Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mekanisme reaksi senyawa bioaktif dan kerangka logam-Organik

4710203060

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Memiliki kemampuan bekerja sama dan tanggung jawab di dalam tim untuk mendukung pencapaian hasil kerja.

PLO-7

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang IPTEK sesuai dengan bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah, penciptaan karya serta menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis.

PLO-9

Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami sifat intramolekul senyawa organik serta faktor yang mempengaruhinya

PO - 2

Memahami pengaruh sifat listrik, sterik dan ikatan hidrogen terhadap kereaktifan senyawa organik

PO - 3

Menerapkan persamaan Hammet dan persamaan Taft untuk menjelaskan kereaksifan senyawa oganik

PO - 4

Memahami mekanisme reaksi substitusi senyawa organik

PO - 5

Memahami mekanisme reaksi eliminasi senyawa organik

PO - 6

Memahami mekanisme reaksi adisi senyawa organik

PO - 7

Memahami mekanisme reaksi kondensasi senyawa organik

PO - 8

Memahami mekanisme reaksi penataan ulang senyawa organik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6    
PO-7   
PO-8   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang Energi ikatan, panjang ikatan dan momen dipol dalam senyawa organik dan faktor-faktor yang mempengaruhi, efek yang mempengaruhi kereaktifan seyawa organik, persamaan Hammett dan persamaan taft, mekanisme reaksi substitusi nukleofilik, reaksi substitusi elektrofilik, reaksi eliminasi, reaksi adisi elketrofilik, reaksi adisi nukelofilik, reaksi kondensasi dan reaksi penataan ulang.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Ismono, Suyatno, Tukiran (2018). Kimia Organik Lanjut: Mekanisme Reaksi Organik. Surabaya: Unesa University Press
  2. 2. Smith, M.B. and March, J. (2007) March’s Advanced Organic Chemistry, Reaction, Mechanism, and Structure, 6th edition, New York: Jonh Wiley and Son, Inc
  3. 3. Smith, J.G. (2011). Organic Chemistry. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.
  4. 4. Fessenden RJ and JS. Fessenden (1994) Kimia Organik Jilid 1 dan 2, Edisi ketiga, Alih bahasa Oleh A Hadyana Pudjaatmaka, Jakarta: Erlangga.
  5. Solomon, T.W.G. & Fryhle, C.B. (2011). Organic Chemistry. New York: John Wiley & Sons, Inc

Pendukung :

  1. Robert V, Hoffman, 2004, Organic Chemistry, an Intermediate Text, Second Adition, Canada, John Wiley and Sons. Inc. Publications
  2. Carey, F.A. ( 2000. ). Organic Chemistry

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Prof. Dr. Tukiran, M.Si.

Dr. Ratih Dewi Saputri, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis besarnya energi ikatan, panjang ikatan dan momen dipol dalam senyawa organik dan faktor-faktor yang mempengaruhi

  1. 1. Menentukan energi ikatan dalam senyawa organik
  2. 2. Menentukan panjang ikatan dalam senyawa organik
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode: Tanya Jawab dan diskusi
2x50 menit

Materi: energi ikatan dan panjang ikatan
Pustaka: 1. Ismono, Suyatno, Tukiran (2018). Kimia Organik Lanjut: Mekanisme Reaksi Organik. Surabaya: Unesa University Press

Materi: energi ikatan
Pustaka: Robert V, Hoffman, 2004, Organic Chemistry, an Intermediate Text, Second Adition, Canada, John Wiley and Sons. Inc. Publications
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis besarnya energi ikatan, panjang ikatan dan momen dipol dalam senyawa organik dan faktor-faktor yang mempengaruhi

  1. Menentukan momen dipol dalam senyawa organik
  2. Menganalisis faktor yang mempengaruhi besarnya energii ikatan, panjang ikatan dan momen dipol dalam senyawa organik
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode: Diskusi, tanya jawab, problem solving, dan penugasan
Model: case method
2x50 menit
Metode: Diskusi, tanya jawab, problem solving, dan penugasan
Model: case method
2x50 menit
Materi: energi ikatan dan panjang ikatan
Pustaka: 1. Ismono, Suyatno, Tukiran (2018). Kimia Organik Lanjut: Mekanisme Reaksi Organik. Surabaya: Unesa University Press

