosi anak AUD
Pustaka: Arbega Meley. 2011. Social-Emotional Development In Early Childhood, From Birth Through Age Five . Germany : Vdam Vevlag
3%

11

Minggu ke 11

Keterampilan membuat pengembangan sosial emosi anak AUD dengan pelibatan orang tua

Mahasiswa dapat membuat instrument program pengembangan sosial emosi anak AUD dengan pelibatan orang tua

Kriteria:

Aktifitas Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: Keterampilan membuat pengembangan sosial emosi anak AUD dengan pelibatan orang tua
Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus
3%

12

Minggu ke 12

ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD dengan pelibatan orang tua

dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD dengan pelibatan orang tua

Kriteria:

kesesuaian instrument evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD dengan pelibatan orang tua


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD dengan pelibatan orang tua
Pustaka: Joseph Gail., etc . 2014. Social Emotional Teaching Strategies . USA : Child Care and Head Strad Bureaus
6%

13

Minggu ke 13

Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi

Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan sosial emosi

Kriteria:

kesesuaian kemampuan peer teaching pengembangan sosial emosi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Demonstrate Luring dan case 4
2 X 50
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi
Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd
10%

14

Minggu ke 14

Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi

  1. Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan sosial emosi
Kriteria:

Penampilan mahasiswa mempraktekkan materi emosi sosial


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Materi: Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan sosial emosi
Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd
10%

15

Minggu ke 15

Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi

Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan sosial emosi

Kriteria:

kesesuaian dengan indikator peer teaching pengembangan sosial emosi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 X 50
Ceramah, project based learning, diskusi grub, simulasi
2 x 50
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi
Pustaka:

Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi
Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

  1. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan
Kriteria:

ketuntasan kriteria peer teaching pengembangan sosial emosi


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian akhir semester
2 X 50

2x50
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi
Pustaka:

Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi
Pustaka: Madrid Samara., etc . 2014. Reframing the Emotional worlds of the Early Childhood Classroom . London : Taylor & Francis Ltd
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.