Materi: energi ikatan
Pustaka: Robert V, Hoffman, 2004, Organic Chemistry, an Intermediate Text, Second Adition, Canada, John Wiley and Sons. Inc. Publications
10%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kereaktifan senyawa organik

  1. 1. Menjelaskan pengaruh efek induksi terhadap kreaktifan senyawa organik
  2. 2. Menjelaskan pengaruh efek resonansi terhadap kreaktifan senyawa organik
  3. 3. Menjelaskan pengaruh efek hiperkonjugasi terhadap kreaktifan senyawa organik
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
2 x 50 menit
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
2 x 50 menit
Materi: kereaktifan senyawa yang ditinjau dari efek induksi, resonansi, dan hiperkonjugasi
Pustaka: 2. Smith, M.B. and March, J. (2007) March’s Advanced Organic Chemistry, Reaction, Mechanism, and Structure, 6th edition, New York: Jonh Wiley and Son, Inc

Materi: kereaktifan senyawa yang ditinjau dari efek induksi, resonansi, dan hiperkonjugasi
Pustaka: Carey, F.A. ( 2000. ). Organic Chemistry
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kereaktifan senyawa organik

  1. Menjelaskan pengaruh efek sterik terhadap kreaktifan senyawa organik
  2. Menjelaskan pengaruh ikatan hidrogen terhadap kreaktifan senyawa organik
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Model: case method
2 x 50 menit
Model: case method
2 x 50 menit
Materi: kereaktifan senyawa yang ditinjau dari efek induksi, resonansi, dan hiperkonjugasi
Pustaka: 2. Smith, M.B. and March, J. (2007) March’s Advanced Organic Chemistry, Reaction, Mechanism, and Structure, 6th edition, New York: Jonh Wiley and Son, Inc

Materi: kereaktifan senyawa yang ditinjau dari efek induksi, resonansi, dan hiperkonjugasi
Pustaka: Carey, F.A. ( 2000. ). Organic Chemistry
10%

5

Minggu ke 5

Mampu menerapkan persamaan Hammet dan Taft untuk menjelaskan kereaktifan senyawa organik

  1. 1. Menerapkan persamaan Hammet untuk menjelaskan kereaktifan senyawa organik
  2. 2. Menerapkan persamaan Taft untuk menjelaskan kereaktifan senyawa organik
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
Model: case method
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
Model: case method
Materi: Hammett and taft equation
Pustaka: 1. Ismono, Suyatno, Tukiran (2018). Kimia Organik Lanjut: Mekanisme Reaksi Organik. Surabaya: Unesa University Press

Materi: Hammett and taft equation
Pustaka: 2. Smith, M.B. and March, J. (2007) March’s Advanced Organic Chemistry, Reaction, Mechanism, and Structure, 6th edition, New York: Jonh Wiley and Son, Inc
10%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami mekanisme reaksi substitusi nukleofilik dan reaksi substitusi elektrofilik

  1. 1. Menjelaskan mekanisme reaksi substitusi nukleofilik SN-1 dan SN-2 2.
  2. 2. Menjelaskan mekanisme reaksi substitusi elektrofilik
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
Materi: substitusi elektrofilik dan nukleufilik
Pustaka: 4. Fessenden RJ and JS. Fessenden (1994) Kimia Organik Jilid 1 dan 2, Edisi ketiga, Alih bahasa Oleh A Hadyana Pudjaatmaka, Jakarta: Erlangga.

Materi: reaksi SN1, SN2, E1, dan E2
Pustaka: Solomon, T.W.G. & Fryhle, C.B. (2011). Organic Chemistry. New York: John Wiley & Sons, Inc
5%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami mekanisme reaksi substitusi nukleofilik dan reaksi substitusi elektrofilik

  1. 1. Menjelaskan mekanisme reaksi substitusi nukleofilik SN-1 dan SN-2 2.
  2. 2. Menjelaskan mekanisme reaksi substitusi elektrofilik
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Model: case method
Model: case method
Materi: substitusi elektrofilik dan nukleufilik
Pustaka: 4. Fessenden RJ and JS. Fessenden (1994) Kimia Organik Jilid 1 dan 2, Edisi ketiga, Alih bahasa Oleh A Hadyana Pudjaatmaka, Jakarta: Erlangga.

Materi: reaksi SN1, SN2, E1, dan E2
Pustaka: Solomon, T.W.G. & Fryhle, C.B. (2011). Organic Chemistry. New York: John Wiley & Sons, Inc
10%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester untuk menilai ketercapaian Kemampuan Akhir dari TM 1 sd 7

MATERI 1-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
2 x 50 menit
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
2 x 50 menit
Materi: materi 1-7
Pustaka: 2. Smith, M.B. and March, J. (2007) March’s Advanced Organic Chemistry, Reaction, Mechanism, and Structure, 6th edition, New York: Jonh Wiley and Son, Inc

Materi: materi 1-7
Pustaka: 3. Smith, J.G. (2011). Organic Chemistry. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Materi: materi 1-7
Pustaka: 4. Fessenden RJ and JS. Fessenden (1994) Kimia Organik Jilid 1 dan 2, Edisi ketiga, Alih bahasa Oleh A Hadyana Pudjaatmaka, Jakarta: Erlangga.

Materi: materi 1-7
Pustaka: Robert V, Hoffman, 2004, Organic Chemistry, an Intermediate Text, Second Adition, Canada, John Wiley and Sons. Inc. Publications
0%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami mekanisme reaksi eliminasi dan reaksi bersaing antara reaksi substitusi nukleofilik dan reaksi eliminasi

  1. Menjelaskan mekanisme reaksi eliminasi E-1 dan E-2
  2. Menganalisis reaksi bersaing antara reaksi substitusi nukleofilik dan reaksi eliminasi
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
2X50 menit
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
Materi: reaksi lanjutan substitusi dan eliminasi
Pustaka: 4. Fessenden RJ and JS. Fessenden (1994) Kimia Organik Jilid 1 dan 2, Edisi ketiga, Alih bahasa Oleh A Hadyana Pudjaatmaka, Jakarta: Erlangga.

Materi: SN dan Eliminasi
Pustaka: Robert V, Hoffman, 2004, Organic Chemistry, an Intermediate Text, Second Adition, Canada, John Wiley and Sons. Inc. Publications
10%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami mekanisme reaksi adisi elektrofilik dan reaksi adisi nukleofilik

  1. Menjelaskan mekanisme reaksi adisi elektrofilik
  2. Menjelaskan mekanisme reaksi adisi nukleofilik
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
Materi: adisi elektrofilik dan adisi nukleufilik
Pustaka: 1. Ismono, Suyatno, Tukiran (2018). Kimia Organik Lanjut: Mekanisme Reaksi Organik. Surabaya: Unesa University Press

Materi: adisi
Pustaka: 2. Smith, M.B. and March, J. (2007) March’s Advanced Organic Chemistry, Reaction, Mechanism, and Structure, 6th edition, New York: Jonh Wiley and Son, Inc
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami mekanisme reaksi adisi elektrofilik dan reaksi adisi nukleofilik

  1. Menjelaskan mekanisme reaksi adisi elektrofilik
  2. Menjelaskan mekanisme reaksi adisi nukleofilik
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan
Materi: adisi elektrofilik dan adisi nukleufilik
Pustaka: 1. Ismono, Suyatno, Tukiran (2018). Kimia Organik Lanjut: Mekanisme Reaksi Organik. Surabaya: Unesa University Press

Materi: adisi
Pustaka: 2. Smith, M.B. and March, J. (2007) March’s Advanced Organic Chemistry, Reaction, Mechanism, and Structure, 6th edition, New York: Jonh Wiley and Son, Inc
10%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami mekanisme reaksi kondensasi senyawa organik

  1. 1. Menjelaskan mekanisme reaksi kondensasi aldol
  2. 2. Menjelaskan mekanisme reaksi kondensasi Claisen
  3. 3. Menjelaskan mekanisme reaksi kondensasi Knoevenagel
  4. 4. Menjelaskan mekanisme reaksi Cannizzaro
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Tes
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case
method
2 x 50 menit
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
2 x 50 menit
Materi: macam-macam reaksi kondensasi
Pustaka: 3. Smith, J.G. (2011). Organic Chemistry. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Materi: jenis reaksi kondensasi
Pustaka: Solomon, T.W.G. & Fryhle, C.B. (2011). Organic Chemistry. New York: John Wiley & Sons, Inc
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami mekanisme reaksi kondensasi senyawa organik

  1. 1. Menjelaskan mekanisme reaksi kondensasi aldol
  2. 2. Menjelaskan mekanisme reaksi kondensasi Claisen
  3. 3. Menjelaskan mekanisme reaksi kondensasi Knoevenagel
  4. 4. Menjelaskan mekanisme reaksi Cannizzaro
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Tes
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case
method
2 x 50 menit
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
2 x 50 menit
Materi: macam-macam reaksi kondensasi
Pustaka: 3. Smith, J.G. (2011). Organic Chemistry. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Materi: jenis reaksi kondensasi
Pustaka: Solomon, T.W.G. & Fryhle, C.B. (2011). Organic Chemistry. New York: John Wiley & Sons, Inc
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami mekanisme reaksi penataan ulang senyawa organik

  1. Menjelaskan mekanisme reaksi penataan ulang pada atom karbon tuna elektron (karbokation)
  2. Menjelaskan mekanisme reaksi penataan ulang pada atom nitrogen tuna elektron
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Tes
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
2 x 50 menit
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
2 x 50 menit
Materi: ekanisme reaksi penataan ulang pada atom karbon tuna elektron (karbokation)
Pustaka: 3. Smith, J.G. (2011). Organic Chemistry. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mekanisme reaksi penataan ulang pada atom karbon tuna elektron (karbokation)
Pustaka: Robert V, Hoffman, 2004, Organic Chemistry, an Intermediate Text, Second Adition, Canada, John Wiley and Sons. Inc. Publications
5%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami mekanisme reaksi penataan ulang senyawa organik

  1. Menjelaskan mekanisme reaksi penataan ulang pada atom karbon tuna elektron (karbokation)
  2. Menjelaskan mekanisme reaksi penataan ulang pada atom nitrogen tuna elektron
Kriteria:

tes uraian 25% sedangkan penilaian sumatif dan kinerja 75%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
2 x 50 menit
Metode:Diskusi, tanya jawab, problem solving, penugasan

Model: case method
2 x 50 menit
Materi: ekanisme reaksi penataan ulang pada atom karbon tuna elektron (karbokation)
Pustaka: 3. Smith, J.G. (2011). Organic Chemistry. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mekanisme reaksi penataan ulang pada atom karbon tuna elektron (karbokation)
Pustaka: Robert V, Hoffman, 2004, Organic Chemistry, an Intermediate Text, Second Adition, Canada, John Wiley and Sons. Inc. Publications
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester untuk menilai ketercapaian Kemampuan Akhir dari TM 9 sd 15

MATERI 9-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu.


Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: materi 9-15
Pustaka: 2. Smith, M.B. and March, J. (2007) March’s Advanced Organic Chemistry, Reaction, Mechanism, and Structure, 6th edition, New York: Jonh Wiley and Son, Inc

Materi: materi 9-15
Pustaka: 3. Smith, J.G. (2011). Organic Chemistry. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Materi: materi 9-15
Pustaka: Carey, F.A. ( 2000. ). Organic Chemistry

Materi: materi 9-15
Pustaka: 1. Ismono, Suyatno, Tukiran (2018). Kimia Organik Lanjut: Mekanisme Reaksi Organik. Surabaya: Unesa University Press

Materi: materi 9-15
Pustaka: 4. Fessenden RJ and JS. Fessenden (1994) Kimia Organik Jilid 1 dan 2, Edisi ketiga, Alih bahasa Oleh A Hadyana Pudjaatmaka, Jakarta: Erlangga.
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57.5%
2. Tes 42.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.